Familia Urban, Hunian Asri Ramah Anak Di Bekasi Timur

Familia Urban, Hunian Asri Ramah Anak Urban Di Bekasi Timur

Memiliki rumah adalah salah satu mimpi, dan pencapaian terbesar hampir setiap orang. Terutama untuk yang sudah berumah tangga, menikah, dan mempunyai anak. Banyak pengorbanan dan perjuangan yang harus di lalui agar bisa mewujudkannya.

Sebagai sebuah kebutuhan dasar yang sangat di perlukan untuk membangun keluarga. Lika-liku mencari rumah juga memberi sensasi perasaan tersendiri. Bagi saya ini momen yang sangat sulit di lupakan, dan bersejarah dalam perjalanan biduk keluarga kami.

Berkunjung ke pameran properti bisa menjadi salah satu ikhtiar, membuka jalan bagi terwujudnya impian akan rumah, ada banyak pilihan property yang di pilih, di tambah promo, diskon, bonus dan penawaran menarik. Ini bisa juga jadi affirmasi loh?! Sekalian menghitung 'ancer-ancer' siapa tahu ada yang klik, tentunya akan semakin memuluskan jalan menuju impian.

Pekan ini, dari tanggal 22 hingga 30 September 2018, di Jakarta tengah berlangsung sebuah pameran property, Indonesia Property Expo.Di antara teman-teman, sahabat daring, ada kah yang masih bermimpi memiliki rumah, pindah rumah, atau ingin berinvestasi membeli rumah lagi?



Familia Urban, Hunian Asri Ramah Anak Urban Di Bekasi Timur


Yup, datang ke IPEX di Jakarta Convention Center bisa menjadi pilihan. Apalagi bulan-bulan menjelang akhir tahun seperti saat ini, katanya merupakan waktu yang ideal jika kita ingin mencari, melihat-lihat dan mengambil keputusan, eksekusi beli rumah. Jadi kan mantap tuh ya! Nanti pas tahun baru, siap juga dengan rumah baru.

Alhamdulillah, bersama teman-teman Bloggecrony, saya berkesempatan mengunjungi pameran IPEX 2018 di hari ke dua tanggal 23 September lalu. Luar  biasa antusiasme para pengunjung yang membludak di pameran ini. Berbagai booth pengembang property berusaha tampil maksimal dengan desain yang menarik. Namun, di antara sekian banyak booth pengembang, ada satu yang mencuri perhatian saya.


Familia Urban, Hunian Asri Ramah Anak Urban Di Bekasi Timur


Menampilkan ilustrasi ruangan ala ruang angkasa, lengkap dengan planet-planet, roket dan astronot yang berdiri gagah, booth yang satu ini tampil berbeda. Iyes, ini adalah booth PT. Timah Karya Persada Property, perusahaan yang menaungi perumahan Familia Urban.

Familia Urban, Hunian Asri Ramah Anak Urban Di Bekasi Timur



Mendengar kata PT Timah (persero), ingatan saya langsung tertuju kepada pak suami yang belum lama ini baru kembali dari kota Belitung, untuk follow up pembelian alat laboratorium sebuah perusahaan.

Familia Urban, Hunian Asri Ramah Anak Urban Di Bekasi Timur

Terbersit pertanyaan dalam hati saya. PT Timah kan perusahaan negara ya? Bergerak di bidang pertambangan timah di Belitung sana, apa sudah berubah core bisnisnya?

Ternyata tidak, Perumahan Familia Urban memang di kelola oleh PT TIMAH, tetapi melalui anak usahanya yaitu PT TIMAH Karya Persada Properti yang di dirikan untuk mengembangkan aset-aset berupa tanah milik PT Timah agar menjadi usaha strategis, salah satunya lewat pengembangan properti.

