Sun Life Resolution Run 2019: Momentum Langkah Awal Wujudkan Resolusi Hidup Sehat

Sun Life Resolution Run 2019: Momentum Langkah Awal Wujudkan Resolusi Hidup Sehat


Masih terbawa keceriaan musim liburan awal tahun baru. Saat seperti ini biasanya khas dengan kebiasaan membuat resolusi. Siapa nih di antara sahabat daring yang telah membuat resolusi tahun ini?

Saya alhamdulillah, meski belum tuntas, tetapi sudah ada lah beberapa gambaran resolusi tahun 2019 ini. Seru memang ya saat membuat resolusi, kadang walaupun sadar agak sulit tercapai yaa hajar aja, tulis sebanyak-banyaknya.

Membuat daftar dan menuliskan resolusi katanya akan melatih otak kita bereaksi lebih baik terhadap perubahan, membantu visualisasi dan membantu membangun kebiasaan baru yang berefek jangka panjang  Ini adalah cara spesial untuk membuat janji, komit pada diri sendiri, mengidentifikasi tujuan, harapan, keinginan apa yang tepat dan perlu di tingkatkan di tahun mendatang. Membuat rencana, mengatur strategi dan semua cara "how to" mencapainya.


Sahabat daring, apa saja nih resolusinya di tahun 2019 ini. Mau dong di share di komen, siapa tahu bisa menjadi insight untuk saya. Mungkin saja ada yang istimewa. Karena menurut survey, setiap tahun rata-rata orang membuat daftar resolusi serupa loh, alias mirip-mirip. Tiga resolusi populer umumnya berkaitan dengan Kesehatan, Keuangan, dan Relationship atau hubungan yang harmonis dengan pasangan, keluarga, kerja, karir dan pertemanan.

Resolusi Hidup Sehat 2019

Dalam hal kesehatan, ada tiga resolusi kesehatan yang umumnya menjadi keinginan banyak orang yaitu,
  • 71% mau menjalani pola makan sehat (diet) 
  • 65% mau lebih rutin, rajin olahraga. 
  • 54% mau menurunkan berat badan

Namun. Saat memasuki akhir tahun, ternyata hanya segelintir saja, kurang lebih 8% orang yang benar-benar berhasil merealisasikan resolusinya. Semua resolusi biasanya terus bergulir setiap tahun menjadi 'akan' Yhaaa!

Adalah hal biasa terjadi, sebagian besar resolusi tahun baru, bahkan tidak sampai melewati minggu terakhir bulan Januari sudah down. Semangat melempem dan menyerah. Tengah tahun lewat begitu saja, begitu jelang akhir tahun, baru deh teringat lagi resolusinya.


Membuat daftar Resolusi Tahun Baru memang bisa menguatkan juga mengecilkan hati. Tergantung bagaimana dan seberapa besar keinginan serta usaha. Karena mewujudkan resolusi juga harus di barengi dengan mencari jalan untuk selalu terinspirasi dan termotivasi.

Menyadari pentingnya semangat, inspirasi, dan motivasi untuk mewujudkan resolusi, terutama resolusi hidup sehat, sambil juga memanfaatkan momentum yang masih semangat-semangastnya. Di bulan Januari ini ada acara seru yang akan digelar pada hari Minggu, 20 Januari 2019 di ICE BSD, Tangerang Selatan.

PT Sun Life Financial Indonesia (“Sun Life”) menggelar kompetisi lari bertajuk "Sun Life Resolution Run 2019"

Tanggal 17 Januari 2019 saya berkesempatan menghadiri press conference "Sun Life Resolution Run 2019" di CGV FX Sudirman. Bertemu langsung dengan :
  • Presiden direktur Sun life Financial Indonesia, Elin Wati
  • Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial
  • Dr. Grace Joselini, selaku Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018
  • Kelly Tandiono, public figure penggiat olahraga lari sebagai event ambassador "Sun Life Resolution Run 2019" 
Acara press conference ini di pandu oleh Ibnu Jamil artis sinetron yang juga event ambassador "Sun Life Resolution Run 2019" Saya baru tahu nih, saat ini nama Ibnu Jamil ternyata di kenal secara luas juga di bidang olahraga. Menjadi penyiar acara-acara olahraga di televisi. Ibnu Jamil juga seorang atlet olahraga lari yang telah mengikuti dan memenangkan berbagai ajang lomba lari, baik di tingkat nasional pun internasional.

