Hamil Tanpa Stress, Ibu Bahagia Bayi Ceria


Hamil Tanpa Stress, Ibu Bahagia Bayi Ceria

Pregnancy is the happiest reason ever for feeling like a crap ~anonim~

Saat hamil tuh memang rasanya nggak karuan! Saya pribadi Sulit menjelaskannya dengan kata-kata. Tapi no matter what that feeling was, meskipun di dera morning sickness yang payah, susah tidur, susah bergerak pokoknya susah semua-semua deh! Jauh di lubuk hati yang paling dalam, terselip rasa bahagia menjalani proses kehamilan.

Namun ternyata, nggak semua ibu hamil mulus-mulus saja menikmati dan melewati masa-masa ajaib kehamilannya. ada beberapa ibu hamil merasa tidak bahagia dengan kehamilannya, mereka mengalami kesulitan beradaptasi dengan situasi dan kondisi kehamilan hingga akhirnya menjadi stress.

Stress pada ibu hamil tentu saja akan berdampak langsung kepada bayi dalam kandungan. Bayi akan ikut stress dan jika tidak di tangani dengan baik akan membahayakan kondisi ibu juga bayi dalam kandungannya.


Hmmm...Bayi dalam kandungan pun ternyata bisa stress!? Dan sedihnya bayi atau janin yang stress bisa berakibat fatal. Banyak ibu tidak tidak menyadari jika janin dalam kandungannya stress, sampai kemudian terlambat, bayi dalam perutnya ternyata sudah tidak bernyawa lagi, duh! serem banget!

Karena berdasar pemaparan dari dr. Taufik Jamaan Spog di acara "Sweety Gold Precious Moment Kenali Stress Bayi Dalam kandungan" Minggu 31 Juli lalu. Pada acara yang di gelar di Igors Pastry Jakarta, di jelaskan tentang apa itu stress pada janin, ciri-cirinya, efek, pencegahan dan penanganannya, hal yang penting sekali untuk di ketahui oleh ibu yang merencanakan hamil atau sedang hamil

Bayi atau janin stress adalah kondisi di mana bayi merasa ada ancaman untuk kehidupannya di dalam kandungan. Bisa di indikasikan berupa gangguan aliran darah dari ibu ke janin atau gangguan asupan kalori dari ibu ke janin.

Hamil Tanpa Stress, Ibu Bahagia Bayi Ceria

Apa sih ciri-ciri atau gejala janin yang stress? Pada semester satu kehamilan biasanya belum terlihat, namun pada semester dua dan tiga dapat di ketahui dari detak jantung dan gerakan bayi yang lambat atau malah sangat cepat. Namun untuk lebih memastikan biasanya terlihat jelas dengam USG atau CTG dan kartu kurva kesehatan.

Apa penyebab bayi atau janin stress?

  • Ibu mengalami anemia
  • Ibu mengalami demam
  • Air ketuban berkurang
  • Ibu stress atau depressi
  • Proses persalinan yang lama
  • Oksigen berkurang
  • Ibu sakit
  • Bayi terlilit tali pusar
  • dll
Secara umum memang Stress pada bayi di picu oleh kondisi ibu, banyak hal yang bisa menyebabkan ibu stress saat hamil, baik karena faktor internal maupun eksternal. Faktor internal biasanya terjadi karena perubahan yang cukup signifikan baik itu fisik maupun mental juga perubahan hormon yang menyebabkan perubahan mood dan emosional ibu. Faktor eksternal biasanya berupa tekanan dari luar yang menjadi beban pikiran ibu hamil, seperti sedang menghadapi permasalahan ekonomi, terkena musibah, di kejar deadline, tugas pekerjaan yang menumpuk dan sebagainya.

Efek dari stress ibu terhadap janin menyebabkan: 

  • Denyut jantung bayi dan frekuensi gerak bayi berkurang atau cepat.
  • Kelahiran bayi prematur.
  • Kurang berat badan karena kontraksi kerusakan organ bayi pada saat lahir.
  • Cacat tulang belakang
  • Resiko autisme lebih tinggi.
  • Janin mengeluarkan meconium atau kotoran janin yang dapat mengotori air ketuban.
  • Menyumbat pernafasan.
  • Menyebabkan infeksi ibu dan janin

Hamil Tanpa Stress, Ibu Bahagia Bayi Ceria
dr. Taufik Jamaan, Spog

Menurut kementerian kesehatan para ibu sebaiknya memeriksakan kehamilannya secara rutin minimal empat kali dengan minimal satu kali di temani pasangan atau anggota keluarga lainnya waktu pemeriksaan yang di anjurkan antara lain satu kali sebelum minggu ke 16, satu kali antara minggu ke 24-28, satu kali antara minggu ke 30-32 dan dua kali antara minggu ke 36-38. Dengan rajin memeriksa kan diri kondisi stress pada ibu hamil dan bayinya akan lebih cepat terdeteksi.

