Mudahnya Wujudkan Rumah Impian di IPEX (Indonesia Property Expo) 2019

Memiliki rumah adalah hal yang di impikan hampir semua orang. Apalagi untuk "kontraktor" alias mereka yang tinggal di rumah kontrakkan. Baru dengar gonjang-ganjing, gosip pemilik rumah mau menaikkan harga sewa saja sudah deg-degan. Siap-siap cari kontrakkan baru. Capek kan yaa!? Terlebih jika sudah berumah tangga, punya anak kecil, bayi lagi. Duhh!

Yaa, itulah sebagian pengalaman saya bersama paksuami, dulu waktu masih jadi "kontraktor"

Belum lagi yang namanya rumah kontrak, kadang bikin gemes gitu. Suka kepikiran rumah mau di benahin. "Andai  ini rumah saya, saya mau bikin seperti ini!" Pasang keramik warna favorit, atap di tinggiin sedikit biar udara leluasa keluar masuk, enggak tampyas kalau hujan. Kasih space buat taman, tanam bunga. Suasana jadi alami dan warna-warni. Hmm,.. Lalu kemudian mikir. Eh, emang ini rumah bapakmu cuy! Yhahahaa..

Kalau sudah begitu, berarti kode keras untuk menguatkan tekad, mempertimbangkan dan berusaha keras mewujudkan impian punya rumah sendiri. Mau di apain aja, bebaas!

Sangat sedikit orang yang akan melakukan pembelian lebih besar dari membeli rumah. Inilah salah satu kebutuhan dasar manusia. Jika terpenuhi, kebanyakan dari kita akan merasa sudah cukup, walau hanya akan membeli rumah sekali seumur hidup. Rumah pertama untuk selamanya, menghabiskan waktu, hari-hari bersama keluarga sampai tua

 



Walaupun ada banyak juga yang bisa membeli rumah beberapa kali untuk investasi. Punya rumah kedua, ketiga dan seterusnya. Tetapi adalah fakta jika urusan membeli rumah mau yang keberapapun bukan perkara mudah. Sangat penting untuk mendapatkan rumah yang tepat, lokasi yang pas, lingkungan yang ideal, dengan harga yang tepat.

Pilah-pilih rumah, konon katanya jodoh-jodohan, misterius. Serba tidak pasti,malah ada yang sampai jadi korban PHP pengembang yang tidak bertanggung jawab. Makanya bijak mengambil keputusan memilih rumah yang tepat adalah dasar untuk kepemilikan rumah impian. Keputusan yang salah bisa mengacaukan dan mengubah rencana, bahkan bisa menjadi semacam mimpi buruk. Misalnya dengan pengeluaran dan penundaan yang tidak terduga, serta kompromi lainnya yang mau nggak mau harus di terima.

IPEX (Indonesia Property Expo) 

Banyak sumber referensi informasi perumahan. Namun jika ingin mencari informasi dan referensi yang tepat datang ke IPEX (Indonesia Property Expo) adalah jawabannya. Nah, pekan lalu, tepatnya tanggal 3 februari saya datang ke pameran IPEX 2019.


Meski sudah punya rumah, saya ingin juga kan punya rumah lain untuk investasi. Semoga semesta juga mendukung, ya ini sekalian untuk affirmasi supaya keinginan bisa secepatnya jadi kenyataan.

Suasana IPEX (Indonesia Property Expo) hari itu sangat ramai pengunjung. Pameran yang rutin di gelar tiap tahun di Jakarta Convention Center ini memang tidak pernah sepi pengunjung sih ya.



Berlangsung dari tanggal 2 Februari hingga 10 Februari 2019, teman-teman, sahabat daring yang juga berniat mencari rumah atau property lainnya, jangan lupa sempatkan datang ke pameran ini.

Mudahnya Memiliki Rumah Impian di IPEX (Indonesia Property Expo) 2019

IPEX 2019 ini, bertepatan dengan hari jadi Bank BTN (Bank Tabungan negara) yang ke 69, pameran di awal tahun ini tertajuk ‘Pesta KPR BTN Anniversary' Bank nasional yang pemberi layanan finasial utama untuk kepastian pembiayaan rumah yang terpercaya, aman dan nyaman.

Mengapa harus datang ke IPEX 2019

Penyelenggaraan IPEX periode Februari 2019 ini, di ikuti oleh lebih dari 150 peserta perusahaan pengembang, yang menampilkan 600 proyek properti dengan pilihan harga beragam. Dari yang low menengah mulai Rp. 130 juta, hingga hunian real estate berharga milyaran.

Peserta pameran kali ini juga beragam segmen. Selain pilihan hunian property premium, terdapat juga pilihan property bersubsidi Di peringatan hari jadinya ini Bank BTN juga memberikan aneka promosi istimewa diantaranya suku bunga KPR mulai 6,69% dan uang muka 1% serta tenor jangka pembayaran kredit hingga 30 tahun.