Press conference "Sun Life Resolution Run 2019" di awali sambutan ibu Ellin Wati yang menegaskan jika banyak orang yang menuliskan resolusi kesehatan menunjukkan kesadaran untuk hidup lebih sehat semakin meningkat. Namun sayangnya kesadaran ini masih sekadar di angan aja, banyak yang belum berwujud aksi nyata.

Terlebih menurut data RISKESDAS (Riset Kesehatan Dasar) 2018 penduduk Indonesia pada usia produktif (18 tahun ke atas) menunjukkan peningkatan jumlah penduduk dengan kelebihan berat badan. Peningkatan yang  cukup signifikan hingga menjadi beban tersendiri bukan hanya pada individu namun juga negara.

Lima tahun terakhir, yaitu sejak tahun 2013 angka kelebihan berat badan jumlahnya 11, 5%, di  tahun 2018 ini meningkat menjadi 13, 6%. Data ini juga otomatis memberi peningkatan pada pertumbuhan angka Obesitas dari 14,8% pada tahun 2013 menjadi 21,8% pada 2018

Banyak faktor yang menjadi penyebab peningkatan angka kelebihan berat badan, yang paling dominan adalah karena pola makan tidak sehat dan pola hidup kurang gerak alias "mager" malas gerak. Di tahun 2013 tercatat ada 21,6 % masyarakat Indonesia yang menjalani gaya hidup kurang gerak, dan di tahun 2018 angkanya meningkat menjadi 33,5%.

Data ini seiring dengan hasil riset Sun Life Financial Asia Health Index yang menyatakan bahwa profesional muda di Asia saat ini terancam masuk dalam kategori ‘Generasi O’generasi  yang terlalu banyak bekerja (overworked), banyak makan tidak sehat (overeating) dan hidup makin kewalahan (overwhelmed). 

Bicara tentang Generasi O, saya jadi merasa tersentil. Terasa sekali ancaman kategori Generasi O juga lekat dengan keseharian saya.Kehadiran teknologi, perubahan cara berkomunikasi, bersosial dan bekerja banyak mempengaruhi perubahan pola hidup yang minim gerak dan tidak sehat.

Salut kepada Sunlife Financial Indonesia yang peduli akan kesehatan generasi saat ini, yaitu dengan mengajak, memotivasi, dan menginspirasi masyarakat untuk mengambil langkah cepat untuk memulai gaya hidup sehat.

Mewujudkan resolusi dalam mengawali tahun baru tentu jadi lebih semangat. Resolusi bukan hanya komitmen namun juga aksi nyata.

Sun Life Resolution Run 2019 adalah kegiatan yang sejalan dengan upaya pemerintah dalam berupaya  mewujudkan masyarakat sehat sekaligus mempertegas komitmen  Sun Life yang siap mendukung terciptanya generasi Indonesia yang lebih sehat, baik secara fisik, maupun finansial.

Sun Life Resolution Run merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh Sun Life di 5 negara di Asia yaitu Filipina, Hong Kong, Malaysia, Indonesia dan Vietnam. Di Indonesia Sun Life Resolution Run 2019 ini adalah gelaran kali pertama,

Sun Life financial sebenarnya pernah beberapa kali mengadakan lomba lari, namun konsepnya lebih untuk fun dan santai. Ajang lomba lari "Sun Life Resolution Run 2019" adalah lomba lari yang cukup kompetitif dan menantang. Lomba ini rencananya akan di adakan setiap tahun, karena Sun Life ingin selalu konsisten memotivasi masyarakat untuk beraksi mewujudkan komitmen yang sudah di buat dalam resolusi.

