Cara Tetap Semangat Sepanjang Tahun Demi Mencapai Goal 2016


Akhir tahun 2015 sudah di depan mata, sebentar lagi tahun 2016 di mulai....hhmmm cepat sekali waktu berlalu.Dari tahun ke tahun saya punya kebiasaan menuliskan harapan, impian dan keinginan tahun berikutnya.Kata orang sih namanya resolusi...,tapi ngga tahu kenapa tidak terlalu sreg istilah itu. Karena sebelum mengenal istilah resolusi, saya sudah melakukan rutinitas ini dari jaman SD yang berlanjut sampai hari ini.saya biasa menyebutnya menulis Buku Harapan atau  orang mengenalnya Dream book, alhamdulillah...,sejauh ini sudah banyak hal yang jadi kenyataan dari setiap goal yang saya tuliskan walaupun ada juga yang meleset. Biasanya pertengahan bulan desember seperti ini saya sudah mulai lihat lagi tuh..,apa-apa yang saya tulis di akhir tahun dan bulan-bulan lainnya. Itulah salah satu cara tetap semangat

Sedikit kecewa, tahun 2015 ini sepertinya bukan tahun saya. Kenapa?..karena begitu saya baca ulang hmmm...ternyata banyak yang masih harus ditulis ulang untuk tahun berikutnya. Banyak faktor yang menyebabkan belum dapat terealisasi.Salah satunya ... karena saya hamil dan punya baby,hmmm....
anak-anak tentulah jadi prioritas semua orang tua. Anak-anak juga salah satu hal yang membuat selalu semangat..., jadi ngga masalah tahun ini harus bersabar dulu.

Namun begitu tahun 2015 tetap sangat berkesan..
karena di bulan Mei 2015 lalu saya merasa mendapat anugerah...terberkati, terbimbing, rasanya sukar di lukiskan dengan kata-kata akhirnya Saya bisa mengikuti seminar kelas dunia Anthony Robbins di Singapura, Apalagi setelah 6 tahun ini beliau ga pernah isi seminar lagi di Asia...tambah lagi materinya pun baru ..." Total Succes"...Nah mengikuti seminar Anthony Robbins adalah salah satu isi Buku Harapan saya di tahun 2013.Salah satu minat terbesar saya adalah hal yang berkaitan dengan motivasi dan pengembangan diri serta personal karakter,karena saya memang selalu merasa butuh dan terus harus memotivasi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

    Semangat dan motivasi adalah salah satu hal yang membuat seseorang memutuskan untuk berjuang mewujudkan apa yang di inginkan, tapi pada perjalanannya semangat dan motivasi sering menurun, drop, down, loyo, lemes, tidak bergairah dan kurang gigih. Hanya muncul di awal-awal tapi kemudian makin memudar seiring waktu, apalagi bila bertemu hambatan, rintangan di tengah jalan. kurangnya motivasi yang kuat dan semangat menyebabkan seseorang menyerah dan melepaskan impian dan goal yang di buat.

Membaca ulang goal adalah cara tetap semangat,tetapi begitu membayangkan upaya yang harus di jalani..yaa...gitu deyh..!

Membuka kembali catatan yang saya tulis saat seminar, ternyata ada beberapa hal yang selama ini tidak saya lakukan. Itulah kenapa  goal nya melebar kemana-mana dan gagal jadi kenyataan. Padahal kalau ingin impian dan goal jadi kenyataan semangat harus terus ada sepanjang waktu dan memang manusiawi sekali jika kadang semangat menurun. Meskipun begitu tetap harus punya alat ungkit yang mampu menggerakkan kembali,ketika situasi yang menurunkan semangat datang.

1. Mulai dengan menuliskan dan berikan judul yang menggugah dan menyulut api semangat.

Ternyata kebiasaan menulis goal dan impian juga di lakukan oleh Anthonny Robbins.Tahun lalu,sepertinya saya salah (cari pembenaran)) membeli buku, karena tahun 2014 sedang booming film Minions "Despicable Me" jadi asal ambil aja, saya memang tidak pernah mematok model dan motif bentuk Buku Harapan saya.

Begitu saya cari tahu apa artinya Despicable Me..well pantas saja, wong..artinya Hinanya diriku atau bisa juga Tak Berdayanya Diriku..duh!

