Bakso Bonanza, Bakso Daging Sapi Asli. Mengembalikan Warisan Budaya Kuliner Indonesia



Makan bakso yuk? Siapa di antara sahabat daring yang menolak di ajak makan bakso? Wah, kayaknya nggak mungkin ya, sayang banget di tolak. Apalagi kalau makan baksonya rame-rame, janjian sama teman-teman,  ngebakso sambil ngerumpi ngomongin tetangga, gebetan atau mantan. *Ehh!? Husssh! Jangan yaa!*

Sebagai pecinta bakso, saya seringkali nggak harus nunggu di ajak teman buat ngebakso, ya tinggal melipir aja ke warung bakso sendirian. Hmmm, Sahabat daring ada yang seperti itu juga kah? Makan bakso sendirian bae! Habis gimana yah, kadang-kadang makan bakso bisa jadi "me time" yang efektif banget. Kepala pusing, capek, stress dan bete bisa sedikit berkurang dengan menghajar semangkuk bakso.


 Bakso Bonanza. Bakso Daging Asli, Kembalikan Warisan Budaya Kuliner Indonesia

Makan bakso bisa di bilang udah jadi kebiasaan turun temurun dan jadi favorit banyak orang Indonesia. Dari ujung ke ujung, di hampir setiap jalan ada aja warung bakso, belum lagi mamang-mamang atau mas-mas yang menjual bakso dengan gerobak. Bakso juga bisa di beli dalam bentuk kemasan, bisa di kreasikan menjadi berbagai menu masakan lain, tidak hanya di sajikan dengan kuah kaldu saja.

Menurut saya bakso tidak hanya enak tapi juga unik, soalnya bakso itu makanan legendaris yang jarang banget kita buat sendiri. Ayo siapa nih di antara teman-teman yang suka bikin bakso sendiri? Giling-giling daging terus ulen-ulen, bulet-buletin adonan bakso sendiri. Saya yakin pasti jarang banget yang seperti itu. Saya sendiri udah belasan tahun jadi ibu, tiap hari berkutat di dapur, nggak pernah sekalipun buat bakso sendiri. Kalau mau makan bakso ya mengandalkan penjual bakso atau beli bakso kemasan saja.

Karena faktor inilah banyak banget pertanyaan dalam hati yang muncul setiap kali makan bakso, soalnya nggak tahu kan ya bagaimana proses di balik layar pembuatan bakso yang di makan. Kebersihannya, bahan bakunya, peralatannya, lingkungannya dan lain-lain. Terlebih kalau lagi ada issue meresahkan tentang keamanan bakso berhembus, tidak aman makan bakso. Duh, deg-degan mau beli bakso!

Faktanya memang ada,  bakso yang di buat dengan tambahan formalin lah, boraks, bahan pengenyal, pemutih, pengawet, atau heboh bakso di buat dengan campuran daging aneh-aneh. errgghh mual bayanginnya yaa, jadi bikin orang parno makan bakso.

Tapi ya namanya udah suka, kadang makan bakso jalan terus, keraguan seperti itu hilang timbul, soalnya kan berada di luar kendali. Kalau sudah begitu endingnya, jurus pamungkas pun di keluarkan. "yaa, sudah lah yang penting baca Bismillah dulu sebelum makan bakso, semoga aman.." hmmm.

Bakso Bonanza 

Ada kabar gembira nih! ? Semua kekhawatiran di atas nggak akan kita temui kalau makan bakso yang satu ini. Bonanza Beef Bakso. Yup, tanggal 9 Mei lalu saya berkesempatan menghadiri launching sebuah brand bakso dalam kemasan yang memberi jaminan keamanan pangan yang penting banget buat kita para konsumen,.

Bertempat di Kolega Co-Working space bersama kurang lebih 50an ibu-ibu blogger dari Mom Blogger Community, acara bertema "Filosofi Bakso" Sdah terebayang dong yaa serunya makan bakso rame-rame.

 Bakso Bonanza. Bakso Daging Asli, Kembalikan Warisan Budaya Kuliner Indonesia

Berkeinginan untuk memberikan kontribusi dalam mengembalikan konsumsi Bakso daging sapi asli sebagai Warisan Budaya Kuliner Indonesia yang di cintai dan aman di konsumsi oleh semua kalangan. Kehadiran Bakso Bonanza adalah sebuah pilihan baru makan bakso daging sapi asli. 

Jadi ternyata, pada perjalanan sejarahnya, filosofi bakso asli Indonesia sebenarnya di buat dari komposisi daging sapi yang dominan, namun efek dari permintaan konsumsi bakso yang terus meningkat dan di dorong oleh motif ekonomi yang kuat. Bentuk bakso saat ini pada umumnya sudah bergeser jauh sekali.