Sun Life Resolution Run 2019

Ajang lomba lari  Sun Life Resolution Run 2019 telah memenuhi kuota untuk 1500 peserta, tiketnya bahkan telah habis sebelum batas waktu pendaftaran di tutup.

Gelaran Sun Life Resolution Run menurut Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Financial juga menjadi acara penting karena selain berolahraga lari, seluruh biaya pendaftaran yang di keluarkan peserta akan didonasikan untuk mendukung edukasi dan peningkatan kualitas hidup para penderita Diabetes, yes inilah salah  satu dampak penyakit akibat kelebihan berat badan dan obesitas


                             

Di paparkan oleh Dr. Grace Joselini, selaku Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018. Olahraga lari memiliki efek pencegahan terhadap resiko penyakit diabetes. Olahraga Lari adalah salah rekomendasi aktifitas fisik untuk pencegahan diabetes.

Diabetes adalah penyakit yang tidak dapat di sembuhkan, kronis dan menahun. Namun Diabetes bisa di cegah.

Olahraga Lari termasuk dalam aktifitas fisik yang di sarankan untuk mencagah diabetes, dengan intesitas dari sedang ke tinggi olahraga lari memiliki manfaat pembakaran optimal untuk mengurangi kelebihan berat badan dan obesitas.

Jika seseorang mengalami Diabetes tidak ada pengobatan yang memberi jaminan sehat kembali, yang bisa di lakukan hanyalah memperlambat dan memiminalisir terjadinya resiko penyakit lain, sebagai dampak komplikasi Diabetes.

Beragam bahaya penyakit lain mengintai, komplikasi Diabetes sangat beragam dapat menimbulkan akibat fatal, dari gagal ginjal, gagal jantung, darah tinggi dan lain-lain. Duh serem ya! Jika sudah demikian olahraga lari justru tidak di anjurkan.

Olahraga lari umum di jadikan tonggak awal bagi seseorang yang ingin memulai gaya hidup sehat. Lari memungkinkan fisik bergerak di semua anggota tubuh, bukan hanya kaki tetapi juga tangan, otak, dan panca indera.

Lomba lari Sun Life Resolution Run 2019 terbagi menjadi dua kategori yaitu lari marathon dengan jarak jarak 5K dan 10K dan Family Run yang menempuh jarak 1,5K.

Sun Life memilih olahraga lari karena olahraga ini dapat di ikuti banyak orang dan berabagi kalangan. Olahraga lari juga memiliki banyak penggemar dan menjadi trend dan gaya hidup di masyarakat

Lari bisa di lakukan siapa saja, tua, muda, anak-anak, orangtua, laki-laki, dan perempuan. Lari adalah olahraga yang  mudah di lakukan, bisa kapan dan di mana saja.

Menggelorakan semangat Live Healthier Lives’ Sun Life  memiliki harapan besar terciptanya  masyarakat Indonesia yang hidup dengan cara dan mendapatkan impact yang lebih baik, lebih sehat dan berkualitas.

Dalam melakukan olahraga lari banyak hal perlu di persiapkan, terlebih jika kita ingin mengikuti kompetisi.r

Dr. Grace memberi tips nih untuk yang ingin mengikuti lomba lari, yaitu:

1. Kenali batas kemampuan dan kapasitas diri.

Untuk lomba lari jarak jauh jadwalkan latihan paling tidak satu bulan. Jangan berlebihan sesuaikan latihan dengan jarak yang akan di tempuh.

2. Pemanasan.

Pemanasan dapat mencegah resiko cedera, meningkatkan performa dan memelihara kesehatan tulang, otot dan persendian, serta persiapan mental yang lebih mantap

3. Pendinginan
Pendinginan akan mengurangi dampak  kelelahan otot paska latihan dan kompetisi. Saat berolahraga, otot yang bekerja akan meningkatkan kecepatan metabolismenya untuk berusaha memenuhi kebutuhan akan energi.