Sampaikan semua keluhan dan masalah saat hamil kepada dokter yang memeriksa dengan detail, ibu hamil juga wajib selalu berpikir positif dan bergembira. Pola makan dan asupan makanan serta gizi yang seimbang juga berpengaruh. Dukungan pasangan dan keluarga besar dan orang-orang terdekat juga sangat penting, lakukan hal-hal yang membuat ibu senang salah satunya dengan melakukan senam hamil atau perawatan ibu hamil seperti pijat dan relaksasi. 

Hamil Tanpa Stress, Ibu Bahagia Bayi Ceria

Pijat untuk relaksasi ternyata bisa di lakukan sendiri oleh para ibu hamil. Relaksasi ini memang penting untuk membuat kondisi nyaman pada ibu hamil. Di acara ini juga di berikan tips untuk ibu hamil melakukan self massage agar ibu terhindar dari stress. Teknik yang di ajarkan oleh mba Wulan dari Mom N Jo spa, TTM ( Telunjuk, Tengah, Manis) sangat mudah, cukup menggunakan jari telunjuk, tengah dan jari manis untuk memijat area sekitar wajah mulai dari dahi ke pelipis, dagu, dan daerah sekitar dada dengan mengatur irama nafas yang teratur agar nafas ibu hamil tetap panjang dan tidak cepat lelah. Ini penting sekali,  kelelahan juga bisa memicu stress pada ibu hamil

Acara yang di hadiri juga oleh Titi Kamal ini bertambah seru. Sebagai bintang ternama Titi Kamal berbagi pengalamannya saat hamil Juna puteranya yang kini berusia dua tahun. Menurut mba Titi ibu hamil itu harus selalu happy kalau sayang sama bayinya. Karena bayi yang stress saat hamil juga akan mempengaruhi tumbuh kembang selanjutnya.

Hamil Tanpa Stress, Ibu Bahagia Bayi Ceria

Titi Kamal juga berkisah pengalamannya yang hobi traveling bersama keluarga kecilnya, menurutnya persoalan lain yang bisa membuat stress bayi di masa pertumbuhan adalah pemilihan diapers atau popok yang tepat. Karena jika diapers yang di pakai tidak memberikan kenyamanan dan perlindungan yang baik bayi akan stress. Untuk itu beliau selalu berusaha memilihkan yang terbaik untuk Juna. Dalam hal memilih diapers, sejak Juna berusia dua minggu Titi Kamal menggunakan diapers atau Popok Sweety.

Dari namanya jangan mengira kalau popok Sweety ini sama seperti produk diapers lain yang umumnya impor. Sweety adalah brand diapers asli Indonesia yang berlisensi dan di produksi di Indonesia. Jadi dengan menggunakan Sweety menurut mba Titi kita sudah berkontribusi memajukan produk-produk dalam negeri agar bisa sejajar dengan produk sejenis yang berasal dari luar negeri.

Karena diapers dari Sweety ini secara kualitas memang bisa di sejajarkan. Sweety adalah satu-satunya popok di Indonesia yang teruji secara klinis oleh Australian dermatologist, sebagai popok yang aman untuk kulit bayi sensitif sekalipun. Apalagi kini Sweety mempunyai produk unggulan yaitu Sweety Comfort Gold popok pertama yang mempunyai teknologi Diamond Layer, jadi permukaan Sweety comfort gold berbentuk memyerupai prisma-prisma berlian yang mempunyai fungsi untuk menyerap lebih banyak cairan.

Sweety Comfort Gold juga extra softness untuk kulit bayi, ukuran sweety comfort gold tersedia dari new baby born sampai XL, dengan versi biasa dan versi celana. Satu lagi kelebihan Sweety Comfort Gold adalah adanya indicator wetness untuk mengetahui apakah popok sudah harus di ganti atau tidak dengan adanya tanda garis yang akan berubah warna menjadi hijau tua jika popok sudah penuh.

Hamil Tanpa Stress, Ibu Bahagia Bayi Ceria

Hamil Tanpa Stress, Ibu Bahagia Bayi Ceria

Di samping itu untuk mensupport para orangtua dalam mendampingi proses tumbuh kembang anak Sweety juga membuat satu wadah bernama Parent Academy yang dapat di akses di website sweetycare.com. Asyiknya lagi saat ini Parent Academy sedang nengadakan kompetisi yang berhadiah jalan-jalan ke Amerika, caranya mengunggah foto atau video yang berisi tips dan ide merawat anak

Hamil Tanpa Stress, Ibu Bahagia Bayi Ceria

Acara "Sweety Gold Precious Moment Kenali Stress Bayi Dalam kandungan"  yang di gagas majalah Mothercare Baby Indonesia ini bermanfaat bukan cuma untuk para ibu hamil tetapi juga untuk ibu yang memiliki balita, masa-masa hamil dan masa mengurus balita memang masa-masa precious moment yang nggak akan terulang dua kali, setiap anak sejak mulai proses kehamilan dan pertumbuhannya pasti memiliki kisahnya tersendiri. Dan apapun masalahnya, bagaimanapun problematika nya ibu harus tetap bahagia agar anak-anaknya ceria dan bahagia juga.





















No comments

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.