Temukan "Value Your Life" Dari Pengalaman Hidup Inspirator Sukses Onggy Hianata

Temukan Value Hidup Dari Pengalaman Hidup Inspirator Sukses Onggy Hianata

"Jangan coba-coba jadi orang miskin! Berat! Biar saya saja!" ~Onggy Hianata

Wohhoo..miskin koq di coba ya!? Pasti nggak akan ada yang mau, ya nggak siih!

Tetapi bagaimana bila kita terlanjur miskin, lahir dari keluarga miskin, hidup serba kekurangan, tidak punya akses, hidup sengsara dan menderita. Berjuang! Itulah kuncinya, karena lahir menjadi miskin bukanlah sebuah kesalahan, tetapi jika kita mati dalam keadaan miskin, itu baru sebuah petaka.

Kalimat menggugah di atas terucap dari seorang Onggy Hianata, seorang inspirator sukses yang telah berhasil membalikkan keadaan, terlahir dari keluarga miskin di daerah Tarakan, Kalimatan Timur. Pak Onggy Hianata adalah bukti nyata, bahwa miskin bukanlah takdir, tetapi nasib, yang masih bisa di ubah.

Inspirator, jarang-jarang saya mendengar istilah ini, maklum tahunya kan yang berbicara seperti ini biasanya di sebut motivator. Oohh, rupanya Pak Onggy memang tak ingin menyebut dirinya sebagai motivator.

Bagi beliau memotivasi, menyemangati diri sendiri ataupun orang lain adalah hal yang mudah. Tapi hal tersebut tidak bertahan lama. Yaah paling sehari, seminggu, dua minggu, atau paling lama mungkin sebulan. Setelah itu biasanya seseorang akan kembali loyo, malas, tidak bersemangat dan tidak termotivasi, dan (lagi) perlu di motivasi.

Tetapi ketika terinspirasi, maka ada sesuatu yang lain di dalam diri kita. Ini adalah skill bagaimana mendorong dan menggerakkan diri sendiri ataupun orang lain. Tertanam secara simultan sehingga terus membuat seseorang konsisten dalam melakukan hal-hal yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Inspirasi akan menciptakan semacam "anchor" atau "anchoring" sebuah kondisi ketika misalnya ada sesuatu hal terjadi, maka akan memunculkan perasaan atau emosi tertentu, memberi stimulus yang kemudian akan menimbulkan reaksi khusus seacara natural, seperti tidak di sengaja.

Contoh simpel anchor atau anchoring begini. Misalnya, zaman dulu waktu di putusin pacar *krik* paaas banget sayup-sayup terdengar lagunya Toni Braxton yang berjudul "Unbreak My Heart" Nah, somehow hari ini, entah kapanpun dan di manapun, ketika mendengar lagu Tony Braxton itu, seketika kita langsung teringat sama mantan. Eaaah begituu, ini hanya contoh yaa.

Memberikan inspirasi. Inilah yang saat ini telah di lakukan oleh bapak Onggy Hianata. Namanya terdengar asing ya, tapi siapa sangka, pak Onggy ternyata telah menginspirasi ribuan orang. Lewat sebuah program bernama "Bootcamp" pak Onggy memberi makna lebih bagi kesuksesannya.

Beliau meyakini dengan cara ini bisa membuka pintu bagi mereka yang selama ini ingin mengubah nasib, bertransformasi menjadi orang yang di inginkan dalam hal apa saja. Tapi terkendala dan tidak tahu bagaimana caranya. Lewat Boot Camp di harapkan setiap orang bisa menemukan Value, menggali potensinya dengan cara yang terarah.

Temukan "Value Your Life" Dari Pengalaman Hidup Inspirator Sukses Onggy Hianata

Setiap orang tentu ingin menggapai sukses, tapi sukses yang seperti apa dulu? Tentunya bukan semata berlimpah materi. Banyak indikator bagi seseorang untuk bisa di sebut sukses. Seseorang bisa saja mencapai kesuksesan berada pada posisi puncak dalam urusan karir, tetapi di sisi lain jika keluarganya berantakan, rumah tangga tidak rukun, anak-anaknya tidak benar pergaulannya. Apakah ini bisa di sebut sukses?

