Google Untuk UKM, Cara Sukses UKM Online Dengan Mengoptimalkan Fitur Gratis Dari Google

Google Untuk UKM, Cara Sukses UKM Online Dengan Mengoptimalkan Fitur Gratis Dari Google

Google untuk UKM? Appaan tuh? 

Saya yakin pasti ada yang seperti saya, punya pertanyaan sama tentang ini.

Sebagai sebuah perusaahaan raksasa teknologi, ketika Google menggaungkan hastag #GoogleuntukUKM tentu saya penasaran, pasalnya saya dan suami punya usaha kecil-kecilan sebagai supplier peralatan laboratorium, kira-kira apa yaa yang Google lakukan untuk UKM?

Google Bisnisku

Jawabannya ternyata ada di Google Bisnisku, yang ini mungkin sudah banyak yang tahu yaa, atau paling tidak  pernah mendengar tentang Google Bisnisku, tapi bagaimana cara menggunakannya dan mengoptimalkannya, mungkin belum banyak yang paham.


Padahal Google saat ini terus mengembangkan paltform gratis ini, platform yang  memang khusus di rancang agar bisa di manfaatkan oleh para pelaku bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) Dengan cara ini Google mendorong dan membantu para pelaku yang selama ini mempunyai usaha offline, juga  harus bisa memanfaatkan cara online agar bisa memasarkan produknya dengan jangkauan yang lebih luas dan tak terbatas jarak dan waktu.

Google Untuk UKM, Cara Sukses UKM Online Dengan Mengoptimalkan Fitur Gratis Dari Google

Dan, tanggal 26 Otober lalu, saya mendapatkan sebuah pengalaman istimewa, menghadiri peluncuran beberapa fitur gratis baru dari Google Bisnisku, fitur agar pelaku usaha kecil menengah Indonesia sukses mengembangkan bisnis secara online, yaitu dengan Uji Situs Saya, Postingan di Google Bisnisku serta sebuah cara baru untuk mengelola halaman Google Bisnisku dari browser manapun.


Google Untuk UKM, Cara Sukses UKM Online Dengan Mengoptimalkan Fitur Gratis Dari Google
Tampilan Uji Situs Saya 

Ini adalah kali pertama acara #GoogleuntukUKM di adakan, acara yang di helat di kawasan Menteng Jakarta, ini di hadiri langsung oleh Tony Keusgen, Managing Director Google Indonesia, Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia, dan Jason Tedjasukmana, Head of Coporate Communications Google Indonesia.
Kami percaya fitur gratis ini akan memudahkan pemilik usaha dalam mengelola bisnis secara online dan menarik pelanggan baru
Itulah salah satu hal yang di sampaikan oleh Tony Keusgen, Managing Director Google Indonesia, Uji Situs Saya memungkinkan pengguna mengetahui performa websitenya, juga mengetahui tinggi rendahnya tingkat interaksi dengan pelanggan, Uji Situs Saya juga mempercepat pemuatan dan penampilan situs web bisnis, hal yang sangat penting di zaman perangkat mobile seperti sekarang, karena penurunan dan kenaikan usaha langsung dapat di ukur hanya dalam hitungan detik.



Google Untuk UKM, Cara Sukses UKM Online Dengan Mengoptimalkan Fitur Gratis Dari Google
Tony Keusgen, Managing Director Google Indonesia

Mengapa UKM harus online?

Perkembangan teknologi digital saat ini mempengaruhi setiap sendi kehidupan, termasuk dalam  urusan jual beli, serta turut mempengaruhi keputusan seseorang dalam membeli. 69% orang Indonesia mencari informasi lewat internet, dan untuk hal itu rasanya tidak mungkin melewatkan nama Google dalam mencari informasi, baik itu menggunakan PC, laptop, tablet, notebook atau smartphone sebagai gawai utama,  Indonesia sendiri saat ini adalah negara dengan lebih dari 133 juta pengguna smartphone aktif.


