Inovasi Baru Ini Solusi Rumah Bebas Nyamuk Bandel


Inovasi HIT Expert, Solusi Rumah Bebas Nyamuk Bandel

Nyamuk, siapa yang suka kesel, sebel, gemes, marah, geregetan setiap melihat nyamuk? Sayaa! *eh, kalau ada yang seperti itu juga, berarti kita harus TOSS! Soalnya setiap melihat hewan yang satu ini, kayak udah jadi semacam insting alias naluri, bawaannya langsung spontan nepok, apalagi kalau ketahuan abis gigit si kecil, Duuhh, double-double deh ya emosinya, di tepok aja mah kurang yah, kalau belum di pites rasanya belum puas, terutama nyamuk yang bandel, di kira beneran sudah kena, ehh ternyata lolos..errrrr!

Kehadiran nyamuk memang sesuatu yang sangat tidak di harapkan di dalam rumah, sayangya kemanapun dan di manapun kita berada, rasanya sulit menghindar dari nyamuk, pasti selalu ketemu. Sedihnya sangat tidak mungkin bagi kita manusia, hidup berdampingan dengan nyamuk, padahal di lihat dari bentuknya, nyamuk kan nggak terlihat menyebalkan yah, tapi berhubung dia punya kebiasaan jelek suka menggigit dan menghisap darah manusia, jadilah dia musuh bersama yang harus di berantas.




Bukan apa-apa, masalahnya nyamuk tidak hanya sekadar mengigit dan menghisap darah, dari kebiasaanya ini nyamuk menjadi perantara penyebaran penyakit, penyakitnya pun tak tanggung-tanggung, ada yang bisa menyebabkan  lumpuh, cacat sampai membawa kepada kematian, inilah yang membuat nyamuk mendapat predikat sebagai salah satu binatang paling mematikan di dunia. Untuk yang satu ini saya pernah merasakannya sendiri, sekitar tahun 2002 saya pernah berjuang di antara hidup mati, melawan penyakit yang di sebarkan oleh nyamuk, Demam Berdarah Dengue (DBD) 

Ketika mengalami DBD, kebetulan saya baru saja melahirkan, dengan usia bayi saat itu lima bulan, masih bersyukur, untungnya saya yang mengalami DBD, nggak sanggup deh membayangkan jika si baby yang terkena DBD, karena sebagai orang dewasa, saya aja nggak kuat apalagi bayi. Rasanya,  jangan di tanya, belasan kantong infus terasa lambat mengalir, sakit yang amat dahsyat, tak sadarkan diri dengan trombosit nyaris di bawah 20.000 satu-satunya pilihan saya adalah pasrah.

Kurang lebih sepuluh hari di rawat di rumah sakit, alhamdulillah bisa melewati masa kritis, makanya saya selalu berdo'a siapapun jangan sampai deh mengalami penyakit ini. Do'a yang agak sulit terkabul, soalnya kasus DBD dari tahun ke tahun terus meningkat, bahkan tahun lalu saya mendapat kabar duka, putri dari sepupu saya meninggal dunia dalam usia 18 tahun akibat terpapar DBD ihikss. 

Menurut data WHO (World Health Organization) pada tahun 2016 ada sekitar 725 ribu orang meninggal setiap tahunnya. Di Indonesia penyakit demam berdarah dengue berkontribusi besar dalam meningkatkan jumlah kasus kematian, sebanyak 201.885 orang di 34 provinsi terjangkit DBD dan 1585 orang meninggal karenanya, beberapa daerah juga sempat memberlakukan KLB (kondisi Luar Biasa) akibat membludaknya pasien DBD

Data WHO

Evolusi Nyamuk Bandel

Nyamuk menurut penelitian ada di dunia sejak sekitar 100 juta tahun lalu. Hmmm, koq saya jadi ingat tontonan masa sekolah dulu yaa, salah satu adegan di film Jurassic Park, ada yang tahu film ini juga?meskipun hanya fiksi, di sana tergambar cerita awal mula pengembangan Jurassic Park, seekor nyamuk sebagai hewan menghisap darah Dinosaurus, terperangkap dalam bebatuan menjadi fosil dan menjadi kepala tongkat professor. Nyamuk di gambarkan sebagai pembawa gen Dinosaurus, kemudian menjadi cikal bakal pengembang biakkan Dinosaurus. Hewan yang di nyatakan telah punah, bisa hidup kembali, terbayang luar biasanya the power of Nyamuk.

