Snack Time dengan Monde Boromon Cookies, Momen Spesial Membantu Motorik Anak

Hallo hai dear all sahabat daring, terutama untuk para moms. Apakabsnya nih?! Nggak terasa yaa, tahun ini segera berakhir! Sudah persiapan apa nih untuk tahun baru? Ready belum untuk satu tahun kegembiraan dan tantangan baru di tahun depan?

oiya,..Liburan kemana tahun baru ini?

Anak-anak saya yang usia ABG, mulai rame nih nanya-nanya urusan jalan-jalan tahun baru. Dan, masing-masing sudah punya destinasi sendiri. Mau kesana, kesini, kesitu, oalah!? Padahal dulu mah untuk hal-hal begini ngikut aja kemana orangtua pergi yah. Nggak terasa, mereka bukan anak kecil lagi.

Hmmm..memang ya, waktu cepat sekali berlalu. Terlebih jika melihat perkembangan dan pertumbuhan anak-anak. Ini kayaknya paling terasaaa banget!

Perasaan baru kemarin saya lahiran, eh sekarang yang paling kecil sudah usia tiga tahun aja. Kakaknya apalagi udah remaja. Dan tetiba terasa sudah tuaa'k, huhu..!

Mengenang hari-hari anak-anak dari baru lahir hingga masa balita, kemudian awal-awal mereka masuk taman kanak-kanak, lanjut sekolah dasar. Duh, bikin mellow! Kangen masa kecil mereka. Sering bertanya dalam hati "Aduh, nak kenapa kalian cepat besar sih!" Yahh, begitulah, cepatnya waktu yaa?!

Padahal, andai beneran terjadi. Anak-anak lama besarnya, tumbuhnya lambat, pasti parnonya bukan main ya!

Lah iya, kalau anak-anak nggak tumbuh dan berkembang dengan baik, orangtua mana yang tidak khawatir!

Memang saat memiliki anak, terutama ketika masih bayi dan usia balita. Ibu biasanya jadi lebih waspada, karena setiap hari ada saja petualangan baru dari yang menjengkelkan hingga yang menarik tentang anak-anak. Ibu mengurus dan mendidik anak, membuat mereka belajar dan lebih banyak tahu tentang dunia. Namun lebih dari itu sesungguhnya, ibu juga belajar. Mengalami hal serupa, tapi tak sama.

Betapa tidak, masing-masing anak sangat berbeda satu sama lain. Setiap hari di hadapkan oleh pemecahan masalah yang tidak sama jalan keluarnya. Saya membayangkan, andai satu persatu membawa manual book saat di lahirkan, tentu persoalan akan lebih mudah. Iyes, setiap anak tumbuh dan berkembang dengan pola dan kecepatan masing-masing. Andai sebuah produk, mereka memiliki hardware dan softwarennya sendiri-sendiri.

Termasuk si mbul Kian yang usianya saat ini sudah masuk fase tiga tahun, baru saja lepas tahap1000 hari pertama kehidupannya. Bayi yang sejak dalam perut hingga usia 6 bulanan ini anteng dan lebih banyak diam ini alhamdulillah sekarang tumbuh aktif, gesit, pecicilan.



Padahal dulu saya sempat kepikiran. Pendiamnya anak yang jarang nangis ini, yang tidak rewel, lebih banyak diam, dan tidak suka guling-guling mendatangkan banyak pertanyaan, apakah perkembangan motorik halus dan kasarnya berjalan dengan maksimal?

Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar, sebagaian besar atau seluruh anggota tubuh, yang dipengaruhi oleh usia, berat badan dan perkembangan anak secara fisik. Contoh kemampuan motorik kasar adalah menendang, duduk, berdiri, berjalan berlari, dan naik turun naik tangga.ontoh kemampuan motorik kasar adalah menendang, duduk, berdiri, berjalan berlari, dan naik turun naik tangga.

Motorik halus adalah pengorganisasian penggunaan sekelompok otot-otot kecil seperti jari-jemari dan tangan yang sering membutuhkan kecermatan dan koordinasi dengan tangan, keterampilan yang mencakup pemanfaatan menggunakan alat-alat untuk mengerjakan suatu objek .


Seperti kita sama-sama tahu kan ya perkembangan motorik bayi mengikuti jadwal yang relatif tetap di otak bayi. Sebuah gerakan kecil saja dapat memprediksi urutan bagaimana bayi mendapatkan keterampilan motorik baru.