4. Perhatikan hidrasi

Cukup asupan cairan tubuh, dengan cukup minum dan ion, kurang cairan dapat menjadi menyebabkan cedera  akibat cuaca panas dan peningkatan suhu tubuh

5. Equipment (Peralatan)

Gunakan sepatu yang nyaman, jangan gunakan sepatu baru yang belum pernah di pakai sama sekali sebelumnya. Kaki harus beradaptasi dengan sepatu, sepatu yang telah terbiasa di gunakan akan lebih baik, gunakan sepatu dengan ukuran yang lebih besar, karena ukuran kaki akan memuai saat berlari.


Gunakan baju atau pakaian olahraga yang nyaman. Hindari baju yang sangat tertutup rapat, seperti jaket atau hoodie tebal.

7. Gunakan sunblock

Jika berlari lewat hingga jam 10 ke atas, gunakan sunblock untuk menghindari sunburn.

10. Perhatikan resiko cedera dan kram

Tidak sembarangan memberi obat spray atau es ketika mengalami cedera saat berlari, lebih baik beristirahat untuk relaksasi

11. Penuhi asupan makanan dan nutrisi cadangan makanan yang cukup dalam otot

Olahraga adalah Investasi Untuk Sehat

"Sehat itu mahal, sakit itu murah" 

Jangan di balik, karena sakit bisa mahal ketika kita sudah terbaring di rumah sakit. Untuk menjadi sakit tidak perlu usaha dan biaya banyak. Berdiam diri dan makan sebebasnya tanpa memenuhi unsur gizi seimbang, jadi deh!

Berbeda dengan sehat. Memang banyak yang berasumsi jika gayahidup sehat itu mahal, makan harus di atur ini, itu, anu, sayuran dan buah mahal.

Nyatanya yang membuat sehat "mahal" bukan perkara materi. Ukuran "mahal" nya kesehatan adalah adalah pada tekad, kemauan, dan usaha.

Sehat bisa jadi sangat murah dan mudah jika kita konsisten dan memulai sejak dini. Ini lah hal yang telah di lakukan oleh Kelly Tandiono .

Peningkatan kesehatan adalah hal penting dalam peningkatan standar hidup. Kebiasaan berolahraga seharusnya juga menjadi rutinitas utama untuk hidup lebih sehat. Adalah  Kelly Tandiono telah melakukannya jauh hari sejak kecil, artis yang juga model ini telah di kenal gemar berolahraga dan olahraga lari adalah salah satunya.

Telah mengikuti berbagai event lomba lari dalam dan luar negeri, Kelly Tandiono telah menorehkan banyak prestasi, yang teranyar adalah menjadi juara ajang Swim Run.
Olahraga adalah investasi untuk kesehatan jangka panjang di masa depan
Kelly Tandiono merasakan manfaat olahraga, terutama olahraga lari untuk kesehatan. Olahraga adalah  tabungan sehat untuk di ambil saat hari tua. Selain itu, dengan rutin berolahraga keinginan untuk mewujudkan badan ideal proporsional alias body goals bukan mustahil terjadi. Olahraga juga dapat menjaga daya tahan tubuh, membuat tidak mudah sakit, dan selalu fit.

Olahraga terkait erat dengan kesehatan dan pola hidup aktif bergerak yang meminimalisir hal yang memicu kekhawatiran persoalan kesehatan yang menuntut perhatian di masa depan. Termasuk harapan-harapan terkait akses layanan kesehatan. Untuk hal ini sebenarnya tidak perlu khawatir juga sih ya, jika sudah di lindungi oleh Sun Life Financial Indonesia.

Sun Life Financial Indonesia merupakan anak perusahaan yang dimiliki oleh Sun Life Financial. Perusahaan yang menawakan berbagai perlindungan dan pengelolaan produk keuangan yang variatif, dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, dan rencana hari tua.

