Keluarga Minum Susu Sekarang! Bersama Frisian Flag, Susu Keluarga Indonesia

Keluarga Minum Susu Sekarang! Bersama Frisian Flag, Susu Keluarga Indonesia

Tahun 2012 saat melakukan perjalanan tugas ke Kanada, saya dan paksuami punya beberapa pengalaman dan cerita yang cukup berkesan, salah satunya adalah cerita ketika kami yang selalu mendapat segelas susu untuk sarapan.

Pada awalnya kami merasa lucu, meski minum susu pagi-pagi bukan sesuatu yang aneh bagi kami, hanya saja cukup menggelitik, soalnya tidak tanggung tanggung, sang pelayan memberikan kami susu menggunakan gelas berukuran jumbo, mungkin semacam gelas minum bir gitu.

Berhubung sarapan di hotel bukan dengan ala buffet dan sudah di siapkan hotel, ya ikut aja, dan si susu ini yah sudah sepaket include, selalu ada, meski awalnya kurang nyaman, karena terbiasa minum air putih setelah makan, tetapi lama-lama setelah beberapa hari, akhirnya kami bisa menikmati.

Setengah bercanda saya berseloroh ke paksuami "...Pantas aja orang bule pintar-pintar, tinggi-tinggi, ya mas, mungkin efek rajin minum susu... segini banyak coba tiap pagi...!" Paksuami sih cuma mesem aja mendengarnya. Menurut informasi yang saya dapat melalui internet, Kanada memang termasuk negara yang gemar minum susu, dengan tingkat konsumsi susu yang cukup tinggi, mencapai lebih dari 88-100 liter/kapita pertahun, kami berasa  norak yaa, maklum kan meski suka susu, tetapi minum susu tiap hari, hmmm... memang bukan satu kebiasaan rutin di rumah kami.
Eh, ternyata kami tidak sendiri, saat saya mengikuti acara peluncuran kampanye "Saatnya Keluarga Minum Susu Sekarang!" saya baru tahu, bukan kami saja yang tidak membiasakan minum susu, karena menurut data, Indonesia berada di posisi terendah di antara negara ASEAN, dalam mengkonsumsi susu, rata-rata hanya 12 liter/kapita setiap tahun, bahkan lebih rendah dari Vietnam yang konsumsi susunya  mencapai rata-rata 20 liter/kapita setiap tahun, padahal secara umum kondisi ekonomi Indonesia jauh di atas Vietnam.

Dengan Vietnam saja kita tertinggal, apalagi dengan negara-negara lain yang terletak di Eropa sana seperti Irlandia yang mencapai 174 liter/kapita setiap tahun, atau Amerika Serikat 117 liter/kapita. Dan 12 liter itu, jika di hitung perhari, di ukur dalam gelas, ternyata tidak sampai seperempat gelas. Yah, pokoknya dikit banget deh!

Informasi ini saya dapat langsung dari Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Diana F Sugandhi SpGK, tanggal 1 April lalu, di Kembang Kentjur Resto, Pejaten Jakarta Selatan. Dalam acara yang di gagas brand susu Frisian Flag, peluncuran kampanye "Keluarga Minum Susu Sekarang!" berlangsung seru dan menyenangkan, bersama emak blogger dan ibu-ibu lainnya, saya dan para undangan yang hadir mendapatkan banyak sekali wawasan tentang susu dan manfaatnya, karena selain dr. Diana F Sugandhi, acara ini juga hadiri oleh narasumber lain, yaitu psikolog Ajeng Raviando Psi serta pak Rio  dan ibu Tanti Head Of Prepared Beverages Frisian Flag Indonesia.

Keluarga Minum Susu Sekarang! Bersama Frisian Flag, Susu Keluarga Indonesia
Para pembicara Dr. Diana, Psikolog Ajeng, dan Rio perwakilan dari Frisian Flag

Masyarakat Indonesia belum menjadikan minum susu sebagai satu kebiasaan, apa lagi ibu-ibu nih, ada yang tidak mau minum susu karena takut gemuk, atau bapak-bapak menolak minum susu, nanti di bilang macam anak kecil masih minum susu.

