Jadi Enterpreneur Sukses Always Glowing In Ala Futri Zulya, Founder ZGlow Clinic Skincare

Menjadi enterpreneur adalah sebuah lompatan besar. Terlebih untuk Ibu rumah tangga, emak-emak, mamah-mamah, ummi-ummi yang 24/7 waktunya di dedikasikan untuk urusan rumah tangga. Bergumul dengan segudang aktivitas domestik, urusan anak-anak, dan suami.

Sebagai ibu terasa sekali, hidup bukan semata milik sendiri. Merawat anak-anak dan segala tetek bangek rutinitas harian bisa sangat menyenangkan, menyebalkan, membosankan sekaligus menantang.

Rasanya nggak habis-habis. Aaada aajja yang harus di kerjakan. Pastinya akan lebih jumpalitan, sulit untuk menemukan waktu dan tenaga ekstra jika di tambah dengan memulai bisnis, membuka usaha sendiri.

Yup, itulah salah satu perangkap pikiran yang di biarkan jatuh ketika perempuan, ibu rumah tangga memutuskan bertransformasi menjadi seorang enterpreneur atau wirausaha.

Saya merasakan sendiri bagaimana maju mundur soal ini layaknya batu sandungan yang keras sekali di singkirkan. Ya, tidak heran jika semakin hari angan menjadi wirausaha jauh panggang dari api, entah kapan matangnya.

Saya juga yakin bukan hanya saya, banyak ibu-ibu lain yang punya semangat dan cita-cita besar, bisa punya usaha sendiri, baik itu berupa UKM, atau toko yang menjual produk dan jasa. Tetapi, begitu membayangkan beratnya effort yang harus di keluarkan, kemungkinan besar banyak yang berguguran dan  menyerah.

Nah, poin inilah yang hari jum'at lalu saya dapatkan pencerahannya dari seorang pengusaha perempuan, ibu muda cantik yang sukses membangun usaha di bidang kecantikan namanya, Futri Zulya, S Mn M.Bus. Founder & CEO dari PT. BMI (Batin Medika Indonesia) perusahaan yang menggawangi beberapa usaha kecantikan di antaranya: ZGlow Clinic Skincare, yang melayani jasa perawatan kecantikan, Z Academy Beauty & Training pusat pendidikan dan training center kecantikan, juga ZBeauty, pioneer layanan berbasis aplikasi untuk home service (panggilan kerumah) treatment professional perawatan kecantikan.



Dalam acara bertajuk #ZWoman Talk "Inspiring Beauty' yang di gelar di kantor PT BMI. Banyak insight dan wawasan saya dapatkan dari Futri Zulya. Inspirasi, cerita, pemikiran, dan perjuangan membangun usahanya perlu di tiru dan di terapkan oleh siapa saja yang ingin sukses.

Di usianya yang baru 30 tahun, Futri Zulya terbilang brilian dengan pencapaiannya. Memulai bisnis di usia 23 tahun, 7 tahun lebih beliau meniti jalan sukses. Jadi meskipun masih muda, pengalaman usahanya sudah teruji.

Jadi Enterpreneur Sukses Always Glowing In Ala Futri Zulya, Founder ZGlow Clinic Skincare

Memiliki goals bebas finansial di usia 40 tahun adalah dorongan utama Futri Zulya menjalankan bisnis. Dan,bicara soal goals, ternyata ini adalah salah satu hal yang sering luput di perhatikan oleh banyak perempuan.  Perempuan terutama ibu-ibu, seringkali menggantungkan harapan kepada suami dan anak serta menjalani hidup tanpa goals untuk dirinya sendiri.


Jadi Enterpreneur Sukses Always Glowing In Ala Futri Zulya, Founder ZGlow Clinic Skincare

Benar dan memang mulia adanya ketika ibu mengabdikan diri sepenuhnya untuk rumah tangga, berkarir di ranah domestik.

Namun tidak ada ruginya, bahkan banyak sekali keuntungannya jika ibu-ibu, perempuan juga bisa eksis di ranah umum, mengembangkan diri ke tingkatan dengan jangkauan yang lebih luas.

Karena sejatinya ini adalah hal yang natural, mengingat sebagai perempuan kita di berikan kemampuan yang lebih baik dalam melakukan banyak peran, mampu multi tasking, bisa mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Mestinya ini bukan hal yang sulit di jalani.

