Bermain Mengenal Cita-Cita Di Kidzania Karena Masa Kecil Cuma Sekali


Bermain Mengenal Cita-Cita Di Kidzania Karena Masa Kecil Cuma Sekali


Dulu saat masih anak-anak, setiap kali di tanya soal cita-cita, sudah besar mau jadi apa? Jawaban saya mesti nggak konsisten, kelas satu SD ingin jadi polwan, menginjak kelas empat ingin jadi guru, sekali waktu ingin jadi dokter, dan terakhir sampai menjelang lulus SMP cita-cita saya mentok ingin jadi diplomat, yaaa begitulah saya segalau itu dengan cita-cita, yang pada akhirnya nggak ada satupun yang jadi kenyataan.*hiks.

Cita-cita memang bisa berubah-ubah seiring waktu, ya namanya juga anak-anak, perjalanan dan cara berpikirnya terus mengalami perkembangan yang tentu saja mempengaruhi keinginan dan keputusannya. Perubahan cita-cita bisa jadi karena anak-anak tidak punya gambaran seperti apa sih cita-cita mereka itu sebenarnya?


Makanya saya senang sekali saat mendapat kesempatan ke Kidzania bersama Kumpulan Emak Blogger untuk menghadiri Re-Opening Police Station Larutan Cap Kaki Tiga Anak di Jakarta kamis 25 Agustus lalu. Saya membawa serta anak saya yang usia SD, dia juga senang sekali dapat kesempatan ke Kidzania.

Police Station Cap Kaki Tiga Anak sendiri sebenarnya sudah eksis di Kidzania sejak bulan juni tahun lalu. Namun acara Re-Opening Police Station ini sekaligus untuk sosialisasi pergantian kemasan baru Larutan Cap Kaki Tiga Anak, yang kini hadir dalam kemasan yang lebih menarik, kemasan kaleng bergambar tokoh karakter Disney ada  Mickcey dan Minnie Mouse, juga Donald Duck. Terdiri tiga rasa yang di sukai anak-anak yaitu rasa strawberry, lychee dan jeruk.

Bermain Mengenal Cita-Cita Dan Sesuatu Yang Baru Untuk Anak Di Kidzania

Bermain Mengenal Cita-Cita Dan Sesuatu Yang Baru Untuk Anak Di Kidzania
KidZania Police Station

Larutan Cap Kaki Tiga Anak merupakan inovasi terbaru dari brand induknya yaitu larutan cap kaki tiga yang sudah ada sejak tahun 1937 dengan formula turun temurun. Larutan Cap Cap Kaki Tiga Anak aman di minum untuk anak dari usia 6 bulan sampai 12 tahun dan sudah di percaya ampuh meredakan panas dalam mulai dari sariawan, sakit tenggorokan dan dapat menyegarkan badan. Kehadiran Larutan Cap Kaki Tiga Anak juga mendapat rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai minuman pereda panas dalam anak pertama di Indonesia.

kemasan baru Larutan Cap Kaki Tiga Anak

Re-Opening Police Station Cap Kaki Tiga Anak makin menambah keramaian wahana di Kidzania. Seperti kita ketahui Kidzania adalah wahana edukatif dan entertainment untuk anak yang memberikan pengalaman baru untuk anak, di mana anak-anak dapat berlatih mewujudkan cita-citanya, di sini mereka bisa mencoba profesi apapun yang mereka inginkan seperti menjadi polisi, pemadam kebakaran, dokter pilot, reporter, pembalap dan lain-lain. Sambil bermain, di Kidzania anak-anak juga bisa belajar dan mengetahui gambaran seperti apa cita-cita yang mereka inginkan

Bermain Mengenal Cita-Cita Dan Sesuatu Yang Baru Untuk Anak Di Kidzania
Bermain Mengenal Cita-Cita Dan Sesuatu Yang Baru Untuk Anak Di Kidzania
Serah terima Key City Police Station

