5 Cara Simpel Mencintai Diri Sendiri

Saya berlangganan sebuah newsletter by email, yang isinya memberikan motivasi dan semangat yang menggugah setiap hari, beberapa hari lalu saya mendapat surat tentang "5 Cara Simpel Mencintai Diri Sendiri" hmm..

Mencintai diri sendiri adalah sebuah fondasi penting bagi setiap individu, kita bisa saja jatuh cinta kepada seseorang saat menjelang remaja, sebuah cinta monyet di usia 10, 11 15 atau 17 mungkin juga  di usia 20, 25, tau 30 tahun, merasakan sebuah perasaan yang sulit di jelaskan dengan kata-kata. Tetapi mencintai diri sendiri? Pernahkah kita mengetahui dengan jelas kapan itu terjadi, atau jangan-jangan mungkin belum sekalipun kita jatuh cinta kepada diri sendiri.


Jatuh cinta kepada diri sendiri, bukan lah sebuah sikap egois, menjadi egois itu kalau cinta kepada diri sendiri sudah di tahap berlebihan, kayaknya itu rumus umum untuk semua hal ya, jangan berlebihan. Mencintai diri sendiri bukan gagah-gagahan, sombong dan mementingkan diri sendiri, tetapi sebuah pegangan untuk kita agar mampu menerima kenyataan dan bereaksi pada setiap situasi, percaya diri, dan berkeyakinan penuh, melihat sekeliling dan menghargai apapun yang ada pada diri tanpa syarat.


5 Cara Simpel Mencintai Diri Sendiri

Lalu apa saja sih lima cara simpel untuk mencintai diri sendiri.

1. Menjaga Kejernihan Pikiran

Di dalam kepala kita, setiap hari ada aja kan yang di pikirin, dari persoalan ringan sampai yang berat, urusan enteng sampai yang super. Sangat mudah bagi pikiran kita untuk larut dan memikirkan hal-hal negatif.

Untuk menjaga pikiran tetap jernih, cobalah switch ke hal-hal yang positif setiap kali kita mulai memikirkan hak-hal yang jelek. Persoalannya, memikirkan hal-hal positif seringkali tidak semudah memikirkan hal yang negatif. Nah, di situlah peran penjagaannya.

2. Membagikan cerita, mimpi dan apa yang ingin di capai serta raihan tujuan hidup kepada orang yang mempunyai pemikiran sama dengan kita, atau dengan mereka yang sedang satu "perjalanan" dengan kita. Maksudnya biar nggak banyak perdebatan dan pertentangan, serta lebih menguatkan tekad dengan kekuatan dukungan.

3. Dengarkan intuisi

Seringkali kita di hadapkan pada situasi yang membutuhkan keputusan cepat dan tepat, dalam situasi ini semakin kita mencintai diri sendiri, biasanya akan ada suara-suara yang berasal dari hati kecil terdalam memberi petunjuk, semakin mencintai diri sendiri intuisi kita semakin kuat, intuisi ini juga bekerja termasuk ketika kita misalnya bertemu orang baru, menjalin hubungan, pekerjaan dan lain-lain

4. Membuat batas yang "sehat"

Sebagai bagian dari masyarakat, lingkungan, keluarga, organisasi atau apapun, sangat penting mempunyai batas yang sehat dalam diri, membuat batas yang sehat adalah menentukan nilai yang akan kita terapkan dalam berhubungan, dengan siapapun itu, termasuk pasangan dan anak-anak, agar hubungan tetap selaras, ingat ya batasan yang "sehat" hmm. Misalnya nih ya kita merasa tidak sreg dengan seseorang, karena nilai-nilai kita bertentangan dengan orang tersebut, karena mempunyai batasan yang sehat, kita bisa tetap bertentangan tetapi tidak merusak hubungan, hmm, gimana tuh?!

5. Membayangkan diri sendiri, akan menjadi seperti apakah?

Setiap malam sebelum tidur, coba refleksikan situasi dua, lima atau sepuluh tahun dari sekarang, akan berada di mana, bersama siapa, sedang apa? Bukan berkhayal loh, yaa?! Ini adalah sebuah cermin, sebuah gambar yang nantinya akan membentuk rencana, langkah dan aksi apa yang harus di tempuh untuk mencapai gambaran di dalam cermin.

6. Bersyukur
Semakin mensyukuri apa yang di miliki, mencintai diri sendiri semakin mudah

mencintai diri sendiri andai ada rumusnya dan di ketahui sejak kecil, pasti hasilnya akan dahsyat ya, saya juga masih belajar, memahami dan mencerna apa yaa yang sesungguhnya di maksud news letter ini, sama-sama berusaha, ayolah kita belajar mencintai diri sendiri.

#ODOPOKT3




2 comments

  1. batas yang sehat nih gimana Mbak maksudnya? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya aku juga lagi mencernanya nih mba, maksudnya apa belum begitu nangkap..ihiy

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.