Tips Menulis Kreatif Dari Andra Alodita

Andra Alodita, familiar dengan namanya? Kalau mengaku blogger, pastinya tahu dengan blogger cantik ini. Karena blognya menjadi referensi banyak orang, khususnya perempuan, dan sekarang eksis menjadi selebgram dengan ratusan ribu followers di instagram.

Mengenal blognya setahun lalu, saat mulai aktif di komunitas blogger, namun saya baru benar-benar mengamati postingan instagramnya beberapa minggu lalu, saat akan mengikuti workshop "Creative Writing for Blogger  Tinker LustXAlodita" di Kinosaurus daerah Kemang Jakarta Selatan.

Tips Menulis Kreatif Dari Andra Alodita

Wow banget memang foto-foto Malo (panggilan akrabnya mba Alodita) memandang tampilan grid instagramnya saya langsung mikir, gimana yaa bikin foto-foto secakep itu, secara foto-foto dan grid IG saya berantakan banget, ihik..

Owwhh..pantas aja! Fotonya cakep-cakep ternyata Malo ini dulunya adalah fotografer wedding! Eh, tapi jangan khawatir, ni yaa menurut Malo, siapapun bisa membuat tampilan blog dan instagram dengan apik seperti dirinya, asalkan kreatif, karena kreatif tidak ada batasnya, yang terpenting mau belajar serta konsisten mengembangkan diri, dan sebagai blogger tulisan dan tampilan blog tentu menjadi elemen penting, setiap blogger pasti akan menemukan sisi kreatifnya masing-masing.

Nah ini, soal kreatifitas, catatan banget buat saya, masih jauh dan harus banyak banget belajar lagi dan lagi, secara tulisan masih kacau, grid instagram acak-acakan, krik.. Makanya saya senang dan merasa beruntung sekali bisa hadir di acara ini, apalagi yang hadir di acara ini, di seleksi terlebih dahulu loh?!

Sebuah kiriman dibagikan oleh Nunuhalimi (@nunuhalimi) pada


Banyak banget yang di share Malo, ibu cantik ini ternyata memang senang berbagi, acara yang berlangsung dengan sesi tanya jawab santai ini sangat mencerahkan, beberapa tips di berikan Malo sebagai jawaban dari pertanyaan kami para peserta.

Menjadi selebgram adalah salah satu transformasi Malo setelah sukses dengan blog, yang pada awalnya tidak di rencanakan, jadi ceritanya mba Alodita ini, dulu sama sekali tidak mengerti seperti apa sih blog dan dunia menulis, ia menulis sejadinya saja dan saat itu tulisannya di tujukan hanya untuk dirinya sendiri, sebagai sebuah catatan perjuangannya mengikuti berbagai program (khususnya IVF) untuk mendapatkan anak, yang sekarang sudah tumbuh besar namanya Aura. Ternyata di luar sana banyak yang merasa senasib seperti dirinya, dan membaca blognya, jadilah blognya berkembang hingga sejauh ini.

Para peserta yang hadir antusias sekali menyimak jawaban dari mba Andra. So, apa saja tips yang di berikan Andra Alodita dalam menulis blog:
Menulis untuk diri sendiri sendiri dulu, dengan begitu kita akan jujur, tidak terbebani dan ringan saat menulis, meskipun itu tulisan review atau reportase maka poin pertama untuk diri sendiri, sesuai dengan apa yang kita rasakan, karena itulah mba Andra ini sangat selektif, semua produk yang di tulisnya, pasti di coba dulu selama satu bulan, di perhatikan benar perubahan yang terjadi, indikasi dan kontra indikasinya, kalau cocok di kulitnya baru oke, dan penawaran review di sepakati.
Selalu membawa dan menulis di Jurnal, jadi mba Alodita ini, kemanapun pergi selalu membawa buku jurnal, yang di pakai untuk menangkap ide di kepalanya supaya tidak lari atau lupa, membuat jurnal juga melatih kepekaan dan keluwesan dalam menulis.
Menulis di pagi hari, waktu menulis juga menjadi faktor penting, setiap orang tentu mempunyai waktu terbaiknya, mba Alodita, memilih menulis di pagi hari, dan dari pengalamannya serta beberapa buku yang ia baca, menulis di pagi hari adalah waktu yang ideal, alih-alih melihat atau mengupdate smartphone, ya lebih baik menulis jurnal
Rutin membaca buku, nah ini penting untuk blogger, mba Alodita rajin membaca buku, dengan membaca, secara tidak langsung akan mempengaruhi kemampuan menulis, menambah wawasan, mendapatkan ide baru, ini akan mengasah dan memperkaya bahasa tulisan kita
Traveling, ini di lakukan kalau sedang bosan dan jenuh, nggak selalu harus jauh kemana-mana  atau sampe keluar negeri, ke tempat dekat-dekat rumah juga nggak masalah, selama hal itu menimbulkan efek refreshing dan bisa merecharge semangat yang lagi drop.
Melakukan sesuatu yang tidak di sukai dan tidak di kuasai, coba deh sekali-kali melakukan atau menulis sesuatu yang tidak kita suka atau kita tidak pahami, dengan cara ini biasanya kita akan mempunyai sudut pandang baru terhadap hal-hal yang tidak kita suka.
 Membuat mind mapping, setiap ide tulisan bisa di pecah menjadi berbagai macam sub tulisan, nah nanti tinggal pilih mau di ambil yang mana, misalnya ketika traveling ke suatu tempat, bisa di ambil salah satunya yang mau di bahas, apakah viewnya, kulinernya, transportasinya, kesan-kesannya, do and dontsnya, persiapannya, dan lain-lain.