Google Untuk UKM, Cara Sukses UKM Online Dengan Mengoptimalkan Fitur Gratis Dari Google
#GoogleUntukUKM

Satu orang Indonesia bahkan bisa menggunakan dua sampai tiga handphone sekaligus. Ayoo cung yang punya lebih dari satu handphone! Eh, udah gitu dengan dual sim card pula, jadi satu orang bisa online dengan beberapa nomor dalam satu waktu, pokoknya gawai dan internet, sudah lazim jadi dua hal yang selalu ada dalam jangkauan. Terbayangkaaan?! Potensi yang bisa di raih jika UKM memanfaatkan usaha secara online.

Saat ini siapa sih yang nggak pakai Google, mesin penelusuran yang saking terkenalnya punya panggilan khusus sebagai "Si Mbah" istilah yang lekat dengan tokoh orang "pintar" yang serba tahu segala macam hal.

Cukup klik kata kunci hal yang ingin kita cari. Voila! Bejibun informasi muncul.  Pokoknya, mau apa aja, tanya apa aja, butuh apa aja, mau kemana aja, whatever you name it lah! Google know the answers. Iyes! Google tahu jawabannya. Dengan kenyataan seperti ini kalau kita punya bisnis, punya usaha tentu penting sekali untuk terhubung dengan Google, sehingga ketika ada orang yang cari tahu sesuatu yang berhubungan dengan produk kita, mereka akan langsung tahu kemana harus mencari lebih lanjut, that's why mengapa UKM harus online.

UKM (Usaha Kecil Menengah) adalah tulang punggung ekonomi Indonesia, karena 99,99% usaha yang ada di Indonesia merupakan UKM, menyerap hampir 97% tenaga kerja, UKM berkontribusi lebih dari 60% terhadap pendapatan domestik bruto (PDB).

Ada sekitar 55 juta UKM di Indonesia, tetapi masih kurang dari 16% UKM yang memiliki situs web sendiri, dengan hampir separuh penduduk menggunakan internet, hal ini tentu sangat di sayangkan, padahal dengan mendorong keterlibatan UKM secara online, pertumbuhan ekonomi tahunan Indonesia di ramalkan bisa naik sebesar 2%

Selain Google Bisnisku sebenarnya banyak paltform online lain yang bisa di gunakan untuk berbisnis, seperti media sosial, facebook, twitter, youtube atau instagram, namun Google tetap yang terdepan, karena semua platform ini sebenarnya secara langsung atau tidak langsung pasti akan berhubungan dan terintegrasi dengan Google.

Apa keuntungan menggunakan Google Bisnisku

Dengan Google Bisnisku banyak keuntungan bisa di dapat para pelaku UKM, di antaranya :
  • Memudahkan calon pembeli dalam mencari informasi yang spesifik dan detail, terlebih dengan fitur gratis yang baru di luncurkan dari Gogle Bisnisku, bisa meningkatkan ketertarikan calon pelanggan karena dapat membuat postingan layaknya sebuah website, atau  listingan langsung di google penelusuran, ini dapat di manfaatkan untuk menulis artikel yang ada hubungannya dengan usaha, meningkatkan awareness, memberitahukan promo dan penawaran menarik, atau program dan acara-acara spesial 
  • Berkomunikasi langsung dengan pelanggan lewat postingan
  • Costumer juga bisa memberikan review langsung
  • Usaha lebih mudah di kenal dan di temukan, karena Google Bisnisku akan menandai lokasi tempat usaha yang terdaftar pada Google Bisnisku di Google Maps
  • Meningkatkan kepercayaan, banyak kasus terjadi, ketika  usaha online sering di manfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, untuk menipu dan berbuat kejahatan, dengan Google Bisnisku UKM dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, karena data-data yang ada terlebih dahulu akan di verifikasi oleh Google.
  • Peningkatan target yang di harapkan bisa mencapai 80%, apabila pelaku UKM mampu mengoptimalkan tools-tools yang ada di Google Bisnisku
  • Promosi dan iklan gratis, iyes ini yang paling penting, dan pasti meringankan cost UKM, terutama buat yang baru memulai. Google Bisnisku, menyediakan banyak sekali free tools yang bisa di gunakan secara gratis.
Cukup dengan masuk ke akun bisnisnya lewat Google, penelusuran pengguna dapat mengelola listingnya.

Bagaimana cara mengaksesnya?