Lewat "Boot Camp" peserta akan mendapatkan berbagai pencerahan dan aksi nyata seperti apa dan bagaimana meraih sukses yang sebenarnya dengan integritas, karakter dan pondasi kepribadian yang lebih kuat

"Booth Camp" juga membantu banyak orang yang sedang galau dan dilema dalam hidup keluar dari masalah. Booth Camp di Indonesia biasanya di adakan di daerah Puncak, selama tiga hari tiga malam.

Boot Camp telah di lakukan lebih di 70 negara. Dari negara besar seperti Amerika, Australia, negara-negara di Asia, Jepang, Korea, Cina, hingga ke negara-negara di Afrika dan Pasifik yang tidak banyak orang tahu, seperti Kamerun, Belize, Mali, Vanuatu, Nauru dan lain-lain. Lebih dari 100.000 orang telah mengalami transformasi hidup yang luar biasa setelah mengikuti Boot Camp "Bootcamp" yang di lakukan sejak tahun 2003, hingga saat ini telah mencapai lebih dari 100 batch.

Hebatnya, program Boot Camp bisa sukses dan terus berlanjut hingga kini tanpa melakukan gembar-gembor iklan dan promo sana-sini. Semua terwujud karena kekuatan "word of mouth" dari mereka yang telah merasakan manfaat Boot Camp.

Duh, Saya berasa kudet banget karena baru mengenal sosok Pak Onggy, tapi ya alhamdulillah akhirnya sekarang bisa tahu dan bertemu figur inpiratif ini. Dalam sebuah acara Blogger Gathering, yang berlangsung di D'Labs Building EV Hive, tanggal 14 Maret lalu, saya merasa so blessfull bisa mengenal  sosok pak Onggy.

Temukan "Value Your Life" Dari Pengalaman Hidup Inspirator Sukses Onggy Hianata
w/pak Onggy Hianata

Sebuah banner besar bertuliskan "Value Your Life" berlatar belakang gambar bendera negara-negara di dunia, awalnya membuat saya bertanya. Hmm kali ini saya menghadiri sebuah acara blogger gathering yang berbeda dari biasanya, acara ini  membuka mata tentang makna sukses, arti uang dan hidup.

Temukan "Value Your Life" Dari Pengalaman Hidup Inspirator Sukses Onggy Hianata

Lahir pada tanggal 6 Maret 1962, Onggy Hianata yang bernama lengkap Onggy Hianata Chunnardy, telah merasakan kerasnya hidup sejak kecil. Karena tidak ada biaya, beliau bahkan baru masuk sekolah  dasar di umur yang sudah cukup besar. Karena usianya itulah ia tidak duduk di kelas satu dan dua terlebih dahulu. Terkaget-kaget, beliau memulai sekolah langsung duduk di kelas tiga.

Dengan sembilan saudara, Onggy Hianata di kenal gigih dan memiliki tekad yang kuat. Ayahnya yang berpenghasilan pas-pasan, kepayahan menafkahi sembilan anak. Namun dari sang ayah Onggy Hianata kecil belajar semangat bekerja keras dan gigih, modal yang kelak sangat berguna di masa depan.

Selepas SMA, Onggy Hianata nekad memberanikan diri merantau ke Surabaya, demi cita-citanya untuk bisa kuliah. Kuliah sambil bekerja, pak Onggy membiayai kuliahnya sendiri, segala macam pekerjaan di lakoninya. Setelah lulus kuliah hidupnya ternyata juga tidak berlangsung mulus. Mencoba aneka jenis pekerjaan kemudian berbisnis dan usaha, banyak lika-liku yang membuatnya jatuh bangun dan terpuruk. 

