Siapkan Ini untuk Penuhi Kecukupan Nutrisi Harian Anak Usia Sekolah

Banyak anak yang sangat sulit sekali di biasakan makan buah, agar kecukupan gizi anak terpenuhi. Dengan Minute Maid Nutriforce, ibu bisa membantu penuhi kecukupan harian nutrisi anak, Minute Maid Nutriforce juga cara yang menyenangkan untuk makan buah, rasanya yang segar, dengan kemasan tetrapack yang praktis, membuat Minute Maid Nutriforce bisa di minum kapan dan di mana saja, Minute Maid Nutriforce juga bisa jadi bekal tambahan sekolah.

Buah adalah salah satu asupan makanan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, dan sebaiknya memang harus selalu siap sedia dalam menu harian yang kita makan, namun kebiasaan makan buah sering kali tidak menjadi kebutuhan utama, biasanya hanya sebagai pelengkap.

Padahal asupan buah-buahan seperti jeruk, apel, anggur atau mangga yang rutin sangat bermanfaat bagi tubuh, kandungan zat gizi, vitamin dan mineral pada buah sebagian besar mengandung zat gizi penting.

Banyak faktor yang menyebabkan orang tidak menjadikan makan buah sebagai prioritas, harganya yang relatif mahal juga menjadi pertimbangan, selain itu ada yang malas mengupas atau membuat jus dengan alasan tidak punya banyak waktu.

Namun untuk mensiasati itu kita bisa tetap makan buah dengan membeli jus siap saji atau jus dalam kemasan.

Saat memilih dan membeli jus buah dalam kemasan, biasanya apa yang menjadi pertimbangan? Brandnya, kemasan, atau komposisinya? Nah, ini sebuah catatan buat saya.

Soalnya  ya, apapun brandnya ya yakin aja kalau jus buah ya pasti isinya buah, dan biasanya saya juga beli jus buah yang kira-kira anak-anak suka, nggak memperhatikan komposisinya.

Ternyata penting sekali loh kita mengetahui komposisi kandungan jus buah yang kita minum, apalagi untuk anak, harus cari yang memang rekomended dan komposisinya mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh anak-anak, dan yang paling penting tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan.

Minute Maid Nutriforce, Bantu Penuhi Kecukupan Nutrisi Harian Anak Usia Sekolah Dengan Cara Yang Menyenangkan
Peluncuran Minute Maid Nutrifoce

Dan beruntung, hari selasa lalu tanggal 28 November lalu, saya mendapat pencerahan banget nih, karena sekarang ada produk minuman jus buah yang rekomended untuk anak-anak, yaitu Minute Maid Nutriforce. Varian baru dari Minute Maid. Pasti tahu dong yaa minuman yang satu ini, minuman yang memiliki banyak varian di antaranya Pulpy, Nuriboost, Refresh, dan Homestyle.

Acara peluncuran Minute Maid Nutriforce, bertempat di restoran Lewis and Carrol. Menghadirkan talkshow yang di isi oleh narasumber yang kompeten dan berpengalaman dalam bidang nutrisi yaitu Jansen Ongko MSc, RD, selain itu ada juga psikolog keluarga dan anak Roslina Verauli, serta Artika Sari Devi Putri Indonesia, Miss Universe Indonesia 2005.

Menurut Jansen Ongko MSC. RD, saat anak memasuki usia sekolah, selain zat gizi makro, anak-anak juga memerlukan zat gizi mikro, di antaranya zinc, zat besi, vitamin B dan C. Ini adalah komponen gizi yang seharusnya juga tercukupi dalam tubuh anak-anak usia sekolah.

Jumlahnya harus ditingkatkan seiring aktifitas mereka yang padat. Zat-zat ini dibutuhkan untuk mendukung fokus anak ketika belajar, selain juga sebagai energi agar mereka kuat fisik dalam menjalankan kegiatan di sekolah.