Padahal minum susu, khususnya susu sapi, bukan untuk anak-anak saja loh, menurut dr Diana, susu dapat di konsumsi untuk setiap tahap perkembangan manusia dari anak-anak, remaja, dewasa hingga usia lanjut, karena susu merupakan bahan pangan sumber makronutrien dan juga mikro nutrien yang bermanfaat untuk kesehatan.

Makronutrien adalah nutrisi yang di perlukan oleh tubuh dalam jumlah besar seperti vitamin, mineral, protein atau zat besi, sedangkan mikro nutrien adalah zat gizi yang di perlukan tubuh dalam jumlah sedikit seperti kalsium, lemak omega3, kalium atau fosfor yang mempunyai peran penting dalam pembentukkan hormon, enzim, serta mengatur sistem imun dan reproduksi.

Susu mempunyai banyak sekali manfaat, dan menjadi salah satu syarat pedoman gizi seimbang, karena susu mengandung kandungan gizi yang lengkap, susu sapi mengandung vitamin A, D, B12, D, kalium, kalsium, fosfor dan niasin, dan lemak, omega3 yang bermanfaat untuk kesehatan mata, tulang, gigi, dan rambut serta mengurangi resiko terkena penyakit juga mampu menetralisir racun dalam makanan, selain itu bermanfaat sebagai zat pembangun, pembentukkan sel-sel otot, dan mempercepat proses penyembuhan.




Keluarga Minum Susu Sekarang! Bersama Frisian Flag, Susu Keluarga Indonesia
Susu Frisian Flag
Keluarga Minum Susu Sekarang! Bersama Frisian Flag, Susu Keluarga Indonesia
Milk Toast susu Frisian Flag

Banyak sekali faktor yang menyebabkan minimnya konsumsi susu masyarakat Indonesia, salah satunya adalah tidak menjadikannya sebagai sebuah kebiasaan, dan inilah yang hendak di bangun oleh Frisian Flag, sebagai produsen susu terbesar, Frisian Flag ingin membangun kebiasaan minum susu di tengah keluarga Indonesia.

Menurut psikolog Ajeng Raviando. Psi, jika minum susu adalah sebuah kebiasaan baik, yang bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi keluarga, maka dari itu memang harus di bangun kebiasaannya.

Membangun kebiasaan bukan perkara mudah, peran keluarga sebagai pembentuk perilaku pertama kali, sangat krusial dalam membentuk kebiasaan, untuk kebiasaan minum susu, maka orangtualah yang harus menjadi contoh utama bagi anak, jadikan minum susu sebagai sebuah kebutuhan, baik itu ayah, ibu dan semua anak-anak, terutama saat berkumpul bersama, atau ketika ada momen khusus.

Pada acara-acara tertentu, sediakan susu sebagai pilihan minuman juga bisa di lakukan, ini bisa menjadi sarana untuk membangun bonding dengan anggota keluarga, atau bisa juga dengan menciptakan kegiatan khusus dan unik, seperti melakukan milk toast setiap pagi, untuk memberi semangat menjalani aktifitas sehari-hari. Dengan cara seperti ini akan terjalin kedekatan dan emosi positif pada diri setiap anggota keluarga.

Sebagai susu dengan kandungan gizi yang paling lengkap, susu Frisian Flag adalah pilihan yang paling pas, sudah terbukti dan teruji puluhan tahun, bukan main, sudah 95 tahun loh!?  Perwakilan dari Frisian Flag ibu Tanti mengatakan bahwa Kampanye Keluarga Indonesia Minum Susu Sekarang! di harapkan mampu mendorong keluarga Indonesia untuk lebih bersemangat, menjalani aktifitas sejak pagi hari, lewat kebiasaan minum susu, minimal satu gelas sehari.

