Cara Mudah memilih Nama Untuk Blog

Cara Mudah memilih Nama Untuk Blog


Apalah Arti Sebuah Nama"

Ungkapan yang udah hapal dan sering banget di dengar ya. Apalah arti sebuah nama, bisa jadi memang tak begitu penting. Tapi jika berhubungan dengan nama blog, ternyata ini merupakan sesuatu yang penting. Karena ketika berpikir untuk memulai sebuah blog, hal yang pertama harus di lakukan adalah mulai memikirkan. Hmmm, apa nama blognya yaa?

Membangun sebuah blog, bisa di bilang sebelas dua belas sama ibu melahirkan, memberi nama dan tentu merawatnya. Dan, memilih nama adalah hal yang lumayan cukup sulit saya lakukan saat memulakan blog ini.

Blog saya ini sebenarnya sudah sempat beberapa kali ganti nama. Tidak yakin dengan namanya, saya sampai lupa nama apa aja nama yang pernah di pakai. Seingat saya ada yang namanya Simpel moms, Around Me, Extra ordinary apaa gitu hahaa banyak banget, untungnya waktu itu belum banyak yang baca blognya, jadi nggak begitu keliatan kalau sering ganti nama.

MEMILIH NAMA BLOG YANG BAIK ITU PENTING

Memilih nama blog, adalah sebuah keputusan penting karena nama yang oke bisa membuat perbedaan antara jutaan nama lain yang bejibun di mesin pencarian google. Menurut yang pernah saya baca, ketika nama blog tidak terdengar profesional, maka sedikit banyak akan memberi pengaruh pada kesuksesan blog.

Apa yang harus dilakukan jika kita galau dan dilema memilih nama blog

Pada dasarnya nama blog secara umum memberi gambaran kepada orang-orang yang membaca blog kita tentang tentang seperti apa penulis dan isi blog nantinya. Jika blog di beri nama sesuatu seperti “My Diary” sudah terbaca deh isinya tentang keseharian, atau "Beauty" ya berarti tentang kecantikan.

Jutaan nama blog beredar di mesin pencari. Dan, karena pilihan nama blog yang sebenarnya sudah sreg di hati ternyata sudah ada yang punya, gagal terus deh memilih nama yang pas. Nah, inilah salah satu kendala pemilihan nama blog saat ini, ketersediaan nama semakin berkurang. perlu kreatifitas untuk di kembangkan, rata-rata sudah ada yang punya, duh! Macam gebetan aja yak.

BAGAIMANA MEMBUAT NAMA BLOG YANG BAIK


Ini juga tricky yaa, rasanya lebih mudah memberi nama untuk anak sendiri. Sebenarnya seperti apa yaa trik memilih nama blog yang baik.

Saya dulu mencari informasi soal pemilihan nama blog. Nah, katanya saat memilih nama blog yang bagus ada baiknya perhatikan beberapa hal ini:

1. Memiliki aliterasi atau mudah disingkat. Aliterasi adalah salah satu bentuk majas yang memanfaatkan kata awalan atau akhiran nya sama bunyi. Ini biasanya cocok kalau misalnya nama kita dengan nama blog yang di inginkan memiliki kesamaan misalnya "Riri Diary" "Funny Enny" atau "Beauty Sity"

Emang nggak perlu terlalu banget harus kayak gitu, nggak harus nama sendiri, bisa juga kalimat atau yang lainnya. Nama blog seperti ini sangat membantu, dan terkesan sebagai nama blog yang bagus dan gampang di ingat. Sayangnya nama saya nggak punya pasangan aliterasi yang cucok, aliterasi yang saya sukapun sudah ada yang punya, ihiyy.
2. Pilih nama blog yang singkat dan sederhana, kombinasi nama dengan kalimat yang sesuai dengan tema blog. Misalnya Dunia Nunu, Kata Nunu, dan lain-lain
3. Nama Blog yang memiliki relevansi dengan isi blog, seperti Tentang Kereta, Pejalan Sore dan lain-lain
4. Menghemat waktu dan tidak perlu pusing, ya gunakan nama sendiri baik nama asli ataupun nama pena.
Iyes, yang terakhir ini akhirnya yang saya pilih. Paling aman banget soalnya.

Sebenarnya nama Nunu Halimi ya nama pena. Karena kalau pakai nama asli, banyak sekali penggunanya, Nurjannah. Hmmm meskipun artinya bagus banget yaa, Cahaya Surga, tetapi terlalu umum, pasaran di mesin pencari Indonesia, namanya juga kurang terdengar komersil, hahaa.

Nama blog Nunu mengikuti nama panggilan saya. Dan, Halimi adalah nama (alm) abah saya sebagai bentuk penghormatan dan pengingat pada beliau, seseorang yang memiliki pengaruh besar pada perjalanan hidup saya. Selain itu ide awal nama ini sebenarnya untuk memberitahu pembaca juga bahwa saya menulis blog untuk hal yang simpel dan mudah dimengerti. Jadi nggak banyak buang waktu juga pilih-pilih nama.

Senangnya lagi, menggunakan nama blog dengan nama sendiri juga memiliki kelebihan lain loh, yaitu:
  • Asli, orisinil, unik, dan jarang ada di mesin pencari. 
  • Fleksibel, mudah di bentuk ke ragam niche (topik tertentu) termasuk untuk menulis campur-campur, gado-gado atau lifestyle 
  • Pembaca blog akan mengenal kita lebih cepat.
Jadi buat yang ingin membangun blog, dan bingung memilih nama, atau namanya terlalu pasaran, cara saya memberi nama mungkin bisa di coba, agar terdengar berbeda, daripada mengada-ada nama blog yang aneh-aneh juga ya kaann?! Dan yang paling terpenting dari sebuah nama blog, pada akhirnya tiada lain dan bukan adalah mengisinya dengan konten yang apik, menarik, dan konsisten.

No comments

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.