Cara Tetap Asyik Liburan Di Rumah

Cara Tetap Asyik Liburan Di Rumah


"...Bu..kita kemana nih liburan besok?" Tanya anak pertama saya, hhmmm...sebagai ibu dapat pertanyaan seperti, saya sudah bisa menebak anak saya sedang memberi "kode" minta jalan-jalan.

Kalau lagi ada niat duit buat jalan-jalan saat liburan biasanya saya suka balik tanya "...enaknya kemana, kak!?" Kalau lagi ngga ada yaa paling saya bilang "...ngga kemana-mana dulu ya..kak liburan besok, kita di rumah aja.

Respon anak saya yang satu ini memang santai, kalau saya bilang kita liburan di rumah saja, demikian juga dengan adik-adiknya, alhamdulilah mereka semua tipe anak "rumahan" yang betah di rumah, libur di rumah saja ngga terlalu masalah.

Liburan memang di perlukan, sebagai ajang refreshing dari kepenatan rutinitas harian, apalagi untuk keluarga dan anak-anak, jangan sampai kurang piknik, karena bisa bikin level galau dan mumet meningkat.

Tapi kalau liburan, jalan-jalan, piknik kan butuh biaya ya?! Sedangkan di rumah saja kan kadang sedikit membosankan.

Sebenarnya ngga perlu terlalu pusing, liburan di rumah bisa asyik juga koq! asalkan kita benar-benar menikmatinya, intinya mengoptimalkan quality time yang ada selama seluruh anggota keluarga lagi kumpul di rumah.

Berikut ini saya ingin berbagi kegiatan kami dan anak-anak lakukan, yang menjadi cara kami tetap asyik dan menikmati liburan di rumah.

1. Masak atau membuat kue bareng, memasak bersama anak menyenangkan loh! Selain juga mengajarkan mereka tata cara masak, biasanya berbagi tugas ada yang siangi sayuran, ada yang ngaduk-aduk, dan ada juga yang ngacak-ngacak, yaa karakter mereka bisa terlihat saat di dapur, ada yang sabar, telaten dan ada yang malas..Hhmm..

2. Ngerujak, liburan ngga kemana-mana coba deh buat rujak sendiri dengan aneka buah dan rasa yang pedas mantap, seeuuhhaggh bersama, sampai pada keringatan, macam orang keliling lapangan bola tiga putaran.

3. Beres-beres kamar masing-masing, iya ini juga selalu saya terapkan kalau anak libur di rumah, merapikan dan membuang barang yang tidak terpakai di kamar masing- masing.

4. Makan bakso langganan dekat rumah, kebetulan dekat rumah ada tukang bakso yang enak dan juara rasanya, jadi kalau libur di rumah saja, kami meluncur deh ke sana.

5. Berolah raga ringan, yaa biasanya ambil raket, kemudian bermain badminton di halaman.

6. Karaoke, kebetulan di rumah ada alat karaoke sederhana, jadi kalau ngga kemana-mana alat karaoke ini bermanfaat sekali.

Liburan bukan berarti wajib pergi kemana-mana, apalagi kalau sampai harus memaksakan diri, itu bisa berujung merugikan diri sendiri, asal kita bisa meresapi kebersamaan bersama keluarga, liburan di rumah saja pun bisa tetap mengasyikkan.





10 comments

  1. Kayaknya saya akan memilih tips nomer 2 mbak kalo lagi liburan di rumah soalnya saya suka banget mbak sama rujak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirain cewek-cewek aja yang suka rujak..hehe :)

      Delete
  2. makan baso favorit pun dah bikin antusias ya mb
    sama kayak di rumahku ni
    pokoknya kulineran yang paling mantep, murah meriah bebas ongkos transpot :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ngga liburan, kulineran teteuupp ya mba..

      Delete
  3. Point 1-5 uda sering praktekin dan memang nyenengin. Tp klo point 6. Duh mendadak ingat dvd di rmh yg rusak jd gak bs karaokean lagi. Hiks.. Kayanya karaoke itu bakal efektif juga ya.. Seru sih

    ReplyDelete
  4. Setuju nih kegiatan dirumah kalau dilakukan dirumah jg jadi menyenangkan. Aku justru menghindari piknik keluar saat long weekend begini mba, yg ada malah stress.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar banget mba, kadang kalau ngga ingat anak sekolah, maunya orang-orang kerja kita liburan yaah..hehe

      Delete
  5. Liburan ini aku malah sakit.. hiks
    Gg bisa menikmatinya bersama anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wwaahh..ngga asyik banget mba...cepet sehat yaa...liburannya di suruh istirahat.

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.