Highlight Indonesia Fashion Week 2018: Pesona Salju Dalam "Deep Ice" Rancangan Viena Mutia|KD

Highlight Indonesia Fashion Week 2018: Pesona Salju Dalam "Deep Ice" Rancangan Viena Mutia|KD

Melihat perkembangan dunia fashion Indonesia, sahabat daring sepakat kah kalau saya katakan tumbuh pesat dalam beberapa dekade terakhir. Salah satu indikasinya bisa kita lihat setiap tahun, selalu di helat event-event fashion besar, yang di tunggu oleh para pecinta fashion yang jumlahnya juga semakin banyak. Ada Jakarta Fashion Week, Jember Fashion Carnival, Muslim Fashion Festival, dan yang teranyar baru saja selesai di langsungkan Indonesia Fashion Week.

Di adakan tanggal 28 Maret-1April 2018 lalu, event Indonesia Fashion week masih menyisakan keseruan dan euphoria bagi saya, sebuah kebanggan tersendiri bisa menyaksikan gelaran fashion terbesar yang selalu di gelar di Jakarta Convention Centre ini. Terakhir kali saya datang ke Indonesia Fashion Week sekitar dua tahun lalu, alhamdulillah tahun ini, di tahun ke 7 penyelengaraannya saya berkesempatan kembali mengunjungi Indonesia Fashion Week.

IFW tahun ini mengusung tema "Cultural Identity" yang terinspirasi dari keindahan budaya di tiga daerah Indonesia yaitu, Danau Toba, sumatera Utara, Borobudur, Jawa tengah dan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Tidak kurang ada 200 desainer dan ratusan booth peserta pameran memamerkan hasil karyanya.

Highlight Indonesia Fashion Week 2018: Pesona Salju Dalam "Deep Ice" Rancangan Viena Mutia|KD

Sebagai bagian dari industri kreatif, dunia fashion memang enggak ada matinya, ya nggak sih?! Melihat jejeran booth-both kece para pelaku industri fashion, sungguh membuat saya takjub, terlebih lagi rata-rata boothnya menampilkan perpaduan budaya tradisional Indonesia.

Ajang fashion week juga menjadi momentum bagi para pelaku industri fashion mempromosikan dan memasarkan karyanya. Dengan kreatifitas, para perancang membuat eksistensi dunia fashion seolah tak berbatas, semua bisa kita lihat saat acara, seperti fashion show, seminar dan aneka workshop.

Pagelaran fashion show adalah salah satu yang di nantikan, bersama-sama teman-teman blogger saya berkesempatan menyaksikan pagelaran fashion di hari pertama, fashion show yang kami saksikan bertemakan "Artistic Identity" yang menampilkan peragaan busana dari para desainer dan rumah modenya seperti: Anna Budiman, Yogiswari Pradjanti, Gee Batik, Viena Mutia|KD, D’Ranaya by Dewi Ranaya, Bordir by Tasikmalaya, Levico, Tenun Nambo by Ryani Utami, Adinda Moeda, Roemah Kebaya, Batik Tenun Vi Balikpapan, dan Ida Giriz.

Penampilan "Artistic Identity" sangat keren. Dari semua penampilan, highlight saya tertuju pada rancangan Viena Mutia KD (Kris Dayanti) yang spektakuler, dari mulai pilihan musik, tata suara, dan tata lampunya berbeda dari yang lain. Sangat pas dengan tema rancangannya yaitu "Deep Ice" 


Highlight Indonesia Fashion Week 2018: Pesona Salju Dalam "Deep Ice" Rancangan Viena Mutia|KD
"Deep Ice" fashion show. foto: dokpri

"Deep Ice" adalah rancangan dari Viena Mutia dan Kris Dayanti di Indonesia Fashion Week, sebuah kolaborasi yang unik, mengingat kita semua selama ini mengenal KD sebagai penyanyi. Hmmm, siapa yang nggak kenal KD? Diva musik Indonesia loh, terlalu deh kalau nggak kenal KD.

