Hitung Mundur Beroperasinya MRT (Mass Rapid Transit) Bersiap Melihat "Wajah Baru" Jakarta

Hitung Mundur Beroperasinya MRT (Mass Rapid Transit)  Bersiap Melihat Wajah Baru Jakarta


Jakarta, sesungguhnya sudah sejak lama membutuhkan sebuah sarana transportasi massal, sebagai sebuah kota metropolitan dengan sembilan juta penduduk, di tambah tiga juta orang yang datang dari kota penyangganya di siang hari, Jakarta adalah kota yang sibuk dengan segudang aktifitas, kegiatan ekonomi dan pemerintahan berpusat di kota ini, di juluki sebagai kota yang tak pernah tidur, jalan-jalan di Jakarta tak pernah sepi dari lalu lalang kendaraan.

Kemacetan dan padatnya lalu lintas menjadi pemandangan biasa di Jakarta, sarana angkutan umum yang tersedia, seperti Trans Jakarta, commuter Line, kopaja, metro mini, termasuk kehadiran angkutan umum berbasis online, masih belum maksimal mengatasi kemacetan, apalagi karena faktor keamanan dan kenyamanan, banyak warga Jakarta lebih suka naik kendaraan pribadi. Hadirnya sebuah moda transportasi massal yang cepat, nyaman, aman dan mampu mengangkut banyak orang sekali jalan adalah sebuah kebutuhan mendesak untuk sebuah kota sekelas dan sebesar Jakarta.


Wacana membangun sebuah moda transportasi massal modern yang mampu mengangkut ratusan ribu orang sekali jalan, sudah di rencanakan sejak beberapa tahun lalu, namun realisasinya baru terjadi tiga tahun terakhir ini. Adalah pembangunan  MRT (Mass Rapid Transit) yang di harapkan mampu menjadi solusi kemacetan di Jakarta, jika tidak ada aral melintang bulan maret 2019 warga Jakarta bisa menikmati moda transportasi ini.

Sudah sejauh manakah perkembangan pembangunan MRT saat ini? 


Beberapa waktu lalu saya sempat mengikuti sebuah acara bersama teman blogger dan media untuk mensosialisasikan situs website resmi MRT yang baru, acara yang berlangsung di gedung D-Labs by SMDV Jakarta ini di hadiri langsung direktur utama PT MRT Bapak William Sabandar dan direktur operasional PT MRT bapak Agung.

Menurut bapak William, saat ini progress pembangunan MRT secara total sudah mencapai 71,39%, per bulan April 2017 proyek pembangunan koridor selatan  MRT yang membentang di bawah tanah sepanjang jalan Sudirman-Dukuh Atas sudah hampir 85,39% sedangkan koridor utara yang membentang dari Lebak Bulus sampai Blok M sudah 57,52%


Proyek yang merupakan kerjasama pemerintah dengan  JICA (Japan International Coperation Agency) ini secara jangka panjang di rencanakan akan melintas di sepanjang jalan dari Lebak Bulus hingga Kampung Bandan, namun untuk saat ini yang di kerjakan baru sampai Dukuh Atas.


MRT bukanlah moda transpotasi biasa, kehadirannya di pastikan akan mempercepat mobilitas warga Jakarta, juga akan mengubah "wajah" Jakarta secara umum, sebagai sebuah transportasi massa modern yang ada di banyak kota besar dunia, seperti Tokyo, London, Paris, New York, Hongkong, dan Singapura, MRT akan menempatkan Jakarta sebagai kota yang sejajar dengan kota-kota ini dari segi kemajuan transportasi, meski secara umum sebenarnya dapat di katakan "terlambat", sebuah kota seperti Jakarta seharusnya memulai ini sejak lama, begitu menurut penuturan bapak Agung.


Kehadiran MRT juga di pastikan akan mengubah pola hidup dan lifestyle warga Jakarta, di sepanjang area stasiun akan tumbuh tempat-tempat baru yang akan mendukung gerak warga Jakarta pengguna MRT. PT MRT bersama konsorsiumnya juga akan membuat sebuah paket pembangunan lengkap di sekita area ini, banyak fasilitas yang di butuhkan warga akan di bangun, seperti misalnya di kawasan Lebak Bulus, yang menjadi titik akhir perjalanan dan Dipo MRT, rencananya akan di bangun superblok dengan pusat perkantoran, rumah susun, dan apartement. Pun demikian dengan kawasan Dukuh Atas yang menjadi pusat bertemunya semua jalur transportasi Jakarta, seperti Trans Jakarta, Commuterline, LRT dan MRT, akan menjadi kawasan super sibuk.