Kidzania Jakarta merupakan Kidzania pertama di Asia Tenggara, menempati ruangan seluas 7500 meter persegi dan berlokasi di Pacific Place Mall. Di rancang dan di bangun menyerupai sebuah kota dalam ukuran mini yang lengkap dengan semua fasilitasnya, jalan raya, rumahsakit, sekolah, kantor, bank, mall supermarket dan lainnya. Kidzania di peruntukkan untuk anak usia 6-12 tahun, selain di Jakarta Kidzania juga tersebar di beberapa kota besar lain di dunia seperti di Kuala Lumpur, Bangkok, Manila, Sinagpore, Seoul, Busan, Mumbai, Saopaulo, Lisbon, London Jeddah, Istanbul dan lain-lain 

Acara Re-Opening  di awali dengan sambutan dari presiden director Kidzania bapak Kerry Riza dan Ibu Merlyana GM marketing beverages Larutan Cap Kaki Tiga anak yang kemudian di lanjut dengan serah terima City Key Police Station. Acara berlangsung sangat ramai, karena di acara ini juga di tampilkan beberapa pertunjukkan dan perlombaan untuk anak-anak, di antaranya lomba mewarnai kaleng. Lomba mewarnai yang cukup unik, biasanya kan mewarnai itu umumnya di atas kertas. Menurut ibu Merlyana hal ini memang sengaja di lakukan untuk memberikan sesuatu yang baru dengan harapan kegiatan ini dapat menjadi satu pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan bagi anak-anak.

Di Police Station Kidzania anak berperan menjadi polisi. Sambil bermain anak di berikan edukasi bagaimana menjadi polisi yang baik, berani dan beraksi menangkap penjahat yang mencuri formula rahasia larutan cap kaki tiga anak. Permainan polisi ini sangat menarik untuk anak-anak, apalagi tidak sedikit anak yang bercita-cita menjadi polisi. Permainan ini sangat seru dan menantang, dapat melatih fisik dan membuat anak aktif saat berusaha menangkap penjahat. Selain itu anak-anak juga di tuntut untuk berpikir logis karena mereka harus mengumpulkan clue atau petunjuk, menganalisa dan menyimpulkan di mana lokasi penjahat untuk kemudian menangkapnya. 

Berperan sebagai polisi juga bisa membentuk karakter anak untuk menjadi pribadi yang baik peduli terhadap lingkungan sekitar serta berani memerangi kejahatan. Untuk aksi dan kerja anak-anak di Police Station mereka akan di ganjar gaji sebesar lima kidzos (mata uang Kidzania)
Bermain Mengenal Cita-Cita Di Kidzania Karena Masa Kecil Cuma Sekali

Bermain Mengenal Cita-Cita Dan Sesuatu Yang Baru Untuk Anak Di Kidzania
ini dia penjahat yang berhasil di tangkap 

Acara ini juga merupakan perwujudan dari komitmen PT Kino selaku produsen Larutan Cap Kaki Tiga Anak yang peduli terhadap tumbuh kembang anak, bagian dari kampanye Masa Kecil Cuma Sekali lewat hastag #masakecilcumasekali

Di tengah arus perkembangan teknologi saat ini anak-anak yang seharusnya aktif bergerak lebih asyik bermain dengan gadget hingga melupakan sosialisasi dengan lingkungan sekitar. Dengan campaign Masa kecil cuma sekali Larutan Cap kaki Tiga anak ingin mengajak para orangtua kususnya ibu-ibu dan anak-anak agar melakukan aktifitas dan pengalaman dengan sesuatu yang baru, sesuatu yang tidak terulang, sesuatu yang dapat memberi makna dan warna tersendiri pada masa pertumbuhan anak, karena masa kecil anak cuma sekali.

Memang benar, masa kecil anak cuma sekali. Melihat perkembangan dan pertumbuhan anak, seakan tak terasa  waktu berlalu begitu cepat. Sebagai ibu kadang saya berharap mereka jangan terlalu cepat tumbuh, rasanya baru kemarin sore saya menimang mereka, kemudian koq tahu-tahu sudah mau TK, SD dan seterusnya. Sering terbersit perasaan ingin kembali mengulang masa-masa kecil mereka, saya suka kangen momen-momen bersama mereka dulu waktu kecil, langkah pertamanya juga celotehan pertamanya.

