Tetap Termotivasi Nge-Blog Saat Jenuh Melanda


Tetap Termotivasi Nge-Blog Saat Jenuh Melanda


 Salah satu bagian paling menantang dari menjadi blogger adalah berusaha untuk selalu tetap konsisten dan produktif menulis, apapun tujuannya ini memang jadi poin penting untuk setiap blogger yang mau sukses.

   Konsisten adalah kata-kata yang kadang kala mudah sekali terucap tapi pelaksanannya, yaaa gituu dehh?! 

  Apalagi kalau sedang berada dalam situasi dunia nyata yang kurang menyenangkan, mau update blog rasanya ada saja alasannya, yang inilah! itulah, inulah…! Semua jurus nge-les di keluarkan sebagai pembenaran.

  Ada satu lagi hal yang juga membuat konsistensi ngeblog dan produktivitasnya kadang menurun, yaitu rasa jenuh dan bosan, untuk saya yaa...lebih sering karena rasa jenuh itu datang dari perasaan 'kecil', belum jadi blogger yang ‘kemana-mana’ dan bukan ‘siapa-siapa’.


  Perasaan jenuh itu datang dari perasaan  'ngga berarti' dalam bahasa kasarnya "....ngapain sih gue nulis panjang lebar begini, kayaknya useless deh!"  plus keraguan apakah saya cukup bisa membuat blog saya layak di baca, bermanfaatkah? atau jangan-jangan tulisan saya membosankan, terlalu dangkal, terlihat bodoh, jujur deh ada rasa sedikit gimmanaa gitu yahh..!? Mungkin ini efek masih minim pembaca ini curcol

  Tetapi setelah saya renungkan ternyata semua keberhasilan bermuara kepada menemukan cara untuk tetap termotivasi dan semangat konsistensi yang stabil dengan grafik menanjak.

  Dan yang namanya jenuh atau bosan itu yaa manusiawi banget! blogger juga manusia kann?

  Jenuh atau bosan biasanya hadir karena kurangnya motivasi dan alasan yang kuat.

   Tapi ada kabar baik, ternyata bisa tetap termotivasi itu adalah satu jenis keterampilan looh!? dan keterampilan itu bisa di pelajari.

   Keterampilan ini kalau sudah di kuasai bisa menjadi alat ungkit yang bisa di gunakan kapanpun ketika merasa lelah, jenuh, bosan, drop dan teman-teman negatifnya datang bertubi-tubi.

  Setiap orang punya skill alias keterampilan masing-masing, punya teknik dan cara sendiri dalam mengatasi rasa jenuh dan bosannya.

   Sebenarnya ngga cuma dalam urusan blog aja sih, pekerjaan dan rutinitas sehari-haripun kerap kali membosankan, masak tiap hari bosan juga lohh! tapi makannya ngga bosan-bosan yaa?! Cucian, setrikaann.. weehh jadi pegel aja nih nulis daftar kerjaan ini. Satu lagi sampai yang namanya iman aja kadang turun naik, yajid wa yanqus, benar nggak?!

  Tapi dengan mengetahui ketrampilan ini, yang saya dapatkan dari berbagai training dan seminar, juga pengalaman pribadi, saya menemukan solusi dan jurus ampuh versi saya untuk mengusir jenuh dan tetap termotivasi terutama terhadap blog, cara-cara ini  bisa membangkitkan gairah dan semangat ngeblog saya atau paling tidak kejenuhan dan kemalasan saya berkurang beberapa level.

1. Mengingat kembali alasan yang memotivasi saya membuat blog.

Yang mau tahu alasan utama saya membuat blog boleh di lihat di postingan ini, intinya saya memang mau have fun dengan menulis, belajar dan berbagi, jadi kalau saya merasa jenuh berarti saya mengabaikan berbagai macam hal-hal yang menjadi tujuan nge-blog saya.