Selain itu banyak lagi yang di bahas Malo, termasuk juga kiat-kiatnya membuat foto yang bagus, jadi semua foto yang sempurna itu adalah hasil eliminasi puluhan bahkan ratusan foto loh?! hmm..kalau baru satu, dua, atau tiga foto mah kecil yaa, belum seberapa, so jangan menyerah.. ihiy.

Semua orang yang kesehariannya berada di lingkaran Mba Alodita, ternyata di "training" alias di latih harus bisa foto, foto yang nggak asal jepret, ya suami, asisten, mbaknya, juga teman-temannya, lucu deh pas Mba Alodita cerita bagian ini, soalnya ini bikin ribut, kesel dan nguji kesabaran gitu, hmmm kebayang sihh..soalnya ini berhubungan sama pencahayaan, sudut pengambilan, teknik ambil foto dan banyak lagi.

Soal tata bahasa dan EYD, juga nggak luput dari pertanyaan, pilihan bahasa, ingin menggunakan kata ganti apa untuk diri sendiri, mau saya, gue, elu, atau aku, semuanya kembalikan ke diri masing-masing enaknya, nyamannya seperti apa, maunya bagaimana, juga jangan lupa sesuaikan dengan karakter pembaca, sejauh ini mba Alodita menggunakan kata ganti saya, menurutnya ini paling general.

Selain itu ada juga nih pertanyaan, bagaimana cara mba Alodita memilih dan memilah tulisan mana dan seperti apa yang di publish atau tidak, bagaimana memisahkan hal-hal pribadi dalam tulisan, apalagi sekarang banyak yang udah pada kenal dan minta foto di jalan atau di mall. Ini berlaku juga untuk semua blogger ya, bukan hanya karena terkenal, harus peka dalam menyaring dan memilih mana wilayah pribadi yang perlu di share dalam postingan blog, lalu ketika ragu atau apapun itu renungkan baik-baik, apakah yang di tulis bermanfaat, aplikatif, layak atau haruskah di ketahui publik?

Selain bicara soal tulisan blog, mba Alodita juga cerita soal penampilan, Malo  yang selalu stunning di setiap penampilannya, ternyata tidak punya banyak baju loh, jadi kalau beli baju baru, baju-baju yang sudah tidak di pakainya di jual di Tinker Lust, penyelenggara acara ini, sebuah e-commerce yang menjual barang-barang branded preloved.

Saya sempat lihat-lihat websitenya, duhh..langsung bikin mupeng yaa, meskipun bukan tipe orang yang branded oriented, tapi lihat deretan baju branded di jual dengan harga miring, kondisinya juga masih 80-90% tetep yaa insting emak hemat keluar.

Acara Tinkerlust Talk with Alodita ini bener-bener insighful, proses kreatif tiap orang kan memang beda-beda ya, tapi proses mba Andra Alodita ini patut di tiru atau bisa di kombinasi dengan cara-cara yang selama ini di pakai, dan satu lagi secara personal, mba Alodita, selain cantik, orangnya humble dan down to earth, ini juga wajib di contoh, kalau sudah sukses ngeblog, humble dan down to earth justru harus di tambahin, terimakasih inspirasinya mba Alodita..love you..

1 comment

  1. bener ya, berasa banget ruhnya kalo nulis karena tanpa beban, aku merasa lebih banyak trafficnya dibanding tulisan pesanan, hihi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.