Axa Mandiri Elite Plan Syariah, Rencanakan Masa Depan Dengan Asuransi Berbasis Syariah

Banyak hal yang saya syukuri dalam hidup ini, salah duanya adalah dilahirkan sebagai muslimah dan menjadi warga negara Indonesia, yang mayoritas penduduknya beragama islam. Karena, dengan menjadi muslimah, pertanyaan tentang pencarian jati diri sebagai manusia sudah terjawab. Iyes, islam telah menjelaskan secara gamblang dan rinci tentang ini, dari mulai sejarah dan proses penciptaan hingga hakekat manusia di utus ke bumi sesungguhnya, yaitu untuk beribadah.

Ibadah dalam islam bukan sebatas pengamalan amalan-amalan wajib (sholat, puasa, zakat, dll) jangkauan ibadah dalam islam sangat luas dan maknanya juga sangat dalam, hatta sebagai ibu rumah tangga biasapun, yang sehari-hari konon cuma “nguprek” di rumah, ngurus anak, ngurus suami, selama di lakukan dengan ikhlas dan ridho, itu sudah tercatat sebagai ibadah dalam islam. *Eh kok jadi kayak setengah curcol yah hehe.

Islam mengatur semua sendi kehidupan dengan sangat detail, dari mulai bangun tidur sampai mau tidur lagi, tidak ada satu halpun yang luput dalam kajian islam, hubungan suami isteri, orangtua dan anak, fiqih, akidah, akhlak, kehidupan bertetangga, bermasyarakat, bernegara, semuanya, termasuk urusan ekonomi lengkap di jelaskan dalam islam.

Bicara soal ekonomi, harus di akui, di Indonesia penerapan hukum ekonomi islam tidak berlaku, meskipun negara kita mayoritas muslim, prinsip ekonomi yang diterapkan adalah sistem ekonomi yang berlaku global di dunia internasional, dan kita semuanya tahu kalau di dalamnya terdapat bunga, salah satu bentuk riba, sesuatu  yang sangat di larang dalam islam.

Tidak heran pilihan untuk menjalankan hidup sesuai dengan syariah islam secara total, terutama dalam urusan ekonomi mejadi dilema tersendiri, umat islam tidak mempunyai pilihan akses keuangan, terutama di tahun-tahun sebelum perbankan syariah hadir di Indonesia.

Alhamdulillah, dunia perbankan Indonesia saat ini memberikan peluang sistem ekonomi berbasis syariah untuk berkembang, umat islam jadi punya pilihan, yaitu dengan menggunakan bank syariah. Bank yang mengedepankan prinsip ekonomi islam, menawarkan produk keuangan dan investasi yang berbeda dari sistem yang ada.

Kehadiran bank Syariah di tengah masyarakat mayoritas muslim, tentu sebuah angin segar. Tidak mengheran kan jika perkembangan perbankan bank syariah sangat pesat, bahkan sekarang bank-bank konvesional juga ikut mengembangkan unit bank syariahnya tersendiri.

Di antara bank-bank tersebut ada Bank Mandiri, yang hadir dengan Bank Syariah Mandiri. Sebagai nasabah bank Mandiri, saya pernah terhubung dengan Bank Syariah Mandiri, niatnya sih ingin membuka tabungan umroh dan haji, sayangnya hingga hari ini niatnya belum terealisasi, huhuu..

Selain tabungan haji, beragam produk keuangan di tawarkan oleh Bank Syariah Mandiri, salah satunya baru saja di luncurkan tanggal 17 Januari lalu, yaitu asuransi Mandiri Elite Plan Syariah. Beruntungnya saya bisa mendapatkan kesempatan mengahadiri langsung peluncuran asuransi Mandiri Elite Plan Syariah ini.

Bertempat di rumah Maroko, peluncuran MEP Syariah berlangsung semarak, berada di daerah Menteng Jakarta, ini adalah pengalaman istimewa bagi saya, berada di rumah bernuansa Timur Tengah, salah satu lokasi shooting film  yang fenomenal, Ayat-Ayat Cinta.

A post shared by Nunuhalimi (@nunuhalimi) on

Apa itu Mandiri Elite Plan Syariah?

Mandiri Elite Plan Syariah adalah produk keuangan, berupa asuransi hasil dari kerja sama Bank Syariah Mandiri dengan perusahaan asuransi terkemuka AXA Mandiri, Asuransi ini di tujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam merencanakan keuangan serta menghadapi resiko ketidakpastian hidup yang sesuai dengan syariah islam.