Anak Usia TK-SD usia 5, 7-9 hingga 12 tahun sudah bisa menentukan makanan yang disukai, dan menurut penelitian, pola makan anak- anak pada umumnya cenderung menyukai makanan atau jajanan yang hanya mengandung karbohidrat, lemak, gula dan garam sebagai sumber zat gizi makro.

Kekurangan asupan gizi, vitamin, mineral pada makanan yang dikonsumsi anak-anak akan berkorelasi pada perkembangan kognitif anak usia sekolah, performa yang sedikit lebih rendah, kurang fokus serta mengalami peningkatan kadar kortisol (hormon stress) dan detak jantung (dikutip dari buku “Infants and Children PrenatalThrough Middle Childhood”

Pola makan masyarakat  pada umumnya juga hanya fokus membuat anak kenyang, padahal ini justru  bisa mengganggu nafsu makan anak. Makanan berlemak dan karbohidrat tinggi, memang membuat anak kenyang, tetapi anak-anak biasanya tidak mau makanan lain yang mengandung zat gizi vitamin, mineral yang terdapat pada sayur atau buah-buahan.

Tanpa diimbangi makanan yang mengandung zat gizi lainnya, anak akan mengalami ketidak seimbangan gizi, salah satunya menjadi obesitas, yaitu anak-anak dengan tubuh terlalu gemuk, mereka sebenarnya juga dapat dikatakan mengalami malnutrisi atau kekurangan gizi, dampak dari pemberian makanan dengan kandungan gizi yang tidak seimbang.

Selain itu anak-anak yang kekurangan zat gizi, biasanya tidak tampak ceria dan bersemangat, ini terjadi akibat kekurangan zat besi, anak-anak berpotensi mengalami Anemia. Mereka akan mengalami gejala  5L (Lelah, Letih, Lesu, Lemah dan Lalai)

Menurut data, di Indonesia ada 26,4% anak-anak usia sekolah  yang mengalami anemia. Sedih ya, padahal anak usia sekolah memiliki tiga faktor utama yang harus diperhatikan  yaitu fokus, aktifitas, dan ketahanan tubuh. Kekurangan asupan nutrisi juga bisa menyebabkan gangguan psikis pada ada anak-anak, ada yang mengalami gangguan emosi, gangguan belajar, sulit berinteraksi sosial, dan komunikasi.

Seperti disampaikan oleh psikolog keluarga dan anak Roslina Verauli, pada saat memasuki usia sekolah, anak mengalami  banyak sekali perubahan. Momen ini juga biasanya membuat para ibu menjadi mellow.

Gimana nggak, bayi kecil yang dahulu ditimang-timang, di pakaikan popok dan selalu "ngintil' kemana aja ibu pergi, kini sudah berubah. Memakai seragam sekolah, membawa buku pelajaran, menjadi mandiri tidak lagi sepenuhnya bergantung pada ibu.

Iya sih, saya merasakan sendiri, ada rasa haru membuncah, saat  pertama kali mengantar anak ke sekolah. Ini fase yang cukup unik, dengan empat anak dan tiga sudah bersekolah, masing-masing dari mereka punya cerita tersendiri.

Ada yang cuek, ada yang berani dan ada yang takut. Pokoknya jadi peristiwa yang memorable banget, kalau mengingat ini rasanya nggak mau deh anak-anak cepat besar, yaa emang beneran mellow aja melihat perubahan mereka.

Tapi semua itu nggak mungkin dihindari, ketika anak memasuki  usia sekolah, mau nggak mau, ibu harus siap menerima kenyataan, menghadapi perubahan yang terjadi, dan perubahan ini terus secara simultan berlangsung, seiring anak makin naik ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.

Perubahan terjadi signifikan, baik secara fisik maupun psikologis, mereka akan mempunyai tanggung jawab, dengan menjalani peran akademis, mengerjakan tugas dari sekolah, eskskul, les, dan lain-lain.

