Pengalaman Seru Bersama Bloggercrony Community, Komunitas Sahabat Karib para Blogger

Bagaimana memulai sebuah blog? Apa itu blog? Hal apa saja yang dibutuhkan  untuk membangun blog?

Pertanyaan di atas adalah hal-hal yang menggelayuti pikiran Saya di masa-masa awal membangun blog, ketika itu tahun 2015, tulisan pertama saya rilis pada bulan Juni. 


Saat itu saya benar-benar awam dan nol pengetahuan blog. Tidak heran kalau tampilan blog saya kurang menarik, isinya masih asal-asalan, tata bahasanya berantakan, gambar tanpa editan, penempatan tanda baca yang tidak pas, typo, dan segudang kekurangan lainnya.

Seiring berjalannya waktu, semakin menyelami dan mencari tahu bagaimana menjadi seorang blogger, ternyata memang banyak sekali daftar yang harus saya pelajari dalam membangun blog yang baik, beberapa hal bahkan seharusnya sudah saya ketahui sebelum mengambil langkah pertama membuat blog.

Sebenarnya tidak perlu khawatir, banyak informasi tentang memulai blog bertebaran di dunia maya, tetapi tidak ada yang memberi tahu saya tentang hal-hal tak terduga, yang mungkin terjadi, sesuatu yang sekarang ketika saya kembali melihat ke belakang, kini jadi tampak jelas.

Selain itu, untuk mengembangkan diri, dalam hal apapun, tidak bisa dipungkiri, tidak mungkin melakukannya sendiri, untuk itu kita membutuhkan orang lain.

Bergabung dengan komunitas adalah salah satu cara untuk bertemu dengan sesama blogger, dan memang terbukti, bergabung dengan komunitas blogger sangat membantu saya mengembangkan blog.

Bergabung dalam komunitas, saya  mengelilingi diri dengan berkumpul bersama orang-orang dengan minat yang sama, saling support dan belajar, komunitas juga memberi kesadaran serta pengingat diri agar tidak tergelincir, serta berada di jalur yang benar.

Banyak sekali komunitas blogger yang ada, diantara sekian banyak komunitas yang saya ikuti, ada satu komunitas blogger yang memiliki tempat tersendiri untuk saya, yaitu Bloggercrony Community

Yup, Bloggercrony adalah komunitas blogger yang sangat berkesan bagi saya. Karena banyak pengalaman dan acara seru saya ikuti bersama Bloggercrony.

Teman-teman blogger yang belum bergabung di komunitas ini, saran saya harus deh! ikut jadi anggota Bloggercrony.

Banyak hal positif saya rasakan sejak bergabung dengan Bloggercrony, diantaranya saya bisa mendapatkan banyak ilmu dan wawasan terkini tentang blog, lewat BloggerCrony juga saya mendapat kesempatan terlibat project kampanye online dan offline dari berbagai brand, peluncuran produk baru serta kegiatan sosial lainnya.

Komunitas yang berdiri tanggal 24 Februari 2015 ini didirikan oleh pasangan suami isteri Satto Raji dan Wardah Fajri, dengan sahabatnya Anesa Nisa, telah memberikan kontribusi besar bagi blogger dalam mengembangkan blognya, kata Crony dalam Bloggercrony yang secara harfiah berarti sahabat karib, nyatanya telah menjadi sahabat karib bloggger.



Bloggercrony sejak awal memang digagas untuk memberikan alternatif kepada blogger yang membutuhkan komunitas untuk mewadahi dan memfasilitasi para blogger dalam mengembangkan kualitas diri atau capacity building. Selain itu, lewat komunitas ini, blogger juga diharapkan bisa membangun jejaring yang dapat membuatnya bertumbuh, serta dapat memproduksi tulisan-tulisan yang informatif, bermanfaat dan inspiratif  dan membuatnya berdaya secara moral dan material.

Jika teman-teman berkunjung ke website Bloggercrony, visi misi BlogerCrony terpampang sangat jelas, Kolaborasi adalah kunci kebersamaan dan keberhasilan di Bloggercrony. Komunitas Bloggercrony membuka diri kepada blogger, komunitas (lintas komunitas), untuk bersinergi terutama terkait capacity building dan pemberdayaan, komunitas ini bahkan telah terdaftar dan memiliki akta notaris. 

Pengalaman Saya bergabung dengan Komunitas Bloggercrony

Saya menjadi anggota komunitas Bloggercrony sejak tahun 2017 bersamaan dengan kegiatan World Hijab DayXAidijuma, brand hijab dari Malaysia yang sedang membangun awareness di Indonesia.

Sama sekali belum pernah ikut kegiatan Bloggercrony sebelumnya, senang sekali akhirnya saya terpilih menjadi peserta, tulisan saya tentang acara ini bahkan menjadi salah satu pemenang, jadi berlipat dong senangya.

Setelah itu, banyak pengalaman seru lainnya yang saya dapatkan di Bloggecrony.

Karena memang minat saya terhadap dunia fashion, beberapa kali saya mendapat kesempatan ikut acara Bloggercrony yang berkaitan dengan dunia fashion, seperti pagelaran fashion desainer muda, Tiffany Kenanga, Jakarta Modest Fashion Week, Indonesia Fashion Week, #Markamarie Jakarta Ramadhan Festival, dan lain lain.