1. Temukan bisnis kita di mesin penelusuran Google, maka akan ada pilihan menu baru tepat di kanan atas Google hasil pencarian, sebagai pengguna kita hanya perlu memastikan sudah terhubung dengan akun bisnis kita agar dapat menemukan menu tersebut
2. Klik pilhan edit kemudian akan terlihat seluruh informasi bisnsis yang dapat di ubah. Sebagai pengguna kita dapat langsung mengubah informasi dan menggugah foto
Seperti ini nih contoh tampilan halaman pertama usaha yang telah menggunakan Google Bisnisku.


               Google Untuk UKM, Cara Sukses UKM Online Dengan Mengoptimalkan Fitur Gratis Dari Google     
Google Untuk UKM, Cara Sukses UKM Online Dengan Mengoptimalkan Fitur Gratis Dari Google


Selain beragam fitur gratis baru dari Google Bisnisku, para pimpinan Google Indonesia juga memaparkan platform lain yang saat ini di kembangkan Google yaitu Women Will, sama-sama mengusung #GoogleuntukUKM, jika Google Bisnisku di rancang untuk semua kalangan pelaku usaha, Women Will di khususkan untuk kaum perempuan. 


Women Will

Di jelaskan oleh Head Of Marketing Google Indonesia Veronica Utami. Women Will adalah platform Google yang di rancang secara global untuk memajukan kaum perempuan di dunia, Google meyakini perempuan punya peran vital dalam perkembangan peradaban manusia, karena itulah Google merasa perlu untuk memajukan perempuan, karena ketika ketika wanita sejahtera semua ikut sejahtera, Women Will adalah layanan khusus bagi pengguna perempuan untuk mendukung gerak dan aktifitas perempuan lewat teknologi dan memanfaatkan dunia digital untuk usaha.

Beruntungnya sebagai perempuan Indonesia, undang-undang memberikan kesempatan setara kepada wanita untuk membuka usaha, sama seperti laki-laki, namun secara sosial budaya perempuan akan mendapati lebih banyak hambatan dan tantangan dalam usaha.

Keluarga adalah prioritas utama buat perempuan, banyak wanita Indonesia ingin bekerja, namun mayoritas laki-laki meninginginkan isteri di rumah saja, mengurus rumah dan anak-anak. Maka pilihan terbaik untuk bisa memenuhi itu semua adalah berwirausaha.

Berwirausaha tentunya bukan hal mudah, menang banyak pengusaha perempuan sukses Indonesia, namun tetap saja kesuksesan perempuan pengusaha jumlahnya tidak sesignifikan pengusaha laki-laki. Terutama bila di bandingkan jumlah total perempuan yang memiliki usaha, jumlah pengusaha perempuan sukses sangat sedikit sekali.

Ketika seorang perempuan ingin memulai berwirausaha, perbandingan antara yang memulai, dan melangkah intensitasnya sangat kecil, dengan tingkat kepercayaan diri yang minim, ketika usaha sudah berjalan, seringkali asalkan bisa bertahan, sudah cukup buat pengusaha perempuan, jadi tidak heran, banyak usahawan perempuan yang jalan di tempat dan tidak menunjukkan grafik kenaikan usaha yang maksimal.
Hasil Riset Google

  • 48% Wanita Indonesia menggunakan internet lebih dari satu kali sehari
  • 93% wanita mengakses internet lewat smartphone
  • 32% wanita ingin lebih sering menggunakan internet
  • 53% wanita tidak dapat enemukan informasi yang mereka cari di internet
  • 61% pengguna internet ingin bekerja, namun haya 56% dari suami yang mengizinkannya bekerja secara fulltime
  • 39% wanita tertarik berwirausaha
Perempuan mempunyai ketertarikan yang tinggi untuk belajar dan berwirausaha, namun karena kurangnya skill, pelatihan dan upgrade diri yang mumpuni, banyak yang gugur sebelum berkembang. Padahal potensi perempuan sangat luar biasa, segmen usaha yang bisa di garap perempuan juga sangat luas dan banyak sekali, dari fashion, beauty, trend, make-up, makanan, minuman, dan beragam usaha  jasa bisa di lakukan. Jadi sangat di sayangkan jika akhirnya tidak jadi apa-apa.

