Sepak Bola Melatih Pembentukan Karakter Anak

       Masih hangat berita kemenangan klub sepak bola Persib Bandung dalam ajang Piala Presiden,olahraga yang menjadi favorit hampir semua  orang tua,muda,laki-laki perempuan,di kampung,di kota,semua orang suka,apalagi buat yang menonton pertandingan sepak bola secara langsung di stadion pastinya euphoria,luapan emosi,gegap gempita dan kegembiraan saat menonton sepak bola menghadirkan sensasi perasaan tersendiri.

   Saya bukan penggemar sepak bola sejati dan sempat berpikir panjang waktu menyetujui  anak saya Daya yang merengek minta di daftarkan ke sekolah sepak bola, bagi saya sepak bola ini olahraga yang lumayan keras serta menuntut katangguhan fisik yang prima,perasaan ibu rasanya koq nggak tega yaa...! melihat anak bejibaku di lapangan,tetapi berhubung kemauan anaknya kuat  akhirnya luluh juga.

    Dan sudah hampir setahun ini Daya mengikuti latihan di sekolah sepak bola dan beberapa kali juga mengikuti kompetisi,banyak kemajuan perkembangan yang di alami selama berlatih sepak bola,di luar hingar bingar keriuhan dan kadang kerusuhan yang terjadi di dunia sepak bola,sepak bola ternyata juga mengajarkan banyak hal positif yang sangat bermanfaat bagi perkembangan fisik dan mental anak terutama dalam usaha melatih perkembangan karakternya  yang jarang di ajarkan di sekolah.

Sepak Bola 
                           
Melatih Kondisi fisik anak lebih kuat dan tangguh,anak-anak  di wajibkan latihan fisik untuk mengurangi resiko cedera saat bermain,porsi latihan tentu di sesuaikan dengan usianya,karena adu fisik,berbenturan,bertabrakan,jatuh dan saling sikut adalah hal yang biasa saat bermain sepak bola di sinilah kekuatan jantung juga  kekuatan fisiknya terbentuk anak-anak menjadi lebih bisa menahan sakit  dan tidak mudah lelah,kebayang kaaan..?!! berlari-lari mengejar bola juga jatuh bangun di lapangan yang  begitu besarnya,tentu capeknya luar biasa!

Melatih kepercayaan diri anak,karena anak-anak bisa mengekspresikan kemampuannya tanpa di bayangi perasaan malu atau takut salah,dalam bermain sepak bola semua harus total,tidak boleh minder.

Melatih Disiplin dan menghargai waktu karena jadwal latihan yang ketat maka harus bisa membagi waktu antara  waktu belajar di sekolah,di rumah dan juga waktu bermainnya, melatih anak untuk selalu datang tepat waktu,apalagi jika  mendekati masa kompetisi,jadwal latihan menjadi makin intensif.

Melatih tekad yang kuat,dalam bermain sepak bola anak jadi mempunyai semangat juang, keinginan dan usaha yang kuat untuk mencapai tujuannya mencetak gol

Melatih mental tahan banting terutama saat menghadapi tekanan dan serangan,anak menjadi lebih kuat secara mental,tidak mudah menyerah dan putus asa.

Melatih kesabaran,menahan diri dan emosi,menyerang dan bertahan dalam sepak bola memerlukan strategi,menunggu kapan meyerang dan harus bertahan pada waktu yang tepat sangat penting, sepak bola melatih anak menahan diri untuk mau menunggu waktu yang tepat dan tidak terburu-buru,belum lagi meski serangan sudah maksimal gol tidak kunjung terjadi kadang membuat emosi naik di tambah tindakan  tim lawan yang kadang sengaja memancing emosi,di sinilah kesabaran anak terlatih.

Melatih memahami kompetisi yang benar dan sehat,jika anak tidak paham makna kompetisi yang sehat tentunya dia akan menggunakan segala cara untuk menang  tanpa mamahami proses dan arti kemenangan yang sesungguhnya.

Melatih anak untuk fokus,sepak bola melatih anak menjadi lebih fokus,fokus pada tujuannya mencetak gol.

Melatih kerjasama tim dan toleransi sepak bola di mainkan secara berkelompok sudah pasti memerlukan kerjasama antar pemain,dalam sepak bola semua posisi adalah sama,tidak ada yang lebih bagus atau jelek,masing-masing berperan dan mempunyai tanggung jawab sesuai dengan posisinya,hal yang tidak bisa di benarkan jika dalam bermain sepak bola ada yang ingin menonjol sendiri,kekalahan dan kemenangan yang di capai adalah karena hasil kerjasama

Melatih menghargai orang lain meskipun itu berseberangan yaitu musuh atau lawan,bermain secara fairplay dan menjunjung tinggi nilai spotifitas menjadi prinsip utama dalam sepakbola

Melatih anak untuk bisa menerima kenyataan dengan lapang dada,terutama saat mengalami kekalahan,mereka kadang menangis tetapi hanya sesaat kemudian dengan mudahnya tersenyum lagi,serta melatih tetap rendah hati dan tidak sombong  saat menang.

Melatih pemahaman makna spiritual yang lebih mendalam karena  setiap kali tim mencetak gol anak-anak selalu di ajarkan untuk melakukan sujud syukur,ini mengajarkan anak bahwa apapun yang terjadi selalu  ada campur tangan Tuhan di dalamnya.

     Sampai menjelang akhir tahun masih ada beberapa kompetisi lagi yang harus di jalani anak-anak tim sekolah sepak bola anak saya Daya,menang atau kalah itu biasa,yang penting dia senang menjalaninya dan  bisa memahami nilai-nilai yang di ajarkan dalam bermain sepak bola yang pasti akan bermanfaat untuk proses kehidupannya kelak menjelang dewasa dan satu hal lagi yang seru adalah kebersamaan antara orangtua anak-anak tim kami,setiap kali anak-anak bertanding,ramainyaaa...!! tidak kalah dengan gemuruh suasana di Senayan.


2 comments


  1. si kecil ken jg suka main bola nih..alhamdulillh bnyak manfaatnya ternyata ya mbk

    ReplyDelete
  2. Wah baru sadar kalo manfaat main bola segini banyak. Thanks for share Bu. Salam kenal :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.