Usaha ini semula didirikan dengan menggandeng PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Adhi Karya (Persero) Tbk, dengan nama awal PT Timah Adhi Wijaya (PT TAW)

Namun, sejak tanggal 28 April 2016 lalu nama PT TAW (Timah Adhi Wijaya) sudah berganti, karena sebagian besar sahamnya telah menjadi milik PT Timah dan namanya resmi berubah menjadi PT Timah Karya Persada Properti (PT TKPP) 


Berlokasi di daerah Bekasi Timur, Booth Familia Urban dengan setting antariksa, seolah mematahkan image Bekasi yang sering menjadi bahan candaan sebagai planet luar angkasa karena macet, jauh, panas, polusi dan berantakan. Situasi yang kemungkinan besar tidak akan kita temui di Familia Urban.


Melihat-lihat dan mendengar pemaparan tentang perumahan Familia Urban membuat saya penasaran. Hmmm... Familia Urban! Dari namanya saja sudah terasa unik dan berbeda ya! Terdengar tidak umum di pakai pada nama perumahan. Pemilihan nama yang terasa sekali orientasinya untuk konsumen.

Berdiri di lokasi dengan total lahan seluas 176 hektar, Familia Urban adalah sebuah kawasan hunian dengan rumah tapak atau landed house dengan konsep terbuka atau open city yang menghadirkan lebih banyak "Green Spaces" (Ruang Hijau) dan "Walkable Neighbourhood" (lingkungan dengan banyak jalan) demi memberikan kenyamanan dan gaya hidup sehat dan teratur bagi penghuninya.

Familia Urban, Hunian Asri Ramah Anak Urban Di Bekasi Timur

Mengutamakan pedestrian sebagai sistem sirkulasi utama dalam rancangan hunian. Familia Urban menginginkan penghuni rumah merasakan bahwa bertempat tinggal di Urban Familia membuat selalu ingin "Back to The Lovely House" sesuai dengan mottonya.


Familia Urban memberikan akses kemudahan untuk penghuni dengan membuat banyak ruang berjalan kaki untuk mendukung aktivitas sehari-hari yang bebas macet dan polusi. Dan meskipun banyak berjalan kaki, penghuni tidak perlu risau, karena  disepanjang pedestrian dibuat ambience yang teduh, sejuk, fresh dan nyaman, melalui penanaman pohon dan pembuatan forrest park yang di lengkapi danau-danau buatan.


Familia Urban di desain menjadi kawasan hunian terpadu yang banyak memiliki ruang terbuka hijau (RTH). Sebanyak 28% kawasan saja yang di peruntukkan untuk residensial Familia Urban, selebihnya ada 11% untuk CBD (Central Bussiness District) 5% ruko 11% Main Boulevard, pond atau danau 9%, fasum dan fasos 3%, area greenery 11% dan jalan kawasan 22%


Tinggal di Familia Urban juga memberi ruang interaksi yang lebih intens bagi para penghuninya. Sering berjalan kaki memungkinkan para penghuni untuk bertemu, berinteraksi dan bersosial. Kesemuanya ini semakin lengkap dengan keberadaan beberapa ruang terbuka publik berupa plaza atau alun-alun, yang di harapkan bisa membentuk area community gathering.


Progress pembangunan Familia Urban saat ini sedang di tahap pertama, pada area seluas kurang lebih 15 ha. Terdiri dari cluster Gayatri, Ganesha, dan Dharmawangsa dengan banyak pilihan type berdasar luas tanah dan ukuran bangunan, ada type 36/72 40/72, 45/90, 60/120 dan 90/120. Beberapa rumah juga sudah mulai di serah terimakan pada awal tahun 2018 lalu.


                           Familia Urban, Hunian Asri Ramah Anak Urban Di Bekasi Timur

Familia Urban, Hunian Asri Ramah Anak Urban Di Bekasi Timur


Membayangkan tinggal di hunian seperti Familia Urban rasanya menyenangkan banget ya! Membangun keluarga di tengah suasana yang nyaman. Ini tentu akan mempengaruhi tingkat kualitas hidup. Cukup oksigen, bebas merasakan udara luar yang nyaman adalah previlege banget untuk kita-kita yang hidup di daerah urban Jabodetabek.