Kemudahan Memilih Rumah Impian di IPEX (Indonesia Property Expo) 2019 

Selain rumah, pameran ini juga menghadirkan beragam pilihan property lain seperti aparment dan ruko. Lokasi property yang di tawarkan juga sangat banyak, membentang di hampir semua kawasan Jabodetabek. Dari Bekasi, Cibubur, Bogor, Tangerang, Tangerang Selatan, Serpong, Bintaro dan juga property di luar daerah, seperti Bandung, Jogja dan lain-lain.

Banyak sekali alasan mengapa IPEX (Indonesia Property Expo) harus di kunjungi. Para pengembangnya banyak memberikan promo dan penawaran menarik selama pameran, di antaranya ada yang memberikan
  • Cashback 1 juta rupiah
  • Kemudahan pembayaran dengan easy pay
  • Persyaratan yang mudah cukup dengan KTP bisa booking
  • Bebas biaya booking
  • Subsidi suku bunga
  • bebas biaya KPR
  • Bebas biaya BPHTB
  • Promo cicilan ringan
  • Diskon uang muka
  • Aneka hadiah/Lucky Draw
  • Bonus kitchen set, canopy, teralis dan lain-lain.
Hal yang paling menyenangkan dari berkunjung ke pameran property adalah kita bisa langsung melihat tampilan desain rumah-rumah yang di suka. Berkonsultasi langsung dan tanya jawab langsung untuk informasi yang jelas dan akurat. 

Trend rumah yang di tampilkan di IPEX 2019 banyak mengusung hunian minimalis, yang memang menjadi hunian primadona, pilihan generasi millenials. Rumah dengan rata-rata berluas tidak lebih dari 100m memiliki dua atau sampai tiga kamar tidur untuk keluarga dengan lebih dari dua anak. 

Rumah cluster dengan jumlah hunian terbatas dalam satu kawasan juga banyak mendominasi di IPEX 2019. Rumah seperti ini memang pilihan ideal yang memberikan kenyamanan, karena memiliki sistem, terutama keamanan yang terintegrasi. 

Sebelum membeli rumah banyak hal yang harus di pertimbangkan. Namun ada satu hal yang yang sering luput dari perhatian, maklum kan yaa prioritas utamanya bisa punya rumah dulu. Padahal dulu maunya punya rumah supaya bebas menata rumah yaa. Tetapi sayangnya tidak semudah yang di harapkan.

Dekor Rumah Ala Instagram 

Nah, menyenangkan sekali di IPEX 2019 yang saya datangi minggu kemarin itu kemarin acara seru yaitu talkshow dan blogger gathering yang memberikan insight, solusi bagaimana kiat-kiat mendekor rumah yang apik. Duh, jadi semangat membayangakan interior rumah saya.


Mudahnya Memiliki Rumah Impian di IPEX (Indonesia Property Expo) 2019

"Dekor Rumah Ala Instagram" ternyata tidak sesulit yang di bayangkan, dengan ala instagram, tentu idenya bisa kita lihat langsung di instagram. Banyak sekali akun-akun inspiratif  yang memberi ide keren bagaimana mengubah tampilan feed tata ruang yang apik dengan cara simple namun terlihat keren dan elegan, dan di antaranya adalah kedua nara sumber acara ini. 

Berjuang mendapatkan foto kece instagram yang keren, tapi nggak sering kemana-mana, jarang traveling atau hangout di tempat kumpul yang lokasinya instagrambale. Jangan putus asa. Mengapa tidak kita menciptakan tampilan rumah sendiri yang instagramble. 



Teman-teman mungkin sudah tahu ya, kalau tampilan feed instagram membentuk kesan tertentu terhadap sesuatu, baik itu untuk akun instagram personal, publik figur, artis, online shop, produk, merk atau brand merek. Pilihan mendekor rumah juga sangat pas untuk kita, ibu-ibu, perempuan dalam membangun kreatif branding.

Seperti apa kepribadian pemiliknya? Gaya hidupnya, kesukannya, rutinitasnya dan lain-lain. Apa pesan utamanya? Bagaimana melakukannya? semua bisa di lihat dari feed desain interior rumah kita.

Ribuan ide umpan desain interior kreatif terpampang di instagram setiap hari, banyak akun dengan warna dan ide yang menarik. Tetapi bagaimana bisa mendapatkan dan mempertahankan minat pengikut serta menjadi menonjol? Inilah hal yang di optimalkan oleh mba Adel dan mba Irma.

Menurut mba Adel, prinsip tata ruang yang paling utama baginya adalah pengaturan cahaya baik dari matahari langsung atau dengan pemberian lampu-lampu. Warna dan aksesoris seperti tangga, frame, atau lukisan, dengan penempatan yang tepat juga menjadi unsur utama dalam  mendesain interior rumah yang instagramable.

