Penuhi Asupan Serat Pangan Pada Anak, Untuk Tumbuh Kembang Optimal

Penuhi Asupan Serat Pangan Pada Anak, Untuk Tumbuh Kembang Optim

Ini peristiwa beberapa tahun lalu, sebuah dering panggilan telepon masuk ke handphone saya, begitu saya cek ternyata ibu walikelas anak saya yang menelepon, ada apakah gerangan? Padahal jam belajar baru berjalan kurang lebih tiga jam. Seketika pikiran saya langsung tertuju ke putera di sekolah "...hallo, bu, maaf ini puteranya dari tadi pagi, di UKS, nggak bisa ikut pelajaran,  katanya sakit perut, tapi nggak bisa buang air besar, bisa di jemput aja ke sekolah bu..?

Bergegas menjemput anak ke sekolah, jadi nggak karuan deh suasana hati saya, memang putera saya ini sebelumnya sudah bilang, jika sudah lebih tiga hari belum buang air besar, perutnya sebah dan begah, karena melewatkan rutinitas itu di pagi hari.

Dan pagi itu kondisinya sepertinya sudah tak tertahan lagi, saat saya menjumpai putera saya di ruang UKS, wajahnya bersemu merah bukan karena malu, tapi efek menahan sakit perut, tak ada senyuman yang ada adalah rintihan, sambil berucap "..sakit perut, buu?!"

"..Bu anaknya kurang makan sayur dan buah ya, coba kasihkan obat pencahar, atau banyakin makan pepaya bu, biar lega.." begitu pesan bu guru saat saya membawa pulang putera saya. 

Duuh, jangan sampai lagi deh saya mengalami kejadian ini, ketika anak mengalami sembelit di sekolah, selain kasihan melihatnya, saya juga jadi ikut-ikutan mulas.

Memang benar sembelit atau konstipasi adalah salah satu efek kurang konsumsi sayur dan buah, dan urusan yang satu ini lumayan momok yang berat buat ibu-ibu seperti saya, anak saya yang satu ini memang nggak begitu suka makan sayuran, buah pun nggak semua jenis buah dia suka, dan buah pepaya adalah salah satu yang paling di tolaknya. 

Sekilas terkesan ini masalah biasa saja, dan sepele, tapi ternyata sembelit pada anak bisa jadi persolan jangka panjang jika tidak tertangani dengan baik, karena bisa menganggu tumbuh kembang dan perkembangan otak anak, salah satu cara mengatasi sembelit adalah dengan mengatur pola makan yang seimbang, yang  memenuhi kandungan serat pangan di dalamnya, salah satu sumber serat yang biasanya terdapat pada sayur dan buah.

Penjelasan tentang pentingnya serat pangan untuk anak saya dapat langsung dari Dr. Herbowo AF Soetomenggolo SpA, di Wyl's Kitchen Veranda Hotel, Jakarta, saat hadir di peluncuran "FiberKid" bersama kumpulan emak blogger, 5 Mei lalu. FiberKid adalah minuman untuk anak yang pertama mengandung serat pangan 

Apa sih serat pangan?  Serat pangan atau di kenal sebagai dietary fiber adalah komponen bahan makanan dari nabati (tumbuhan ) yang kita makan, yang tidak di cerna lebih lanjut oleh tubuh, tetapi mengalami proses pencernaan dan penyerapan di usus halus, serta mengalami fermentasi sebagian atau keseluruhan di usus besar.

Dan anak-anak memang pada umumnya tidak suka makan sayur dan buah di samping karena rasanya tidak di rasa enak oleh anak, faktor kebiasaan juga jadi penyebab anak tidak suka makan makanan sumber serat pangan, anak yang tidak suka makan sayur, dan biasanya karena orangtuanya juga tidak suka makan sayur.

Kekurangan serat pangan pada anak, akan memberi dampak jangka panjang yang merugikan, selain proses pertumbuhan jadi terganggu, perkembangan otak anak juga akan terhambat.

Penuhi Kebutuhan Serat Pangan Anak Dengan Minum FiberKid


Penuhi Kebutuhan Serat Pangan Anak Dengan Minum FiberKid

Penuhi Kebutuhan Serat Pangan Anak Dengan Minum FiberKid


Mengatur menu, membuat aneka strategi menyelipkan atau menyembunyikan sayur di menu makanan, duhh perjuangan banget deh hal yang satu ini di lakukan demi anak supaya suka makan sayur, ibu-ibu pasti senang sekali dong ya kalau ada solusi praktis untuk meningkatkan konsumsi serat pangan pada anak, nah salah satunya alternatifnya adalah dengan minum "FiberKid".