Apalagi jika sudah punya anak, kawasan seperti ini adalah dambaan banget ya untuk anak, terlebih untuk anak urban. Mereka seringkali tidak di mendapat kebutuhan yang datang dari lingkungan tempat tinggalnya. Keluar rumah sudah pagar rumah orang, atau pintu apartemen, terasa serba sempit tidak banyak ruang gerak dan interaksi di luar rumah.

Aktivitas sehari-hari lebih banyak di dalam rumah, tidak heran jika anak-anak urban menjadi individualis, berada di dunia masing-masing. Karena itu tadi, tempat tinggalnya tidak memberikan cukup ruang untuk mereka belajar, bermain dan bereksplorasi.

Anak-anak bisa stress

Bukan hanya orang dewasa saja yang rentan terhadap stress loh?! Anak-anak juga memiliki kecenderungan yang sama, bisa stress. Nah, di booth Familia Urban inilah saya juga mendapatkan banyak penjelasan tentang ini, melalui sebuah acara bincang-bincang dengan tema "Pengaruh Tempat Tinggal terhadap Tumbuh Kembang Anak"


Familia Urban, Hunian Asri Ramah Anak Urban Di Bekasi Timur

Bertemu dengan bapak Teguh Suhanta, Manajer Realty Familia Urban yang memaparkan tentang hunian Familia Urban. Juga bertemu dengan seorang psikolog klinis Reynitta Poerwito, Bach. of Psych., M Psi dan Zata Ligouw, blogger kece yang juga editor in-chief Lolamagz.id


Familia Urban, Hunian Asri Ramah Anak Urban Di Bekasi Timur

Menurut bapak Teguh Suhanta, sebagai kawasan hunian, Familia Urban adalah kawasan yang ideal untuk mendukung tumbuh kembang anak. Karena selain di dominasi ruang terbuka, Familia Urban juga akan membangun sarana dan prasarana luar ruang maksimal yang dibutuhkan penghuni anak-anak seperti taman, lapangan, dan playground.


Di ungkapkan oleh Reynitta Poerwito, jika lingkungan tempat tinggal yang buruk memang dapat mempengaruhi besar kecilnya tekanan/stress yang di rasakan anak-anak. Tempat tinggal juga  memberikan pengaruh yang cukup besar pada perkembangan mental anak.



The Journal Psychomatics Medicine pernah menuliskan bahwa lingkungan yang buruk seumpek, dengan kualitas udara dan air yang bruk serta minim ruang terbuka hijau, memberi andil dalam peningkatan kortisol (hormon yang di lepaskan ketika seseorang sedang stress) hingga 75%, hormon yang juga di ketahui dapat menekan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan tekanan darah, dan gula darah.


Selain itu, pola asuh juga menentukan rentan atau tidaknya anak-anak terhadap stress. Orangtua di tuntut untuk peka mengenali anak-anaknya, ada tiga faktor penunjang kecerdasan dari orangtua yang perlu di pahami dalam mendidik anak yaitu:

1. Observasi Mengamati kegiatan anak yang dapat mengidentifikasi, bakat, potensi dan kecerdasan anak
2. Stimulus Memberi kesempatan anak-anak untuk melakukan berbagai macam kegiatan yang di sukainya
3. Evaluasi, Menentukan dan menetapkan tidak lanjut apa saja yang perlu di lakukan dalam kegiatan anak

 Anak-anak yang sedang stress biasanya mengalami gejala:

  • Tidak percaya diri
  • Mudahcemas
  • Daya tangkap kurang
  • Sulit fokus
  • Cepat bosan
  • Sulit tidur
  • Tidak seimbang antara stimulus dan reaksi emosi.

