Media Promo Meningkatkan Branding Fashion Online Shop

 



 Beberapa minggu lalu saya membeli beberapa item baju dan hijab dari sebuah online shop, saat barang pesanan saya tiba di rumah, saya cukup terkesima dengan ketelitian penjualnya, ia mengemas barang yang saya beli, dalam sebuah box dengan tulisan quotes bijak di atasnya, di dalamnya selain berisi produk pesanan saya, terselip sebuah kartu nama pemilik toko yang berbentuk lucu, sebuah kartu ucapan terimakasih karena telah membeli produknya, kartu diskon dan sebuah souvenir pulpen berlogo online shop ini.



   Serius sekali online shop ini, niat sekali berjualan sampai sedemikian rupa, pikir saya, hati saya senang sekali mendapat kiriman barang seperti ini, bukan semata karena saya membayar produk ini, tetapi ada nilai lain yang diperhatikan online shop ini. yang dengan murah hati mengapresiasi pelanggannya, meski dengan cara yang sederhana tapi berkesan. Sejak saat itu saya menjadikan online shop ini langganan saya.

  Belanja online perlahan namun pasti menggeser kebiasaan belanja, dahulu kita harus berlelah-lelah menuju pasar, toko atau mall, untuk membeli baju atau kerudung baru, saat ini cukup dengan sentuhan jari dengan gadget yang dimiliki, disertai saldo rekening yang cukup, kita bisa dengan mudah dan cepat dapatkan barang yang diinginkan, apalagi harga nya terkadang lebih murah dibandingkan dengan membeli di toko langsung, pilihan online shop lain juga sangat banyak mulai dari peralatan rumah tangga, fashion, kecantikkan, elektronik dll.

   Para penggiat online shop bukan hanya dilakukan pengusaha besar seperti e-commerce, online shop juga dilakukan oleh perseorangan yang memanfaatkan peluang ini, biasanya mereka memasarkan produknya melalui jejaring media sosial, seperti facebook, twitter, atau instagram.

   Pangsa pasar pembeli online dari hari kehari terus meningkat, hal ini juga menambah geliat para pedagang untuk menjual produknya secara online, tengok saja ratusan e-commerce besar baru bermunculan, termasuk juga online shop perorangan.

 Di tengah persaingan, online shop dituntut untuk melakukan berbagai macam trik dan cara yang efektif untuk menggaet pelanggan, mulai dari menggunakan jasa endorser, memberi hadiah, giveaway dll.

 Menambahkan kartu nama, ucapan terimakasih dan kartu diskon, memberikan merchandise yang kreatif dalam kemasan yang menarik juga bisa menjadi salah satu cara untuk menarik konsumen.

 Terbukti sentuhan seperti ini dalam paket yang saya terima, membuat saya tersentuh, padahal apa yang dilakukan sangat sederhana, tidak membutuhkan dana yang besar, dan dengan cara seperti ini, branding produk di mata saya sebagai konsumen pun juga meningkat.

  Selain itu fashion online shop juga sebaiknya membuat label, atau hangtag label, yang sesuai dengan merk atau brandnya, sehingga produk yang dijual menimbulkan kesan ekslusif bagi
para pembeli, tidak pasaran dan unik.

   Pemberian kartu nama, kartu diskon, ucapan terimakasih, box kemasan, label, hangtag, sangat efektif sebagai sarana penguat dan pengikat hubungan brand dengan konsumen, memberikan nilai tambah tersendiri bagi fashion online shop, hampir semua konsumen ingin selalu diistimewakan saat berbelanja, pemberian kartu-kartu selain sebagai pengingat, juga memberi kesan positif di hati pembeli, dan menunjukkan antusiasme penjual kepada pelanggannya.

   Saat ini kartu-kartu dan berbagai keperluan branding seperti ini mudah dibuat dan bahkan bisa di desain sendiri, sesuaikan dengan branding seperti apa yang ingin di bentuk oleh online shop. Selain itu banyak website yang menawarkan jasa pembuatan berbagai macam media promosi, salah satu website yang recommended untuk ini adalah CustomBagus.com, tidak hanya desain, kartu nama label, hangtag, atau box kemasan saja yang bisa dibuat, berbagai macam merchandise kreatif, undangan, souvenir acara pernikahan, kantor, atau acara lainnya tersedia dalam berbagai bentuk sesuai keinginan, di sini juga bisa berkonsultasi tentang produk dan jasa desain.

   Pilihan media promo yang tepat, selain bisa menjadi penguat branding yang pasti bisa menaikkan omset penjualan, soalnya saya perhatikan hampir setiap hari online shop langganan saya ini bertambah banyak saja followersnya, testimoni penjualan, dan resi pengiriman yang dipamerkan di akun jualannya juga semakin banyak. Sampai-sampai saya jadi ingin juga punya usaha online shop seperti ini, apalagi online shop sepertinya kegiatan yang fleksibel, bisa dikerjakan dari rumah, tanpa harus meninggalkan anak-anak.

  Saya pasti akan menerapkan juga cara yang digunakan online shop ini yang mengistimewakan konsumen dengan pemberian kartu nama, kartu terimakasih, kartu diskon, memberikan souvenir, serta mengemasnya dengan box dan kemasan yang cantik. Aaahh!! Saya koq jadi tidak sabar, ingin punya online shop, apalagi sebentar lagi menjelang puasa dan lebaran, sudah terbayang....?!

Komentar

(1)
  1. Wah pasti saya juga suka, Mbak Nunu, kalo dapet paket dari olshop plus dikasih marchandise kayak gitu. Serasa istimewa :)

    BalasHapus

Posting Komentar