Cerita perjalanan Onggy Hianata terkesan umum terjadi. Namun Onggy Hianata adalah sosok yang spesial, karena kiprah nya dengan "Value Your Life"  makanya tidak heran kisah hidupnya menginspirasi sebuah film yang akan di rilis pertengahan April nanti dengan judul "Terbang Menembus langit"  

Temukan "Value Your Life" Dari Pengalaman Hidup Inspirator Sukses Onggy Hianata

Di sutradari oleh Fajar Nugros, film "Terbang Menembus Langit" adalah spirit kisah perjalanan dari pak Onggy, yang mengungkapkan bahwa setiap kita harus punya impian untuk "terbang" termasuk terbang dalam arti sebenarnya. Pak Onggy berseloroh bagaimana dirinya tidak menyangka bahwa badannya yang berperawakan kecil mungil, imut-imut bisa menjelajah dunia dari ujung ke ujung. 

Lewat film ini akan di ungkap seperti apa detail perjuangan dan pergolakan hidup beliau. Film ini di bintangi oleh banyak aktor dan aktris papan atas Indoesia. Tokoh Onggy Hianata di perankan oleh aktor Dion Wiyoko. Artis lainnya yang terlibat di antaranya ada Laura Basuki, Delon, Aline Adita, Baim Wong, Melissa Karim. Pak Onggy berharap film yang terinspirasi dari kisah perjuangan hidupnya akan memberi banyak kesan dan pesan moral penting bagi penonton.

Saya sendiri, mendapat hikmah dari pertemuan singkat dengan pak Onggy. Di antaranya:

  • Siapapun, apapun profesinya bisa meraih kesuksesan pada level yang di inginkan, caranya dengan menuliskan impian, buat "gambar" yang jernih serta jelas tentang impian tersebut dan lakukan apa yang butuh di lakukan bukan apa yang ingin di lakukan
  • Pun demikian untuk segala sesuatu, penuhi apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan. Karena ingin yang tidak butuh akan menjadi sia-sia.
  • Integritas, jadilah orang yang bisa di percaya dan layak di andalkan dimanapun berada.
  • Gali kemauan dan alasan yang kuat untuk menuju sukses
  • Jangan pernah lelah dan menyerah, terus mencari dan berusaha bagaimana caranya untuk maju. Pasti dapat!

Testimoni Alumni Boot Camp

Katanya, sukses, baik, keren atau bagus itu harus orang yang nilai dan bilang, jangan diri sendiri. Nah, di acara ini kami mendengar testimoni langsung dari para peserta alumni Boot Camp, dan mengetahui dengan jelas bagaimana pak Onggy Hianata, bisa mengubah paradigma dan mindset.

Testimoni di mulai oleh ibu Floren Kasih selaku penyelenggara dan moderator acara, beliau ternyata alumni Bootcamp pertama. Merasakan banyak perubahan setelah mengikuti Bootcamp, ibu Floren merasa harus lebih banyak orang yang ikut Bootcamp, itulah sebabnya sedari awal beliau mau ikut terjun langsung menangani program Bootcamp.

Temukan "Value Your Life" Dari Pengalaman Hidup Inspirator Sukses Onggy Hianata
Ibu Floren Kasih

Setelah testimoni dari ibu Floren, selanjutnya ada  ibu Dra. Ary Hellya Kurniati. Apt, alumni Bootcamp batch 46 yang awalnya mengikuti Bootcamp di ajak oleh ibu teman sekolah anak beliau, niatnya karena penasaran apa sih ini maksudnya Bootcamp-Botcamp ini. Ibu Ary yang kala itu sedang mengalami krisis rumah tangga dengan suaminya, ketika pulang Bootcamp ternyata menjadi pribadi yang berbeda. Sampai-sampai sang suami heran.

Ibu Ary adalah ibu dengan karir cemerlang di kantornya, ini membuatnya merasa boleh sombong berbangga hati dan sering merasa tidak butuh laki-laki, toh dia bisa semuanya sendiri.Padahal sang suami bapak Ir Sudharmono Joko Nugroho, sebenarnya bukan suami sembarangan, beliau juga sukses memimpin sebuah perusahaan. Terkesan sebagai pasangan yang mapan namun yang terjadi tidak seperti itu.  So, sudah terbayang dong ya konflik apa yang ada jika latarnya seperti ini. 