Anak Perlu Banyak Bermain Di Luar Rumah

Familia Urban, Hunian Asri Ramah Anak Urban Di Bekasi Timur

Memberikan kesempatan anak-anak untuk sering bermain di luar rumah, adalah dilema tersendiri bagi orangtua urban. sebagai orangtua tentu ingin menciptakan kondidi yang minim stress bagi anak. Namun, selain karena lingkungan rumah yang tidak mendukung aktivitas anak, keamanan menjadi issue penting saat membiarkan anak bermain di luar rumah.

Saya merasakan sendiri bagaimana menjadi orangtua anak-anak urban kadang kala di hinggapi rasa paranoid, tidak bisa di pungkiri peningkatan kasus kekerasan dan kejahatan terhadap anak membuat orangtua ketar-ketir saat membebaskan anak bermain di luar rumah.

Namun, membatasi ruang gerak anak tentu juga akan menjadi masalah baru. Anak-anak perlu mengenal dunia luar agar hidupnya lebih seimbang. Membahas pengaruh lingkungan terhadap tumbuh kembang anak, di acara ini ada juga Zata Ligouw  yang mengungkapkan pengalamannya dalam mendidik anak-anaknya untuk terbiasa beraktivitas fisik di luar rumah.

Familia Urban, Hunian Asri Ramah Anak Urban Di Bekasi Timur

Sebagai ibu tiga anak, Zata Ligouw juga merasakan kekhawatiran yang sama dengan situasi dan kondisi lingkungan yang seringkali tidak aman untuk anak-anak. Padahal beraktivitas di luar rumah, membuat saraf motorik dan daya kreativitas anak berkembang lebih maksimal, kemapuan sosial dan komunikasi juga terasah lebih baik pada anak-anak yang terbiasa bermain di luar rumah. 

Melihat adanya kebutuhan untuk memiliki hunian yang memililiki cukup halaman, dan lingkungan ramah anak ini lah Familia Urban menjawab. Tinggal di Familia Urban penghuni akan mendapatkan lingkungan tempat tinggal yang sesungguhnya, bersatu dengan alam, menikmati banyak fasilitas ruang terbuka hijau, jalur pedestrian yang aman. Anak-anak bebas bermain dan beraktivitas di luar rumah tanpa perlu rasa takut, karena Familia Urban juga di lengkapi dengan sistem keamanan yang memberi perlindungan bagi penghuninya.

Yang menarik, dengan fasilitas dan konsep yang mumpuni harga rumah di Familia Urban mulai di rilis dari Rp460 jutaan. Perumahan ini dapat di akses melalui empat akses tol yaitu Jati Asih, Bekasi barat, Bekasi Timur, dan Tambun. Selain di Bekasi PT Timah Karya Persada Properti juga memiliki proyek lainnya yang juga berada di aset tanah milik PT Timah, di antaranya di Payon Ponca yang berada di Pondok Cabe-Cireundeu, Payon Kaladia di Kelapa Dua dan  Kawasan Industri Berikat Yogyakarta (rencana) 

Jadi gimana? Rasanya Pingin pindah deh ke Familia Urban aja deh nih, selain untuk tempat tinggal, oke juga untuk investasi yaa, mengingat daerah Bekasi kan daerah pemukiman yang menjadi incaran kaum urban Jakarta, nilainya pasti akan terus naik setiap tahun. 

Oiya, apakah hunian di Familia Urban adalah hunia impian sahabat daring? Kalau iya melipirlah ke Indonesia Property Expo, banyak bonus dan promo menarik selama pameran, saat saya kesana katanya sudah ada 22 unit yang di booking, wih banyak yaa, bisa jadi calon tetangga tuh!

