Tips Memilih Sekolah Sepak Bola yang Bagus



Pada dasarnya memilih sekolah sepak bola itu yaa mirip-mirip seperti kita mencari sekolah pada umumnya, minimnya pengetahuan saya mengenai sepak bola sedikit menyulitkan saya waktu memilih sekolah sepak bola yang tepat, beruntungnya sekolah sepak bola ini pilihan anak saya sendiri, dan ternyata menurut saya secara keseluruhan sudah cukup bagus.

Tak ada ekspektasi apapun bagi saya saat mengiyakan anak saya untuk ikut sekolah sepak bola, apalagi menjadikan anak supaya seperti Messi, Christiano Ronaldo, Evan dimas atau Bambang Pamungkas.

Memang tidak bisa dipungkiri ada beberapa orang tua mungkin..mungkin loh yaa...! terobsesi menjadikan anaknya bintang di lapangan hijau, itu sah-sah saja, toh memang sepak bola memberi peluang untuk itu, selain itu memang banyak anak yang memiliki impian menjadi bintang sepak bola besar, sudah sewajarnya orang tua mendukung kemauan anak, saya sendiri waktu saya bertanya kepada anak saya ingin menjadi apa dengan bermain bola, yaa dia hanya bilang "...mau bermain saja dulu!

Setelah rajin mengikuti berlatih bola sedikit banyak saya bisa memberi gambaran hal-hal apa yang harus di perhatikan sebelum memilih sekolah sepak bola yang tepat,jadi untuk yang sedang mencari rujukan sekolah sepak bola yang bagus,bisa simak hal-hal berikut;

1. Tempat atau lokasi pilih yang relatif dekat dengan rumah, perhatikan juga kondisi lapangan tempat berlatih, walaupun sepak bola permainan outdoor tetap perhatikan kenyamanan, lebih nyaman apabila sekolah sudah mempunyai tempat di stadion biasanya sekolah seperti ini bekerja sama dengan klub sepak bola yang  besar.

Sebaiknya hindari  sekolah yang lapangannya terlalu dekat dengan jalan raya atau pemukiman padat penduduk, kalau bisa tanyakan kepada pelatih status lapangan apakah menyewa (pastikan sewanya berlaku jangka panjang) atau milik sendiri atau milik pemerintah, ada beberapa kasus sekolah sepak bola di larang bermain karena lapangannya bermasalah atau mendadak pindah lapangan yang lebih jauh karena berbagai sebab (di gusur, di bangun rumah/ruko)

2. Jika kondisi cuaca tidak memungkinkan cari tahu apakah sekolah mempunyai tempat alternatif latihan yang tetap, seperti tempat futsal, atau lapangan indoor lainnya

3. Jam latihan, pilih sekolah sepak bola yang bisa fleksibel dengan jadwal anak sehingga tidak bentrok dengan kegiatan anak lainnya, seperti sekolah, ngaji atau les lain.

4. Jenjang usia, sekolah sepak bola dapat di mulai saat anak sudah memasuki usia sekolah dasar, sekolah sepak bola yang bagus menempatkan anak sesuai dengan jenjang umur dan kategori usia dalam kompetisi misalnya U-7, U-8, U10, U12, dll.


5. Cari tahu track record pelatih utama atau head coach dan asisten pelatihnya, pelatih yang bagus setidaknya pernah berpengalaman menjadi pemain klub sepak bola besar, lebih keren lagi jika pernah bergabung di tim nasional atau klub luar negeri yang bagus

6. Cari informasi prestasi juga pengalaman bertanding sekolah gelar juara apa saja yang sudah di raih selama ini

7. Sekolah sepak bola yang bagus selalu rajin ikut kompetisi baik di tingkat daerah sampai nasional, pastikan sekolah mempunyai jadwal kompetisi reguler selama setidaknya enam bulan kedepan, kompetisi di perlukan untuk memompa semangat anak-anak berlatih, percuma latihan kalau tidak bertanding

8. Sekolah yang bagus biasanya mempunyai kejuaraan sendiri, misalnya mengadakan kompetisi dalam rangka ulang tahun sekolah atau ulang tahun head coach he..he.. kompetisi ini di ikuti tim sekolah sepak bola lain

9. Lakukan trial sebelum memutuskan mendaftar, sekolah yang bagus memberikan kesempatan anak untuk trial, di tempat berlatih coach memberikan tiga kali kesempatan untuk mencoba berlatih.

10. Biaya yang terjangkau,sesuai dengan fasilitas yang ada. Apalagi kalau itu sekolah sepak bola yang menggandeng klub-klub nasional atau klub top dunia tapi jangan berkecil hati banyak juga loh..! sekolah sepak bola yang berbiaya terjangkau, dengan fasilitas seadanya prestasinya bagus, karena itu bijaklah memilih yang sesuai.

11. Perhatikan manajemen pengurusan sekolah, sekolah yang bagus selalu melibatkan orang tua dan transparan

12. Kerjasama antara satu orang tua dengan orangtua lain dan dengan pihak sekolah terjalin rapi dengan komunikasi yang lancar dan kompak, menjadi poin plus jika semua mengedepankan sistem kekeluargaan, karena saat musim kompetisi ada saja masalah yang mungkin timbul, karena kurangnya koordinasi. 

Yup..kurang lebih itu gambarannya yaa..mudah-mudahan sepak bola Indonesia terus maju di kaki anak-anak kita sebagai penerus bangsa, tidak ada lagi konflik kepentingan yang berkepanjangan, kerusuhan dan keributan, jadi suatu hari nanti bisa tampil di ajang piala dunia menjadi kebanggaan bersama, tetap semangat!!




Write a comment