Temukan "Value Your Life" Dari Pengalaman Hidup Inspirator Sukses Onggy Hianata
Ibu Ary dan bapak Sudarmono

Melihat perubahan isterinya yang menjadi lebih perhatian, sayang keluarga, dan lebih menghargai. bapak Sudarmono kemudian mengikuti Bootcamp berikutnya, transformasi yang sama juga di rasakan oleh beliau. Setelah mengikuti acara ini kedua suami isteri ini akhirnya mendapati kenyataan pahit akibat konflik dalam rumah tangganya.

Konflik yang terjadi, selain membuat prestasi belajar menurun juga menyebabkan salah satu puteranya mengalami kecanduan game dan pornografi, hingga membutuhkan bantuan. Puteranya pun akhirnya di ikutkan program Bootcamp dan bisa mengatasi masalahnya dan tumbuh menjadi anak berprestasi.

Yang kedua adalah pasangan Dr Erry Gautama dan Dr.dr. Anggraini Dwi S., Sp. Rad (K) Bapak Erry adalah tokoh pengusaha sukses di Surabaya, dan isterinya seorang dokter dengan spesialisasi yang langka, hanya ada beberapa di Indonesia, selain dokter, beliau juga seorang dosen di salah satu universitas ternama di Surabaya.

Hampir mirip ibu Ary dan bapak Sudarmono, dari luar pasangan bapak Erry dan ibu Anggraini dahulu terlihat mapan, tapi ternyata rumah tangga yang di jalani tidak terasa ada kebersamaan dengan visi misi yang sama, bisa di tebak kemudian banyak masalah yang tejadi hingga akhirnya muncul keinginan untuk berpisah.

Bersyukur kemudian, setelah mengikuti Bootcamp dan mengenal pak Onggy semuanya berubah, keluarga ini sekarang sudah kembali harmonis, dengan karir yang makin melesat dan usaha yang tambah sukses, dengan mindset yang jauh berbeda.

Temukan "Value Your Life" Dari Pengalaman Hidup Inspirator Sukses Onggy Hianata
Ibu dokter Anggarini dan Dr Erry 

Berbeda dari pasangan suami isteri di atas, adalah testimoni dari mas Yulianto, seseorang yang memiliki masa lalu yang membuatnya trauma dan membenci laki-laki. Di tinggalkan sang ayah sejak balita mas Yulianto, membenci ayahnya yang tidak bertanggung jawab. 

Terbelenggu perasaan emosi, marah berkepanjangan membuatnya susah untuk bergaul, sukses hanyalah sebuah angan-angan baginya. Namun mengikuti program Bootcamp semua perasaanya berbalik menjadi rasa cinta kasih, mas Yulianto mampu memaafkan sang ayah dan menerima kondisinya.

Temukan "Value Your Life" Dari Pengalaman Hidup Inspirator Sukses Onggy Hianata

Mas yulianto

Setelah mengikuti Bootcamp mas Yulianto ini juga berubah menjadi orang yang percaya diri, kemudian modal keberanian dan pede mencoba membuka usaha sendiri. Tak di nyana bukan untung malah buntung yang di datang, dengan modal hutang hampir 200 juta yang tidak menghasilkan, ia akhirnya menanggung hutang.

Suatu ketika karena putus asa, maka mas Yulianto berniat megakhiri hidupnya dengan bunuh diri. Niat yang kemudian di urungkan karena anchoring, mas Yulianto teringat nilai-nilai dan pengalaman selama ikut Bootcamp, juga bayangan wajah ibunya yang sedih, kecewa dan sengsara karena akan ikut menanggung hutangnya.