2. Cari tahu apa penyebab utama kejenuhan

Selain curcol di atas apalagi sih yang bikin saya jenuh biasanya sih karena kurang piknik, atau malah kebanyakan piknik, eehh pernah loh! Saking cape wara-wiri kemana-mana malah jadi males update blog, kurang ide atau kebanyakan ide juga bisa bikin saya bosan, bingung mau eksekusi yang mana, jadi main sapu tangan. Banyak kerjaan di luar urusan blog, sinyal dan jaringan yang lola kamfreto juga bisa bikin saya jenuh.

Nah dengan mengetahui penyebab jenuh ini saya bisa temukan solusi, kalau kurang piknik, yaa jalan-jalan dulu kek kemana, kalau merasa kebanyakan jalan, ingat-ingat lagi rasanya kurang piknik tuh kayak apa hoii! 

Jalan-jalan blogwalking plus komen ke blog orang lain saya lakukan, membaca tulisan teman-teman blogger biasanya jadi semangat lagi, praktek resep baru, baca buku, denger musik juga bisa jadi pilihan mengusir jenuh.

3. Pikirkan apa yang mungkin sudah saya lewatkan

Iya kan kalau lagi jenuh banyak hal yang bagus-bagus mungkin saja terlewatkan, apa lagi jika ide tulisan blog yang sudah ada di kepala, mungkin sedang di butuhkan orang lain, belum lagi kadang apa yang mau kita tuliskan jadi menguap begitu saja, dan satu lagi karena tujuan blog ini untuk berbagi, berarti saya kehilangan momen berharga untuk berbagi.

4. Memberi tantangan untuk diri sendiri

Menantang diri sendiri membuat adrenalin bekerja lebih cepat, ini berguna untuk menggairahkan kembali semangat yang kendur, dan perasaan jenuh itu.
Contohnya ikutan challenge One Day One Post seperti saat ini, ikut lomba, ikutan give away, kompetisi blog, dll. menang ngga menang woles saja, namanya juga orang lagi galau mengusir jenuh.

5. Biarkan saja yaa lepaskan aja

Kalau kata judul lagu OST Frozen-nya Demi Lovato dari filmnya disney, yaa...Let it go! let it go,!can't hold on it anymore! let it gooo...! Lalala gitu aja koq repot! Kata Mbah Gus Dur pasti begitu.

Emang mau sampai kapan sih perasaan jenuh dan bosan itu datang!? Yaa...di nikmati aja, leyeh-leyeh, ngapain aja deh yang bikin hati senang walaupun tak punya uang.
Toh pada akhirnya pikiran kita dengan sendirinya juga akan bosan bermalas-malasan, memblock dan menolaknya, apa lagi kalau ingat poin nomor satu, kemudian malu hati dengan diri sendiri dan semangat pasti muncul lagi deh!

"Beberapa dari kita berpikir memegang membuat kita kuat, tapi kadang-kadang melepaskannya adalah lebih baik " - . Hermann Hesse


Perasaan Jenuh alias bosan membuat kita di kuasai energi yang menyebabkan menjadi tidak fokus, dan mengembalikan energi yang lebih fokus dengan cara di atas semoga bisa jadi solusi buat yang sedang bosan, dan jenuh nge blog, wabil khusus buat kamu yang merasa belum merasa ‘mendapat apa-apa’ seperti saya dari blog, yukk tetap semangat!

Percaya aja deh apapun yang kita lakukan selama itu di lakukan dengan sungguh-sungguh, konsisten, termotivasi dengan niat yang tulus, lurus hati yang ikhlas, hasil ngga pernah akan bohong, entah kapan, entah kapan waktunya momen itu akan datang. Allah ngga mungkin bohong, apapun yang kita lakukan kebaikan ataupun keburukkan hatta sebiji dzarrah pun akan di berikan balasannya. Yakiinn!

Dan satu lagi yang ngga kalah penting jadikan menulis blog yang konsisten sebagai sarana dan persiapan dalam rangka membangun keberuntungan.

Orang bijak mengatakan tidak ada yang namanya keberuntungan.

"Keberuntungan adalah persiapan bertemu dengan kesempatan" Elmer Leterman.




1 comment

  1. Mbaaaa..ini applicable banget saran-sarannya..jadi, ketika nanti produktivitas blogging saya menurun, bakal saya coba deh cara-cara dari mba Nunu..Thanks artikelnya mba

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.