Karena lembarannya masih lumayan banyak tahun ini saya tidak membeli buku baru, cukup menggantinya dengan seperti gambar di bawah.Jadi jika suatu saat sedang merasa down baca cover bukunya saja sudah up lagi kemudian hayati kembali isinya,beri alasan yang sangat kuat mengapa harus mewujudkannya,pikirkan juga kerugian dan penyesalan seperti apa yang mungkin terjadi jika goal itu tidak terwujud.

   
2. Buatlah goal atau impian yang tidak mungkin,tetapi actionnya harus masuk akal.

Saya kadang ragu menuliskan goal, terbebani perasaan tidak yakin mampu mewujudkannya.Dalam menulis goal, bebaskan pikiran, gunakan tulisan tangan, menuliskan goal memungkinkan semangat tetap utuh sampai benar-benar tercapai. Salah satu goal saya adalah jalan-jalan ke Raja Ampat, Jepang, kampung The Hobbits di New Zealand dan keliling Skandinavia, rasanya masihh jauuhh sekali dan terkesan muluk, tapi ternyata sebaiknya itu tetap di tuliskan, buat rencana dan cara yang masuk akal untuk sampai kesana misalnya mulai mencari harga tiket, dan menghitung-hitung berapa biaya yang harus dikeluarkan dan pikirkan pekerjaan seperti apa yang memungkinkan untuk bisa sampai kesana, bila perlu tulis dari menang hadiah, atau kuis, jadi manakala mungkin ada sayembara yang hadiahnya ke tempat goal yang di tulis, pastikan untuk ikut, perlu di ingat goal akan menguap dan berlalu jika tanpa action atau tindakan, menuliskannya adalah tindakan pertama.
Ketika tangan kita  menuliskannya alam semesta akan mendengarkan dan memantulkannya, jadi pastikan kita bertindak sementara alam pun bekerja dengan caranya sendiri, dan jika sedang tidak semangat baca lagi goal-goal yang di tulis.





3. Bagi goal atau impian dalam potongan-potongan seperti puzzle.

   Mewujudkan goal langsung dalam bentuk besar tentu memerlukan usaha yang juga besar, goal yang terlalu besar sulit di cerna oleh alam bawah sadar, jika terasa berat mewujudkannya tentu semangat lama-lama berkurang, tuliskan goal besar bagi ke dalam bagian-bagian kecil atau sub goal supaya lebih terasa ringan, buat gol jangka pendek dan jangka panjang, masing-masing goal kecil ini terkait dengan goal besar.
                                     
3.Berkenalan,bertemu dan berkumpul dengan rekan,teman,dan komunitas yang tepat,yang sejalan dengan goal.


    Tahun 2016 mendatang sudah saya tuliskan beberapa goal di Buku Harapan, mencari mentor yang akan membimbing saya ke arah goal, dan mulai memetakan teman-teman, kumpulan dan komunitas yang saya ikuti, tanpa bermaksud untuk memilih-milih, memisahkan atau membedakan, secara hati semua sama, hanya saja memang perlu juga untuk menyaring, mana yang akan di intenskan, sebagai seleksi untuk lebih memahami siapa dan mana yang mungkin memberi pengaruh negatif atau positif, yang  mendukung atau tidak mendukung ke arah goal, namun bagaimanapun silaturahmi adalah hal yang utama semakin banyak teman tentu semakin baik, hubungan baik adalah poin plus dengan siapapun. Sehubungan dengan goal Blogging, saat ini saya mulai bergabung dengan Blogger Perempuan Network.Sehingga jika semangat blogging sedang turun,berkumpul,sharing dengan teman yang sejalan tentu akan memompa semangat lagi.



3. Membuat ritual rutin di pagi hari.

  Ternyata hampir semua orang top di dunia, bangun lebih pagi dari orang kebanyakan, dan mereka mempunyai rutinitas khas setiap pagi begitu membuka mata, pun demikian ketika saya di Singapura beberapa kenalan saya dari negara tetangga, ternyata mempunyai kegiatan rutin setiap pagi, sesuatu yang menggerakkan dan bermanfaat, sebagai muslim jadi merasa malu karena seharusnya bersyukur di wajibkan untuk selalu bangun pagi dan shalat subuh, tetapi sering lalai malah lebih mendahulukan mencari gadget dan mengakses sosial media begitu membuka mata.