Terdapat kurang lebih 3500 jenis nyamuk di dunia, dan hanya beberapa ratus spesies saja yang menggigit dan mengganggu manusia. Apa yang di lakukan nyamuk dalam film Jurassic Park adalah persis seperti cara kerja nyamuk ketika menyebarkan penyakit. Beberapa penyakit yang umumnya di sebarkan oleh nyamuk, di antaranya
  • Nyamuk anopheles yang menyebarkan Malaria
  • Nyamuk Aedes Aegepty menyebarkan demam Kuning
  • Nyamuk Aedes Aegepty yang menyebarkan demam Berdarah
  • Nyamuk Culex yang menyebarkan Flavivirus penyebab demam Ensafalitis
  • Nyamuk Aedes Albopictus menyebarkan Virus Chikungunya
  • Nyamuk Culex Fatigans pembawa virus filaria penyebab kaki gajah atau filariasis
  • Nyamuk Aedes Aegepty yang membawa virus Zika, salah satu jenis penyakit yang menjadi perbincangan, karena jika terpapar pada ibu hamil, akan menyebabkan bayi mengalami kelainan.

Wow! ini nama nyamuk koq keren-keren banget yah, tapi penyakit yang mereka sebarkan sama sekali tidak keren, bahkan menjadi masalah nasional dan persoalan serius yang sering di hadapi setiap keluarga di Indonesia, sebagai negara beriklim tropis, negara kita adalah tempat dengan kondisi paling nyaman bagi nyamuk berkembang biak

Oiya, pemahaman tentang nyamuk ini saya dapatkan langsung dari Dr. Lula Kamal saat menghadiri sebuah acara talkshow bersama komunitas IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis) di gedung D’Lab Jl Riau Menteng, Jakarta tanggal 23 November lalu.

Inovasi HIT Expert, Solusi Rumah Bebas Nyamuk Bandel
Dr. Lula Kamal "ahli nyamuk" yang menjelaskan tentang bahaya nyamuk dan pencegahannya

Nyamuk saat ini terus berevolusi, pemanasan global membawa dampak signifikan pada siklus kehidupan nyamuk, dan juga wabah yang di timbulkannya, nyamuk menjadi lebih tahan banting, ukurannya juga semakin mengecil, membuat nyamuk semakin brutal menyedot darah agar bisa mengejar ukuran ideal untuk bisa berkembang biak, karena nyamuk suka sekali suhu udara yang cenderung hangat kondisi ini juga membuat nyamuk semakin semangat bereproduksi.

Tidak heran populasi nyamuk terus meningkat semakin banyak, mereka juga semakin bandel dan agresif. Musim pancaroba seperti saat ini di mana cuaca sering tidak menentu, kadang panas kadang hujan, juga menjadi masa yang cepat bagi penyakit yang di bawa nyamuk berinkubasi