Banyak bakso yang kita jumpai berbahan baku bukan daging dari daging sapi asli. Daging sapi malah biasanya hanya jadi tambahan saja, takarannya sedikit sekali. Belum lagi tambahan zat-zat lain dalam bakso, yang membuat beberapa kalangan memilih untuk tidak makan bakso.

Di produksi oleh PT GGF (Great Giant Foods) Bagian dari PT great Giant Livestock. Pembuatan Bakso Bonanza berada di bawah naungan dari Gunung Sewu, sebuah holding company yang bergerak di bidang perkebunan peternakan, pengolahan buah-buahan dan animal protein. Perusahaan ini menerapkan sistem Sustainable Integrated Farming And Production memberikan alternatif produk terbaik yang memenuhi aspek:

  • Food Safety (keamanan pangan, mulai dari bahan baku, proses produksi hingga siap konsumsi)
  • Food Traceability (makanan yang bisa di telusuri jejaknya dapat di pertanggung jawabkan  mulai dari bahan baku, proses sampai siap konsumsi)
  • Food Reliable (Makanan yang dapat di percaya, stabil dan konsisten)
Semua penjelasan di atas saya dapatkan langsung dari ibu Dayu Ariasintawati, Managing Director, PT. Great Giant Livestock
Kami ingin memberikan konsumen alternatif bakso, makanan yang mudah untuk di masak sendiri dan di sajikan secara segar dari bakso murni daging sapi, tanpa tambahan zat pengawet, karena masyarakat Indonesia berhak mendapatkan pilihan makanan yang baik dan berkualitas
Ini sesuatu yang perlu dan penting banget ya, rasanya nggak banyak produsen bakso yang sampai memikirkan hal ini. Dan memang ternyata nggak sembarangan. Bakso Bonanza di buat dari bahan baku berkualitas dengan daging sapi asli yang di ternak sendiri.

 Bakso Bonanza. Bakso Daging Asli, Kembalikan Warisan Budaya Kuliner Indonesia
Dayu Ariasintawati, Managing Director PT. Great Giant Livestock

Sapi-sapi yang dagingnya di ambil untuk Bakso Bonanza, di rawat dengan menerapkan Good Farming Practice, yang memprioritaskan kesejahteraan hewan (Animal Welfare) Di berikan makanan yang sehat dengan pakan dari pengolahan limbah nanas dan buah-buahan di perkebunan PT. GGF yang juga memproduksi produk sayur dan buah Sunpride, dan susu Hometown Dairy Milk.


 Bakso Bonanza. Bakso Daging Asli, Kembalikan Warisan Budaya Kuliner Indonesia
Peternakan sapi PT GGF sumber gambar Google.co

Keamanan dan kesehatan sapi terjamin, termasuk juga kehalalan daging sapi  baik saat pemeliharaan, proses pemotongan yang sesuai syariat islam, penggilingan dan pemasakkan, semuanya sudah tersertifikasi halal.

Bakso Bonanza di buat dari daging sapi murni, asli daging tidak di campur jeroan, tetelan, kulit atau bagian tubuh sapi lainnya, dengan perbandingan 84% daging sapi dan sisanya bahan lain seperti, tapioka dan bumbu-bumbu.

 Bakso Bonanza. Bakso Daging Asli, Kembalikan Warisan Budaya Kuliner Indonesia
Emillia E Achmadi Ahli Gizi


Komposisi bakso yang lebih banyak daging daripada bahan tambahan lain seperti terigu, tapioka atau lainnya, menjadikan bakso benar-benar sebagai meatballs, kalau merujuk ke bahasa inggris yaa, artinya beneran bola-bola daging bukan bola-bola terigu.

Menurut Emillia E Achmadi seorang Ahli Gizi, pakar nutrisi yang juga hadir di acara ini (beliau juga seorang ahli nutrisi yang saat ini mengatur pola makan atlet nasional) Bakso yang komposisi dagingnya lebih banyak,  sangat mungkin tidak membutuhkan bahan pengawet apapun, cukup di simpan di freezer dalam waktu lama pun tetap aman.

Itu bisa terjadi karena daging sapi memiliki sifat menahan air, yang biasanya terjadi pada saat proses pemotongan, penggilingan, pemanasan, penyimpanan dan tekanan. Ketika di simpan di dalam freezer daging akan menahan air. Sehingga meskipun di simpan dalam jangka waktu lama kesegarannya tetap bertahan tidak berkurang. Ini juga berlaku untuk bakso yang lebih banyak kandungan daging sapinya. Bakso Bonanza di jamin tetap segar meskipun di buat tanpa bahan pengawet, selama di simpan dalam freezer.