Temukan "Value Your Life" Dari Pengalaman Hidup Inspirator Sukses Onggy Hianata

Saya terkesima mendengar testimoni alumni Bootcamp, sungguh pak Onggy ini memang seorang inspirator. Kisah-kisah ini  mungkin saja pernah atau sedang sahabat daring alami, ada baiknya ikut pelatihan Bootcamp ini, yang terdekat akan berlangsung di bulan Mei mendatang, info lengkapnya bisa di cek di www.bootcampdahsyat.com

Ada hal mengejutkan di berikan oleh pak Onggy, kami para peserta Blogger Gathering beoleh mengikuti Bootcamp ini. Waahh ini surprise yang luar biasa banget yah. Saya excited banget nih menunggu updetan program Bootcamp ini.

Sahabat daring jangan lupa juga ya saksikan Film "Terbang Menembus Langit" yang terinpirasi dari kisah pak Onggy di bioskop kesayangan mulai tanggal 19 April mendatang, bersama kita temukan "Value Your Life" Dari pengalaman hidup dari inspirator sukses Onggy Hianata.












16 comments

  1. Waah, inspiratif.. aku lihat bannernya film ini. Oh ternyata kisah pak Onggy ya. Based on true story.
    Btw aku nunggu cerita setelah ikut boothcamp yaa mbaaa

    ReplyDelete
  2. wihh keren banget bisa ikutan bootcamp-nya, ceritain yaa.. eh iya penasaran juga sama filmnya, mdh2an nanti bisa nonton..

    ReplyDelete
  3. Sejak membaca kisah Pak Ongggy, saya jadi tahu bahwa memang luar biasa kisahnya ya mba. SMoga makin banyak yang terinspirasi

    ReplyDelete
  4. Udah nggak sabar ikut bootcampnya hahaha karena ternyata dimotori oleh asli orang indonesia . Bangga bisa menginspirsi dunia

    ReplyDelete
  5. jd keinget buat review film Terbang, mumpung bentar lagi tayang dna kyknya bakalan anget gtu di pencarian Google.
    Btw kalau ada undangan bootcamp ikut gk mbak?

    ReplyDelete
  6. saya kagum dengan sosok pak onggy, sederhana tapi menginspirasi

    ReplyDelete
  7. Jadi ngerti nih aku mba Nu, Bedanya motivator sama inspirator.. :D Aku jadi penasaran sama booth camp-nya kayak apa.. Mba Nunu ikut ya? Nanti cerita-cerita ya pengalamannya. :) Seneng banget ya mba bisa ketemu orang yang bisa membuka pikiran dan hati seperti Pak Onggy ini..

    ReplyDelete
  8. Pengen ikut bootcampnya..Semoga kesampaian. Tiket udah di tangan. Tinggal izinnya wkwk

    ReplyDelete
  9. Asyik ya, inspiratif sekali. Semoga boot camp sukses ya mba

    ReplyDelete
  10. Nama adalah Doa ya mba.. belajar dari masa kecilnya yg miskin, onggy tumbuh menjadi sosok ambisius
    sampai akhirnya seperti sekarang "Rich" sesuai doa dari nama anak pertamanya

    ReplyDelete
  11. Pak Onggy ini sudah terkenal dan pandai mencari solusi bagi yang membutuhkan ya..eh ternyata ga mau disebut sebagai motivator hehehe membumi banget. Ikutan boothcamp pasutri bisa memleroleh pencerahan jiwa ya alhamdulillaah.

    ReplyDelete
  12. Bootcampnya pasti banjir motivasi dan penuh muatan positifnya, kereen.

    ReplyDelete
  13. Habis dengar motivasi pak onggy aku langsung nonton filmnya. Kisahnya tragis juga ya, tapi dia semangat banget berusaha dari nol.

    ReplyDelete
  14. 9 saudara gigih semua. Keren ya inspiratif banget. Kepo deh sama boot campsnya.

    ReplyDelete
  15. aku baru tahu tentang sosok Pak Onggy dari tulisan Mba Nunu ini. Ternyata kisahnya jadi inspirasi film juga toh

    ReplyDelete
  16. Wah inspiratif sekali ya. Aku jadi kepingin ikutan bootcamp-nya juga deh...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.