Melek Parenting Dan Melek Hukum di Blog Ophi Ziadah, Mom Of Trio's World

Pekerjaan dan tanggung jawab yang buat saya sangat penuh misteri. Parenting menurut beberapa sumber kajian yang saya baca adalah sebuah sistem pola pengasuhan anak yang di terapkan sejak anak di lahirkan (bahkan saat masih dalam kandungan) hingga mereka menjadi pribadi yang dewasa bukan hanya sebatas fisik tetapi juga secara psikologis.

Melek Parenting Dan Melek Hukum Di Blog Ophi Ziadah, Mom Of Trio's World



Parenting...Hmmm satu kata yang sampai hari ini masih terus saya coba pahami. Sebuah keterampilan yang sulit dideskripsikan dengan kalimat singkat. Pekerjaan dan tanggung jawab yang buat saya sangat penuh misteri. Parenting menurut beberapa sumber kajian yang saya baca adalah sebuah sistem pola pengasuhan anak yang diterapkan sejak anak dilahirkan (bahkan saat masih dalam kandungan) hingga mereka menjadi pribadi yang dewasa bukan hanya sebatas fisik tetapi juga secara psikologis.

Mengapa parenting penuh misteri?! Karena faktanya, setiap keluarga punya standar, aturan dan nilai-nilai masing-masing dalam urusan parenting. Tidak ada aturan baku tentang seperti apa sih parenting yang baik dan benar. Dan kayaknya nih yaa walaupun ada, hasilnya belum tentu pasti sama persis pada setiap anak dan keluarga. Latar belakang, mindset dan tingkat pemahaman yang berbeda-beda membuat parenting menjadi sebuah tantangan dan peer berat.

Hampir semua orangtua, termasuk saya, berharap ada informasi yang mencerahkan tentang parenting. Apalagi ketika saya sedang bingung menghadapi dan memecahkan permasalahan parenting yang kerap terjadi pada anak-anak saya.



Saat ini mencari informasi parenting bukan lagi hal yang sulit, menjadi orangtua millenial, membuat saya bersyukur. Banyak solusi masalah parenting bertebaran di dunia maya. Terutama di blog dan website. Salah satu blog yang concern membahas parenting yang sering saya kunjungi adalah blog milik Ophi Ziadah, Mom Of Trio's World.

Bernama asli Khopiatuziadah Ibu dari Alinga, Zaha dan Paksi ini, banyak sekali berbagi aneka pengalaman tentang pola pengasuhan anak. Membuka label parenting di blog Ophi Ziadah membuat mata saya terbuka lebar. Banyak sekali pesan dan catatan penting yang bisa diterapkan dari sana. Parenting adalah proses pembelajaran seumur hidup bagi setiap orangtua.

Hal menarik lainnya dari mba Ophi adalah konsistensinya mengupdate blog. Kalau di rata-rata dalam satu minggu mba Ophi bisa mempublish dua atau tiga artikel, well! Produktif sekali yaa!? Untuk yang satu ini belio memang patut ditiru, padahal aktifitasnya banyak banget. Selain sebagai ibu beliau juga seorang working mom. Bisa dibayangkan! Bertugas sebagai drafter pembuat undang-undang di gedung DPR, mba Ophi masih sempat meluangkan waktu untuk merawat blognya. Sangat well organised sekali, bahkan update blog terbarunya adalah sebuah serial (5 seri) review buku Melihat Dunia Delapan Tahun Pergulatan memahami anak Gifted Dengan Keluarbiasaan Ganda karya Yanti Herawati. Terbukti betapa mba Ophi ini sangat menikmati aktifitas bloggingnya. 


Melek Parenting Dan Melek Hukum Di Blog Ophi Ziadah, Mom Of Trio's World


Bagi saya ini inspirasi banget, maklum konsistensi dan produktivitas blog sebagai salah satu kunci membuat blog yang cemerlang terkadang sering terabaikan dengan sejuta alasan malas pembenaran. Padahal intinya semua bisa diatur, selama ada niat dan kemauan yang kuat.



