Taman Kaulinan Bogor, Uang Kembalian Recehan Menjadi Taman Permainan


Taman Kaulinan Bogor, Uang Kembalian Recehan Menjadi Taman Permainan


"...Bu, Jalan-jalan yuk, sudah dua minggu nggak kemana-mana, aku bosan nih di rumah terus....?!"
itulah celotehan salah satu anak saya jika sudah mulai jenuh di rumah, saat libur weekend, kalau sudah begini biasanya saya sering balik tanya "...Memang mau kemana sih...?!" Jawabannya biasanya nggak jauh-jauh ya minta ke mall, main ke wahana permainan, yang suka keluar kupon banyak, ibu-ibu pasti tahu namanya deh!

"... Yaahh, ke tempat lain aja ya Kak..?!" pinta saya "...Ya udah, kemana dong?!" Dan saya pada akhirnya bingung harus jawab apa, pffttt....hmmmm selain ke mall, kemana ya?!

Pilihan tempat bermain memang nggak banyak untuk anak-anak sekarang, dan kalau pergi bermain di mall pun tidak selalu saya iyakan, di samping permainannya secara umum hanya membuang waktu, tidak bermanfaat edukasi untuk mereka, sudah terbayang juga pengeluarannya, ya kali muter-muter aja di mall, anak-anak pasti maunya makan atau jajan di mall. Dan kalau sudah urusan anak, seringkali agak sulit mengerem pengeluaran.


Makanya saya senang sekali, hari minggu lalu tanggal 5 Februari, dapat kesempatan, bareng teman-teman Asinan Blogger Bogor, menyaksikan peresmian atau Grand Launching Taman Sempur, kota Bogor.

Pergi naik commuter line ke stasiun Bogor menuju taman yang katanya di lengkapi dengan aneka permainan untuk anak-anak, waahhh...langsung terbayang, ini bisa jadi alternatif yang pas banget kalau anak-anak minta jalan-jalan, maklum saja anak-anak saya tuh selalu excited setiap di ajak pergi naik commuter line, apalagi nggak perlu merogoh kantong dalam ke sini, cukup mengeluarkan delapan ribu rupiah per orang untuk ongkos naik commuter Depok-Bogor pulang pergi, masuk tamannya gratis, buat ibu-ibu skala hemat prioritas macam saya, itu sesuatu banget deh..!

Datang bersama salah satu anak saya, suasana Taman Sempur sudah sangat ramai, acara peresmian taman Sempur berlangsung meriah, ada berbagai pertunjukkan di tampilkan, seperti marching band dan panggung seni, tidak heran warga kota Bogor dan sekitarnya sangat antusias, sehingga saking padatnya semua seperti tumpek blek menjadi satu di sana, taman yang di resmikan oleh bapak Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto berlangsung semarak.

Taman Kaulinan Bogor, Uang Kembalian Recehan Menjadi Taman Permainan
Suasana Taman Sempur yang di padati Warga kota Bogor dan sekitarnya.

Taman Kaulinan Bogor, Uang Kembalian Recehan Menjadi Taman Permainan
Peresmian dan uji coba langsung taman Kaulinan oleh Bapak Walikota Bogor Bima Arya

Taman Sempur adalah taman yang di dalamnya terdapat terdapat beberapa taman lainnya seperti taman Ekspressi dan taman khusus bermain skateboard. Untuk menuju taman ini sangat mudah, dari stasiun Bogor kita bisa lanjut dengan naik angkot 03, ongkosnya tiga ribu rupiah saja, kalau mau jalan kaki juga bisa, tapi lumayan jauh.

Taman Sempur dahulu adalah lapangan Sempur yang posisinya berseberangan dengan istana Bogor, saya baru ingat dulu saya pernah kesini semasa sekolah, lupa acara apa, dan saya tidak perhatikan nama tempat ini. Dengan kontur tanah menurun terhampar lapangan yang luas di tepian sungai Ciliwung, tempat ini memang nyaman untuk bersantai menikmati udara Kota Bogor yang sejuk dengan rimbun pepohonan. Dan sekarang tempat ini makin cantik dan nyaman di jadikan taman

Selain meresmikan Taman Sempur, bapak walikota juga meresmikan Taman Kaulinan, sebuah taman lain yang ada di Taman Sempur.