Dan pilihan menjadi enterpreneur adalah tepat untuk perempuan, jumlah populasi kaum perempuan lebih banyak, pasarnya menjanjikan, dan negara kita masih banyak sekali butuh enterpreneur untuk menopang kemajuan ekonomi bangsa.

Enterpreneur dan Revolusi Industri 4.0

Sebagai perempuan zaman now kita patut bersyukur, mengalami kondisi yang jauh berbeda dengan perempuan pada zaman dahulu. Dengan berbagai macam kemudahan dan previlege, saat ini kita berada di era revolusi Industri di fase ke empat, atau revolusi Industri 4.0, sebuah era yang di tandai dengan keberadaan kecerdasan buatan, atau artificial intelligent

Berbagai rekayasa genetik, inovasi, arus informasi, dan perubahan yang sangat cepat terjadi. Di sebut juga sebagai era super komputer, siapa yang asing dengan perangkat ini? rasanya tidak ada ya.

Semua orang saat ini bahkan memiliki komputer masing-masing di gengamannya, smartphone canggih yang menjelma layaknya asisten pribadi, perangkat cerdas yang mampu melayani berbagai kebutuhan tanpa harus bersusah payah. Aneka keperluan  transaksi keuangan, transportasi, belanja, makan-makan dan masih banyak lagi, apapun bisa di lakukan dengan cepat di era Revolusi Industri 4.0

Jadi Enterpreneur Sukses Always Glowing In Ala Futri Zulya, Founder ZGlow Clinic Skincare

Menurut paparan Futri Zulya, era revolusi Industri 4.0 memberikan banyak tantangan, kehadiran berbagai perangkat teknologi, memang sering di anggap sebagai disruptive technology  teknologi yang mengguncang, karena bisa sangat cepat menggilas usaha-usaha dan bisnis yang tidak sinergis dengan perubahan, meskipun sudah eksis sejak lama.

Namun demikian, era revolusi Indutri 4.0 menghadirkan banyak usaha, pekerjaan baru yang dahulu tidak ada dan tidak terbayangkan sebelumnya, seperti pembuat aplikasi, content writer, digital marketing, gamer, social media specialist officer, make-up artist, online shop, e-commerce, budget airline, air BnB, driver Gojek/Grab, Blogger, Vlogger, Youtuber, Influencer, dan lainnya

Peluang Enterpreneur Perempuan di Era Revolusi Industri 4.0

Dalam fase revolusi industri 4.0 ini bukan soal seberapa lama, seberapa kuat, atau seberapa banyak modal yang kita miliki. Tapi ini adalah tentang  kesigapan mengambil peluang, bagaimana menjadi inovatif, adaptif, kreatifnya  seseorang mengemas kesempatan. Dan kesempatan itu banyak terbuka lebar untuk perempuan.

Perempuan bisa mendapatkan banyak peluang di era Revolusi revolusi Industri 4.0. Ini di sebabkan karena Revolusi Industri  4.0 ini memberikan;
  • Banyak kemudahan 
  • Beragam jenis usaha baru
  • Bisa mulai dari rumah dan di kerjakan di rumah, membuat start-up tanpa harus memiliki kantor 
  • Tidak harus punya modal banyak
  • Bisa di kerjakan sendiri, tanpa memiliki team
  • Pengelolaan resiko yang lebih baik, dan
  • Waktu yang lebih fleksibel

Iya banget sih ya, sebagai blogger yang turut ambil bagian pada era Revolusi Industri 4.0 ini saya merasakan, memang sangat membahagiakan, bekerja dari rumah, mendapatkan penghasilan namun tetap bisa mengasuh anak-anak dan mengurus rumah.

Menyinggung soal bisnis dan usaha. Futri Zulya juga mengatakan jika setiap orang memiliki kesempatan yang sama. Yang paling terpenting adalah menemukan potensi dan maksimalkan apa yang di miliki.

Modal dan lainnya bukan permasalahan utama. latar belakang pendidikan, juga tidak bisa menjadi tolak ukur. Yang terpenting dari semua itu adalah mau bersikap dan mengambil action layaknya seorang enterpreneur.

Seperti apa sih sikap seorang enterpreneur?

Nah, ini, noted yang harus di garis merah untuk ibu-ibu perempuan yang ingin sukses. 
Menjadi enterpreneur adalah bukan semata mengelola usaha. Lebih dari itu, ini adalah tentang mental. Seorang enterpereneur harus memiliki mental tangguh yang selalu siap action dengan sikap manajemen juga leadership atau kepemimpinan yang kuat. Lembut tetapi tegas dan berprinsip.

