SUN Varian Baru Mengandung Ubi Ungu, Superfood Sumber Energi Dan Imun Alami Untuk Bayi

 SUN Varian Baru Mengandung Ubi Ungu, Super Food Sumber Energi Dan Imun Alami Untuk Bayi

 SUN Varian Baru Mengandung Ubi Ungu, Superfood Sumber Energi Dan Imun Alami Untuk Bayi

Ketika bayi menginjak usia 6 bulan, maka saat pemberian ASI ekslusif berakhir, dan masa pemberian Makanan Pendamping ASI atau MPASI pun di mulai. Masa-masa ini sesungguhnya menyenangkan, tetapi sekaligus juga membuat resah ibu-ibu, di satu sisi tentunya senang dan happy karena bayi tidak lagi sepenuhnya tergantung pada ASI atau Air Susu Ibu sebagai makanan utama, di sisi lain, mulai hadir deh yang namanya kerisauan dalam memikirkan menu dan makanan apa yang pas dan akan di sukai oleh bayi.

Saat di mana ibu di tuntut berpikir kreatif menyajikan sajian yang sarat gizi dan bervariasi untuk bayi, yang bisa mendukung tumbuh kembangnya secara optimal. Dan biasanya saat seperti ini mulai muncul deh yang namanya drama dan dilema ibu-ibu saat memberikan makanan untuk bayinya, dari mulai bayi menolak makan, susah makan, memainkan makanannya, alergi makanan dan lain-lain

Memilihkan dan menyajikan MP-ASI memang  bukan hal mudah, karena bayi kan masih dalam tahap beradaptasi dengan lingkungan sekitar, termasuk makanan. Tetapi meskipun ada saja dramanya, sebagai ibu modern, kita patut bersyukur, saat ini sangat mudah sekali mencari refferensi di berbagai macam media seperti majalah, website atau youtube yang memberikan panduan membuat makanan pendamping ASI yang enak, padat gizi dan di kemungkinan di sukai bayi sangat besar. Pengetahuan tentang makanan pendamping ASI yang baik juga bisa kita dapatkan dengan mudah.

ASI masih makanan yang terbaik untuk bayi, ketika memulai memberikan makanan pendamping ASI ada beberapa hal yang harus di perhatikan oleh ibu, di antaranya dengan memilih bahan makanan yang segar, bervariasi dengan aneka warna dan rasa baru pada setiap makanan yang di berikan, selain itu tekstur makanan juga harus di sesuaikan dengan usia bayi di mulai secara bertahap mulai dari lembut, agak kasar sampai kasar.

Makanan Pendamping ASI harus memenuhi unsur vitamin, energi, mineral dan zat besi dan zat lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang bayi, salah satu makanan pendamping ASI yang memenuhi semua unsur ini adalah ubi, di pasaran kita bisa menemukan aneka jenis ubi yang bisa di bedakan dari warnanya ada yang putih, kuning, merah dan ungu. Sayangnya kebiasaan makan ubi di masyarakat kita masih kalah jauh dari makan nasi atau beras. Umumnya Orang Indonesia selalu belum merasa makan kalau belum bertemu nasi. Padahal kandungan ubi tidak kalah dari nasi.

Di antara sekian banyak jenis ubi, Ubi Ungu memiliki kandungan nutrisi paling lengkap karena mengandung antosianin yang berguna untuk membentuk daya tahan alami untuk tubuh, dan menyadari besarnya potensi Ubi Ungu, sebagai bahan pangan lokal yang kaya manfaat, PT Indofood Sukses Makmur Tbk bulan desember lalu, mengenalkan varian rasa baru Makanan Pendamping ASI yaitu SUN Ubi Ungu. Acara ini di hadiri oleh Dr spesialis anak dr. Julistio Tryoga Budhiawan Djais SP.A (K) M.Kes dan Prof.Dr.Ir Ali Khomsan SE, Guru Besar, pakar teknologi pangan Masyarakat di Institut Pertanian Bogor yang memberikan banyak wawasan dan pengetahuan baru tentang ubi ungu.

Menurut Prof. Dr.Ir Ali Khomsan SE, ubi ungu mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, tanaman yang berasal dari benua Amerika ini, masuk dalam kategori Superfood, yaitu kelompok makanan yang yang mengandung nutrisi lebih lengkap jika di bandingkan dengan makanan jenis lain, Superfood di yakini bisa memperlambat proses penuaan, menguatkan fisik dan baik untuk kecerdasan otak. 