Taman Kaulinan adalah taman yang istimewa, mengapa istimewa? Istimewa, karena taman ini ternyata terwujud dari uang recehan, loh koq bisa? Iya, taman ini di bangun sebagian besar dengan dana hasil donasi pelanggan setia salah satu gerai mini dan midi market, yaitu Alfa Mart dan Alfa Midi, berupa uang kembalian yang di berikan di kasir, kembalian seratus dua ratus rupiah yang sering di tanyakan kasir, nggak asing dong yaa dengan pertanyaan ini "...Uang kembalian seratus rupiahnya boleh di sumbangkan, Bu?"

Hhmm jadi terjawab juga nih yaa... kemana sebenarnya uang ini di salurkan, soalnya kan pernah beberapa waktu lalu ada cerita viral di media sosial dan juga pernah muncul di grup whatsapp saya, intinya sih mempertanyakan dan menginformasikan kemana uang recehan kembalian mini market di salurkan, katanya untuk kesinilah, kesitulah, cenderung menggiring ke opini negatif, yang berpotensi menimbulkan  kesalah pahaman dan perpecahan, sementara kebenaran informasinya tidak bisa di pertanggung jawabkan dan menjadi simpang siur.

Saya pribadi tidak pernah pusing memikirkan penyaluran uang kembalian yang saya kasih, toh kita bisa menolak dan meminta uang kembalian kita, tetapi sayapun tidak menyalahkan orang yang punya pandangan miring soal uang kembalian yang di ambil mini market, toh itu uang-uang nya dan menjadi hak nya.

Nilai uang recehan seratus dua ratus rupiah mungkin tidak seberapa, tapi di kalikan dengan ribuan toko dan jutaan jumlah pelanggan mini market tentu sudah terbayang jumlahnya, wajar jika ada sebagian orang yang mempertanyakannya. Dan memang belum pernah saya mendengar publikasi kemana sebenarnya uang recehan itu di salurkan. Nah, setelah melihat Taman kaulinan saya jadi tahu uang recehan itu di salurkan kemana, salah satu hasilnya kini menjadi sebuah taman permainan.

Taman Kaulinan, Kaulinan adalah bahasa Sunda yang artinya permainan, nama ini sengaja di pilih karena kota Bogor merupakan salah satu kota dengan warisan budaya dan tradisi Sunda yang sangat kental, Taman ini di rancang untuk publik, khususnya anak-anak. Di bangun dengan konsep modern tanpa meninggalkan nilai tradisi masyarakat Sunda, dengan harapan agar anak-anak di kota bogor memiliki sebuah tempat khusus untuk bergerak aktif, di alam terbuka, sehingga dapat melatih kemampuan motorik dan sensorik mereka, jadi anak-anak tidak melulu bermain ke mall, asyik dengan gadget atau game online saja.

Taman Kaulinan Bogor, Uang Kembalian Recehan Menjadi Taman Permainan
Anak-anak antusias bermain di Taman Kaulinan

Pengerjaan taman ini berbarengan dengan proses revitalisasi taman Sempur, menurut Pak Solihin Corporate Affairs PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) taman seluas 600 m2 di kerjakan sejak bulan Juli tahun 2015 lalu, taman ini memiliki berbagai wahana permainan seperti engklek, engrang statis, ular tangga, rumah pohon, pondok gemar membaca, bahkan ada flying foxnya juga.

Kecuali flying fox yang katanya berbayar, karena memerlukan pemandu profesional, permainan lain di taman ini gratis. Bapak Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto saat peresmian taman ini mengatakan kota Bogor saat ini sudah banyak memiliki taman-taman tematik yang di bangun baru atau juga hasil revitalisasi, keberadaan taman kota adalah syarat penting untuk membangun kota yang ideal. Warga kota yang sehat bisa tercipta dengan banyaknya ketersediaan ruang publik terbuka hijau yang memungkinkan warga untuk refreshing sekaligus membentuk karakter keluarga dengan bermain dan berkumpul di taman.

Donasi-Ku dan Yayasan Berani

Taman Kaulinan hadir berkat kerja sama pemerintah kota, perusahaan swasta (dalam hal ini PT SAT) lembaga sosial dan masyarakat. PT SAT menggalang dana pelanggannya yang di himpun oleh Yayasan Berani Bakti Bangsa, dengan nama Donasi-Ku selain melalui uang kembalian, pelanggan juga bisa memberikan donasi dengan nominal bebas yang di inginkan, di kasir. Donasi-Ku di naungi oleh  Direktorat Pengembangan Sumber Dana Bantuan Sosial di Kementerian Sosial.

Yayasan Berani adalah sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial, menghimpun dan menyalurkan bantuan kepada masyarakat, di bidang pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat.