Jika ingin mendapatkan informasi lebih lengkap, meluncur saja langsung ke marketing gallery dan proyek perumahan Familia Urban yang berada di

Jl. Mandor Demong
Kelurahan Mustikasari
Kecamatan Mustikajaya
Kota Bekasi. 
Telepon: 0813 1777 1171

update juga informasi tentang Familia Urban di
Facebook: @familiaurban
Twitter: @familia_urban
Instagram: @familia_urban_official

 

15 comments

  1. Oo.. jadi beneran ya anak usahanya PT Timah. Kemarin lewat diaitu pas mau ke cikarang

    ReplyDelete
  2. Anak2 emang harus cukup punya ruang, enaknya kalau perumahan punya RTH yang ramah anak2. Apalagi anak2 kinestetik yang senengnya gerak2, pasti stres kalo di rumah terus.

    ReplyDelete
  3. Ahhh keren banget ya konsep perumahannya... Kawasan Bekasi Timur sekarang memang banyak perumahan dengan konsep unik. Mudah-mudahan saya dimudahkan rezeki biar bisa investasi di sana yaaa #Aminnnn :)

    ReplyDelete
  4. Wow memang ya boothnya cakep bener dan unik. Pantesan mba Nunu juga tercuri perhatiannya di booth ini. Aku juga kalau milih perumahan nyari yang memang ramah anak mba. Dan kayaknya kalau ada rejeki pengen punya familia urban. Soalnya ya ruang terbuka hijaunya juga ada ya mba. Jadi anak bebas main main

    ReplyDelete
  5. Suka nih konsepnya jarang bngt perumahan kyk gini.. cocok utk investasi mudah2an bisa ambil ya..

    ReplyDelete
  6. Luas banget Familia Urban ini 15 hektar. Nah konsep clusternya ramah anak deh ruang terbuka. Jadi anak2 bebas bermain ga stress dong ya. Orangtua jg bs ngadain gathering dg nyaman �� Hunian ompian masa depan nih.

    ReplyDelete
  7. Wkwk jangan-jangan prediksi nunu bener tuh soal setting antariksa. Tapi Bekasi sekarang berkembang pesat sekali memang

    ReplyDelete
  8. saya suka dengan konsep ruang terbuka hijau yang luas jadi lingkungannya adem, lihat banyak pepohonan juga bisa segar apalagi ada fasilitas lainnya yang bikin betah tinggal di perumahan ini

    ReplyDelete
  9. Ternyata Bekasi masih diminati sebagai lokasi perumahan ya, mungkin karena akses ke mana-mana gampang, asik banget deket tol

    ReplyDelete
  10. Sempat berminat utk nyari rumah sbg investasi di kawasan Bekasi tp maju mundur karena Bekasi terkenal panas dan macet. Tp setelah baca ulasan ini, jd pengn punya investasi rmh di kawasan Timur Bekasi

    ReplyDelete
  11. Konsepnya cakep banget ya mbak. Makanya dinamai familia urban, sebab ditujukan untuk mendukung kesehatan keluarga, terutama anak anak ya. Jadi kawasan ramah anak

    ReplyDelete
  12. Kebayang hunian dengan banyak ruang hijau gini.. pasti enak banget bisa nikmatin setiap saat.. konsepnya menarik banget deh mbak

    ReplyDelete
  13. Konsep booth nya cakep mba, ilustrasi ruang angkasa gitu aku suka. Ini konsep Famili Urbannya juga keren, tempat tinggal nyaman, nuansa komplek tapi hidup sosial juga nggak ditinggalkan, ada ruang terbuka anak anak juga,

    ReplyDelete
  14. Siapapun pastinya pengen memiliki hunian yg nyaman. Hunian ini udah termasuk nyaman sih mbak. Mupeng sama huniannya, nabung2 dulu deh. Doain ya terwujud ��

    ReplyDelete
  15. Waaahhh ini hunian yang cocok buat keluarga dengan anak2 yang masih kecil ya mbak?
    Juga buat interaksi antar penghuni jg bagus yaaaa denah lokasi huniannya...

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.