Kodrat perempuan memiliki hati yang lembut, tidak tegaan, mudah iba, kasihan. Ini kelebihan yang kadang bisa menjadi kekurangan bagi seorang enterpreneur. 

Seorang enterpreneur, penting untuk memanage perasaan dan memisahkan emosi antara wilayah usaha dengan pribadi. Rugi, di tipu, di curangi, di khianati, di bohongi adalah hal yang biasa terjadi dalam bisnis. Harus bersiap dengan segala kemungkinan.

Jadi Enterpreneur Sukses Always Glowing In Ala Futri Zulya, Founder ZGlow Clinic Skincare

Kelola emosi dengan semangat leadership jika menemui persoalan, koreksi dan evaluasi persoalan yang terjadi, dan satu hal lagi tetap perlakukan orang-orang yang melakukan hal tidak baik terhadap kita dengan cara yang baik, bahkan lebih baik. 

Berbesar hati dan berlapang dada, lalu lupakan, buka lembaran baru. Jangan berharap sukses jika di dalam diri terpendam energi negatif.

Menjadi Enterpreneur Bermula Dari Hobi

Menurut panel Study of Enterpreneurial, 26% orang sukses memulai usaha dan berhasil karena hobi. Banyak contohnya, Bill Gates manusia terkaya, memulai usaha Microsoft karena kecintaannya pada komputer, pun dengan (alm) Steve Jobs yang senang mengotak-atik komputer, masih banyak nama-nama lain orang terkaya di dunia memulai usaha dari hobi.

Perempuan juga bisa banget memulai usaha dari hobi, seperti Futri Zulya yang memiliki kecintaan dan passion besar pada dunia kecantikan, perawatan dan hias menghias, dekorasi ala-ala.

Jadi Enterpreneur Sukses Always Glowing In Ala Futri Zulya, Founder ZGlow Clinic Skincare

Futri Zulya ini  suka sekali dengan semua hal tentang kecantikan. Macam-macam produk kecantikan selalu menarik perhatian dan penasaran di cobanya. Pun demikian dengan perawatan kulit, keluar masuk klinik kecantikan untuk mencoba berbagai perawatan adalah hal yang biasa di lakukan, hingga kemudian berpikir mengapa tidak mencoba bisnis kecantikannya sendiri.

Meskipun begitu, sukses bukan usaha satu malam. Passion saja belum cukup. Ada beberapa tips penting juga nih dari Futri Zulya yang bisa di terapkan jika ingin sukses di antaranya:
  1. Berpikir terbuka, open minded, peka dan update dengan segala perkembangan dan perubahan yang terjadi, terutama yang terkait dengan teknologi
  2. Kerja keras, sungguh-sungguh, pantang menyerah. Gagal. bangkit, coba lagi.
  3. Imajinasi sama dengan realisasi. Saat memiliki usaha, perempuan biasanya memiliki keinginan, angan-angan. Berimajinasi usahanya mau begini, begitu, rencana A, B, C, D dan seterusnya. Nah, ini jangan sampai menguap menjadi wacana. Ambil langkah, bertindak, realisasikan!
  4. Tidak over achiever, terlalu ambisius dengan ekspektasi terlalu tinggi. Wajar memang berharap, namanya usaha ya maunya untung, tapi pengharapan yang berlebihan akan tidak sehat untuk bisnis.
  5. Fokus, fokus, fokus. Bangun visi jangka panjang. Kurangi aktivitas yang tidak memiliki relevansi dengan usaha yang kita jalani seperti ngopi-ngopi, hangout, nongkrong, kongkow yang tidak berfaedah.
  6. Jalin relasi dengan circle dan lingkungan pertemanan kepada mereka yang  memiliki kesamaan dengan usaha atau passion kita
  7. Optimis, jangan takut gagal, bisnis, berhasil dan atau kecewa adalah tiga hal yang tidak dapat di pisahkan. 
  8. Berdo'a serahkan semua hasilnya kepada sang maha pencipta
  9. Do what you love, love what you do
  10. Optimalkan penampilan, agar inner dan outer beauty juga autenthicity khas yang di miliki terpancar.
Poin terakhir, ini juga catatan banget yaa nggak sih!? Karena sadar nggak sadar, suka nggak suka, penampilan adalah koentji! 

Bukan semata tentang cantik atau rupawan. Ini adalah bagaimana kita perempuan memantaskan diri membangun kebiasaan baik agar mendapatkan penampilan yang menarik.