Selain kegiatan terkait fashion, Bloggercrony juga memberikan saya kesempatan mengikuti berbagai kampanye, dan atau peluncuran produk baru yang diadakan brand, mulai dari brand makanan, kecantikan, otomotif, bank, asuransi, sampai susu untuk anak.

Lewat acara atau event blogger ini saya mendapatkan bukan hanya  materi atau bingkisan, tetapi teman baru, juga ilmu dari talkshow atau bincang-bincang yang biasanya ada dalam kegiatan. 

Tema-tema yang dibahas dalam acara yang digelar, banyak yang sangat penting dan relevan, materinya bahkan ada yang pasti mahal jika saya harus membayar, tapi saya bisa mendapatkannya secara gratis, untuk itu saya sangat berterimakasih kepada Bloggercrony. 

Pengalaman Paling Berkesan Bersama Bloggercrony


Tentu saja setelah lima tahun bergabung, banyak cerita saya dengan Bloggercrony, sahabat karib para blogger ini.

Dari mengikuti acara-acara Bloggercrony, saya jadi tahu jalan dan tempat baru di Jakarta, dan sekitarnya. Dari yang lancar-lancar sampai nyasar-nyasar pernah saya alami.



Sekarang kalau saya bepergian dan kembali melewati jalan atau tempat itu, terutama saat bersama keluarga, spontan pasti saya langsung cerita ke anak-anak, dulu tuh ibu pernah ke situ loh ikut acaranya Bloggercrony.

Yang paling hangat terjadi beberapa waktu lalu kami pergi ke suatu acara yang rutenya melewati Hotel Aston Simatupang, seketika saya langsung bilang ke anak-anak "Waah ini hotelnya bagus banget loh Kak, makanannya enak, ibu pernah ikut acara Bloggercrony di sini" Ya, sehappy itu mengingat acara-acara yang pernah saya ikuti bareng Bloggercrony. 

Yang paling berkesan selama bergabung dengan Bloggercrony adalah bagaimana  Bloggercrony juga ikut merawat mimpi saya yang selama ini ingin memiliki brand fashion sendiri.

Tahun 2020 dan 2021 bahkan saya mendapat kesempatan menjadi bagian dari program Bloggercrony, membuat paket pouch berisi masker untuk kampanye Pagebluk  Pandemi punya cerita serta aktif dalam  BloggerPreneur membuat souvenir untuk acara ulang tahun Bloggercrony ke 5. 





Dengan BloggerPreneur, Bloggercrony bukan hanya mensupport kegiatan blogger, tetapi juga mendukung blogger yang memiliki kegiatan lain dan atau usaha selain blogging. Yang teranyar, untuk meringankan kesulitan pada saat pandemi, Bloggercrony mengadakan arisan blogger, Bloggerpreneur anggota Bloggercrony yang memiliki usaha diberikan dana bantuan, dan alhamdulillah usaha saya juga menjadi salah satu yang mendapatkan 

Ulangtahun Bloggercrony ke 7

Dengan tagline Blogging, Networking dan Empowering, Bloggercrony sukses dengan beragam program-program,  yang selalu berjalan baik, semua hal ini juga terjadi karena Bloggercrony  didukung tim yang kompak dan solid. Setiap tahun, Bloggercrony selalu mengadakan acara peringatan hari jadinya dengan beragam acara.

Karena peminatnya selalu full, saya selalu terlambat setiap kali mendaftar acara ulangtahun Bloggercrony

Alhamdulillah tahun ini, akhirnya saya bisa juga jadi salah satu peserta BloggerDay 2022 ulang tahun Bloggercrony.

Acara yang berlangsung secara online di zoom meeting berlangsung seru, bertabur banyak hadiah dari banyak sponsor. Souvenir acara tahun ini dibuat oleh Cera Production, spesialis seminar kit dan kantor, yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun membuat souvenir, gift set, seragam kerja, dan kebutuhan cetak kit kantor, Cera Ptoduction juga yang membuat souvenir kaos BCCSquad, salah satu hadiah untuk pemenang yang beruntung, sayangnya saya belum beruntung mendapatkan kaos BCCSquad ini, padahal pengen banget huhu..tapi tetap senang koq karena dapat Pin Bloggerday Bloggercrony buatan Cera Production.



Dengan hastag #ScaleUpyourSkill Ulangtahun Bloggercrony yang ke 7 menghadirkan sesi bincang-bincang dengan tema-tema yang dapat meningkatkan skill blogger.


Materi seputar materi dari pembicara Tuhu Nugraha, Anwar Natari, yang mebahas dunia metaverse, Matahri Timoer dan Joe Chandra yang membahas seputar konten blogger organik dan blogger monetize mana yang lebih baik? serta pembicara Tsurayya Syarif Zain psikolog yang mengulas pentingnya memiliki Growth Mindset, akan saya bahas tersendiri, karena keseruan ulangtahun Bloggercrony kali ini juga jadi salah satu pengalaman yang paling berkesan bagi saya.

Selamat ulangtahun ke 7 Bloggercrony, terimakasih untuk semua pengalaman serunya. Semoga semakin sukses, kompak, solid, dan tetap setia menjadi sahabat karib para blogger.













Write a comment