Saat anak-anak saya masih kecil kurang lebih sampai menjelang lulus TK, saya punya kegiatan yang biasa saya lakukan sebelum mereka tidur atau kapan saja jika sedang ada waktu luang. Mereka suka sekali bermain boneka tangan dengan berbagai karakter. Koleksi boneka tangan karakter waktu itu lumayan banyak, seperi Bugs Bunny kelinci, jerapah, gajah, Piglet, Winnie the pooh, Doraemon dan lain-lain.

Bermain Mengenal Cita-Cita Dan Masa Kecil Cuma Sekali Di Kidzania
Bermain boneka tangan

Saat bermain boneka tangan bersama mereka adalah masa yang tidak terlupa dan tak akan terulang lagi, karena mereka kini sudah besar. Beruntung saya di anugerahkan lagi baby kecil. Sekarang saya bermain boneka tangan yang masih tersisa bersama baby kecil, iya, karena sudah lama sekali, boneka-boneka tangan itu berceceran entah di mana dan kini hanya tersisa dua, Boneka tangan Winnie The Pooh dan Doraemon.

Bermain boneka tangan adalah momen yang menyenangkan untuk membangun koneksi emosional dengan anak, sambil bermain saya menyelipkan pesan dan nasihat yang baik untuk anak dengan cerita-cerita lucu dan spontan saja, selalu ada hal baru yang jadi bahan cerita. Sambil bermain boneka tangan saya juga bisa membangun interaksi dengan anak dan menanyakan apa saja, mengetahui hal yang di sukai dan tidak di sukainya termasuk apa cita-citanya.

Kembali ke Kidzania, selama bermain di Kidzania Daya anak saya senang sekali, pada awalnya dia bingung mau jadi apa, maklum ini kan memang sesuatu yang baru buat dia, mulai dari pembalap, reporter dan penyiar radio di jalaninya, saking senangnya bermain di Kidzania sampai perlu rayuan ekstra untuk mengajaknya pulang. Banyak profesi yang di perankan menambah wawasan dan membuatnya semakin mengenal berbagai macam profesi dan cita-cita, selain itu di sana dia seakan tak terasa lelah, atau letih sama sekali, Kidzania yang segitu luasnya di jelajahi tanpa mengeluh. Rupanya selain karena senang dan gembira, minum Larutan Cap Kaki Tiga Anak jadi salah satu penyebabnya, seperti kita tahu kan Larutan Cap Kaki Tiga Anak rasanya enak dan menambah cairan tubuh pada anak, otomatis membuatnya tidak mudah lelah.

Bermain Mengenal Cita-Cita Di Kidzania Karena Masa Kecil Cuma Sekali


Bermain Mengenal Cita-Cita Dan Masa Kecil Cuma Sekali Di Kidzania
Bermain Mengenal Cita-Cita Dan Masa Kecil Cuma Sekali Di Kidzania
Jadi tim Rescue, pembalap dan penyiar radio

Cita-cita adalah pilihan anak, beruntungnya anak-anak tidak segalau saya menentukan cita-citanya. Saya membebaskan ana memilih apa yang mereka inginkan di masa depannya. Si sulung ingin menjadi reporter, yang tengah ingin menjadi dokter, yang ketiga katanya ingin menjadi gamer youtuber, yang kecil belum tahu nih?! belum bisa ngomong soalnya. Sebagai orangtua  yang penting saya fokus dengan kewajiban berusaha dan memperjuangkan yang terbaik agar bisa mengantarkan mereka ke gerbang cita-cita nya, dan satu hal lagi yaitu memastikan mereka selalu tumbuh sehat dan ceria. Dan jika mereka terserang panas dalam atau sariawan saya tidak perlu khawatir lagi karena ada Larutan Cap Kaki Tiga Anak sebagai solusinya.