Serba-Serbi Nyamuk

Mendapati banyak nyamuk di rumah, hal yang pertama kali terpikirkan pertama kali tentu ingin memberantasnya dong yah, tapi sebelum memberantas nyamuk ada baiknya kita pahami dulu serba-serbi nyamuk, agar hasilnya efektif di antaranya:
·     
  •  Nyamuk sebenarnya tidak menggigit tetapi menghisap, nyamuk yang menghisap darah adalah hanya nyamuk betina.
  • Darah pada dasarnya bukan makanan utama nyamuk, makanan utama nyamuk adalah tanaman, mengapa nyamuk betina menghisap darah? Jawabannya karena darah di butuhkan  untuk pemenuhan protein yang akan menunjang proses perkembang biakkan nyamuk.
  • Nyamuk bersarang dan bertelur bukan hanya di air menggenang, tetapi juga di tempat tersembunyi yang lembab, tertutup dan gelap seperti di balik tirai, kolong tempat tidur, sela-sela lemari, vas bunga dan lain-lain
  •  Nyamuk menyukai air yang bersih karena air bersih adalah kondisi yang ideal untuk larva berkembang
  • Nyamuk selalu dapat menemukan sasaran dengan tepat, karena memiliki sensor yang sensitif terhadap gerakan, hembusan nafas, panas tubuh dan aroma tubuh manusia.
  • Nyamuk menyukai aroma tubuh yang asam, misalnya mereka yang jarang mandi atau yang tidak sering berganti baju
  • Nyamuk cenderung mendekat pada warna-warna seperti merah, biru tua, hijau atau hitam, jadi hindari pengunaan warna-warna ini untuk tirai, sprei, taplak  dan lain-lain
  • Nyamuk cenderung menjauh melihat warna kuning, jadi kalau mau aman dari nyamuk menggunakan cat tembok warna kuning mungkin bisa di coba
  •  Nyamuk hanya hidup selama 10 hari, dan sekali bertelur nyamuk bisa sekaligus ratusan, mati satu tumbuh sejuta
  •  Yang membuat kulit gatal, bentol atau alergi saat di gigit nyamuk bukanlah gigitannya, tetapi air liur yang di keluarkan nyamuk saat menggigit ini di maksudkan agar darah yang di hisapnya tidak cepat membeku.
Inovasi HIT Expert, Solusi Rumah Bebas Nyamuk Bandel
Ayo Nyamuk bersarang di sini


·        

Cara mengatasi nyamuk dengan efektif

Mengatasi nyamuk susah-susah gampang, tapi rumah bebas nyamuk bukan sesuatu yang mustahil terwujud, salah satu ajakan dari pemerintah dalam mengatasi nyamuk sangat tepat di lakukan yaitu dengan melakukan 3M yaitu Menguras tempat penampungan air, Menutup tempat penampungan air yang tergenang serta Mengubur, adalah salah satu cara efektif membasmi nyamuk. Yang pasti jangan biarkan nyamuk mendapatkan tempat ideal untuk berkembang biak.

Agar lebih maksimal gerakan 3M kini di tambah menjadi 3M plus PSN yaitu singkatan dari Pemberantasan Sarang Nyamuk yang terdiri dari:

  • Menaburkan bubuk larvasida atau abate pada tempat penampungan air yang sulit di bersihkan
  • Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk
  • Menggunakan kelambu saat tidur
  • Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk
  • Menanam tanaman pengusir nyamuk seperti lavender
  • Mengatur cahaya dan ventilasi ruangan agar sirkulasinya lancar dan seimbang
  • Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk

Dari sekian cara pemberantasan sarang nyamuk di atas, cara yang biasa saya lakukan adalah menaburkan bubuk larvasida atau abate di tempat penampungan air, mengindari menggantung baju sudah saya lakukan sejak lama, karena nyamuk suka sekali baju yang masih menyisakan aroma tubuh manusia, selain itu cara paling praktis membasmi nyamuk adalah dengan menggunakan obat nyamuk atau obat anti nyamuk.

Pengalaman Menggunakan HIT Expert

Pernah terpapar demam berdarah, membuat saya parno sama nyamuk, makanya obat anti nyamuk selalu siap sedia di rumah. Di tambah kondisi rumah saya juga tempat ideal nyamuk bersarang, di belakang rumah ada kolam ikan yang awalnya di buat untuk memelihara ikan yang bisa memangsa jentik nyamuk, tapi sekarang sudah tidak berfungsi lagi, yaah ternyata memang harus telaten untuk hal yang satu ini, memiliki kolam ikan ternyata tidak mudah.

