Roti Goreng Isi Ikan Tongkol, Makanan Ringan Bermanfaat Dan Sarat Gizi Untuk Anak

Roti Goreng Isi Ikan Tongkol, Makanan Ringan Bermanfaat Dan Sarat Gizi Untuk Anak


Selain langsung di makan, kalau lagi rajin roti biasanya saya olah lagi, olahan roti yang saya buat biasanya nggak jauh-jauh dari roti tawar di bakar atau panggang, yang di beri berbagai aneka isi selai seperti cokelat, kacang atau keju, atau yang lebih simpel lagi yah paling  buat roti sandwich dengan isi sayuran, daging asap atau burger.

Saya penasaran deh ingin bisa membuat roti sendiri, berbekal hobi coba-coba resep masakan dan makanan dari majalah, ternyata membuat roti nggak sesulit yang saya bayangkan. Selain itu memasak roti  nggak melulu harus di oven tetapi juga bisa di goreng. Salahsatunya roti goreng isi ikan tongkol, sekilas mungkin mirip dengan panada yaa, tapi tekstur panada yang agak keras berbeda dengan roti.



Roti goreng isi ikan tongkol ini makanan yang komplit sekali secara gizi dan manfaat, ini makanan ringan yang paling ampuh deh untuk mengganjal perut sebelum makan besar, dan untuk makanan selingan juga cocok sekali.

Anak-anak saya sedang dalam masa pertumbuhan menjelang remaja, mereka lagi doyan-doyannya makan, makanya saya happy berat saat berhasil membuat roti goreng ini dan mereka juga suka, katanya aroma amis dari ikan tongkol tidak terasa, rasanya gurih dan rotinya juga empuk.

Untuk memenuhi asupan gizi anak-anak pilihan makanan yang menunjang pertumbuhannya tentu menjadi prioritas, seperti kita ketahui roti adalah salah satu makanan yang mengandung karbohidrat, karena terbuat dari tepung gandum, salah satu sumber karbohidrat  memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh, termasuk anak-anak.

Roti juga ada dalam bagan piramida makanan yang paling utama, yaitu susunan bahan makanan yang bisa menjadi acuan untuk mengatur menu makanan anak-anak yang memberi petunjuk cara memenuhi kebutuhan vitamin, gizi dan nutrisi secara imbang.

Piramida makanan
Piramida makanan, panduan
 mengatur gizi seimbang  source: toddlersfood


Ikan tongkol juga banyak manfaatnya, sebagai ikan yang banyak tersedia dan harganya relatif terjangkau, kandungan gizi ikan tongkol tak kalah dari ikan salmon loh!? Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan laut, yang juga ada dalam bagan piramida makanan. Ikan tongkol biasanya di jual dalam keadaan segar atau dalam bentuk pindang atau cue', ikan tongkol bisa di kreasikan dalam beragam masakan.

Ikan tongkol juga banyak di pakai dalam banyak masakan khas daerah-daerah di Indonesia, salah satunya di daerah Minahasa Sulawesi utara, ikan tongkol di pakai untuk membuat bubur Manado, di olah dengan bumbu rica-rica, atau buat ikan asap fufu, di daerah ini ikan tongkol di kenal sebagai ikan cakalang, oiya Minahasa terpilih menjadi tempat tujuan jelajah gizi Nutrisi Untuk Bangsa PT Sari Husada tahun ini loh!? Jelajah gizi adalah sebuah program jalan-jalan unik yang di selenggarakan untuk menjelajah kekayaan kuliner serta kandungan gizi pada setiap masakan dan makanan daerah.