Wah, saya jadi bercermin dengan diri sendiri nih! Beberapa tahun lalu saya sempat "di lepas"  pak suami untuk menjalankan usaha sendiri, hmm mungkin karena faktor di atas ya, saya tidak bertahan menjalankan usaha sendiri hingga akhirnya usaha saya tutup sebelum berkembang.

Dengan platform Women Will, Google membantu para perempuan Indonesia untuk berkembang lewat berbagai program, Women Will juga platform yang di berikan secara gratis oleh Google, di sini para perempuan bisa belajar menemukan atmosfer sebagai pengelola usaha.


Google Untuk UKM, Cara Sukses UKM Online Dengan Mengoptimalkan Fitur Gratis Dari Google
Veronica Utami, Head Of Marketing Google Indonesia

Women Will juga begerak bersama komunitas, bersama Women Will para perempuan di ajak membuka kesempatan baru baik secara online maupun offline. Women Will menghubungkan wanita wirausaha dan mempelajari keterampilan lewat berbagai macam pelatihan offline dan pelatihan digital

Untuk terhubung dan tergabung dengan bisa di lihat di sini https://www.womenwill.com/indonesia/
Women will sampai saat ini telah mengadakan berbagai program dan latihan pelaku usaha perempuan yang di adakan di 10 kota dengan hampir 20.000 orang yang mengikuti pelatihan dan 15.000 orang sudah mendaftar hingga akhir tahun. Salah satu platform Google yang di gunakan untuk pelatihan peningkatan kemampuan adalah Gapura Digital


Gapura Digital

Gapura (Gerakan Pelatihan Usaha Rakyat) Digital adalah platform Google untuk memajukan para pengusaha UKM yang memberikan berbagai macam kelas gratis, dari membuat website yang efektif hingga cara memasarkan usaha di dunia digital. Pengusaha UKM dapat memilih kelas yang di inginkan atau mengikuti semua kelasnya untuk mendapatkan sertifikat dari Google.

Google Untuk UKM, Cara Sukses UKM Online Dengan Mengoptimalkan Fitur Gratis Dari Google

Primer

Yang ini adalah sebuah platform berupa aplikasi edukasi mobile gratis khusus untuk mendapatkan cara cepat dan mudah dalam mempelajari keterampilan bisnis dan pemasaran digital. primer juga bisa di dapat secara gratis di android store.

Google Untuk UKM, Cara Sukses UKM Online Dengan Mengoptimalkan Fitur Gratis Dari Google
Para petinggi Google Indonesia, Tony Keusgen, Veronica Utami, dan Jason Tedjasukmana

Inspirasi Sukses pengusaha UKM pengguna Google Bisnisku

Di acara #GoogleuntukUKM ini Google menghadirkan para pengusaha UKM yang sukses dan berhasil memanfaatkan dan mengoptimalkan fitur-fitur gratis dari Google khususnya Google Bisnisku, di antaranya Fadly Sahab pemilik ZAP Clinic, Andina Nabila Irvani pemilik Sligt Shop dan Aprilia melissa pemilik Let's Go Gelato dan Papyrus Photo, talkshow santai yang di pandu oleh Jason Tedjasukmana  Head of Coporate Communications Google Indonesia berlangsung santai namun sangat insightful.

Google Untuk UKM, Cara Sukses UKM Online Dengan Mengoptimalkan Fitur Gratis Dari Google
Talkshow dengan para pengusaha UKM sukses berbisnis online

Fadly Sahab membuka Zap Clinic sejak tahun 2009, ZAP adalah klinik utama spesialis perawatan menghilangkan bulu di tubuh secara permanen, cepat, aman, dan tanpa rasa sakit dengan menggunakan teknologi canggih. ZAP yang pada mulanya fokus untuk perawatan menghilangkan bulu, saat ini sudah berkembang menjadi pusat perawatan kecantikan menyeluruh dengan 29 cabang.

Sejak awal di dirikan Fadly Sahab, memang sudah concern untuk memasarkan ZAP Clinic secara online, karena pemasaran online biayanya relatif murah, dahulu Fadly merancang website usahanya sendiri, kini dengan Google semua bisa di lakukan secara gratis, dia juga tidak perlu keluar banyak anggaran untuk biaya advertising dan iklan-iklan.

