Ini Budi Pekerti Baik Yang Harus Di Miliki Anak Di Sekolah



Ada yang dulu zaman masih sekolah pernah di panggil guru BP? Kalau pernah berarti kamu nakal! ^_^ jewer. Saya alhamdulillah belum pernah, maklum saya anak manis di sekolah. *krik

Di panggil guru BP itu identik dengan melakukan pelanggaran, biasanya pelanggaran yang menyangkut hal-hal yang berhubungan dengan budi pekerti. Dulu itu ada satu teman saya yang rajin banget di panggil guru BP, mungkin dasarnya anak ndableg kali yaa, tapi beruntung pihak sekolah nya masih baik jadi dia tetap bisa selesai sekolah sampai lulus, seingat saya tuh yaa terakhir dia melanggar aturan yaitu merokok di dalam kelas.

Budi pekerti di rangkum dari beberapa hasil penelusuran yang saya cari adalah penerapan nilai aturan yang menentukan ukuran kebaikan dan keburukan perilaku manusia lewat norma agama, hukum, tata krama, adat budaya dan lain-lain. Berasal dari dua kata, bahasa sansekerta, Budi yang berarti nalar, watak budi atau akhlak, sedangkan pekerti berasala dari akar kata kr yang berarti kerja, berkarya, bertindak, berbuat


Budi pekerti erat sekali kaitanya dengan karakter, mereka yang berbudi pekerti baik biasanya karakternya juga bagus, demikian juga sebaliknya, yang berbudi pekerti buruk karakternya yaa begitu deh!



Selain pendidikan budi pekerti di rumah, setelah anak memasuki usia sekolah, anak-anak juga mendapatkan pelajaran budi pekerti, hanya saja pelajaran budi pekerti yang di maksud tidak tercantum dalam satu mata pelajaran, tetapi di sisipkan dalam berbagai macam pelajaran, terutama dalam pelajaran bahasa Indonesia, PKn, IPS dan agama. Cakupan budi pekerti memang sangat luas, dengan belajar budi pekerti yang baik anak-anak bisa langsung mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, apalagi budi pekerti adalah sesuatu yang akan berbekas dan melekat dan berkelanjutan pada setiap orang.

Sebenarnya budi pekerti macam apa sih yang harus dimiliki, khususnya oleh anak-anak di sekolah, ini daftar budi pekerti yang seharusnya di miliki anak ketika di sekolah:

  •  Toleransi

Toleransi adalah salah satu bentuk budi pekerti yang harus di ajarkan kepada anak-anak di sekolah. Di sekolah anak akan bergaul atau bersosial dengan berbagai macam orang dari berbagai latar belakang, agama, suku, bangsa dan lainnya. dengan memiliki budi pekerti yang toleransi anak bisa bergaul dan beradaptasi dengan teman-temannya

  • Jujur

Jujur, budi pekerti yang ini wajib di ajarkan kepada anak sejak dini,

  • Taat aturan

Budi pekerti mengajarkan anak untuk taat terhadap aturan dan menjalakannya dengan ikhlas tanpa unsur paksaan

  • Bertanggung jawab dan disiplin
anak yang berbudi pekerti baik, bertanggung jawab terhadap apapun itu keputusan yang di buatnya baik kepada dirinya sendiri juga kepada orang lain
  • Punya rasa malu 
Kalau di sekolah anak merasa malu karena melanggar aturan berarti dia masih punya rasa malu. Contoh ekstremnya lagi marak nih, kalau memperhatikan berita di dunia media sosial pasti tahu tentang remaja yang bikin heboh dunia maya dengan perilakunya. namanya Aw***** and the gangs, urat malunya sudah putus, budi pekertinya pun wassalam deh.


  • Menghargai diri sendiri dan orang lain,
 semakin anak bisa menghargai dirinya, berarti dia akan bisa menghargai orang lain

  • Bisa bekerja sama dengan temannya, khususnya dengan mereka yang bahkan berbeda pandangan, kesukaan dan pemikiran. 
Hal di atas ini adalah hal yang paling minimal yang harus di miliki oleh anak dengan sematan berbudi pekerti baik. Masih banyak hal lain yang menjadi penilaian budi pekerti, Tapi yaa minimal yang ini sudah harus di miliki oleh anak-anak di sekolah, sehingga tidak harus bolak-balik ke ruang guru BP.


No comments

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.