Last but not least, tidak ada cara yang lebih baik memulai tahun baru dengan komit memulai kebiasaan baru, menemukan cara yang bagus untuk memulai motivasi diri. Salah satunya ya Sun Life Resolution Run 2019 inilah langkah awal mewujudkan Resolusi Hidup Sehat 2019



Nunu Halimi

12 comments:

  1. Semakin banyak terobosan seperti ini akan semakin bagus ya untuk menumbuhkan budaya olahraga dan gaya hidup sehat.

    ReplyDelete
  2. Setujuu, olahraga adalah investasi sehat. Kalo bukan niatan dari dalam diri kita, siapa lagi yang bisa jaga kesehatan diri. Untuk resolusi 2019 pun sama dengan Mba yakni diet, tapi masih susah buat gak ngemil haha... Acaranya bagus nih, mengedukasi tentang masalah diabetes yang emang jadi momok kesehatan masyarakat Indonesia bahkan dunia

    ReplyDelete
  3. Eeeh iya saya juga baru ngeh kalau Ibu Jamil itu atlet ya? Kirain hanya pemain film atau presenter infotainment aja gitu hehehe...

    ReplyDelete
  4. Sun life selalu mengajak kita untuk hidup sehat dan terutama adalah berolahraga, sehingga tidak hanya tenang karena ada jaminan perlindungan kesehatan, tubuh pun tetap sehat

    ReplyDelete
  5. Olahraga ohhh olahraga hal yang belum bisa aku jalanin secara konsisten darj taun ke taun hikshiks..padahal di umur yang gak muda lagi ini penting banget buat jaga kesehatan kita. Sun life memang selalu mengajak kita untuk hidup lebih sehat dengan olahraga teratur tentunya

    ReplyDelete
  6. Lihat event kayak gini, bikin kepengen banget ikutan. Dulu zaman kuliah, saat lagi suka banget sama olahraga lari, aku gak tahu ada event seperti ini. Giliran tahu, deuh... badannya udah gak memungkinkan untuk diajak lari. Btw, keren ya wardrobe dan medali evennt ini.

    ReplyDelete
  7. penting banget punya resolusi hanya ada diangan-angan yang paling penting direasilasikan. apalagi untuk kesehatan yang lebih baik. manfaatnya ga hanya sekarang tapi juga buat masa depan

    ReplyDelete
  8. olahraga memang penting yaa. sesibuk apapun aku sempatkan buat olahraga ya walaupun seminggu sekali hehe tapi aku belum pernah nih ikutan lari rame rame. seringnya lari sendirian aja di track jogging deket rumah. keren nih eventnya

    ReplyDelete
  9. Tinggi juga ya keinginan masyarakat untuk rutin olahraga.. tapi memang olahraga itu butuh persiapan, bagi aku tantangan terbesar aku adalah rasa malas huhu udah gitu, belum punya outfit olahraga yang mumpu juga.. jadi malesnya kebangetan deh huhu keren lah ini event lari dari Sun Life Indonesia

    ReplyDelete
  10. yap, resolusi 2019 memang harus gini niiih, aku jg mau hidup lebih sehat, produktif dan berimbang. Semoga rejeki ngalir jd bisa jalanin dengan baik.

    ReplyDelete
  11. Kalo.olahraga suka lupa sendiri. Ga ada pemanasan dan pendinhinan. Mungkin karena itu ya aku langsung sakit tiapbis olahraga. Padahal cm 15 menit.

    Berarti bener.plahraga ga usah dipaksain. Kudu dinikmati

    ReplyDelete
  12. Keren ya Mba Nunu acara Sun Life Resolution Run in karena mengajak masyarakat untuk hidup sehat melalui olahraga lari sehingga masyarakat jadi lebih sehat dan bugar, semoga lomba lari ini terus diadakan secara rutin setiap tahun.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.