Fadly menyadari tanpa iklan usahanya tidak mungkin bisa di kenal orang, namun biaya iklan ternyata cukup tinggi, alih-alih mengeluarkan biaya iklan yang mahal, dengan pemasaran secara online Fadly bisa memutar modalnya untuk hal lain misalnya untuk membeli mesin-mesin canggih teknologi perawatan terbaru. 

Andina Nabila Irvani, perempuan cantik ini adalah founder dari Slight Shop, pada awal mendirikan bisnis sepatu, produk Slight Shop secara umum sama seperti usaha sepatu lainnya, namun ketika menggunakan sistem pemasaran secara online Nabila menemukan keunikan dari produk sepatunya, Karena sepatunya banyak di pakai oleh pengantin, Nabila menggunakan keywords untuk adwords yang sangat efektif untuk memasarkan sepatunya, yaitu Wedding Shoes, sepatu nikah dan sepatu untuk nikah. Jadi setiap ada yang mencari dengan kata sepatu nikah pasti akan muncul Slight Shop.

70% pemasaran Slight Shop di dapat dari online. Google Bisnisku dan marketing tools dari Google, membuat omzet usaha sepatunya terus meningkat, Nabila awalnya nggak ngerti bagaimana cara memanfaatkan dunia digital, namun karena Nabila meyakini online marketing adalah cara paling ampuh untuk memasarkan produknya, ia semangat belajar hingga akhirnya mengerti.

Nabila memberi pesan kepada siapa saja yang punya usaha atau punya workshop dan selama ini masih offline, segeralah gunakan strategi pemasaran online, tidak perlu meninggalkan toko offline yang sudah ada, toko offline tetap penting untuk menunjang usaha karena bisa menambah rasa aman dan percaya dari pelanggan. Hal penting pertama adalah membuat usaha di kenal orang dulu, kalau orang sudah kenal, dengan jutaan pengguna, nantinya pasti ada saja yang tertarik dengan produk kita.

Dan yang ketiga adalah Aprilia Melisa owner dari Let's Go Gelato dan Papyrus Photo, awal mendirikan Papyrus Photo, pada awalnya banyak yang menyangsikan usahanya, maklum hari gini kan yaa, orang bisa membuat foto sendiri dengan cara yang praktis dan simpel menggunakan kamera atau smartphone sendiri.

Namun Papyrus foto lain dari pada yang lain, Aprillia membuat konsep studio foto yang tidak biasa, menghadirkan sensasi foto yang berbeda dengan cara yang kekinian, menarik dan menyenangkan. Menjalankan usaha secara online memberi dampak yang sangat luar biasa, tempat usahanya bisa di bilang nyempil berada di pinggiran Bandung, namun dengan Google lokasi usahanya menjadi  mudah di jangkau pelanggannya. 

Pemasaran online hasilnya sangat impactful, hal yang sangat jauh berbeda ketika mba Aprillia pernah mengeluarkan uang untuk biaya iklan yang jumlahnya cukup besar, menyebarkan brosur kemana-mana, keliling menawarkan jasa fotonya, sekarang cukup dari rumah atau dari tempat usaha, pemasaran berjalan lancar.

Selain sukses dengan Papyrus Photo mba Aprillia juga membuka gerai toko es krim yang sangat terkenal di Bandung, karena banyak sekai review positif yang tentang es krimnya di dunia online, banyak yang penasaran dan pingin tahu seperti apa rasanya Let's Go Gelato. Let's Go kini menjadi semacam tempat recommeded yang harus di coba jika berkunjung ke Bandung.


Google Untuk UKM, Cara Sukses UKM Online Dengan Mengoptimalkan Fitur Gratis Dari Google

Mendengar pemaparan mereka yang sukses membangun usaha, siapapun pasti jadi mupeng ya. Apalagi dengan segala kemudahan untuk memasarkan produk lewat aneka platform Google tentu hambatan pemasaran bisa di minimalkan, dan bisa menjadi pengungkit sukses mereka yang saat ini menjadi pelaku UKM.