Ibu, ayah dan saudara-saudaranya bukan lagi menjadi circle hidupnya seorang, ada teman-teman di sekolah yang menjadi bagian baru, yang juga membuat aktifitas mereka semakin bertambah.

Salah satu perubahan yang patut disikapi pada anak ketika memasuki usia sekolah adalah pola makan, frekuensi anak makan di rumah berkurang, anak-anak juga jadi sering jajan di luar, karenanya penting sekali bagi ibu memberikan asupan makanan yang benar, sesuai kecukupan gizi anak, agar anak selalu sehat.

Minute Maid Nutriforce, Bantu Penuhi Kecukupan Nutrisi Harian Anak Usia Sekolah Dengan Cara Yang Menyenangkan
Narasumber acara foto bersama

Mba Roslina Verauli memberikan tips agar ibu bisa menjadi ibu yang lebih baik dalam membentu anak di masa depan, yaitu dengan cara ABC's Behaviour Modification.

Cara ABC's yang bisa dilakukan untuk mengubah pola makan pada anak di antaranya 5 tips ini 👇

Minute Maid Nutriforce, Bantu Penuhi Kecukupan Nutrisi Harian Anak Usia Sekolah Dengan Cara Yang Menyenangkan
ABC's Behaviour Modification

Potensi anak dapat dikembangkan jika anak sehat secara fisik maupun mental. pemberian makanan yang sehat dapat menjaga kesehatan. Makanya makanan yang diberikan kepada anak harus sesuai dengan kebutuhan gizi dan kebutuhan anak.

Inilah juga yang menjadi concern dari mba Artika Sari Devi, beliau bercerita tentang pengalamannya menghadapi perubahan anak-anaknya ketika memasuki usia sekolah, anak-anak adalah prioritas utamanya, makanya Mba Artika selalu mendukung tumbuh kembang anak-anaknya.

Salah satunya dengan membangun kebiasaan baik dan aktifitas bermanfaat, termasuk dalam mengatur pola makan dengan menerapkan pola makan sehat pada anak-anaknya, tapi ya namanya anak-anak, usahanya seringkali berjalan tidak mulus.

Mba Artika punya trik yang menurutnya efektif diterapkan pada anak-anaknya, agar terbiasa makan buah dan sayur, caranya  dengan membuat jam makan buah. Jadi setiap hari pada jam-jam tertentu anak-anak wajib untuk makan buah.

Kehadiran Minute Maid Nutrifoce juga alternatif yang pas, untuk memberikan buah pada anak, terutama ketika mba Artika sedang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan buah. Minute Maid Nutriforce rekomended untuk anak usia sekolah, karena memenuhi 1/3 kebutuhan harian gizi anak, Minute Maid Nutriforce juga menjadi salah satu daftar bekal anak sekolah mba Artika.

Minute Maid Nutriforce

Memahami tantangan para ibu-ibu yang sering kesulitan memberi buah pada anak, agar lebih praktis dan simpel Minute maid memberikan cara yang paling asyik untuk menikmati buah dalam bentuk jus yang asyik untuk anak.

Fokus, aktifitas dan ketahanan tubuh juga merupakan tiga pilar dari Minute Maid nutriforce. Ini adalah inovasi dari Minute Maid yang memberikan 11 kebaikan gizi bermanfaat, yaitu 8 vitamin dan 3 mineral, di antaranya: Vitamin A, C,D, E, B1, B2, B3, B9, B12, dan 3 mineral yaitu Asam Folat, Zat Besi, dan Kalsium, itulah yang disampaikan oleh Andrew Sundjojo, Marketing Manager Minute Maid.