Keluarga Minum Susu Sekarang! Bersama Frisian Flag, Susu Keluarga Indonesia
Yuk, Keluarga Minum Susu Sekarang! Minimal satu gelas sehari


Keluarga Minum Susu Sekarang! Bersama Frisian Flag, Susu Keluarga Indonesia
Frisian Flag Gold Cream

Hal ini sejalan dengan visi Frisian Flag, Building Strong Families, membangun keluarga yang kuat, yang sehat secara fisik dan mental, Frisian Flag di harapkan menjadi susu keluarga Indonesia. Apalagi Frisian Flag yang eksis di Indonesia sejak tahun 1922 dan di kenal sebagai susu bendera, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari pertumbuhan keluarga Indonesia, siapa yang nggak kenal susu ini ya toh..?! Frisian Flag, berusaha terus menjaga komitmennya untuk berkontribusi dan membantu anak-anak dan keluarga Indonesia meraih potensinya dengan mengkonsumsi produk kaya gizi.

Seperti yang di jelaskan oleh Pak Rio susu Frisian Flag khususnya yang Gold Cream adalah susu sapi yang telah di fortifikasi yaitu susu yang di berikan tambahan zat gizi. Zat gizi yang di tambahkan di susu SKM Frisian Flag adalah 9 vitamin  yaitu A, D3,E, B1, B3,B6, B12 dan C, serta lima mineral yaitu Kalsium, Fosfor, Selenium, Mangan, dan Iodium, hingga kandungannya kembali sesuai dengan keadaan aslinya yang berasal dari susu segar.

Susu Frisian Flag bisa di sajikan sebagai minuman, juga bisa di kreasikan untuk berbagai macam keperluan, dan ini menjadi solusi alternatif dan kreatif penyajian, untuk menyiasati anak-anak yang tidak suka minum susu, Frisian Flag ingin memastikan bahwa seluruh keluarga Indonesia dapat memperoleh kebaikan dengan minum susu.

Di acara ini juga ada satu pertanyaan dari seorang ibu yang meminta penjelasan mengenai kandungan gizi Frisian Flag, yang menurutnya terlalu banyak mengandung gula, dan menurut Pak Rio, susu Frisian Flag, memang manis, karena di beri tambahan zat gula, namun takarannya sudah di sesuaikan dengan batas aman konsumsi gula yang di sarankan, dan karena itu penting juga mengikuti aturan takaran minum susu Frisian Flag yang  ideal, yaitu 180 ml air di campur dengan 4 sendok makan susu.

Keluarga Minum Susu Sekarang! Bersama Frisian Flag, Susu Keluarga Indonesia

Kampanye Keluarga Minum Susu Sekarang! memiliki banyak sekali kegiatan, untuk menyemangati ibu-ibu terutama yah, agar mau minum susu serta mengajak putera-puterinya minum susu, beberapa kegiatan yang di lakukan untuk mendukung kampanye ini di lakukan Frisian Flag, salah satunya dengan nomor bebas pulsa di 021 29751355 yang bisa di hubungi masyarakat, menghubungi nomor ini kita bisa berbincang dan mendengarkan secara langsung cerita seru para keluarga artis top papan atas, seperti keluarga Raffi Ahmad yang berbicara tentang kebiasaan mereka minum susu setiap hari, nah para penelepon yang beruntung, rumahnya nanti akan di kunjungi oleh Raffi dan atau artis lainnya. Selain itu ada juga program lain, yaitu lomba foto kreatif keluarga saat minum susu. Yuk ibu-ibu ikut dan dukung kampanye Keluarga Minum Susu Sekarang!

Anak-anak saya yang memang suka susu, senang sekali dengan kampanye ini "...ohh ternyata kita harus minum susunya setiap hari ya buu.." seloroh si sulung saya, memangsih yaa...meskipun selalu ada saja stock susu Frisian Flag di rumah, yang biasa di buat menjadi teh susu, atau untuk campuran roti, tapi membuat susu dan minumnya ya suka-suka, seingat dan semaunya saja.

Apalagi anak-anak, kalau tidak di buatkan yaa nggak minum susu, jadi mulai sekarang membuat susu untuk seluruh anggota keluarga, jadi rutinitas saya setiap pagi, Keluarga kami minum susu sekarang! Dan tidak lupa susunya, pakai susu Frisian Flag, Susu Keluarga Indonesia.

