Mba Veronica Utami dalam penutupnya mengatakan kedepan Google akan terus merilis produk baru untuk UKM guna terus membantu UKM Indonesia. Misi Google adalah mengumpulkan dan menjadikan informasi di dunia dapat di akses dan di manfaatkan secara global dan universal.

So yang punya usaha, mau punya usaha, manfaatkan aneka platform google untuk sukses secara online nih, semuanya bisa di dapatkan secara gratis, dan kalaupun berbayar biasanya hal yang berhubungan dengan adwords dan biayanya pun relatif murah.


Google Untuk UKM, Cara Sukses UKM Online Dengan Mengoptimalkan Fitur Gratis Dari Google

Ini juga fitur baru yang di luncurkan Google, yaitu sistem pembayaran Google, yang kini semakin mudah,  saat ini iklan berbayar di Google bisa di bayar di atm bank nasional yang terintegrasi dengan atm bersama. 




Menghadiri acara #GoogleuntukUKM saya jadi semakin semangat nih untuk segera menggunakan aneka platform #GoogleuntukUKM pada usaha paksuami, dan juga mulai membangun kembali usaha saya sendiri, Bismillah secepatnya yah!

Google Untuk UKM, Cara Sukses UKM Online Dengan Mengoptimalkan Fitur Gratis Dari Google


10 comments

  1. Seru ya materinya. Back to business dear. Waktu di undang company mobil dapat materi ini juga nih. Asyik ya google punya fitur- fitur yang dapat mengakomodir kebutuhan tiap orang. UKM khususnya. Mari melek internet

    ReplyDelete
  2. Wah...lengkap sekali ulasan mbak Nunu �� aku pernah daftar google bisnis waktu jualan baju tidur online. Dari google nya sih yang menghubungi aku dan aku coba. Tapi ga berjalan sampai sekarang karena jualannya ga seperti dulu. Google bisnis itu mengarahkan calon pembeli lebih dekat dg kota. Ada directory alamatnya juga. Nanti aku coba ulik lebih jauh lagi deh. Bagus nih buat UMKM dalam meningkatkan usahanya.

    ReplyDelete
  3. Wah, yg punya UKM harus pakai nih, supaya ushaanya makin brkembang. Google emang keren ya bahkan sekarang urusan ekonomi ngebantu masyarakat yg au merintis UKM dan melebarkan sayap usahanya di dunia online.

    Btw, mab supply peralatan laboratorium? Lab sains gitu ya?

    ReplyDelete
  4. Fitur gratis Google ini cukup membantu para pelaku UKM untuk semakin memperkenalkan usahanya secara online. UKM saat ini harus mampu beradaptasi dengan era digital supaya usahanya lebih berkembang. Banyak hal menguntungkan bagi pelaku ukm dengan marketing digital ini.

    ReplyDelete
  5. Mantep emang ya "si mbah" apa aja ada. Pelaku UKM pastinya tertolong banget nih dengan adanya inovasi ini.

    ReplyDelete
  6. Bagus ya Google dukung UKM. Kalau gak slaah mereka dr awal jg punya utk community gtu. Mungkin ini pun sbnrnya pengembangan dr sana. Ini kalau aku liat merupakan niat baik Gooogle bekerja sama dgn pemerintah kita jd ada kontribusi gtu hehe #sok teu

    ReplyDelete
  7. Wow, 93% wanita lihat internet pakai smartphone.. banyak juga ya. Emang nyaman via hp sih. Aecara wanita kan multitasking, banyak yg diurusin.

    ReplyDelete
  8. Wow mba Nunu ini selalu deh ulasannya panjang banget. Yg jualan di medsos emang banyak yg belum punya web. Malah bikin kurang percaya.

    ReplyDelete
  9. Keren ya.. google jeli. Sekarang makin banyak enterpreuneur numbuh seiring kemudahan berbisnis via online

    ReplyDelete
  10. ohh zap clinic ternyata ownernya bukan perempuan ya ? keren nih, karena sering liat iklannya di media cetak dan klo lagi ke jakarta pasti liat beberapa cabangnya

    semoga dengan adanya google support ukm, makin banyak wirausaha muda di indonesia

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.