33 comments

  1. Wajah serunya ank2 mmg banyak cita2 tp seiring jln mereka bs manteb dsatu cita2,kita cm mengarahkan ya hehe

    ReplyDelete
  2. hmm serunyaa...aku ga diajak hehehe..
    cuma dek paksi nih yg blom ke sana, kaka2nya udah pernah. tp ternyata salah satu jadwal outing dr sekolahnya bakal ke kidzania

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke Kidzania kayaknya sudah jadi acara wajib sekolah ya mbak Ophi..

      Delete
  3. waah seru yah.. sayang kemaren anakku belum bisa main di police station ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak saya juga ngga kebagian police station, banyak peminatnya...

      Delete
  4. Adenya lucu saat bermain boneka tangan. Melihat anak-anak memang selalu menyenangkan ya mba

    ReplyDelete
  5. wah serunya main ke Kidzania, anak saya sampai di rumah uda nanya lagi : "kapan ke kidzania lagi?" #emaknyengiraja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss mba Lily..sama kita..nyengir juga...

      Delete
  6. Anak-anak selalu punya cita-cita berbeda ya. Perlu banget dia ke Kidzania nih biar kenal bermacam profesi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi punya gambaran ya mak, tentang cita-cita..

      Delete
  7. waaah....sama dong baby adreena juga suka main sandiwara boneka

    ReplyDelete
  8. Wakakakkk iya bener mba. Dulu wkt kecil kalo ditanya cita2 pasti salah satu kita nyebutnya ada yg mau jadi polisi ya.

    ReplyDelete
  9. sekarang anak2 klo ditanya udah gede mau cita2 jd apa? klo masih bingung mau jadi apa, bisa merasakan dulu pengalamannya di Kidzania, asik yaa.. sekarang fasilitas apa aja udah lengkap :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya betul banget mba Ristin, enak ya jadi anak zaman sekarang..hehe..

      Delete
  10. Cita cita bisa membuat anak lebih termotivasi ya mba.. apalagi sekarang cita makin banyak pula eh tapi jaid polisi tetap cita2 paling diminati anak ya..

    Bintang kalau udah cukup umur mau balik main sana lagi ah ajak zizi..

    ReplyDelete
  11. wowh luas juga ternyata Kidzania ya mak, 7500 pantesan mak nya pada gempor kalo ngikutin anaknya terus. Anak2 sih pasti ga ada capeknya muter2 apalagi mereka seneng kalo udah di police station pasti dapat larutan cap kaki tiga anak huaaaaaa

    ReplyDelete
  12. Senengnya anak anak kita dapet temen baru di kidzania ya maak

    ReplyDelete
  13. wahh ada foto penjahatnya juga, cerita apa tuh pas main boneka tangan, hehehe

    ReplyDelete
  14. Seru ya Police Station KidZania, anak-anak jadi tambah pengalaman saat masa kecilnya

    ReplyDelete
  15. #gagalfokus liat bpk presdir ganteng mirip2 didi riyadi idolaku pas remaja jadul dulu wkwkwk...

    ReplyDelete
  16. Anakku pasti seneng banget kalau diajak ke sini.. sayang jauh amat, di SBY belum ada..

    ReplyDelete
  17. seru bget mbak. membiasakan kebiasaan baik memang harus ditanam sejak dini ya mbak. btwanakku juga suka boneka tangan,

    ReplyDelete
  18. Jadi gamer youtuber? Wow,itu cita-cita yang update banget! :D

    ReplyDelete
  19. Masih untung Mbak Nunu sempat bercita-cita tinggi waktu kecil, meski akhirnya tidak terwujud :) setidaknya punya semangat dalam mengejar cita-cita.
    Kalau saya dulu, enggak berani bercita-cita tinggi, karena melihat keadaan ekonomi ortu yg sangat terbatas saat itu. Hiks. Jadi curhat...
    Sekarang, mari dukung, motivasi dan arahkan anak-anak kita utk menggapai cita-cita mereka :)

    ReplyDelete
  20. Seru banget emang maen ke Kidzania itu ya.. terakhir ke sana, si bungsu nyobain jadi pilot :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.