Alhamdulillah, setelah tahap bisa tengkurap mbul juga menunjukkan salah satu tonggak motorik halus yang lebih awal adalah memasukkan bayi ke mulut dengan jari, dan mengeluarkan suara-suara khas bayi. Yup,  keterampilan motorik halus, gerakan yang menggunakan otot kecil di lengan dan tangan. Sebuah gerakan yang biasanya terlihat seperti gerakan yang lebih kecil dan lebih tepat.

Selain motorik halus, perkembangan lainnya juga kemudian menyusul. Kemampuan motorik kasarnya juga mulai terbentuk sejak usia 10 bulan adalah duduk. menendang, berdiri, berjalan berlari, dan naik turun naik tangga. Duh rasanya lega!

Pengalaman merawat empat balita, saya memahami dalam tahap tumbuh kembang anak satu hal yang perlu di garis bawahi oleh ibu adalah meyakini jika,..

Kemampuan motorik bukan balapan! 

Dulu sekali saat awal-awal punya bayi, saya tuh ya suka baper melihat anak orang lain yang perkembangan motoriknya lebih baik. Seiring waktu dan tambah anak, semakin paham bahwa ini hal yang normal sekali bagi bayi, ada yang mencapai setiap tahap lebih cepat atau lebih lambat dari yang lainnya.

Pada dasarnya setiap anak memiliki bawaan natural sesuai usia dan perkembangan otaknya, terutama pada kemampuan motorik halus dan kasar. Namun demikian, di perlukan stimulasi agar kemampuannya berjalan dengan maksimal.

Belajar dan bermain adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dalam menstimulasi perkembangan motorik kasar dan halus bayi. Beberapa jenis stimulasi yang bisa membantu membangun keterampilan motorik anak, antara lain dengan
  • Penglihatan
  • Pendengaran
  • Sentuhan
  • Bau 
  • Rasa
Setiap bayi baru lahir di bekali sensor, namun belum memiliki kemampuan sensor yang sempurna layaknya orang dewasa. Stimulasi Penglihatan, Pendengaran, Sentuhan, Bau dan Rasa akan mengaktifkan sensor terus berkembang seiring dengan perkembangan bayi tersebut. Sensor inilah yang akan mengirimkan sinyal dan menyampaikan informasi ke otak untuk melakukan kemampuan motorik baik kasar maupun halus.

Cara meningkatkan kemampuan motorik kasar dan halus bayi

Meskipun dunia bayi adalah duania bermain, jujur aja ya saya dan suami termasuk yang tidak terlalu royal membelikan mainan untuk anak-anak. Dan memang sebenarnya tidak perlu  harus dengan banyak mainan apalagi yang mahal untuk menangkap perhatian bayi.

Yang terpenting adalah tahu kapan moment yang tepat untuk memasukkan stimulasi motorik kasar dan halus pada balita. Beberapa hal kecil yang saya lakukan bahkan bisa berdampak besar pada kemajuan kemampuan motorik, di antaranya:

Sering-sering ajak bayi bicara, komunikasi, ngobrol, ngegosip juga bisa, haahaha. Intinya, banyak bicaralah sama bayi Ajukan pertanyaan dan tanggapi tingkah lakunya.

- Jelaskan apa yang saya lihat, dengar dan cium di sekitar rumah, di luar rumah, atau saat bepergian.

Ungkapkan kondisi keadaan dengan kalimat sederhana yang mengandung pujian dan suka cita, seperti cantik, ganteng, pintar

-  Mainkan suara, mimik atau ekspresi wajah semaksimal mungkin untuk dapat mengkomunikasikan ide dan emosi, tertawa, menangis

Mainan sederhana saja yang penting ada unsur warna-warni, boneka dan atau yang membuat suara

- Bebaskan bereksplorasi dengan pengawasan

- Mainan dengan pegangan, untuk melatih kekuatan tangan dan koordinasi seperti bola lembut atau balok lego

Jadwalkan membacakan buku khusus balita agar lebih banyak kata-kata yang di dengar dan bisa di serapnya.

Membiasakan dan mencontohkan untuk melakukan keperluannya sendiri, seperti  menggosok gigi, membuka celana, memakai baju, sepatu sendiri, dan makan sendiri.
Snack time, waktu cemal-cemil. Nah, ini ternyata penting juga loh


Snack Time, Hadirkan Momen Spesial Stimulus Motorik Anak

Ternyata mengoptimalkan waktu camilan dengan camilan yang tepat tentunya yaa, berpengaruh dalam meningkatkan nutrisi dan kesehatan anak. menumbuhkan pengembangan rasa sehat. Ajarkan kebiasaan camilan yang sehat sejak dini.

