Duniahalal.com, Belanja Online Halal Untuk Mendukung Halal Lifestyle

Duniahalal.com, Belanja Online Halal Untuk Mendukung Halal Lifestyle


Haalo, hai..assalamualaikum dear all my sahabat daring..

Salah satu hal yang paling saya syukuri dalam hidup ini adalah menjadi muslimah, lahir di Indonesia dan menjadi anak abah saya 😇 Iyes, saya tidak harus susah-susah mencari identitas diri sebagai manusia, karena islam sudah menjawab semuanya.

Yup, islam memang bukan hanya sekadar agama dan kepercayaan, tapi juga "Way Of Life" jalan hidup yang di dalamnya tercantum semua aturan dan kaidah-kaidah serta apa saja yang harus, boleh dan tidak boleh di lakukan oleh seorang muslim, dari mulai bangun tidur sampai mau tidur lagi, sejak manusia masih dalam perut sampai ketika ia masuk ke liang lahat.


Pemahaman agama saya masih cetek, makanya saya nggak berani bicara banyak soal agama, takut salah, berabe kan yaa?! Niatnya mau mengajak orang ke jalan lurus, ntar malah jadi belok-belok lagi 👀 Yaa.. urusan satu ini saya masih terus belajar.

Itulah sebabnya kenapa saya excited banget, saat tanggal 6 Sepetember lalu, datang ke Kemang 89 Jakarta Selatan, bersama Blogger Crony Community, mendapat kesempatan hadir di acara launching website dan aplikasi duniahalal.com, dan saya penasaran juga, apa sih duniahalal.com ini?

Soalnya perkara halal non halal, sepertinya selalu menjadi issue yang nggak pernah basi buat umat islam, banyak persoalan terkait hal ini yang sering jadi headline berita.

Beberapa masih hangat seperti mie ramen ala-ala yang sedang di gandrungi abg-abg, atau resto-resto dan bakery hits, yang ternyata tidak bersertifikasi halal, kuas makeup dan kuas makanan yang terbuat dari bulu babi, sampai obat-obatan dan kosmetika serta beberapa praktek usaha yang mengumpulkan dana masyarakat dengan sistem yang katanya tidak sesuai syariah islam, tapi banyak banget pesertanya.

Kebetulan saya punya teman yang memang concern sekali bergerak dalam urusan ini, ia tergabung di sebuah komunitas halal, rajin banget update informasi tentang halal, daftar produk halal, pokoknya semua hal tentang halal, termasuk harapannya menjadikan halal sebagai lifestyle atau gaya hidup, karena meski negara kita mayoritas muslim, lifestyle halal belum lekat dalam diri setiap muslim.

Hal ini ternyata sama seperti apa yang di sampaikan oleh bapak Prof. DR. KH. Ahmad Tohari Ismail MA, salah satu pemberi sambutan di acara launching duniahalal.com, menurut beliau, yang merupakan ketua ikatan Da'i Indonesia, lifestyle halal itu hukumnya wajib, tapi banyak yang belum mengerti dan mengamalkannya, banyak faktor yang membuat hal seperti itu terjadi, di samping memang ketidaktahuan akan konsep halal, juga sistem yang selama ini tidak sesuai dengan syariah.

Menurut pemaparan pak Kyai, di dalam islam, apapun itu, baik sesuatu atau apapun yang kita lakukan, harus berawal dari halal, karena halal adalah dasar utama untuk kita bisa mendapat berkah dan ridho sang pencipta, Allah SWT.

Duniahalal.com, Belanja Online Halal Untuk Mendukung Halal Lifestyle
Peluncuran duniahalal.com
Halal, secara harfiah berarti segala sesuatu yang boleh di gunakan, di bolehkan atau di persilakan dalam islam. Mengapa harus halal? Karena halal sudah pasti bermanfaat, bersih, aman, baik/thayyib, sehat, nyaman dan benar (secara syariah) selain itu halal adalah bentuk takwa, serta mencerminkan identitas kita sebagai muslim.

Sesuatu di katakan halal, jika telah memenuhi semua unsur halal, tidak mengandung sedikitpun unsur yang di haramkan, untuk makanan dan minuman misalnya, maka harus bebas dari zat-zat haram seperti babi dan semua produk turunannya, atau bebas zat-zat haram lainnya.