Roti Goreng Isi Ikan Tongkol, Makanan Ringan Bermanfaat Dan Sarat Gizi Untuk Anak

Roti Goreng Isi Ikan Tongkol, Makanan Ringan Bermanfaat Dan Sarat Gizi Untuk Anak
Source: aktual.com

Ikan tongkol di pasaran ada dua jenis yang berwarna abu-abu dengan daging dominan berwarna putih dan ada ikan tongkol dengan daging dominan berwarna kemerahan atau coklat tua. Sama seperti beberapa jenis ikan laut lainnya, ikan tongkol juga bisa memicu alergi pada beberapa orang dan mereka sebaiknya menghindarinya. Namun tak perlu khawatir dengan reaksi alergi yang di timbulkan. Jika ingin mencoba, makanlah dengan jumlah sedikit terlebih dahulu untuk memastikan reaksi alerginya

Selain itu kemungkinan alergi bisa datang dari berbagai macam sebab oleh karena itu telitilah dengan seksama ikan tongkol yang di pilih sebelum di beli, apakah masih segar, layak konsumsi atau tidak. Jika mengkonsumsi ikan tongkol yang segar biasanya tidak memicu alergi.

Untuk menangani reaksi alergi akibat ikan tongkol, umumnya di sesuaikan dengan reaksi yang terjadi pada tubuh, yang paling umum terjadi adalah kulit menjadi gatal-gatal, merah-merah atau tenggorokan gatal, biasanya hal ini harus di konsultasikan ke dokter, dan dokter akan memberikan obat yang sesuai.

Namun untuk yang tidak alergi ikan tongkol, jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi ikan tongkol, berdasarkan data dari berbagai macam sumber, ikan tongkol dengan kandungan gizi di dalamnya memiliki berbagai khasiat kesehatan  di antaranya:

  1. Mengandung Omega 3 yang dapat mengurangi resiko kerusakan pada mata juga AMD (Age Macular Disease) sejenis penyakit mata yang di sebabkan oleh penuaan.
  2. Memiliki kandungan protein yang tinggi, maka konsumsi ikan tongkol dapat memperkuat massa dan kekuatan otot, bisa mengurangi keluhan rematik atau linu
  3. Kandungan zat besi dalam ikan tongkol, dapat membantu menambah darah dan mencegah terjadinya anemia pada tubuh, mengurangi gejala 5L (Letih, Lesu, Lunglai, Lemas, dan Lemah.
  4. Kandunga EPA (Eicosa Pentatonic Acid) dalam ikan tongkol dapat mencegah obesitas, atau kelebihan gula dalam darah. EPA adalah asam lemak tak jenuh pada ikan tongkol yang juga dapat mencegah kolesterol dan ejakulasi dini
  5. Omega 3  dalam ikan tongkol juga bisa mencegah penyakit saluran pencernaan, jantung dan 
  6. Selain itu yang luar biasa kandungan omega 3 dalam ikan tongkol bisa meningkatkan kecerdasan anak...Nah ini penting sekali untuk anak-anak.
  7. Kandungan Selenium pada ikan tongkol dapat membantu proses detoksifikasi pada hati, mengeluarkan racun dalam tubuh.

Melihat manfaat yang terkandung dalam ikan tongkol rasanya nggak ada alasan untuk tidak mengkonsumsi ikan ini, sebagai alternatif olahan yang sudah saya sebutkan ini dia resep 

Roti Goreng isi ikan tongkol

Bahan roti:

  • 300 gr tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh ragi atau fermippan
  • 50 gr gula pasir 
  • 2 sendok makan mentega
  • 50 ml santan
  • Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat roti:

Campurkan tepung terigu dengan baking soda dan ragi aduk sebentar masukkan gula pasir telur mentega dan santan, kemudian uleni semua bahan sampai kalis tidak lengket di tangan, simpan dalam wadah di tutup lap kurang lebih 30 menit sampai satu jam.


Roti Goreng Isi Ikan Tongkol, Makanan Ringan Bermanfaat Dan Sarat Gizi Untuk Anak
Roti Goreng Isi Ikan Tongkol, Makanan Ringan Bermanfaat Dan Sarat Gizi Untuk Anak

Bahan untuk isi roti:

  • Satu ekor ikan tongkol abu-abu ukuran sedang 
  • Dua lembar daun jeruk iris halus
  • 100 ml santan
  • Satu batang serai memarkan
  • Minyak 2 sdm untuk menumis
  • Gula dan garam sesuai selera

Bumbu yang di haluskan

  • Satu sendok teh ketumbar
  • Cabe Merah empat buah
  • Cabe rawit empat buah
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih

Roti Goreng Isi Ikan Tongkol, Makanan Ringan Bermanfaat Dan Sarat Gizi Untuk Anak

Cara Membuat


Setelah ikan di cuci dan di bersihkan, potong tiga bagian dan kukus ikan tongol kurang lebih selama dua puluh menit, setelah dingin suir-suir ikan tongkol. 