MEP Syariah menerapkan asuransi dengan sistem kelola asuransi bebas riba dan bebas dari unsur ketidakpastian (gharar) juga barang haram, dengan menyediakan perlindungan menyeluruh melalui perlindungan asuransi jiwa, serta investasi jangka panjang untuk persiapan masa depan.

Kehadiran Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah (MEP Syariah) juga merupakan bukti komitmen nyata AXA Mandiri untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan terhadap produk dan layanan jasa keuangan syariah di Indonesia. Tahun 2006 Otoritas Jasa keuangan mencatat bahwa literasi asuransi syariah baru 2.5% artinya dari 100 orang penduduk, yang sudah mengerti asuransi syariah hanya 2-3 orang saja.

Hal ini juga penting untuk menjawab keraguan sebagian umat islam tentang asuransi, karena sebagai bentuk perlindungan dan proteksi agama islam justru menganjurkan umatnya untuk mempersiapkan masa depan dan menghindari resiko, seperti di jelaskan dalam QS Al-Hasyr ayat 18, yang artinya

Hai orang yang beriman! Bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah dibuat  untuk hari esok (masa depan). Dan bertaqwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. al-Hasyr [59]: 18)

Atau hadits nabi yang diriwayatkan dari Anas bin Malik ra, ketika seseorang bertanya pada rasulullah tentang untanya
Ya, rasulullah Apa (unta) ini saya ikat saja atau langsung bertawakal pada Allah SWT? Rasulullah SAW menjawab.: Pertama ikatlah unta itu kemudian bertawakalah kepada Allah SWT.” (HR. At-Turmudzi)

Apa kelebihan Mandiri Elite Plan Syariah?

Hadir dalam peluncuran Mandiri Elite Plan Syariah ini para petinggi dari Bank Syariah Mandiri dan Axa Mandiri, di antaranya Mr Jean Phillipe VandenshrickPresident Director Axa MandiriIbu Tisye Diah RetnojatiDirector in Branch Channel Axa Mandiri, Bapak Edwin Dwidjajnto Direktur Distribution and Services Bank Sayariah MandiriIvan Baruna, Vice President Retail Deposit Bank Syariah Mandiri, serta artis cantik Zeezee Sahab

Ibu Tisye Diah Retnojati mengungkapkan bahwa produk asuransi MEP Syariah adalah produk yang memiliki beragam fitur manfaat di antaranya:
  • Bisa di miliki oleh peserta dari usia 15 tahun hingga 70 tahun
  • Minimum kontribusi Rp 25 juta pertahun
  • Memberikan santunan asuransi dasar hingga 50 kali dari total kontribusi yang di tawarkan (jika meninggal dunia)
  • Santunan asuransi tambahan apabila peserta meninggal karena kecelakaan pada saat ibadah haji atau umrah

Axa Mandiri Elite Plan Syariah, Rencanakan Masa Depan Dengan Asuransi Berbasis Syariah

Selain itu MEP Syariah juga memiliki keunggulan lebih dengan memberikan fitur Loyalty Bonus yaitu berupa tambahan unit investasi sebesar 10% dari total kontribusi tahun pertama, yang di berikan kepada peserta di tahun ke 5 dan ke 6 sejak tanggal berlakunya polis, dan sebesar 15% pada tahun ke 7 dan ke 8. Tambahan ini di berikan sesuai dengan ketentuan polis. Selain itu dari sisi investasi peserta juga dapat mengalihkan jenis investasinya tanpa di kenakan ujrah atau biaya pengalihan dana investasi.

MEP Syariah adalah produk keuangan yang mendatangkan banyak manfaat, memberikan alternatif pengelolaan keuangan yang lebih baik dengan rencana lebih matang. Sebuah perencanaan keuangan yang tepat harus mencakup asuransi di dalamnya, MEP syariah selain sebagai proteksi, investasi, asuransi juga akan bisa di jadikan sebagai warisan bagi orang-orang tercinta.

Bicara tentang warisan, tentu sebuah lagkah yang visioner dan jauh kedepan banget ya, duhh!? Ngebayanginnya jadi gimana gituu. Dan, ternyata hal ini juga loh salah satu hal yang mengusik hati artis cantik Zeezee Sahab.

Jadi, di sela-sela peluncuran MEP syariah ini, berlangsung juga sesi bincang-bincang tentang keuangan bersama Zeezee Sahab yang berbagi pengalamannya seputar keuangan dalam rumah tangga. Mengingat karirnya sebagai artis yang pekerjaan, penghasilan dan masa depannya tidak pasti, Mbak Zeezee merasakan sekali bagaimana susahnya mengelola keuangan, apalagi anaknya kini sudah mulai masuk sekolah, "Biaya sekolah mahal yaa ibu-ibu?!" Begitu seloroh Zeezee Sahab. Untuk yang satu ini saya sepakat mba Zeezee, nggak cuma biaya sekolah aja yang mahal, zaman now semua serba mahal!