Inovasi HIT Expert, Solusi Rumah Bebas Nyamuk Bandel Inovasi HIT Expert, Solusi Rumah Bebas Nyamuk Bandel
                                                          Kolam tidak terpakai dan kondisi belakang rumah

Kolam ikan akhirnya jadi tempat potensial nyamuk berkembang biak, selain itu di belakang rumah masih banyak barang bekas berserakan, sampai saat ini kami belum sempat mengubur barang-barang yang tidak terpakai di rumah, makanya nggak heran kalau nyamuk sering jadi teman tak di undang saat tidur.

Inovasi HIT Expert, Solusi Rumah Bebas Nyamuk Bandel
Nyamuk bandel menyerang

Pilihan saya sejak dulu jatuh pada HIT obat anti nyamuk, saya menyediakan HIT semprot dan HIT elektrik di rumah. Salah satu alasan memilih HIT awalnya terpengaruh tagline HIT yang ngena banget  buat ibu-ibu itu loh "Yang lebih mahal banyak.." maklum kan ya itu poin penting banget buat ibu, pingin dapat sesuatu yang ekonomis tapi bagus. Selain itu adanya Dr Lula sebagai brand ambasador juga memberi rasa percaya akan kemanan prduk HIT, sejauh ini saya sudah membuktikan HIT adalah produk yang sangat expert dalam membasmi nyamuk.

Inovasi HIT Expert, Solusi Rumah Bebas Nyamuk Bandel
HIT Expert baru, wangi Sweet Flower dan Citrus

Dan kini HIT tampil semakin keren, dengan HIT Expert, salah satu produk obat nyamuk semprot yang berevolusi menjadi lebih ampuh dan mantap basmi nyamuk, karena memiliki 4 kelebihan dengan aroma yang harum semerbak.

Kandungan bahan aktif obat nyamuk secara umum masuk dalam kategori insektisida, sifatnya yang bisa mematikan, tentu menjadi catatan ketika memilih obat nyamuk, makanya kita wajib perhatikan komposisi dan cara pemakaiannya.

HIT Expert berbahan aktif  Transflutrin, Sipermetrin dan D'aletrin, di olah dengan teknologi Jerman, memiliki total kadar Aerosol dalam kaleng sebesar AE 0,8. AE adalah parameter yang menentukan kepadatan partikel aerosol apabila di semprotkan, nilai rata-rata normal AE adalah 1.05 (+0,43)


Inovasi HIT Expert, Solusi Rumah Bebas Nyamuk Bandel
Kandungan bahan aktif HIT Expert


HIT Expert baru memiliki berbagai kelebihan di antaranya:


  • Dengan formula baru yang lebih kecil di sebut micro partikel 
  • Teknologi double Nozzle yang mnghasilkan semprotan menjadi lebih jauh dan menjangkau tempat yang sulit dengan hanya sekali semprot, sehingga lebih irit
  • Kemasan nya di rancang memiliki cap ergonomis, lebih nyaman saat di genggam
  • Tersedia dua pilihan wangi baru yang premium yakni Sweet Flower dan Citrus.


Dalam memakai obat nyamuk semprot sebaiknya perhatikan hal-hal penting ini Dr. Lula Kamal juga memberikan tips untuk menggunakan obat nyamuk semprot agar lebih efektif, di antaranya:

  • Matikan AC (Air Conditioner)  terlebih dahulu, menyemprot obat nyamuk dalam ruangan ber AC sama seperti ketika merokok di dalam ruangan ber AC. Ruangan ber AC biasanya tertutup, sirkulasi kurang udara lancar.
  • Semprot obat anti nyamuk dalam ruangan kosong tanpa orang di dalamnya.
  • Tutup dan tinggalkan ruangan yang telah di semprot HIT selama 15 menit
  • Jangan di semprot dekat-dekat dengan makanan yang tidak terbungkus rapat
  • semprotkan HIT setidaknya sehari dua kali yaitu pada pagi hari antara pukul 8-9 dan sore hari menjelang mahgrib setelah pukul lima sore
Inovasi HIT Expert, Solusi Rumah Bebas Nyamuk Bandel
Gantungan jaket, tempat ideal sarang nyamuk