Terlintas dalam benak saya, apakah KD beralih profesi jadi desainer? Ternyata tidak, KD tetap seorang penyanyi. Yup, setelah acara fashion show selesai, saya bersama teman-teman blogger mendapatkan kesempatan istimewa untuk mendengarkan pemaparan langsung dari Kris Dayanti juga desainer Viena Mutia dalam acara "Ngobrol santai bersama KD dan Viena Mutia" di The Arcadia Plaza Senayan.

Jadi, secara umum sang diva tidak terlibat langsung dalam mendesain dan proses produksi, karena desainer utamanya adalah Viena Mutia. Peran Kris Dayanti adalah srbagai brand ambassador dari Viena Mutia yang mengusung brand "VM" Very Me.

Karena acara ini obrolan santai, tentu banyak dong ya pertanyaan dari para blogger tentang eksistensi VM|KD di industri fashion Indonesia seperti:

Apa alasan  Kris Dayanti berkolaborasi dengan Viena Mutia?

Menurut Kris Dayanti, hubungannya dengan Viena Mutia bukan sebatas sebagai brand ambassador dengan produknya. Tetapi lebih dari itu, ini adalah sebuah kolaborasi. Viena Mutia adalah sahabat Kris Dayanti sejak lama. KD mempercayai kemampuan Viena dalam berkarya, yang juga mampu mendesain karya yang Very Me  (sangat saya) sesuai dengan karakter KD. Selain saling mendukung satu sama lain, bisa menjalin hubungan kerja dan bisnis dengan sahabat sendiri adalah level tertinggi dari sebuah pertemanan.

Highlight Indonesia Fashion Week 2018: Pesona Salju Dalam "Deep Ice" Rancangan Viena Mutia|KD
Viena Mutia|KD Sahabat yang di satukan oleh fashion. foto: instagram @vienamutia

Selain itu. kerjasama dengan Viena Mutia adalah wujud cinta KD kepada dunia fashion, karena fashion berperan penting dalam perjalanan karir KD selama ini. Seperti kita tahu, KD yang dinamis, aktif, ceria, fenomenal, selalu tampil grande dan wah, adalah sosok inspirasi fashion Indonesia. Penampilannya sampai hari ini masih di jadikan acuan banyak pengamat mode Indonesia.


Pesona Salju dalam "Deep Ice"


Highlight Indonesia Fashion Week 2018: Pesona Salju Dalam "Deep Ice" Rancangan Viena Mutia|KD
Highlight Indonesia Fashion Week 2018: Pesona Salju Dalam "Deep Ice" Rancangan Viena Mutia|KD Highlight Indonesia Fashion Week 2018: Pesona Salju Dalam "Deep Ice" Rancangan Viena Mutia|KD
                                         
                                                        Rangkaian Koleksi "Deep Ice" foto: dokpri

Dalam setiap rancangannya Viena Mutia menonjolkan konsep One tune, feminin dan elegan sebagai ciri khasnya. Termasuk untuk rancangan "Deep Ice" yang terinspirasi dari perjalanan liburan terakhirnya di negera bersalju, rancangan "Deep Ice" (Dalamnya Es)  menggambarkan pesona salju yang memukau, feminin dan elegan.

Highlight Indonesia Fashion Week 2018: Pesona Salju Dalam "Deep Ice" Rancangan Viena Mutia|KD
VM|KD foto: instagram @vienamutia

Tinggal di negara tidak bersalju, pasti sangat berkesan ketika kita melihat salju. Di tangan Viena Mutia, gambaran salju di terjemahkan dalam 12 model busana menggunakan warna-warna yang identik dengan salju seperti: putih, broken white, silver, dan abu-abu muda.

Perpaduan one tune warna yang lembut ini menghadirkan sensasi musim dingin yang syahdu namun terkesan hangat. Material seperti payet dan swarovsky menambah detail dari butiran salju yang berkilau di terpa sinar matahari. Penampilan "Deep Ice" memang memesona.