A post shared by Nunuhalimi (@nunuhalimi) on



Mba Zeezee sangat concern dalam urusan mengatur dan mengelola keuangan, agar tidak habis percuma dan kebingungan di masa depan, maka semua sudah harus di persiapkan dari sekarang, ini juga penting, karena merupakan bagian dari keinginannya untuk memberikan warisan terbaik kepada anak-anaknya.

Tahu sendiri kan, masalah warisan bisa jadi urusan dan kasus yang njlimet, sengketa panjang, bahkan tak berujung, kalau dasarnya tidak punya tata kelola keuangan yang baik, warisan yang di maksud tentu juga bukan semata soal harta tetapi juga tentang edukasi akan keuangan itu sendiri.

Wah ini akan jadi peer buat saya juga, soalnya sebelum ini, sama sekali nggak terpikir tentang warisan, apa  ya yang akan saya berikan kepada anak-anak saya kelak. Peluncuran MEP Syariah ini jadi pencerahan banget bagi saya, apalagi mba Zeezee juga mengatakan bahwa ia bertekad hijrah menjadi muslimah yang sesungguhnya, secara total menjalankan aturan islam, salah satunya dengan menggunakan sistem perbankan syariah, termasuk urusan asuransi, supaya ibadahnya lebih bernilai dan sah di mata Allah, dan Mandiri Elite Plan Syariah bisa menjadi solusi hijrah yang tepat dalam berasuransi 


Bagaimana cara mendapatkan produk asuransi Mandiri Elite Plan Syariah

MEP Syariah bisa di dapatkan di cabang Bank Syariah Mandiri di 765 cabang seluruh Indonesia, wah banyak yah, selain MEP Syariah, AXA Mandiri dan Bank Syariah Mandiri juga telah mengeluarkan beberapa produk asuransi berbasis syariah lainnya yaitu Asuransi Mandiri Rencana Sejahtera Syariah plus, Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas Syariah, asuransi Mandiri Proteksi Kesehatan Syariah dan lainnya.

Sekarang, makin bertambah deh yang saya syukuri dalam hidup, karena akses keuangan termasuk asuransi yang sesuai syariah islam semakin mudah di dapat, transaksi keuangan bisa semakin tenang tanpa kekhawatiran terpapar hal yang di haramkan, menggunakan sistem yang berbasis syariah, insha Allah membuat ibadah semakin tenang dan hidup makin berkah, semoga yaa..amiin


9 comments

  1. MEP Syariah bisa jadi pilihan untuk proteksi dini maupun langkah ke depan mewariskan inves kepada anak-anak ya

    ReplyDelete
  2. Kelebihan dari AXA Mandiri Elite Plan teryata banyak juga ya mba. Tapi dengan adanya asuransi memang bisa jadi lebih tenang dan khususunya buat muslimah seperti kita ya mba

    ReplyDelete
  3. Aku juga lagi cari-cari investasi yang aman dan sesuai syariah ni untuk masa depan

    ReplyDelete
  4. Sukaaa banget acara ini mengedukai A sampai Z tentang asuransi syariah. Bikin saya igin beralih dari yang konvensional yang suda jalani sampai sekarang.

    ReplyDelete
  5. Sebagian orang masih ragu memiliki asuransi. Dengan pilihan asuransi syariah, jadi lebih tenang dan nyaman karena dikelola sesuai syariat Islam.

    ReplyDelete
  6. Kalau gak salah asuransi ini juga mengcover kalau ada musibah saat berhaji/ umroh gtu. Semangat nabung buat haji./ umroh ya mbak :D

    ReplyDelete
  7. Dengan adanya asuransi kita tidak perlu cemas dan khawatir lagi hhhe

    ReplyDelete
  8. Akupun bangga mbak dilahirkan sebagai muslimah dan seneng banget dalam Islam semua ada tuntunannya dari bangun tidur sampai tidur lagi. Nah untungnya yg serba aturan islam juga dikelola dengan baik oleh Axa Mandiri dengan MEP nya ini ya, semoga bisa memenuhi kebutuhan keluarga muslim di Indonesia ya mbak

    ReplyDelete
  9. Dari usia 15 tahun sudah bisa mulai ikutan MEP Syariah bisa kebayang gimana keuangan di masa depan,pastinya sudah punya investasi ya mbak.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.