Vitamin A seperti kita tahu bagus untuk kesehatan mata, C dan E mengandung banyak antioksidan untuk daya tahan tubuh, sementara B1, B3, dan B12 membantu pembentukan energi. Zat besi dibutuhkan tubuh untuk oksigen ke seluruh tubuh, Kalsium berguna untuk kepadatan tulang dan gigi, dan Asam Folat yang membantu proses pembentukan sel darah merah,

Minute Maid Nutriforce, Bantu Penuhi Kecukupan Nutrisi Harian Anak Usia Sekolah Dengan Cara Yang Menyenangkan
Mengapa harus Minute Maid Nutriforce

Minute Maid Nutriforce, Bantu Penuhi Kecukupan Nutrisi Harian Anak Usia Sekolah Dengan Cara Yang Menyenangkan
11 Kebaikan Gizi Minute Maid Nutriforce 8 vitamin dan 3 mineral

Minute Maid Nutriforce terdiri dari dua rasa, jeruk dan mangga yang dibuat murni dari jeruk dan mangga asli tanpa pengawet, menggunakan pemanis gula alami glukosida Steviol, pemanis alami dari daun Stevia sebagai pengganti gula rendah kalori yang biasa di gunakan untuk diet pada mereka yang mengalami diabetes dan obesitas.

Banyak anak yang sangat sulit sekali dibiasakan makan buah, agar kecukupan gizi anak terpenuhi. Dengan Minute Maid Nutriforce, ibu bisa membantu penuhi kecukupan harian nutrisi anak, Minute Maid Nutriforce juga cara yang menyenangkan untuk makan buah, rasanya yang segar, dengan kemasan tetrapack yang praktis, membuat Minute Maid Nutriforce bisa diminum kapan dan di mana saja, Minute Maid Nutriforce juga bisa jadi bekal tambahan sekolah.

Minute Maid Nutriforce, Bantu Penuhi Kecukupan Nutrisi Harian Anak Usia Sekolah Dengan Cara Yang Menyenangkan
Kandungan gizi Minute Maid Nutriforce

Minute Maid Nutriforce adalah salah satu produk minuman kemasan Minute Maid yang eksis sejak tahun 1945 di Amerika, dan bergabung dengan The Coca Cola Company pada tahun 1960. Minute Maid  pada awal kehadirannya adalah sebuah terobosan yang memungkinkan orang untuk makan jus jeruk segar sepanjang tahun.

Minute Maid juga berinovasi dengan aneka varian yang tidak terpikirkan sebelumnya, salah satunya Pulpy, jus jeruk dengan kesegaran bulir jeruk asli.

Minute Maid Nutriforce, Bantu Penuhi Kecukupan Nutrisi Harian Anak Usia Sekolah Dengan Cara Yang Menyenangkan
Sebelum diminum anak, ibu harus nyoba dulu dong 

Dan kini dengan kehadiran Minute Maid Nutriforce, semoga kegiatan minum jus akan semakin menjadi kebiasaan, karena selain kandungan yang lengkap, harga satu buah kemasan Minute Maid juga sangat terjangkau, dengan Rp3000 rupiah saja, kita bisa mendapat banyak manfaat 11 kebaikan gizi dari 8 vitamin dan 3 mineral.

Untuk informasi lengkap tentang Minute Maid Nutriforce, cari tahu deh di akun media sosial :

Instagram @minutemaid_id
Facebook Minute Maid Indonesia
Twitter @Minute MaidID dan 
Website: www.minutemaid.co.id


Komentar

(21)
  1. Wah bagus dong ya kandungan Nutriforce. Sudah murah, ada 11 kandungan gizi, trus tanpa pengawet lagi. Iiih jadi mau nyetok di rumah buat Abang Fi

    BalasHapus
  2. Rasa Minute Maid Nutriforce memang enak, anakku juga suka. Saya memperbolehkan dia meminumnya karena kandungan nutrisinya bagus. Sekarang jadi tenang ada minuman yang baik untuk anak-anak.