 SUN Varian Baru Mengandung Ubi Ungu, Super Food Sumber Energi Dan Imun Alami Untuk Bayi

Ubi ungu mengandung karbohidrat sebagai sumber energi, vitamin A, B, C dan E. Selain itu kandungan betakaroten, pigmen yang membentuk warna alami, membuat warna ungu pada ubi, saat di konsumsi akan di ubah oleh tubuh menjadi vitamin A dan membentuk anti oksidan yang di ketahui memiliki kemampuan untuk melawan kanker dan mencegah penuaan. Beta Karoten berperan penting untuk melindungi sel-sel, meningkatkan sistem kekebalan atau imun. 


 SUN Varian Baru Mengandung Ubi Ungu, Super Food Sumber Energi Dan Imun Alami Untuk Bayi

 SUN Varian Baru Mengandung Ubi Ungu, Super Food Sumber Energi Dan Imun Alami Untuk Bayi

Ubi ungu juga makanan yang baik dan tekstur nya mudah di cerna oleh bayi. 70-80% sel imun pada bayi di bentuk dalam saluran pencernaan, tetapi saluran cerna ini belum mampu sempurna memaksimalkan fungsinya, konsumsi ubi ungu yang mengandung kalsium dan potassium bisa mengurangi rasa sakit dan inflamasi pada perut, selain itu zat yang terkandung dalam ubi ungu juga bisa mendongkrak produksi prebiotik alami pada tubuh bayi, prebiotik berperan dalam mengatur keseimbangan bakteri di pencernaan, sehingga membantu memelihara kesehatan pencernaan dan pada akhirnya akan mendukung daya tahan tubuh bayi. 
 SUN Varian Baru Mengandung Ubi Ungu, Super Food Sumber Energi Dan Imun Alami Untuk Bayi

SUN Ubi Ungu adalah Inovasi yang di hadirkan untuk mengukuhkan eksistensi SUN dalam 25 tahun keberadaanya di Indonesia, membantu ibu menyiapkan MP-ASI yang praktis dan sehat untuk bayi. Satu-satunya dan pertama di Indonesia, makanan pendamping ASI untuk bayi dengan 30% kandungan ubi ungu, menggunakan sistem fortifikasi dengan penambahan 17 vitamin dan 7 mineral, serta di olah menggunakan teknologi Drum Drying, proses pengolahan modern yang memungkinkan produk ini bebas dari bahan pengawet, manfaatnya tetap terjaga dan aman di konsumsi sebagai MP-ASI.

Selain itu menurut hasil uji di Institut Pertanian Bogor, zat yang menyebabkan perut kembung (rafinosa) pada ubi yang sering menyebabkan pengeluaran gas atau kentut berlebihan juga hilang ketika proses produksi SUN Ubi Ungu.

Dalam acara yang juga di hadiri oleh Brand Manager SUN, Nutrition & Special Foods Division Indofood, Desi Handriani, mengatakan bahwa inovasi baru ini juga adalah bagian dari komitmen Indofood Nutrition dalam membantu program pemerintah, mengatasi persoalan pangan dan pemenuhan gizi anak bangsa Indonesia dengan memanfaatkan produk lokal yang banyak tersedia di Indonesia.

Serunya lagi di acara ini ibu-ibu yang hadir juga di berikan tambahan pengetahuan dalam mengolah SUN, bubur bayi. Memodifikasinya dengan aneka buah dan sayur segar, yang di pandu oleh Chef Geovani.

Dua resep SUN Ubi Ungu modifikasi yang di sajikan adalah SUN Ubi Ungu With Mix Fruits dan SUN Ubi Ungu with Sweet Corn Creamy Soup. Resep yang dibuat chef juga bisa di bawa pulang, benar saja rasanya yang sedap dan enak di sukai anak  saya.

Berkat pemaparan para pakar ini, kini mencari dan memilih alternatif makanan pendamping ASI, menjadi lebih mudah, salah satunya dengan memberikan SUN Ubi Ungu.


 SUN Varian Baru Mengandung Ubi Ungu, Super Food Sumber Energi Dan Imun Alami Untuk Bayi
Chef Geovani
 SUN Varian Baru Mengandung Ubi Ungu, Super Food Sumber Energi Dan Imun Alami Untuk Bayi
Bahan modifikasi resep SUN Ubi Ungu
 SUN Varian Baru Mengandung Ubi Ungu, Super Food Sumber Energi Dan Imun Alami Untuk Bayi
Varian rasa SUN


 SUN Varian Baru Mengandung Ubi Ungu, Super Food Sumber Energi Dan Imun Alami Untuk Bayi


http://www.nunuhalimi.com/2017/01/sun-varian-baru-mengandung-ubi-ungu.html



2 comments

  1. Hhhmmm...buat MPASI bisa dikreasiin juga yaa mb..?

    ReplyDelete
  2. Enak dikreasikan dengan buah ya, gurih,manis.MPasi memang sebaiknya ga asal bikin ya,tapi juga memiliki rasa.tentu rasa dari bahan alami spt buah.sun ubi ungu diolah dg buah praktis tapi tetap bergizi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.