Selain itu baru bisa di sebut halal, kalau sudah paripurna, bukan hanya dari bahan bakunya saja, tapi juga:
  • Sumbernya (misalnya mungkin saja di ambil dari tempat ilegal)
  • Cara mendapatkannya, salah satunya tidak boleh hasil curian, menipu, korupsi atau kejahatan lainnya
  • Proses atau cara mengolah, contoh pada produk makanan, apakah diolah dengan cara yang bersih, tidak terkontaminasi zat haram, atau pada produk konsumsi hewani seperti daging ayam, kambing, sapi, dll, apakah di pelihara dan di potong sesuai syariat?
  • Sistemnya, hal yang biasanya berlaku pada proses transaksinya seperti jual beli, perbankan dan kegiatan lainnya.

    Nah! Merujuk kepada duniahalal.com, ini adalah kabar gembira banget buat saya, kamu dan kita semua, yang suka belanja online. Hayoo ngacung! siapa yang suka belanja online?


    Apa itu dunia halal.com?

    Iya, jadi awalnya saya pikir ini semacam website yang berisi tentang berita islami gitu, tapi ternyata duniahalal.com adalah sebuah e-commerce berbasis halal yang di gagas untuk memudahkan dalam berbelanja produk-produk yang sudah di jamin halal. duniahalal,com juga ingin menjadikan halal sebagai lifestyle, mengingat selama ini belum ada marketplace yang concern akan hal ini, padahal pangsa pasar muslim Indonesia yang 80% tentu harus di support tempat belanja yang halal, untuk mendukung terciptanya lifestyle halal.


    Dan mengamati kecenderungan masyarakat, yang kini banyak beralih dari belanja konvensional ke belanja online, maka duniahalal.com hadir sebagai solusi, memudahkan dalam menemukan produk yang sudah di jamin halal secara online. Selain menjual produk halal yang sudah umum beredar di pasaran, duniahalal.com juga bekerjasama dengan UKM (Usaha Kecil Menengah) yang memproduksi produk-produk halal untuk memasarkan produknya.

    Seperti yang di ungkap oleh presdirnya PT Galaksi Dunia Halal, perusahaan tempat duniahalal.com bernaung, bapak Ndang Sutisna. Lifestyle halal harus di gaungkan terus menerus, perkembangan dunia digital saat ini, harus di optimalkan oleh umat islam, salah satunya dengan menjadi pemain di bisnis online, berbisnis sambil mensyiarkan islam dengan lifestyle halal.

    Dimana halalnya duniahalal.com?

    Sebenarnya ini pertanyaan dalam hati saya, yang ternyata terwakili saat sesi tanya jawab. Efek melihat tampilan website duniahalal.com dengan display produknya, koq ya sekilas sama saja seperti e-commerce lainnya, namun menurut bapak Agung Sr, Managing Director duniahalal.com, duniahalal.com punya keistimewaan, karena meskipun banyak produk yang sama seperti di e-commerce lain, tapi tidak bisa masuk begitu saja dalam display duniahalal.com.

    Produk-produk yang di tawarkan duniahalal.com terlebih dahulu di screening oleh tim divisi syariah dari PT Galaksi Dunia Halal langsung ke produsen dan tempat produksinya, salah satu contoh screening di lakukan pada produk daging dan ayam potong yang langsung di cek ke halalanya di lokasi peternakan dan tempat pemotongannya.

    Selain itu proses transaksi di duniahalal.com juga tidak menggunakan sistem riba, seperti dengan kredit yang ada unsur ribanya, program cicilan tidak ada di duniahalal,com, meskipun saat ini orang suka dengan cicilan, apalagi di klaim tanpa bunga 0% yang padahal kalau di hitung ulang tetap saja ada selisihnya, maka tetap ada unsur riba.

    Well, yang terakhir itu mungkin terasa berat ya, terutama jika ingin membeli barang yang harganya lumayan mahal, namun justru di situlah tantangannya dan nilai barokahnya, sebisa mungkin kita berusaha, bagaimana caranya mulai menghilangkan riba dalam kegiatan ekonomi kita.