Hitung Mundur Beroperasinya MRT (Mass Rapid Transit)  Bersiap Melihat Wajah Baru Jakarta
Perkembangan pembangunan MRT


Hitung Mundur Beroperasinya MRT (Mass Rapid Transit)  Bersiap Melihat Wajah Baru Jakarta
Lowongan pekerjaan di MRT
Hitung Mundur Beroperasinya MRT (Mass Rapid Transit)  Bersiap Melihat Wajah Baru Jakarta
Gambaran stasiun-stasiun MRT


Dalam acara ini juga hadir para penyandang disabilitas, yang di dengarkan harapan dan keinginannya pada pembangunan MRT, salah satunya adalah Surya Sahetapy,  penyandang disabilitas, putera artis senior Dewi Yull, yang sudah melanglang buana dan naik MRT di berbagai negara, Surya mempertanyakan apa dan bagaimana kesigapan MRT untuk memenuhi mobilitas para disabilitas, seperti tuna netra, tuna rungu, tuna daksa, dan lain-lain

Menurut bapak Agung sejauh ini pembangunan MRT di siapkan juga untuk memudahkan disabilitas. Namun sebagai tambahan nantinya harapan dari para diasabilitas, akan di diskusikan kembali oleh pihak MRT, seperti rambu-rambu yang spesifik yang sesuai dengan jenis disabilitas, karena masing-masing penyandang disabilitas memiliki keterbatasan yang berbeda, termasuk petugas khusus untuk membantu penyandang cacat

Semua progress pembangunan MRT ini bisa di lihat di website www.jakarta.mrt.co.id, dengan tampilan baru yang lebih segar dan atraktif, kehadiran situs baru MRT ini di harapkan akan mampu memberi informasi maksimal kepada masyarakat.


Situs www.jakarta.mrt.co.id yang baru, berbeda dari sebelumnya, selain lebih informatif, tampilannya juga lebih segar, cepat, simpel,aktual, atraktif,  variatif, ada edukasi serta unsur hiburannya. Di layar beranda kita bisa melihat hitungan mudur beroperasinya MRT, yang apabila sesuai perhitungan tentu akan mendebarkan menyaksikan peresmian MRT.






Hitung Mundur Beroperasinya MRT (Mass Rapid Transit)  Bersiap Melihat Wajah Baru Jakarta
Surya Sahetapy, yang punya banyak harapan pada MRT yang kondusif untuk penyandang disabilitas

Hitung Mundur Beroperasinya MRT (Mass Rapid Transit)  Bersiap Melihat Wajah Baru Jakarta
Bapak Agung, memaparkan progres pembangunan MRT

Untuk menguji sejauh mana pengetahuan kita tentang MRT, ada kuis dan game menarik yang bisa kita ikuti di website ini. Situs ini hadir bertujuan untuk membangun kesadaran dan partisipasi warga dalam menyambut hadirnya MRT Jakarta. Masyarakat yang punya kompetensi, memenuhi syarat dan berminat bergabung untuk bekerja di PT MRT, juga bisa mencari informasi lowongan dari sumber yang valid di situs ini.

Sebagai warga Depok saya juga sangat menantikan hadirnya MRT ini, maklum saja mobilitas saya juga banyak di Jakarta, MRT menurut saya juga akan berimbas pada "wajah-wajah" kota di sekitarnya, kota penyangga lainnya seperti Bekasi, Tangerang dan Bogor, yang hampir sebagian warganya beraktifitas di Jakarta.


Kesuksesan MRT Jakarta, akan menjadi modal bagi pemerintah untuk membangun proyek serupa di kota-kota besar Indonesia lainnya, yang juga membutuhkan adanya transportasi massal, ya kita do'akan saja sampai harinya tiba di bulan Maret 2019, akan kita lihat seperti apa wajah Jakarta.

Kita bersama-sama menghitung mundur beroperasinya MRT Jakarta dan bersiap serta berdaptasi dengan perubahan yang akan terjadi, MRT adalah terobosan baru bagi transportasi publik di Ibu Kota dan di Indonesia. Tidak hanya akan meningkatkan mobilitas, MRT Jakarta juga akan memberikan manfaat tambahan, seperti perbaikan kualitas udara dan solusi kemacetan, dengan adanya perubahan gaya hidup masyarakat Jabodetabek yang beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke transportasi publik. 


Hitung Mundur Beroperasinya MRT (Mass Rapid Transit)  Bersiap Melihat Wajah Baru Jakarta


3 comments

  1. Gak sabar menunggu pembangunannya selesai

    ReplyDelete
  2. Aku mungkin salah satu yg menantikan banget cepat selesainya MRT di Jkt. Sudah benar benar lelah dengan kemacetan Jakarta yang semakin parah. Smoga nanti jika ada MRT, Jakarta tidak sesesak sekarang.

    ReplyDelete
  3. Semoga kehadiran MRT ini nanti bener2 bs mengatasi kemacetan..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.