Selain taman Kaulinan bantuan Donasi-Ku di salurkan dalam banyak kegiatan sosial lain, seperti menyalurkan kacamata gratis untuk anak-anak kurang mampu, khitanan massal, bantuan alat bantu bagi penyandang disabilitas, pelatihan guru, rumah baca juga rumah singgah untuk para penderita kanker.

Laporan keuangan dan penyebaran bantuan dari Donasi-Ku juga di lakukan sangat terbuka dan transparan, kita bisa melihatnya di website www.alfamartku.com atau berbagai media publikasi lain serta media sosial seperti facebook, twitter, instagram Alfamart.

Di peresmian taman ini bapak walikota Bogor tidak lupa menandatangi prasasti Taman Kaulinan dan mencoba langsung beberapa permainannya, taman ini di buat dengan standar kemanan dan kenyamanan untuk anak-anak, di beberapa titiknya juga sudah di pasang CCTV untuk memantau aktivitas warga.

Anak-anak sangat antusias menikmati permainan yang ada di taman ini, waktu sampai jam sembilan rasanya masih kurang, suasana yang crowded sepertinya tidak menjadi masalah untuk anak-anak, mereka malah happy-happy aja. Kalau saya sih pingin kapan-kapan kesini lagi bersama pak suami dan anak-anak saya yang lain, mereka  pasti senang juga bermain di Taman Kaulinan, karena selain bermain, juga bisa bersantai menikmati sungai Ciliwung yang asri dan sejuk.

Dan yang pasti kalau anak minta jalan-jalan lagi maka Taman Kaulinan harus jadi pilihan, apalagi ke tempat ini, bisa sekalian lihat-lihat istana Bogor, memberi makan rusa, dan wisata kuliner murah meriah yang enak-enak di Kota Bogor. 

























18 comments

  1. Iya ya dulu sempet viral issue kalau uang kembalian kita di minimarket buat apa, ternyata bisa jadi taman yang bagus kayak gini ya

    ReplyDelete
  2. Yeaaaay klo penggunaan dananya jelas begini, kita juga gak perlu ragu buat berdonasi ya

    Mari main bareng di Taman Kaulinan

    ReplyDelete
  3. Saking exicitednya, saya jadi ga bisa nyobain permainannya mba #eh xD

    ReplyDelete
  4. Selalu seneng klo ada taman-taman seperti ini. Jadi anak2 jaman sekarang bisa lebih bereksplorasi.
    Sama mba kaya anak km, anak2u lebih sering mintanya ya ke mall klo weekend.

    ReplyDelete
  5. Jempol buat Alfa, selain untuk YKAKI Donasi kembalian di buat taman.

    ReplyDelete
  6. mba untuk kembalian uang receh dari supermarket tersebut apakah hanya difungsikan untuk Bogor saja? Kali aja Surabaya juga gitu, kan rela uang receh kita nggak dikembalikan :D

    ReplyDelete
  7. Kemarin dh mau daftar nih NU,, dpt email dr Depok menulis,, hiks abunya anak2 pergi gk jd akhirnya noted nti bs jln2 k SM ajak kidos Deket pula,,

    ReplyDelete
  8. Asyiik sekarang Bogor sudah ada taman bermain yang bagus banget. Salut nih dengan kegiatan Alfa ;)

    ReplyDelete
  9. ternyata recehan kembalian di alfamart bermanfaat seperti ini ya, syukurlah, salut, tamannya cakep

    ReplyDelete
  10. Sekarang gak ragu lagi kalau mendonasikan uang lewat Alfamart jdnya hehe

    ReplyDelete
  11. Mesti banget nih main ke Taman Kaulinan sama anak2ku Mba Nu.. Seru ya permainannya, gratis pula.. ahahha *emak2irit.. Yang penting anak happyy.. :D Keren ya dari uang recehan kembalian kita bisa dibikin kayak gini. Semoga makin banyak yg buat fasum dan fasos buat kpentingan masyarakat.. :)

    ReplyDelete
  12. seru bgt bisa ke taman kaulinan ini apalagi ajak anak dan keluarga.

    ReplyDelete
  13. semoga diikuti di kota-kota lain DonasiKu bikin taman juga, asik kalau setiap kota punta taman main untuk anak yang bagus dan safety

    ReplyDelete
  14. DonasiKu bikin konsumen gak khawatir donasi uang kembalian untuk apa, semoga di di Depok juga ada Taman DonasiKu ya

    ReplyDelete
  15. Bener sekarang jadi ada alternatif tempat baru buat ngajakin anak main :)

    ReplyDelete
  16. bagus banget ya mba wahana permainannya, jadi pengen ke sana lagi deh, hehe

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.