BCA Donasikan Rp850 Juta Kepada UNICEF Untuk PAUD Holistik Integratif Anak-Anak Di Papua

BCA Donasikan Rp850 Juta Kepada UNICEF Untuk PAUD Holistik Integratif Anak-Anak Di Papua

BCA (Bank Central Asia) dan UNICEF (United Nations for Children’s Emergency Fund) dua hal ini tentu sudah tak asing di telinga  kita. BCA merupakan salah satu perusahaan perbankan nasional terbesar di Indonesia, yang melayani tidak kurang dari lima belas juta  nasabah, sedangkan UNICEF adalah lembaga internasional di bawah naungan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa)  yang menangani permasalahan anak-anak di seluruh dunia.

Jika kedua organisasi ini bertemu, tentu terbayang ya relasi seperti apa yang terbangun. Dan, tanggal 20 November lalu, bertepatan dengan peringatan hari anak sedunia, Bank BCA menyerahkan secara simbolis donasi CSR (Corporate Social Responsibility) yang biasa di sebut sebagai bakti BCA sebesar 850 juta rupiah kepada UNICEF.

Sebuah kehormatan bagi saya bersama beberapa orang teman blogger, menyaksikan langsung penyerahan donasi tersebut di menara BCA Jakarta. Penyerahan di lakukan oleh bapak Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur bank BCA kepada Deputy Representatif  UNICEF di Indonesia Lauren Rumble. Acara penyerahan donasi ini juga di hadiri oleh Executive Vice president CSR BCA ibu Inge Setiawati, Senior Vice President CSR BCA bapak Sapto Rahmadi serta Gregor Henneka Chief of Private Partnership and Fundraising UNICEF.

BCA Donasikan Rp850 Juta Kepada UNICEF Untuk PAUD Holistik Integratif Anak-Anak Di Papua

Donasi 850 juta rupiah dari perusahaan sebesar BCA, bagi saya pada awalnya terkesan relatif kecil, namun ternyata saya salah, Donasi BCA ini adalah satu program CSR dari sekian banyak CSR yang dilakukan BCA dalam berbagai platform.

BCA telah menjadi partner utama UNICEF Indonesia selama lebih dari 17 tahun, memberikan bantuan secara konsisten dan kontinyu untuk anak-anak, dana bantuan BCA di kelola oleh UNICEF untuk kepentingan anak-anak Indonesia, ini berarti sudah banyak sekali kontribusi donasi yang di berikan BCA untuk anak-anak Indonesia.

BCA Donasikan Rp850 Juta Kepada UNICEF Untuk PAUD Holistik Integratif Anak-Anak Di Papua

Data UNICEF menyebutkan banyak faktor yang menghambat usaha mewujudkan penghidupan layak bagi anak, anak Indonesia jumlahnya mencapai 30% dari total jumlah penduduk yang saat ini mencapai 260 juta, kurang lebih ada 78 juta jumlah anak di Indonesia, 13 %nya atau 10 juta lebih anak-anak tumbuh dalam keluarga yang hidup di bawah garis kemiskinan.

37% anak Indonesia mengalami hambatan pertumbuhan, salah satunya akibat malnutrisi, 21% anak-anak berusia 13-17 tahun melaporkan bahwa mereka mengalami intimidasi di sekolah, dan 30% tidak mendapatkan kesempatan untuk mengenyam Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD. Oleh karena itulah donasi yang di berikan BCA kali ini di manfaatkan UNICEF untuk peningkatan pendidikan anak usia dini (PAUD) yang holistik integratif.

Sebagai sebuah fase pendidikan tahap awal, PAUD sangat krusial dalam menentukan kualitas generasi penerus bangsa, perkembangan PAUD Holistik Integratif di Indonesia belum merata. Terutama di daerah-daerah terpencil, banyak anak Indonesia tidak tersentuh PAUD terutama PAUD Holistik Integratif. Karenanya sebagai tahap awal juga percontohan, pada program CSR ini, di pilih dua tempat yakni di daerah Sorong dan Raja Ampat sebagai penerima donasi BCA. Donasi kali ini adalah kelanjutan dari donasi sebelumnya dengan besaran yang sama pada periode 2016-2017.