Menikmati  Bakso Bonanza

Menikmati Bakso Bonanza adalah bagian yang di tunggu-tunggu di acara ini. Soalnya saya ingin membuktikan beneran nggak nih Bakso Bonanza enak dan sesuai dengan keterangan, mengandung 84% daging sapi. Dan yes, setelah saya Bakso Bonanza berasa banget dagingnya!

Bakso Bonanza. Bakso Daging Sapi Asli Mengembalikan Warisan Budaya Kuliner Indonesia

Bakso Bonanza menurut saya adalah bakso kemasan yang rasanya otentik rasa bakso. Di sajikan dalam bentuk bakso kuah, bakso bakar dan bakso goreng, semuanya enak. Rasanya juga pas, gurihnya berasa dari daging.


 Bakso Bonanza. Bakso Daging Asli, Kembalikan Warisan Budaya Kuliner Indonesia

Tekstur dan kekenyalannya juga pas, cocok di makan anak-anak karena lembut tidak keras, tidak alot, mudah di kunyah. Anak-anak saya juga suka saat saya masakkan Bakso |Bonanza jadi omelet untuk lauk sarapan atau makan siang. Memberikan Bakso Bonanza juga bisa jadi alternatif nih buat ibu-ibu yang ingin memberikan makanan bergizi untuk anak-anak.

 Bakso Bonanza. Bakso Daging Asli, Kembalikan Warisan Budaya Kuliner Indonesia

Yang menarik Bakso Bonanza juga cocok di makan untuk program diet loh?! Mengingat program diet tetap membutuhkan asupan protein hewani, konsumsi daging sapi dalam bentuk bakso seperti Bakso Bonanza bisa menjadi alternatif makan daging. Nah, yang sedang diet, bisa banget tambahkan Bakso Bonanza dalam menu dietnya.



Bakso Bonanza di kemas tidak berikut bumbu, karena Bakso Bonanza sudah terasa gurih, cukup di tambahkan kuah kaldu atau air polos saja sudah berasa sedapnya. Di bakar atau di goreng terus di cocol dengan saus mayonais atau saus sambal rasanya legit endeuss.
Bakso Bonanza, Bakso Daging Sapi Asli Mengembalikan Warisan Budaya Kuliner Indonesia

Pengalaman makan Bakso Bonanza meghadirkan sensasi makan bakso sebenarnya yang berasa daging. Mengetahui kandungan bakso yang kita makan juga jadi nilai plus dong ya buat kita lebih mudah memilih bakso yang bukan hanya enak, lezat, tapi juga bergizi. Tahu baksonya berasal dari bahan baku daging sapi asli yang berkualitas dan di produksi sesuai dengan standar produksi makanan yang baik dan benar, tentu tak usah khawatir lagi.

 Bakso Bonanza. Bakso Daging Asli, Kembalikan Warisan Budaya Kuliner Indonesia

Produk Bakso Bonanza tersedia dalam kemasan kantong ukuran 500 gram berisi 30 butir, dapat di beli di beberapa supermarket swalayan seperti Superindo, Ranch Market, Farmers Market, Papaya, Lulu Market, Market City. Meski belum ada toko resmi yang menjual online saya lihat ada beberapa toko online di beberapa e-commerce yang menjual Bakso Bonanza. Nah, kita tunggu yaa secepatnya ada toko online resmi Bakso Bonanza.

Yuk, lah kita makan Bakso Bonanza rame-rame, mau janjian di mana? Dimana aja boleh yaa, asalkan Baksonya Bakso Bonanza yang berasa banget dagingnya! Bersma-sama kita kembalikan warisan budaya kuliner Indonesia.

Update info lengkap tentang Bakso Bonanza, bisa di cek di sini yaa Instagram @bonanzabeef.id
Facebook: Bonanzabeef.id dan website di www.bonanzabeef.co.id

4 comments

  1. Makan bonanza mah gak takut gemuk 😂
    Bakso ini berasa banget dagingnya aku juga sekeluarga suka sama bakso bonanza. 😊

    ReplyDelete
  2. eh, ada foto aku disini.. hahahahaha.. tau gitu bergaya deh aku didepan kamera :p

    ReplyDelete
  3. Baksonya ga bikin eneg & khawatir.. Berasa pula dagingnya.. Baru kali ini sy brani nyetok byk.. 😁

    ReplyDelete
  4. Buat bumbu bakso gampang, apalagi bakso bisa di kreasikan dengan apa saja. yang penting baksonya bonanza

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.