    Apa saja yang di tawarkan di duniahalal.com

    Produk yang di tawarkan duniahalal.com sangat beragam, melalui situsnya di www.duniahalal.com atau dengan mengunduh aplikasi android duniahalal, kita bisa memilih semua kebutuhan dari mulai produk kebutuhan rumah tangga, anak, fashion, elektronik, kosmetik, kesehatan, perlengkapan umroh, seni islami, bahkan sampai umroh dan paket wisata halal bisa kita beli di duniahalal.com.

    Wisata halal salah satu yang produk duniahalal.com
    Duniahalal.com, Belanja Online Halal Untuk Mendukung Halal Lifestyle


    Selain itu duniahalal.com juga menyediakan fasilitas untuk pembelian layanan pulsa listrik, pulsa handphone, pembayaran tagihan listrik, BPJS, PDAM, dan transaksi PPOB (Payment Point Online Bank) lainnya. Menarik sekali yah, terutama buat yang sibuk dan nggak sempat ke atm atau ke kantor tagihan terkait, urusan menjadi lebih simpel bisa di tangani di duniahalal.com.

    Fitur spesial duniahalal.com

    Nah ini juga unik, hanya ada di duniahalal.com fitur yang sedang di kembangkan yaitu "Hallo Ustadz", untuk mengecek jadwal ustadz yang kita mau dengar tausiyahnya, misalnya kalau kita suka sekali mendengar ceramah langsung dari  ustadz "A", beliau ada jadwal di mana yaa hari ini jam sekian. Nah, dengan cara ini bisa kita pantau tuh di mana sang ustadz akan berceramah, yang suka pasti perlu dong yaa, siapa tahu mereka ada jadwal di dekat tempat tinggal kita atau kita mau panggil sekalian untuk berceramah, juga bisa di lakukan lewat fitur ini.

    Selain itu akan ada fitur "Clean Masjid" yang juga sedang di kembangkan, sebenarnya ini lebih ke visi sosialnya duniahalal.com dalam memberdayakan masjid supaya menjadi basis umat islam yang saling terkoneksi, caranya dengan menginformasikan jadwal kegiatan masjid, selain itu "Clean Masjid" juga memberikan kemudahan untuk masjid dalam membeli keperluan perawatan masjid, seperti karpet, keranda jenazah, perlengkapan shalat, atau alat-alat kebersihan masjid. duniahalal.com juga bisa menghubungkan masjid dengan mereka, siapa saja yang mau beramal, melakukan bersih-bersih masjid yang kekurangan tenaga untuk membersihkan masjid.

    Bicara halal, memang akan panjang kali lebar sama dengan luas yah, namun ada kabar baik, ternyata Halal Lifestyle perlahan sudah mulai menjadi trend global, karena tidak hanya di lakukan oleh umat islam saja.

    Ada masyarakat di negara minoritas muslim, mulai menghilangkan kebiasaan minum alkohol, mereka merasakan dampak hidup halal yang bikin sehat dan hati tenang, serta memilih makanan halal, karena adanya jaminan kepastian pada produk-produk halal, yaitu bersih, sehat dan aman.

    Yuk, kita jangan mau kalah, sama-sama kita perhatikan lagi dengan seksama apakah gaya hidup selama ini sudah benar halal, kita belajar hidup halal, cari uang dengan cara yang halal, menjauhi riba, cek label halal produk-produk yang kita beli, dan kalau ragu, ya bisa belanja online halal untuk mendukung halal lifestyle ini.

    Karena menurut catatan Global Islamic Economy, pasar produk halal dunia bernilai lebih dari USS 1 trilliun, tersebar di produk makanan, minuman, farmasi, kosmetik, dan wisata halal, dan trend dan di yakini akan terus berkembang.

    Ini semua tentunya harus bisa di manfaatkan sebagai bagian dari kebangkitan ekonomi umat islam di tengah tantangan zaman millenial. Semoga kehadiran duniahalal.com mampu menjadi pionir mewujudkan hal tersebut

    Sebagai e-commerce pertama dan satu-satunya berbasis halal, duniahalal.com bisa terus berkembang, apalagi menurut bapak Agung Sr, duniahalal.com kedepan menargetkan memiliki produk sebanyak 100 ribu dengan target nilai transaksi 1 trilliun, aamiin, kita do'akan dan dukung dengan berbelanja di duniahalal.com dong ya.