20 comments

  1. Kebiasaan minum susu harus selalu didukung nih mba. Biar makin banyak yang konsumsi susu

    ReplyDelete
  2. Milk Toast yuuuk ah, biar cemungut minum susunya.Apalagi kita ini mamah banyak anak, tulag berasa ngilu klau ga mengasup susu dengan baik

    ReplyDelete
  3. miris ya, susu yg banyak manfaatnya ternyata kurang diapresiasi di negeri kita ini

    ReplyDelete
  4. Krucils udah aku biasain minum susu setiap pagi atau bangun tidur. Tapi emak bapaknya gak pernah minum susu. Hihi. Klo suami gak suka susu, sedangkan aku biasanya mnm susu klo mau tidur dan sekarang keseringan lupanya.

    ReplyDelete
  5. Susu favorit dari jaman aku SD, Suamiku SD, bokap nyokap sampe Darell skrg. Paling favorit deh!

    ReplyDelete
  6. Kadang memang malas sarapan kalau pagi, kalau minum susu nya segelas besar seperti itu cukup kenyang ya ��

    ReplyDelete
  7. Marwah seneng banget minum susu, saya juga sama wkkwkw.

    ReplyDelete
  8. aku inget banget, jaman masih SD. Ibuku selalu buat untuk seluruh anggota keluarga.

    ReplyDelete
  9. Aku termasuk yg ga seneng minum susu mba. Waktu kecil dulu yaa, itu susu diem2 aku buang supaya dikira abis :p. Bukannya kenapa2 , tp memang susu yg disediain mama dulu ga enak bgt. Baunya aja udh bikin aku mual2. Akhirnya dikasih campuran milo, baru deh aku rada mau minumnya.. Dulu mah susu kental manis gini cuma dijadiin campuran jus, ato puding di rumahku. Susu yg wajib tiap hr itu kayak susu sapi asli yg cair, ato yg bubuk.. Makanya aku g doyan bgt mba.. Jd nya kebawa sampe skr. Untungnya sih anakku suka susu.. Tp sama kyk emaknya, hrs yg ada rasanya, kayak susu coklat. Kalo ga, ga bakal diminum juga. Kecuali si adek yg memang susunya msh susu bayi yg tanpa rasa..

    ReplyDelete
  10. saya suka minum susu, tp kalo buat teman makan berat ngga bisa. eneg dan langsung penuh perutnya hehee

    ReplyDelete
  11. jadi bukan cuma anak-anak aja ya yang harus minum susu. Orangtua macam kita pun harus minum susu. Seenggaknya bisa mengurangi resiko osteoporosis dini karena kurang kalsium.

    ReplyDelete
  12. anakku doyan banget minum susu, Alhamdulillah
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  13. kalau di rumah saya, si sulung nih yang mulai susah minum susu alasannya bosan

    ReplyDelete
  14. Ihh gelas sama teko kacanya lucuu. Kompakan...
    #gagalfokus

    ReplyDelete
  15. Anakku yg pertama doyan banget minum susu ini..padahal udah umur 7 tahun tp masih aja demen minum susu. malah adeknya yg masih 1 tahun yang gak doyan susu

    ReplyDelete
  16. campaign FF mmg kece2 ya, peduli dgn kesehatan bangsa sehingga memberikan campaign yang mudah untuk dilakukan

    ReplyDelete
  17. Anakku juga kalau nggak disodorin, jarang minta susu. Mamanya mesti lebih kreatif lagi nih...

    ReplyDelete
  18. Wah, kampanyenya Frisian Flag bukan cuma untuk kesehatan aja ya, tapi lebih ke parenting. Suka deh.

    ReplyDelete
  19. Anak2ku suka banget susu tapi kalau aku takut gemuk kebanyakan minum susu. Jarang2 minumnya.

    ReplyDelete
  20. sejak saya kecil dan saat ini adik saya pun masih setia dengan Fisian Flag ... heeee

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.