Kunyit Tanaman Apotik Hidup Dan Khasiatnya Untuk Ibu


Apotik hidup, apa sih apotik hidup?  Jujur saya bukan orang yang hobi tanam menanam, tapi tanpa saya sadari beberapa tanaman apotik hidup ada di pekarangan rumah, padahal yah..! semua main asal tancap saja, seperti kunyit, jahe, kencur, sereh, dll. biasanya karena tak terpakai, terlanjur kering, masukkan ke tanah pekarangan, dan alhamdulillah, ternyata tumbuh.

Apotik hidup adalah tanaman obat-obatan tradisional yang di tanam dengan memanfaatkan sebagian tanah, taman atau pekarangan di sekitar rumah atau lingkungan untuk keperluan sehari-hari, yang bisa di ambil kapan saja di perlukan.

Bumbu-bumbu dapur seperti kunyit, jahe, kencur dan lainnya memang merupakan salah tiga tanaman apotik hidup, karena selain sebagai bumbu tanaman-tanaman itu juga bisa di pakai sebagai obat-obatan tradisional.

Salah satu tanaman apotik hidup yang kaya manfaat adalah kunyit.


Kunyit atau tumeric dalam bahasa inggris sejak dahulu sudah di percaya dan terbukti secara empiris, juga melalui banyak penelitian, mampu mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit.

Nenek moyang kita dahulu memproses kunyit (juga tanaman apotik hidup lain) dengan campuran berbagai macam bahan, yang di buat dalam bentuk jamu.

Saya dan anak-anak suka sekali minum jamu, tiap sore selalu ada mba penjual jamu keliling lewat di depan rumah, jamu kunyit asem biasanya jadi pilihan, jamu dari campuran kunyit, gula dan asam jawa, rasa segarnya favorit banget deh! 

Sebenarnya jamu seperti kunyit asam itu bisa di buat sendiri, tapi harap maklum, perlu ekstra niat, waktu dan ketelatenan untuk membuatnya sendiri, harus marut-marut, meres-meres gitu. Hmmm.. biasanya mama mertua yang sedikit biwil mengingatkan soal ini, "...lebih baik bikin sendiri...!? berulang kali beliau bilang begitu. Tapi gimana yaa!? saya ngeles aja deh soal ini. (mantu maless)

Jadi ceritanya ibunya mama mertua yang adalah simbah dari suami, dulunya adalah penjual jamu gendong yang terkenal di Pasar Klewer, Solo, orang-orang memanggilnya dengan panggilan "mbah jamu". Dan skill membuat jamunya di turunkan ke anak-anaknya termasuk ke mama mertua, ngga heran kan kalau mama biwil!?

Kata mama kalau membuat sendiri kan kita tahu prosesnya, kebersihannya, takarannya dan rasanya lebih mantab! dan emang asli deh! jamu resep almarhumah simbah itu memang TOP! berasa banget! jamu jaman sekarang mah lewatt! Kalau kata mama "...tu isinya air doang...!" (sambil senewen)

Satu hal lagi setiap mendekati masa-masa akan melahirkan biasanya mama mertua sudah siapkan berbagai jamu-jamuan yang sudah jadi tradisi, alhamdulillah selama ini saya nurut dan betul-betul ikuti anjuran mama dalam urusan ini.

Jadi setiap melahirkan jamu seperti kunyit asam atau jamu apa saja yang harus di minum ya di nikmati aja. Meski sampai eneg mau muntah rasanya, karena di buat sendiri rasanya memang beda, lebih pahit dan lebih nampol.

Kadang-kadang di titipi jamu langsung dari Solo, buatan bu'de, rasanya lebih lebih, karena di buat jadi semacam ekstrak, satu botol jamu bisa di bagi-bagi lagi jadi beberapa botol, tinggal tambahkan air dan sedikit gula.

Jamu kunyit asam dalam sediaan jamu setelah melahirkan, berkhasiat untuk mengurangi bau amis darah nifas, mengempiskan dan anti infeksi luka di rahim, juga mempercepat proses melangsingkan tubuh. 

Kunyit juga bermanfaat untuk merawat kesehatan ibu, sebagai anti bodi, dan penambah daya tahan tubuh, juga mengurangi bau amis menstruasi, mengurangi rasa sakit, nyeri, pegal-pegal dan lain-lain


Efeknya memang terbukti loh! sebagai ibu empat anak, alhamdulillah sampai hari ini ukuran body dan perut masih baik-baik saja, ngga meleber kemana-mana...*ihiyy.

Selain di gunakan untuk pemulihan pasca melahirkan, kunyit juga bagus untuk perawatan kulit, dulu sewaktu saya sekolah di Martha Tilaar, pernah di ajarkan.  

Kunyit bisa mengatasi mereka yang mempunyai masalah dengan kulit berjerawat, karena kunyit bekerja sebagai anti inflamasi atau peradangan pada kulit. Caranya cukup oleskan sedikit kunyit yang sudah dihaluskan ke jerawat, diamkan sampai kering, bersihkan dengan air hangat.
Jerawat biasanya akan kempis, mengecil dan mengering sendiri dalam beberapa hari

Selain itu juga kunyit bisa di buat sebagai campuran bahan masker  untuk tubuh dan wajah yang bermanfaat untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit.
Membuat masker kunyit tidak sulit, bahan yang di perlukan antara lain :
- Satu ruas kunyit ukuran 5cm, bersihkan buang kulitnya.
- Beras (disarankan beras jepang) dua sendok makan, di rendam sepuluh menit, kemudian haluskan      dengan blender bersama kunyit
- Tambahkan satu sendok madu sebagai perekat dan pengencang kulit.

Cara pakainya juga mudah cukup oleskan masker ke wajah yang sudah bersih, diamkan dua puluh menit kemudian bilas dengan air hangat. 

Lakukan masker kunyit dua minggu atau sebulan sekali. Lihat dan rasakan hasilnya.






















No comments

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.