Gali ide dan resep kudapan sehat dan sehat. Waktu kudapan adalah kesempatan untuk memperkenalkan anak  makanan selain makanan berat, dengan lebih banyak bervariasi dan sehat. Meningkatkan jumlah vitamin dan nutrisi dalam dietnya, dan mempertahankan energinya sehingga ia dapat bermain, menjelajah serta belajar.

Ide Snack time untuk anak

Banyak Ide Snack favorit, yang cocok untuk snack time anak-anak. Buah segar seperti pisang, apel, pir, persik, jeruk, jeruk, mangga, semangka, melon, kue, puding dan lain-lain. Yang penting makanannya aman dan jika mudah busuk disimpan di lemari es atau disimpan di dalam pendingin.

Tawarkan makanan yang sesuai dalam hal tekstur, ukuran, dan bentuk untuk kemampuan anak. Hindari makan sambil merangkak, berjalan, berlari, atau duduk di kereta dorong yang bergerak, karena dapat menimbulkan bahaya tersedak. Duduk dan nikmati camilan bersama

Dimulai sekitar sembilan bulan, bayi idealnya harus makan dua hingga tiga camilan bergizi (di samping tiga makanan seimbang) Ide lain pilih-pilih variasi cemilan dalam bentuk kemasan. Nah, soal ini pasti ibu-ibu bingung ya! Adakah cemilan kemasan yang pas untuk ide Snack Time anak. Ada dong?! Ini nih Monde Boromon Cookies.

Monde Boromon Cookies Snack Spesial membantu Stimulus Motorik Anak

Monde Boromon Cookies adalah salah satu cemilan untuk anak. Nyemil Monde Boromon Cookiesmemiliki dua manfaat yakni pertama terkait motorik dimana si kecil makan dengan tangannya sendiri dan kedua adalah tambahan asupan nutrisi selain makanan pokok.

Kenapa Monde Boromon Cookies? 

Di kemas dalam karton boks, yang di dalamnya terdiri dari beberapa bungkus plastik. Monde Boromon Cookies melatih motorik, bisa untuk sekalian belajar berhitung, bentuknya yang bulat seperti kelereng melatih kemampuan mengenggam dan meraih benda kecil yang terlatih, tidak berceceran dan berantakkan.


Monde Boromon Cookies juga pas di bawa sebagai bekal cemilan perjalanan, agar anak tidak cepat bosan, mudah bosan dan cranky di jalan. Dan yang paling senang adalah Monde Boromon Cookies kandungannya memiliki banyak kelebihan di antaranya:
  • Bebas gluten, terbuat dari tepung kentang bukan tepung terigu. Karena bebas glutenTepung kentang lebih mudah dicerna perut.
    Gluten merupakan salah satu jenis protein yang biasanya terkandung di dalam ditemukan dalam biji-bijian termasuk gandum, gandum hitam, atau yang terdapat dalam tepung terigu. Makanan yang memiliki kemasan bertuliskan gluten-free atau bebas gluten berarti makanan tersebut tidak mengandung protein gluten. Gluten di klaim dapat menyebabkan Celiac disease atau penyakit Celiac, yaitu  kondisi di mana pencernaan bereaksi secara berlebihan saat mengonsumsi gluten. 

  • Mengandung manfaat madu dan minyak ikan.
Bukan hal aneh lagi, jika kita mendengar camilan anak-anak jauh dari kandungan manfaat, mengandung pengawet dan zat tamnbahan lainnya. Monde Boromon Cookies berbeda, tiap butirannya mengandung manfaat madu dan minyak ikan yang terbukti baik di konsumsi, mengandung 3mg omega-3 dan 3mg DHA/saji.
  • Memiliki tekstur yang lembut dan meleleh di mulut. Tekstur 
Monde Boromon Cookies rasanya empuk renyah tidak keras mudah di cerna, cepat hancur rasanya juga enak. Manisnya pas tidak terlalu manis tapi di sukai anak-anak.

Cocok untuk anak usia 1-5 tahun. Kemasan box isi 120gram terdiri dari 6 plastik dengan isi 20gram per plastiknya sehingga kukis yang belum dimakan terjaga tetap fresh. Monde Boromon Cookies juga sudah terdaftar di BPOM RI dan teregister halal oleh MUI.




No comments

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.