Mengenal Viena Mutia


Highlight Indonesia Fashion Week 2018: Pesona Salju Dalam "Deep Ice" Rancangan Viena Mutia|KD
Viena Mutia seorang desainer otodidak. foto: Instagram @vienamutia
Bernama asli Erviena Lanni Mutia, Viena Mutia adalah desainer yang memulai karir fashion secara otodidak, mengasah terus talenta dan kecintaannya pada dunia fashion adalah modal utamanya dalam mendesain. Rancangan Viena Mutia yang berkelas mampu mengedepankan karakter pemakainya, buktinya meskipun terlihat berkepribadian anggun dan kalem, Viena Mutia tetap bisa menonjolkan karakter KD yang atraktif, ceria dinamis, pada busana yang di kenakan KD

Secara umum busana rancangan Viena Mutia di buat secara customized, haute couture berdasarkan pesanan. Namun begitu koleksi Viena Mutia ada juga yang ready to wear. Di boothnya saya sempat melihat-lihat koleksi ready to wear rancangan Viena Mutia, yang memang terlihat sangat feminin dan elegan, dengan konsep one tune, warna-warna yang di tampilkan juga tidak terlalu banyak, tapi tetap berkesan.

Karya dari Viena Mutia ini layak di miliki, meskipun untuk harga relatif lumayan mahal sih di kantong saya, baju haute coture VM di bandrol mulai dari 15-40 juta, sementara koleksi ready to wearnya dari harga 1 hingga 4,5 juta rupiah. Ada harga tentu ada kualitas dan pasti ada rasa tersendiri menggunakan rancangan VM|KD.

Highlight Indonesia Fashion Week 2018: Pesona Salju Dalam "Deep Ice" Rancangan Viena Mutia|KD

Highlight Indonesia Fashion Week 2018: Pesona Salju Dalam "Deep Ice" Rancangan Viena Mutia|KD
Baju-baju di booth Viena Mutia|KD foto: dokpri


Harapannya semoga saja VM|KD juga mendesain baju-baju yang sesuai kantong emak-emak irit yang pingin bergaya maksimal macam saya, ahahaa ngarep boleh dong ya?! Saya juga kan pingin dong ah terlihat kece dan outstanding seperti mimi KD.

Tips tampil kece dari KD

Tapi don't worry! Meski belum bisa memakai langsung baju-baju karya Viena Mutia|KD Ada baiknya ikuti aja dulu tips simpel dari KD dalam berpenampilan.

Menurut KD ketika kita ingin memiliki penampilan yang baik dan menarik, idealnya adalah lakukan secara konsisten dan berkesinambungan. Yup bener banget sih ya, soalnya biasanya emak-emak moody'an ya, pakai skincare rajin belinya aja, rutin pakai tiap malam belum tentu. *Eh itu saya sik.

Plus menurut KD juga nih yaa, tampil penuh totalitas menunjukkan karakter siapa diri kita sebenarnya itu perlu banget, selain sebagai branding juga untuk membuat kita menjadi lebih memiliki prinsip dalam membeli sesuatu. Dan satu lagi percaya diri no matter what apa kata orang, yang penting satu, kita merasa nyaman dengan apa yang kita kenakan, catet yess!

Bertemu dan ngobrol langsung dengan mimi, sapaan akrab KD, bikin saya makin ngefans, di tengah hadirnya banyak penyanyi baru, beliau memang tidak kehilangan pesonanya. Saya berharap banget nih bisa melihat koleksi berikutnya dari rancangan Viena Mutia|KD semoga saja next year yaa tahun depan ada kesempatan lagi, mengunjungi Indonesia Fashion week dan melihat rancangan terbaru Viena Mutia|KD

Info lebih lengkap tentang VM|KD bisa di cek di sini yaa http://www.viena.id/ atau instagram @vienaofficial














19 comments

  1. Persahabatan dan berlanjut ke hubungan bisnis. Saling mendukung usaha teman

    ReplyDelete
  2. Rancangan pesona salju, feminin dan elegan bener-bener memukau deh. Ternyata ide itu bisa datang dari mana aja dan memberi hasil yang mantap.

