Sama-sama Dibandrol di Harga 4,5 Jutaan, Xiaomi Pocophone F1 VS OPPO F9 Mana Yang Lebih Unggul?

  Sama-sama Dibandrol di Harga 4,5 Jutaan, Xiaomi Pocophone F1 VS OPPO F9 Mana Yang Lebih Unggul?


Holla sahabat daring, sudah pada tahu belum kalau Xiaomi baru saja merilis smartphone terbarunya nih. Dan masih dengan strategi yang sama, Xiaomi menawarkan smartphone dengan harga yang murah.



Setelah rilis di India, smartphone terbaru Xiaomi ini rilis di Indonesia di akhir Agustus kemarin. Diberi nama Pocophone F1, Xiaomi mengklaim perangkat terbarunya ini punya banyak kelebihan dibandingkan smartphone lainnya. Tapi apakah benar klaim dari Xiaomi tersebut? Kuy lah langsung aja yuk kita lihat perbandingan spesifikasi Xiaomi Pocophone F1 dengan smartphone yang sama-sama dirilis hampir bersamaan; yaitu OPPO F9.

  Sama-sama Dibandrol di Harga 4,5 Jutaan, Xiaomi Pocophone F1 VS OPPO F9 Mana Yang Lebih Unggul?

Langsung aja yah, Xiaomi Pocophone F1 resmi dibadrol dengan harga RP.4,5 jutaan untuk yang berkapasitas RAM 6GB dan memori internal 64GB dengan OS Android 8.1 alias Oreo. Kabarnya Pocophone F1 menitikberatkan pada peforma bukan pada fitur-fitur pelengkap, dan sayangnya demi mendapatkan performa yang baik, Pocophone F1 malah mengorbankan beberapa sektor. Contoh beberapa sektor yang dikorbankan oleh Pocophone F1 antara lain adalah bodi Pocophone yang hanya terbalut plastik, padahal untuk smartphone yang seharga Rp.4 jutaan umumnya sudah dilapisi metal berbalut kaca. Untuk bentang layarnya, Pocophone F1 punya luas 6,18 inchi dengan rasio layar ke body 82,2 persen, artinya Pocophone F1 masih punya notch yang cukup besar.

  Sama-sama Dibandrol di Harga 4,5 Jutaan, Xiaomi Pocophone F1 VS OPPO F9 Mana Yang Lebih Unggul?

Lanjut untuk sektor dayanya, baterai berdaya 4000 mAH disematkan pada Pocophone F1 ini. Bisa dibilang ukuran yang standar untuk smartphone level mid range. Lalu bagaimana dengan kualitas kameranya? Pocophone F1 menawarkan kamera ganda pada kamera utamanya, keduanya masing-masing beresolusi 12MP dan 5MP. Sedangkan untuk kamera selfienya memiliki resolusi 20MP.

  Sama-sama Dibandrol di Harga 4,5 Jutaan, Xiaomi Pocophone F1 VS OPPO F9 Mana Yang Lebih Unggul?

Secara keseluruhan spesifikasi yang ditawarkan oleh Pocophone bisa dibilang standar untuk smartphone seharga Rp.4 jutaan, sayangnya untuk desain dan balutan body serta keamanan layar tidak terlalu diperhatikan oleh Xiaomi. Coba kita bandingkan dengan smartphone yang memiliki harga yang tidak berbeda jauh dari Pocophone, yaitu OPPO F9 6GB. Pertama, dari sisi desainnya, OPPO F9 punya desain yang lebih unik dan catchy. Bentang layarnya 6,3 inchi dengan rasio body ke layar 90,8 persen.


Notch yang adapun sangat kecil, hanya mengambil bagian sebesar kamera depan saja. Nah, desain ini dinamakan Waterdrop Screen. Untuk sisi keamanannya pun sudah lebih baik, karena layarnya sudah dilapisi oleh Gorilla Glass 6, yang mampu menahan benturan karena terjatuh dari ketinggian pada lantai yang keras. Untuk bodynya pun, OPPO F9 sudah dibalut dengan metal dan polycarbonat yang lebih kokoh sehingga memaksimalkan perlindungan untuk perangkat ini.


Lanjut ke perbandingan performanya, walau sama-sama menjalankan OS Android Oreo 8.1, dan RAM sebesar 6GB. Dengan begini, OPPO F9 bisa lebih lancar baik dalam multitasking atau bermain game berat sekalipun. Baterainya? OPPO F9 memang memiliki daya baterai yang lebih kecil, yaitu sebesar 3500 mAh, tapi OPPO F9 memiliki VOOC Flash Charge yang bikin proses pengisian daya jadi jauh lebih cepat. Dengan VOOC Flash Charge, bikin OPPO F9 bisa dipakai telepon 2 jam hanya dengan 5 menit pengisian daya. VOOC Flash Charge juga diklaim sangat aman, karena memiliki 5 level pengamanan, yang bikin perangkat ngga cepat panas saat proses pengisian daya.


OPPO yang terkenal dengan tagline nya sebagai Selfie Expert juga sangat serius menggarap sektor kamera di OPPO F9 nya. OPPO F9 punya dual kamera pada bagian belakangnya, dengan resolusi masing-masing 16MP dan 2MP. Sedangkan untuk kamera selfienya memiliki resolusi 25MP, dan seluruhnya dilengkapi dengan teknologi AI terbaru yang mampu menyempurnakan hasil foto. Kalau dari sisi kamera sepertinya OPPO F9 unggul daripada Pocophone F1 nih. Xiaomi Pocophone F1 dan OPPO F9 sama-sama memiliki harga yang tidak berbeda jauh, spesifikasi juga memang tidak jauh berbeda, namun secara keseluruhan OPPO F9 lebih unggul dalam hal desainnya yang unik, VOOC flash Charge yang membantu pengisian daya jadi lebih cepat serta kameranya yang lebih mumpuni. Nah, kalau sahabat daring punya budget Rp.4,5 juta, smartphone mana yang bakal kamu beli nih?

No comments

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.