Semangati diri sendiri untuk menjaga penampilan, seperti misalnya konsisten dan rajin membersihkan muka aja salah satunya. Ayo!? Siapa yang suka moody an dan males-malesan bersihkan muka? Saya! Eh..

Wajah yang bersih terawat, akan terpancar glowing in, gimana gitu ya kaan?! Ini juga bagus,
karena kalau wajah bersih nggak perlu di apa-apain juga enak di lihat, apalagi kalau di make-up, maka akan menempel sempurna, tidak terkesan seperti memakai topeng. 

Oiya, Futri Zulya juga berbagi tips nih, bagaimana melakukan pembersihan muka yang baik.

Untuk sehari-hari idealnya lakukan double cleansing, menggunakan:
  • Make-up remover untuk pembersihan awal/make-up
  • Cleansing milk
  • Facial wash
  • Exfoliate berupa scrub atau peeling (dua hari sekali)
  • Masker (seminggu sekali)
  • Mosturizer berupa essence, serum atau cream
Selain itu, dalam perawatan kulit hal lain yang perlu di perhatikan adalah mengetahui tipe jenis kulit, menggunakan sunblock dan lakukan gaya hidup sehat, hindari stress, plus satu lagi lakukan deep cleansing setidaknya sebulan sekali dengan bantuan profesional. 

Salah satu tempat untuk perawatan deep cleansing  profesional bisa di lakukan di Zglow.

ZGlow Clinic Skincare


Yes, di acara ini Futri Zulya juga sedikit bercerita tentang salah satu bisnisnya, yaitu ZGlow Clinic, yang saat ini sudah ada di beberapa area. Di antaranya di Bintaro, dan yang baru saja opening di daerah Kemang. Serta coming soon akan hadir di Duren Sawit dan di Depok. Waahh asiik nih! Sebagai warga Depok kusenang!  

Zglow Clinic Skincare memiliki alat skincheck canggih yang bisa melihat dan menganalisa kondisi kulit dan mengetahui berbagai macam permasalahan kulit serta mencari solusi perawatan yang tepat sesuai masalah kulit tersebut.


Test kulit


Saya sempat lihat-lihat dan buka-buka brosurnya, banyak banget jenis perawatan yang ada di Zglow Clinic. Selain facial, ada juga berbagai treatment lain, seperti IPL, Laser Glowing, Dermapen, Filler, Oxygeneo untuk brightening dan anti aging, sampai HIFU (untuk meniruskan dan memperbaiki struktur wajah) ada di sini. Harga yang di tawarkan juga cukup affordable, paket-paketnya start di harga 270ribuan. Pun dengan harga paket produk perawatannya, terjangkau banget, Rp150 ribuan aja.

Jadi Enterpreneur Sukses Always Glowing In Ala Futri Zulya, Founder ZGlow Clinic Skincare

Jadi Enterpreneur Sukses Always Glowing In Ala Futri Zulya, Founder ZGlow Clinic Skincare

#ZWomanTalk "Inspiring Beauty" bersama Futri Zulya ini memang mencerahkan, bukan hanya pikiran tetapi juga wajah yes!

Saya yang pernah gagal berwirausaha jadi makin temotivasi untuk segera mengambil action, bangkit mulai usaha lagi.

Sebagai penutup acara ini, Futri Zulya juga berbagi tips cantik dengan membagikan skill make-upnya lewat demo make-up yang sesuai seperti yang di gunakannya.

Mengaplikasikan sapuan make-up natural, fresh, dan tidak terlalu berlebihan. Make-up Futri Zulia memang bikin saya penasaran sih sejak saat saya melihatnya memasuki ruangan, glowing banget!

Dengan model make-over mba Zata Ligouw, mama bogger idolaque. Hasil make-up ala Futri Zulya ini halus, dan harus banget deh di praktekkan.

Mungkin next post saya perlu coba yaa, membuat make-up look seperti ini, kecee kaann!?

Jadi Enterpreneur Sukses Always Glowing In Ala Futri Zulya, Founder ZGlow Clinic Skincare

Jadi Enterpreneur Sukses Always Glowing In Ala Futri Zulya,  semoga saja yaa. Aaminin duluu. Yang penting berani take action dulu nih!

Dan last but not least ada  satu pesan dari Futri Zulya, untuk perempuan di mana saja yang ingin naik level jadi enterpreneur..

You are More Powerful Than You Know  And Always Beautiful as You are










No comments

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.