Penuhi Kebutuhan Serat Pangan Anak Dengan Minum FiberKid

"FiberKid adalah sebuah brand yang tercipta dari pengalaman pribadi Yohana Astrida Gumelar, selaku direktur utama PT. Nugra Karsera, ketika anaknya berusia lima tahun, mengalami sembelit, dengan berbagai percobaan dan serangkaian uji coba yang dilakukan mba Astrid akhirnya hadirlah "FiberKid" yang di buat dari bahan alami, dengan berbagai macam keutamaan untuk bisa pemenuhan asupan serat pangan pada anak agar mereka bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.

Di luar sana banyak bisa kita temui, produk-produk yang mengandung serat pangan, seperti agar-agar atau jelly, rumput laut dll, tetapi ternyata jumlah serat pangan yang terkandung di dalamnya sangat sedikit sekali, berkisar di 7-8 gr.

Berbeda dengan "FiberKid" yang mengandung 13gr serat pangan alami, FiberKid aman di konsumsi oleh anak sejak usia dua tahun keatas, dan di minum setelah sarapan atau makan, FiberKid menurut mba Astrid, di hadirkan bukan sebagai pengganti sayur dan buah, tetapi sebagai pelengkap harian untuk mencukupi kebutuhan serat pangan pada anak.

Dalam setiap botol FiberKid akan membantu menjaga kondisi usus karena terbuat dari karbohidrat alami tetapi tidak mempengaruhi penyerapan mineral seperti kalsium. FiberKid memiliki banyak kelebihan dan sangat aman di konsumsi anak karena:
  1. Tinggi serat 
  2. Rendah gula
  3. Menggunakan bahan alami
  4. Tanpa pengawet
Kandungan serat yang terdapat pada FiberKid di dapat dari sumber serat pangan alami, rasanya juga tidak terlalu manis, namun tetap enak dan anak pasti suka, dengan begitu ibu tidak perlu khawatir, FiberKid minim tambahan gula, seperti kita tahu konsumsi gula berlebihan pada anak berpotensi menaikkan kadar gula dalam darah, dan menyebabkan obesitas. FiberKid juga tidak menggunakan bahan pengawet, karena di proses sedemikian rupa agar menekan perkembangan bakteri dan di kemas dalam botol kedap udara jadi di jamin tetap aman dan tetap awet.

FiberKid juga sudah terdaftar di BPOM dan di setujui sebagai GRAS (Generaaly Recognized Safe) oleh US FDA, termasuk dalam kategori FOSHU (Food For Specific Health Use) oleh Jepang dan terdaftar di LPPOM MUI ( Majelis Ulama Indonesia)

Acara yang di hadiri oleh artis Cici Panda dan Atika Nurkoestanti yang juga seorang blogger, berlangsung semarak, kedua narasumber ini juga bercerita pengalaman seputar permasalahan anak-anak yang tidak suka makan sayur dan buah, dari yang mulai memisahkan sayuran di piring makan, yang tutup mulut nggak mau makan sayur, ya pokoknya drama banget deh saat membujuk anak makan sayur atau buah.

Tentunya kehadiran FiberKid ini bisa menjadi solusi dan alternatif untuk pemenuhan serat pangan,  terdiri dari dua rasa anggur dan lychee, saat ini FiberKid baru bisa di beli di beberapa toko seperti Ranch Market dan Gelael, juga bisa di beli secara online melalui toko online Bli-Bli.com, akun Instagram Fiber_kid, whatsapp atau melalui website www.fiberkid.com Pokoknya jangan sampai deh anak-anak mengalami sembelit, apalagi sekarang sudah tahu cara memenuhi kebutuhan serat pangannya dengan "FiberKid"


2 comments

  1. Serat pangan memang penting banget untuk tumbuh kembang anak mba. Sayangnya anak susah makan sayur yang memiliki serat pangan baik. Untung aja ada fiberkid ya :)

    ReplyDelete
  2. wah, memang sangat penting sekali untuk memenuhi kebutuhan gizi buat anak...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.