Apa itu PAUD holistik integratif?

Selama ini kita mungkin mengenal PAUD sebagai TK atau taman kanak-kanak, meskipun sekilas terlihat sama, PAUD dan TK ternyata adalah dua hal yang berbeda. TK itu bagian dari PAUD Holistik Integratif dalam skala kecil.

PAUD Holistik Integratif adalah pendidikan anak usia dini yang melibatkan seluruh aspek dalam nilai-nilai pendidikan. Tidak hanya sebatas persiapan untuk menunjang kesiapan anak sebelum masuk sekolah dasar. Namun ada pendidikan etika, moral, psikologis, sosial, karakter, lingkungan yang menyeluruh, menyentuh semua lini baik materil maupun spritual. Dalam memenuhi kebutuhan utama, anak di ajarkan dalam pola belajar PAUD Holistik Integratif.

Pendidikan yang di bangun oleh PAUD Holistik Integratif adalah pemenuhan pendidikan yang mencakup  kebutuhan anak secara menyeluruh, termasuk di dalamnya  masalah kecukupan gizi, kesehatan, kenyamanan dan perlindungan untuk anak.

PAUD Holistik Integratif adalah sebuah kesatuan, pembangunannya bukan hanya tercipta dalam lingkup lingkungan sekolah, namun juga lingkungan masyarakat, rumah dan keluarga di mana anak berada. Jadi dengan kata lain membangun PAUD Holistik Integratif, sesungguhnya juga membimbing orangtua, guru dan semua pihak terkait untuk bersinergi membangun desa, lingkungan, komunitas, masyarakat dan area yang kondusif bagi tumbuh kembang anak.
Di butuhkan sebuah desa untuk membesarkan seorang anak dan semua orang harus berpartisipasi dalam memastikan setiap anak tumbuh sehat dan mendapatkan kehidupan terbaik”

Itulah yang di sampaikan oleh Gregor Henneka Chief of Private Partnership and Fundraising UNICEF, beliau sangat terharu oleh kiprah BCA kepada UNICEF selama ini, apalagi bantuan kali ini bertepatan dengan peringatan hari anak sedunia, momen yang tepat untuk merayakan hak-hak anak di seluruh dunia, saatnya untuk memprioritaskan anak-anak, mendengar isi hati mereka dan memperbarui janji untuk menjadikan mereka sebagai pusat dari setiap keputusan dan kebijakan yang di buat.

Anak-anak merupakan amanah, dalam memperlakukan mereka setidaknya ada lima kebutuhan yang menjadi hak anak yang wajib di penuhi di antaranya:
  • Hak mendapatkan perlindungan kesehatan agar terjaga dan terhindar dari berbagai macam penyakit
  • Hak mendapatkan gizi yang cukup sebagai sarana untuk memaksimalkan perkembangan otak dan fisik
  • Hak untuk mendapatkan stimulasi yang baik
  • Hak mendapatkan pola pengasuhan yang baik
  • Hak untuk di lindungi dari kekerasan fisik dan psikologis.

Donasi BCA dalam program PAUD Holistik Integratif di Papua, di gunakan untuk membangun sarana dan prasarana serta untuk mendukung relawan, masyarakat, guru PAUD, pegawai pemerintahan dari berbagai sektor dinas mendapatkan pelatihan mengenai PAUD holistik integratif.
Lewat program ini di harapkan orangtua, guru dan semua pihak yang terlibat mendapatkan pengetahuan menyeluruh mengenai cara-cara yang efektif dalam mengembangkan PAUD yang Holistik dan Integratif.

Dengan donasi BCA ini bapak Jahja Setiatmadja berharap akan banyak perusahaan lain yang ikut tergerak untuk memberikan dana CSR nya untuk anak-anak Indonesia, karena masih banyak sekali hal-hal penting terkait permasalahan anak-anak yang membutuhkan perhatian, dan semua itu akan lebih mudah di atasi jika semakin banyak pihak yang turun tangan membantu dan memberi solusi.