Roti Goreng Isi Ikan Tongkol, Makanan Ringan Bermanfaat Dan Sarat Gizi Untuk Anak

Roti Goreng Isi Ikan Tongkol, Makanan Ringan Bermanfaat Dan Sarat Gizi Untuk Anak


Tumis bumbu halus, sampai harum tambahkan daun jeruk dan serai, kemudian masukkan suwiran ikan tongkolny, aduk sampai rata lalu tambahkan santan dan aduk terus perlahan sampai kuah menyusut angkat dan diamkan.

Roti Goreng Isi Ikan Tongkol, Makanan Ringan Bermanfaat Dan Sarat Gizi Untuk Anak

Roti Goreng Isi Ikan Tongkol, Makanan Ringan Bermanfaat Dan Sarat Gizi Untuk Anak

Roti Goreng Isi Ikan Tongkol, Makanan Ringan Bermanfaat Dan Sarat Gizi Untuk Anak

Ambil adonan roti, pukul, lalu kemudian ambil  adonan roti buat bulat dan pipihkan di telapak tangan, setelah itu isi dengan tumisan ikan tongkol. bentuk sesuai selera diamkan kurang lebih limabelas menit, setelah panaskan minyak goreng, goreng roti dengan api sedang cenderung kecil agar tidak gosong dan matang sempurna.

Roti Goreng Isi Ikan Tongkol, Makanan Ringan Bermanfaat Dan Sarat Gizi Untuk AnakRoti Goreng Isi Ikan Tongkol, Makanan Ringan Bermanfaat Dan Sarat Gizi Untuk Anak

Roti Goreng Isi Ikan Tongkol, Makanan Ringan Bermanfaat Dan Sarat Gizi Untuk Anak



Roti goreng isi ikan tongkol siap di sajikan.

Roti Goreng Isi Ikan Tongkol, Makanan Ringan Bermanfaat Dan Sarat Gizi Untuk Anak

Roti goreng isi ikan tongkol sekarang jadi favorit anak-anak, beruntung anak saya tidak ada satupun yang alergi terhadap makanan laut, jadi bisa dengan asyik dan lahap menikmati roti goreng ini. Roti goreng yang bermanfaat dan sarat gizi untuk anak-anak.


13 comments

  1. ih, enak banget nih Nu
    Kece foto-foto resepnya..moga sukses yaaaa

    ReplyDelete
  2. So nyummy mbak :D
    Itu kalau isiannya diisi coklat or kacang hijau jg bisa kan ya? hehe
    Makasih resepnya ya :)

    ReplyDelete
  3. wah baru tahu aku , ikan bsai dibuat isian roti rasanya main lezat

    ReplyDelete
  4. mak nunu pagi2 bikin aku lafeeeeer :) asyik ini bikin rotinya digoreng aja, gak perlu dioven, ah kapaan yaaa aku bisa praktekkin

    ReplyDelete
  5. Waah.. Yummy nih.. Hasna suka banget roti goreng tapi yg isi coklat. Lain kali nyoba resepnya mba Nunu ah.. Semoga Hasna jg suka. Biar kandungan gizi roti jg banyak, ga cuma karbo aja 😊😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah iya mba, hasna masih masa pertumbuhan gizinya harus lengkap..

      Delete
  6. Baca ini aku lgs inget ama panada yaa :). Roti khas makasar yg isinya ikan juga.. suka bgt aku mbak.. aku penyuka roti soalnya.. dan paling seneng kalo isian rotinya gurih2 gini drps manis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pun lebih senang roti yang gurih mba..

      Delete
  7. Ini buat sarapan dicemilin pagi-pagi ditemenin susu hangat atau teh hangat enak banget ini hihi...

    ReplyDelete
  8. Ikan tongkol bagus juga buat yang kurang zat besi ya? Sepertinya di pasar ada nih yang udah disuir-suir.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.