Blog Mom Of Trio's World juga tidak melulu bicara parenting, sebagai sebuah blog personal, banyak juga hal-hal lain yang dibahas di blog ini, travelling, ragam inspirasi bahkan tips blogging juga ada. Enaknya sih dikunjungi langsung deh pasti akan betah berlama-lama di sini.


Yang juga patut diacungi jempol, selain berbagi aktifitas keseharian, Mba Ophi juga concern terhadap dunia hukum. Sebagai sarjana hukum yang bertugas membuat drafter undang-undang pastinya pemahaman masalah hukum sudah khatam dan di luar kepala. Apalagi mba Ophi pernah belajar di Australia. Jadi nggak perlu diragukan lagi. Dan sebagai bentuk dedikasinya terhadap dunia hukum mba Ophi juga mensosialisasikan permasalahan hukum kepada masyarakat melalui blog lain. Yaitu berbagi ilmunya melalui blog MarLekum (Mari Melek Hukum)

Masalah hukum, menghukum dan perhukuman buat orang awam kan susah banget dicerna dan dipahami, di blog  MarLekum ini bahasa hukum yang njelimet bikin pusing pala bebek, disajikan dengan cara yang ringkas dan ringan, contoh nya masalah KDRT, itu kan panjang kali lebar sama dengan luas problematikanya yah! Tetapi dengan bahasa yang sederhana semua bisa lebih mudah di mengerti. Jadi ibu-ibu yang selama ini merem saja nih sama permasalahan KDRT bisa lihat Blog MarLekum pasti akan terooohh..ohhh, gitu toh!?

Ibu yang satu ini memang luar biasa, segudang prestasi dan achiemevement juga sudah diraihnya, menjadi pemenang banyak sekali kompetisis blog, termasuk didapuk sebagai blogger of the month sebuah komuniti blogger bulan Februari lalu. Menyebut menulis sebagai terapi jiwa, raihan prestasi mba Ophi di dunia blogging sangat panjang sekali. Benar-benar inspirasional, apalagi saya pernah bertemu langsung dengan belio, orangnya ramah, baik hati dan humble banget. Dan setiap kali melihat figur yang istimewa seperti ini saya selalu punya pertanyaan dan harapan akankah saya bisa bisa seperti itu yaa!? Semoga saja *amiin~sambil pasang ikat kepala menyemangati diri sendiri~

Sila deh mampir ke Blog Mom Of Trio's World www.ophiziadah.com atau MarLekum dijamin akan melek parenting dan melek hukum. Yang ingin lebih dekat dengan Mba Ophi juga bisa follow di semua akun media sosialnya seperti twitter, facebook atau instgram +Ophi Ziadah


















Komentar

(6)
  1. Selain itu orangnya juga ramah loh mbak, saya pernah ketemu langsung :)


    Keep blogging mbak Ophi :)

    BalasHapus
  2. Selain itu orangnya juga ramah loh mbak, saya pernah ketemu langsung :)


    Keep blogging mbak Ophi :)

    BalasHapus
  3. Makasih ulasannya mba Nunu...postingan parenting versi saya lebih ke pengalamn pribadi sih mba..
    Sepakat setiap orang punya pengalaman dan cara tersendiri ttg parenting dan bs jd ilmu buat orangtua lain jg

    BalasHapus
  4. Aku salut sama mb ophi.,,trutama yg ngeblog untuk tujuan berbagi info hukum, kayaknya menarik ni karena dibahasakan dg cukup sante meski ilmiah

    BalasHapus
  5. Paket lengkap Mba Ophi Blognya, informatif dan menginspirasi

    BalasHapus
  6. Meski sibuk masih bs ngepost artikek rutin ya.. keren

    BalasHapus

Posting Komentar