    Berdo'a, meditasi, membaca buku, menyiram tanaman dan fokus menikmati indahnya suasana di pagi hari adalah kegiatan yang harus di lakukan setiap pagi, pagi hari adalah waktu "rush hour" ibu-ibu,meski begitu lakukan dengan penuh suka cita sebagai aktivitas yang menggerakkan dan bermanfaat,jauhkan gadget dan hindari kontak dengan gadget selama satu atau dua jam setelah membuka mata, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk menggemakan segala harapan dan keinginan, buat catatan tentang hal penting dan kebaikan apa yang harus di lakukan di setiap harinya.

4.Selektif memilih berita dan informasi.


     Setiap hari, setiap jam dan detik kita di suguhi oleh ribuan informasi, yaa itulah keuntungan menjadi bagian manusia modern, informasi dan berita bertebaran di mana-mana tak terkendali, email, internet, sosial media, televisi, radio, berita online adalah di antaranya.Buat batasan dan kontrol informasi yang mau di terima, fokus kepada informasi yang kita butuhkan saja, membiarkan diri tenggelam dalam lautan informasi yang berlebihan, apalagi informasi negatif menurunkan kemampuan berpikir dan bertindak dengan tepat




5. Perbanyak lagi membaca buku.



   Membaca buku tidak sama seperti berselancar di dunia maya, mereka yang berhasil mewujudkan impian umumnya adalah pembelajar yang disiplin,salah satunya dengan rajin membaca buku, membaca memberikan pemahaman yang lebih dalam,luas dan fokus, cari buku yang mengarahkan kepada goal yang di inginkan atau baca buku berkualitas yang di gemari, buku juga bisa menjadi penghubung kepada mentor yang sesuai, yang mungkin sulit di lakukan untuk belajar secara langsung.



6.Anggap semua adalah hal yang ringan dan enteng

    Tanpa maksud meremehkan dan menganggap enteng, dan bukan berarti alasan untuk bermalas-malasan, lakukan saja semua hal yang perlu di lakukan untuk mencapai goal seakan ringan dan enteng, ini gampang-gampang susah mempraktekkannya.  Rasakan semua yang di kerjakan adalah seperti bermain, seperti berada di taman bermain atau di game stasiun yang terasa meyenangkan padahal lumayan keras kan...! Perjuangan memenangkan game, tetapi semua terasa menyenangkan, nikmati dan resapi prosesnya apapun yang terjadi tetap ceria, tetap semangat.

7. Relaks dan Jeda itu wajib

    Hal yang wajar jika di hinggapi rasa jenuh dan bosan,tidak bersemangat,tengok kembali goal yang sudah di tuliskan, jangan terlalu memaksakan diri hingga melupakan kesehatan dan diri sendiri saat berjuang mencapai goal, cari waktu untuk menarik nafas  panjang,ketika goal yang di inginkan terasa jauh dari jangkauan,lakukan liburan ringan,pergi refreshing,biasanya setelah itu akan muncul ide-ide segar dan menambah semangat inilah saat yang tepat membuat rencana selanjutnya.

   Menulis Buku Harapan selalu menyenangkan untuk di lakukan,biasanya ketika membaca ulang seperti saat ini,seringkali senyum simpul ngga jelas deh,..! Dan gembiranya luar biasa jika ada goal yang berhasil di raih.Dan kebiasaan baik di atas pastinya akan saya lakukan.Bersiap menyongsong tahun baru 2016 dengan semangat,semoga tahun depan lebih baik dari tahun ini.Mari menuliskan harapan dan tetap semanga

4 comments

  1. aku juga bikin target tahunan mba...bulanan juga ding

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sudah singgah di sini mba,..seru yaa mba,semangat terus kalau punya target.

      Delete
  2. Halo mbak Nunu,
    Aku udah lama ga bikin resolusi, huhuhu. Setiap Kali bikin, pasti ga ada yg tercapai, jd malu sendiri gitu. Huhuhu.
    BTW,Tipsnya bagus juga mbak, nanti aku coba mulai terapkan

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.