Semprotkan obat anti nyamuk ke kolong tempat tidur

HIT Expert juga rekomen, bisa tetap di lakukan di rumah yang memiliki  bayi, ibu hamil, atau mereka yang memiliki penyakit dengan gangguan pernafasan, nah ini jawaban dari Dr Lula, ketika ada yang bertanya apakah HIT aman untuk ibu hamil, bayi, anak-anak dan orang dengan gangguan pernafasan, jadi HIT Expert amaaan. Obat nyamuk HIT Expert sangat aman  walaupun udara terpapar semprotannya, ibu hamil dan anak-anak tidak terpengaruh sebaran micro partikel HIT Expert, wangi harum HIT Expert juga lebih segar


Inovasi HIT Expert, Solusi Rumah Bebas Nyamuk Bandel
HIT Expert


HIT Expert di produksi oleh PT Godrej Indonesia, yang bernaung di bawah Godrej Products Limited, sebuah perusahaan home and personal care terbesar yang berbasis di India. Perusahaan ini berada di peringkat teratas untuk produk dengan kategori pewarna rambut, insektisida rumah tangga dan deterjen cair. Eksis sejak tahun 1897 Nama Godrej berasal dari nama pendirinya Ardeshir Godrej, berkembang pesat dan menjadi salah satu perusahaan terbesar di India, Godrej berekspansi, melebarkan sayap usahanya ke baebagai negara.  seperti Afrika selatan, negara-negara Amerika latin dan Timur Tengah. Saat ini telah lebih dari 600 juta orang merasakan manfaat dari produk-produk Godrej.

Produk-produk Godrej bisa di terima masyarakat karena dapat di andalkan, dan selalu berinovasi untuk menyenangkan konsumen dengan menghadirkan produk yang menarik dan berkualitas tinggi dengan harga terjangkau, dan salah satunya ada pada HIT Expert. Menggunakan HIT adalah pilihan yang tepat, dengan HIT kita tak perlu kesel, sebel, gemesh dan geregetan dengaan nyamuk, karena nyamuknya sudah nggak ada.

Yang ingin tahu lebih lengkap mengenai produk-produk Godrej atau HIT Expert, bisa cek langsung di website www.godrejindonesia.com atau di sosial media facebook @HIT Terinspirasi Ibuhttps://www.facebook.com/HITTerinspirasiIbu/

8 comments

  1. Jadi tau kalo nyamuk suka sembunyi di tempat-tempat tertentu. Gak cukup dgn hanya bersih2 ya, harus pakai HIT Expert jg

    ReplyDelete
  2. Hit expert memang Ampuh Atasi Nyamuk gk khawatir lagi deh

    ReplyDelete
  3. Meski kecil, ternyata banyak korban dr nyamuk ya.

    ReplyDelete
  4. Tiap malem aku nyemprot pake ini klo diruang tamu

    ReplyDelete
  5. Aku ngga pernah pakai obat anti nyamuk apapun karena ngga tahan baunya hiks, coba deh nanti pakai hit yg aromanya beda dari obat anton hamil lain ya..

    ReplyDelete
  6. Hati-hati kolam gak ada ikannya bisa jadi israna nyamuk ya, di tempatku nih mainan anak, rongsokan sepeda rasan nyamuk. Untung ada HIT

    ReplyDelete
  7. ini semprotan nyamuk favorit ibu saya sejak kecil. Wanginya ga bikin pusing hehehe

    ReplyDelete
  8. Iya bagian yang ada air kyk kolam di rumah perlu diwaspdai ya mbak TFS

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.