    17 comments

    1. Ini semua tentunya harus bisa di manfaatkan sebagai bagian dari kebangkitan ekonomi umat islam di tengah tantangan zaman millenial.
      Cakep tuh, quotenya hehee...
      Liat pertama tampilan warna ijo tosca websitenya bikin seger di mata, hehee
      berbeda dri e-commerce lainnya sprti dri produk2 yg disortir dan dipilih kehalalannya, dan ada fitur tausiyah, juga sangat kreatif nih Mbk.
      JAdi pngen nyoba beli di Dunia Halal kapan-kapan nih , hehee

      ReplyDelete
    2. sekarang pun banyak orang yang mencari produk kesehatan dan kecantikan yang halal, semoga duniahalal.com bisa memudahkan masyarakat Indonesia kedepannya, amiin

      ReplyDelete
    3. Nice tulisannya
      Moga duniahalal.com semakin dikenal masyarakat luas ya

      ReplyDelete
    4. Pas banget deh belanja sekarang udah bisa dimana aja tanpa harus ke store apalagi duniahalal pasti produknya halal jadi udah gak khawatir lagi pasti aman.

      ReplyDelete
    5. Halal itu no 1 kalau urusan produk. Apalagi makanan. Ga paoe nawar2 deh. Dgn adanya duniahalaljd makin mudah nih cari dagangan halal. ^_^

      ReplyDelete
    6. Wah solusi tepat ini untuk melakukan transaksi tanpa riba. Hati menjadi lebih tenang karena yakin bahwa transaksi yg kita lakukan melalui dunia halal sesuai dengan syariah agama Islam.

      ReplyDelete
    7. Alhamdulillah jika ada ecommerce yang bisa meyakinkan bahwa apa yang dijual adalah produk yang halal. Karena saya setuju bahwa harus dilakukan berbagai cara untuk mulai menghilangkan riba dalam kegiatan ekonomi

      ReplyDelete
    8. Aih keren banget mbak, emang "beresiko" kalau semacam membatasi diri dengan tarnsaksi/sistem yg mengandung riba atau membeli barang syubhat. Sebagai umat islam kita memang harus waro dalam mengambil tindakan ya, termasuk mencari hal2 halal. Makasih mbak nunu sharingnya

      ReplyDelete
    9. Enak banget ya sekarang udah ada duniahalal.com tinggal donlot aja, jadi gak khawatir hal-hal yg Islam larang dalam urusan belanja, secara perempuan seneng bgt sama belanja hhi

      ReplyDelete
    10. Memang harus ada yang berbeda ketika ecommerce menawarkan halal. Pun memang jadi lebih detail yang dalam proses barang masuk, tetapi jadi hal yang tidak meragukan lagi untuk konsumen. Rasanya konsumen akan nyaman tanpa memperdulikan harga.

      ReplyDelete
    11. makin banyak produk halal dan kini merambah ke e-commerce, mau kepoin ah websitenya

      ReplyDelete
    12. Wah keren nih. Jadi nggak pusing meneliti lagi apakah produknya sudah halal atau blm ya kalau beli di sini.

      ReplyDelete
    13. Wah, ternyata e-commerce, ya. Aku pikir tadinya juga info-info seputar kehalalan aja. Keren sih ini ya mba, jadi konsumen udah gak perlu khawatir soal kehalalan produk yang dijual.. :)

      ReplyDelete
    14. wah mantap ada tim screeningnya segala, jadi kita aman ya mba da ga perlu mikir lagi ini halal atau ga jelas ya statis produknya, ok deh sukses buat duniahalal

      ReplyDelete
    15. Semoga duniahalal makin sukses shg bisa memajukan perekonomian umat ya mbaak :D

      ReplyDelete
    16. Jadi tenang ya belanja di duniahalal.com. Enggak diragukan lagi mendapatkan barang-barangnya.

      ReplyDelete
    17. Alhamdulillah mudah dan nyaman yah jadi universal bisa di gunakan semua orang

      ReplyDelete

    Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.