    BalasHapus
  3. Nutrisinya udah lengkap banget ya,jadi ga perlu repot cukup nutriforce aja setiap harinya

    BalasHapus
  4. Alasannya bener semua mbak, kenapa orang malas konsumsi buah selain harga juga, males kalau ngejus sendiri wkwkkw. Akhirnya beli juicer cuma kepakai 2-3x doang trus simpen deh diplastikin rapi wkwkkw saking malasnya. Nah untung kan ada minute maid nutriforce ya yang kandungannya bisa penuhi nutrisi anak-anak dan pastinya membantu banget untuk tumbuh kembangnya

    BalasHapus
  5. rasa jeruknya ga bohongan waktu minum minute maid nutriforce. enyaaakkkk :)

    BalasHapus
  6. aku suka males mba mgejuice padahal uda diniatin mesti juice ini n itu realnya plg seminggu udahannya bye wkwkwk
    minute maid nitriforce murah y mb cmn 3rbu dg kandungannya yg mantap jd pgn coba 😁

    BalasHapus
  7. Nutriforce ini emang ngebantu banget ya mak, terutama buat anak picky eater.

    Suka deh sama tulisannya , lengkap banget ��

    BalasHapus
  8. Komposisinya lengkap banget minute maid Nutriforce penuh dengan kebaikan usia pertumbuhan gak salah pilih saya selalu menyediakan untuk teman bekalnya anakku setiap harinya

    BalasHapus
  9. Keren tipsnya mbak artika, bener juga ya adain aja jam makan buah di rumah, aku baru kepikiran. Nice info mbak Nu, makasih yaaa

    BalasHapus
  10. Aku sering beli minute maid tapi baru tau ada yang nutriforce ini. Rasanya gimana mba? Jadi pengen cobain juga, tapi ga boleh sering-sering sih ya kandungan gula di minuman kemasan kan cukup tinggi

    BalasHapus
  11. Anakku senang banget minute maid, mba. Apalagi pas di konsumsi saat dingin. Seger bangeet. Kandungan vitamin C-nya lengkap ya mba :)

    BalasHapus
  12. Asem nggak rasanya mak nunu? Karena anakku kurang suka sama yang asem-asem. Tapi buah dia doyan. Coba ah nanti beli

    BalasHapus
  13. Sering tau minuman itu dna bebrapa kali beli tapi gak tau kalau ada kandungannya yang oke hehe. TFS infonya :D

    BalasHapus
  14. Anak2ku demen banget Minute Maid pulpy orens naaah sekarang ada yg baru ya Nutriforce �� wajib dicoba nih. Kandungan vitamin C dan A nya banyak baik banget untuk kesehatan tubuh kita.

    BalasHapus
  15. Waaah tidak hanya anak-anak bisa mendapatkan asupan nutrisi dari Minute Maid Nutriforce, mereka juga pasti suka dengan rasa buah jeruknya yang segar ya. Ibuk-ibuk pun juga ikut senang karena harganya terjangkau.

    Kalau di minimarket gitu belum tersedia ya mbak Nunu?

    BalasHapus
  16. Wahhh kantin di tempat saya kerja jualnya 7rb... mahal amat yak dri harga yang disarankan cuman 3rb... hiksss mending bbeli langsung banyak aja klo lg d supermarket ya

    BalasHapus
  17. Aku baru tau loh klo ternyata minute maid ada varian ini dan an dikonsumsi anak.

    BalasHapus
  18. Murah juga yah harganya dan kemasan warnanya menarik hitam plus orange. Belum pernah nyobain sih tapi coba cari akh besok hari minggu mau main di Pantai cocok kan minum ini hahahah

    BalasHapus
  19. Waah, boleh juga tuh, jadi di antaranya perlu ada "jam makan buah" gitu ya, Mbak...

    BalasHapus
  20. Waaaah minute maid nutriforce ini dibuat untuk anak-anak ya mak? Pas banget nih anak aku doyan banget sama jus jusan gini. Nanti beliin aaahh.. MAkasi infonya mak Nunuuuu

    BalasHapus

Posting Komentar