    ReplyDelete
  3. Wah, desainnya cantik dan elegan ya. Yakin deh gak cuman KD aja yang suka, tapi banyak wanita Indonesia yang "ngiler" sama desain VM ini.

    ReplyDelete
  4. Selain harganya apa beda ready to wear dgn couture kak? Cocok memang kak Viena gandeng KD utk citra brand-nya. Tampak elegan dan mevvah ya

    ReplyDelete
  5. Banyak orang yang belanja baju atau barang mahal2 tapi mereka gak pernah pakai karena tidak nyaman. Sayang kan?
    Buat orang berada mungkin tidak masalah. Tapi buat pegawai yg pas-pasan gajinya kasian suaminya hehehe...
    Nyaman itu yg utama, gak peduli apa kata orang. Noted KD...

    ReplyDelete
  6. wah harganya lumayan juga ya
    tapi sebanding sama kualitas dan kerja keras desainernya
    salut..,

    ReplyDelete
  7. Desain bajunya elegan tapi gak terlalu glamor. Itu versi cowo. Hihi

    ReplyDelete
  8. Koleksi bajunya cakep-cakep yooo duhhh jadi pengen pake,, ehh itu bisa buat jadi gaun pengantin kan ya yang foto bareng KD?

    ReplyDelete
  9. Selalu admire sama orang yang punya kreatifitas positif kayak gini, merancang baju dan karyanya keren banget aplg persahabatan yg positif juga sama KD

    ReplyDelete
  10. Kece2 ya mbak desain gaun2nya. Jadi pengen punya, hehe
    Meski harganya lumayan tapi ya sesuai jg dgn desainnya yg keren2

    ReplyDelete
  11. keren ini. secara Indonesia punya banyak potensi yang sangat sayang jika tidak dieksplorasi. apalagi kain Indonesia jenisnya banyak. daripada diambil oleh perancang dari luar kan yaaaaa

    ReplyDelete
  12. Salut dengan Mba Viena, dari otodidak hingga sukses tampil di Indonesia Fashion Week...

    ReplyDelete
  13. Semoga sukses bisnisnya KD dan Vienna.
    Baju2nya bagus ya desainnya, enggak terlalu wah, tapi jg gak biasa.
    Sepertinya cocok buat menyambut lebaran untuk event2 tertentu TFS

    ReplyDelete
  14. KD konsisten cantik ya...he2, pada Dateng ke acara ini ya...? Seneng banget bisa langsung ngeliat ..terus bisa mampir ke booth ..Viena juga.., ada yg cocok ga ? Diadopsi bawa pulang...he2. seru

    ReplyDelete
  15. Bajunya keren-keren euy 👍
    Semoga sukses kerjasamanya dan baju rancangannya laris manis, amiiin 😇

    ReplyDelete
  16. wah ni model bajunya keren-keren banget, coba saja bisa bawa pulang satu aja wkwkkw

    ReplyDelete
  17. ya alloh kakak itu bajunya cantik amat, secantik designernya. aku juga suka sama mimi KD kak

    ReplyDelete
  18. Salut sama Mba Viena yang belajar otodidak, namun kini karyanya sungguh sangat luar biasa keren-keren bangat. Semiga makin sukses kolaborasinya dengan KD. Aamiin...

    ReplyDelete
  19. Keren-keren semua ya mbak baju-bajunya mbak Viena. ORangnya cantik dan humble pula. Aku juga suka sama model baju hitam-hitam yang dipake Mbak Viena dan KD saat acara talkshow waktu itu. Elegant dan simple banget

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.