Program donasi PAUD Holistik Integratif, kedepannya juga akan semakin di perluas, bisa di lakukan di  daerah Indonesia, sebagai nasabah BCA saya sangat mendukung langkah BCA. Donasi ini menjadi berkah tersendiri untuk anak Indonesia, menurut bapak Jahja Setiatmadja juga, pemenuhan PAUD Holistik Integratif sangat esensial dalam membantu mewujudkan anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia, di masa depan akan lahir generasi penerus berkualitas berkat program PAUD Holistik Integratif.

So, selamat hari anak sedunia, terimakasih BCA, semoga anak-anak Indonesia senantiasa terus di dukung dalam belajar dan terlindung dari berbagai kekerasan sehingga dapat meraih cita-citanya, demi mewujudkan Indonesia yang lebih baik

BCA Donasikan Rp850 Juta Kepada UNICEF Untuk PAUD Holistik Integratif Anak-Anak Di Papua



15 comments

  1. Semoga program PAUD Holistik Integratif yang dibantu BCA ini semakin memajukan anak bangsa. Maja terus Papua. Jayalah Indonesia.

    ReplyDelete
  2. Keren BCA, sektor pendidikan ini emang harus jadi sorotan utama bagi pemerintah dan swasta juga ya.

    ReplyDelete
  3. terimakasih atas informasinya dan jangan lupa kunjungi kami di http://rahma-store.com/black-walet-facial-soap/

    ReplyDelete
  4. Tepat sasaran juga ya prpgram CSR BCA ini. Karena bagaimanapun Papua masih me njadi daerah yg terisolir, oleh karenanya pemerataan yg berkeadilan ini harus dinikmati juga oleh daerah terisolasi macam Papua

    ReplyDelete
  5. Bagus bnget kalau CSR BCA peduli dngan edukasi apalagi usia dini, mdh2an program ini berlanjut ketinggian lebih timggi

    ReplyDelete
  6. Keren ya CSR BCA, makanya sukses terus banknya. Banyak nasabahnya

    ReplyDelete
  7. Semoga program CSR ini tetap dilaksanakan merata di berbagai tempat sehingga makin banyak yang terbantu ya mba :)

    ReplyDelete
  8. BCA makin keren neh, ga salah pilih jadi nasabahnya

    ReplyDelete
  9. CSR BCA ini begitu hebat sepak terjangnya apalagi kali ini untuk Papua. Ternyata TK adalah bagian dari PAUD ya aku baru ngeh hehehe... hak anak2 bukan hanya secara pelajaran namun secara mental juga. Penting banget ini edukasi sejak dini. Program2nya sangat menunjang dan mencerahkan kepentingan anak2.

    ReplyDelete
  10. Senengnya baca hal-hal positif kayak gini.. Bagus program CSR-nya ya mba apalagi ditujukan buat anak-anak PAUD di Papua.. Semoga makin banyak program kayak gini dan tepat sasaran juga..

    ReplyDelete
  11. Semoga kedepannya lebih banyak ya yg dibantu oleh BCA itu.Dipelosok tanah air memang bnyk yg memerlukan bantuan csr juga

    ReplyDelete
  12. Keren BCA, pantas menjadi Bank yang nasabahnya banyak ya. Programnya bermanaat banget buat masyarakat terutama daerah perti Papua. Salute!

    ReplyDelete
  13. BCA bank idolaku eaaaa :P
    Senengnya kalau dana CSR-nya disalurkan dengan baik dan terbuka kyk gini TFS

    ReplyDelete
  14. Top banget ya BCA punya program bagus buat anak2. Soalnya anak2 itu potensi masa depan sebuah negara. Two thumbs up deh buat BCA.

    ReplyDelete
  15. Bank sejuta umat nih. Salut sama BCA punya program CSR seperti ini, ditambah lagi pelaksanaannya juga transparan. Nggak heran kalau pelanggannya banyak ya.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.