Sebelum mendesain interior rumah, hal pertama yang harus di lakukan adalah menentukan dulu tema interior seperti apa yang di inginkan.

Ada empat tema umum yang bisa di pilih untu mendekor rumah, yait;:

1. Boho

Ini adalah tema interior yang mengacu pada gaya Bohemian dengan ornamen perpaduan warna, tekstur dan pola, paduan pengaruh dan elemen dari berbagai budaya dari wilayah Eropa tengah-timur dari Bohemia kuno, gaya Bohemia menggambarkan secara tradisional orang-orang yang menjalani kehidupan tidak konvensional yang kaya artistik dan nomaden, bepergian ini berarti bahwa unsur-unsur dari berbagai gaya dan budaya digabungkan ke dalam satu gaya yang unik.


2. Japanese

Kesederhanaan yang damai adalah prinsip utama interior dengan konsep Jepang. Desain sederhana khas budaya Jepang, gayanya mempengaruhi estetika arsitektur dan desain interior secara masif. Desain interior Japanese memberi kesan yang tenang dan sangat kultural, bersih dan rapi, dan mengedepankan unsur keseimbangan, ketertiban, dan keteraturan.


3. Industrialis

Gaya arsitektur desain interior industrialis terinspirasi pada arsitektur Eropa yang terjadi akibat banyaknya bangunan bekas pabrik yang terbengkalai tidak lagi digunakan. Agar tidak terbengkalai, maka dilakukan penyesuaian agar material yang ada tetap bisa di manfaatkan menjadi layak dan nyaman tanpa mengurangi karakter aslinya, desai interior umumnya menggunakan bahan-bahan lama yang di retouch menjadi bentuk yang sama atau menjadi sesuatu yang berbeda.


4. Minimalis

Interior minimalis adalah desain yang cukup lama menjadi trend berkesinambungan hingga saat ini. Desain minimalis adalah desain yang di buat simpel, dengan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, hingga hanya meninggalkan elemen-elemen pentingnya saja. Mengutamakan tujuan fungsional yang memudahkan,


Di antara desain di atas, mba Adelya paling menyukai desain interior rumah dengan gaya boho, menggunakan aksesoris dengan nuansa vintage yang artistik.

Berbeda dengan mba Adelya, Irma Alaydrus memilih desain interior khas Skandinavia sebagai favoritnya. Kesukaannya pada desain bermula dari hobi menonton program TV Before&After di Waku-Waku Japan dan hobi melihat feed instagram desain interior.

Skandinavian Interior

Gaya interior Skandinavian saat ini sedang di gemari. desain yang mengacu pada karakter interior yang terdapat di negara Skandinavia, seperti Denmark, Finland, Norwegia, Iceland, dan juga Swedia, interior Skandivia juga mengedepankan unsur kesederhanaan dengan nunsa warna netral cenderung monokrom, dominan putih, hitam, abu-abu, juga hijau atau biru muda warna-warna tosca dan pastel.


Nah, keren ya inspirasi mendekor rumah ala instagram ini. Namun, ada sedikit reminder dalam mendesain interior rumah sendiri, ada beberapa kunci yang harus di perhatikan loh. diantaranya kecermatan, kesiapan dan minat yang sungguh-sungguh. Maklum kan yaa, desain interior kalau setengah-setengah, moody'an hasilnya tidak akan maksimal. Sebaiknya memang ada passion untuk melakukannya, sehingga kita bisa konsisten.

Karena dalam menata ruang di perlukan effort, belum lagi tenaga, waktu dan biaya yang harus di keluarkan. Meskipun kita bisa hemat banyak kalau mendekor rumah sendiri, tetap di perlukan kalkulasi yang matang, jangan sampai perabot, furniture yang kita beli memenuhi ruangan.

Tidak lupa juga mengkondisikan segala sesuatunya dengan keadaan, misalnya bagaimana mensiasati interior rumah yang masih memiliki bayi, balita. Belum lagi jika mengadakan acara, atau ada tamu yang berkunjung dan berencana untuk menginap. Nah, ini yaa harus kreatif.

Pameran IPEX masih akan berlangsung hingga tanggal 10 Februari, masih banyak acara menarik dan inspiratif lain yang siap menyambut pengunjung. Seminar talkshow berkaitan milineal dan property financial
planner, Talkshow Fengshui, Lomba Menggambar dan mewarnai tingkat anak-anak, Atraksi barongsai, opera Anak dan beberapa live music.

Siapa yang tahun 2019 ini harus punya rumah, atau beli rumah baru untuk investasi. Yuk, berkunjung ke IPEX 2019.

Pengunjung yang datang tidak dikenakan biaya masuk apapun, cukup registrasi di tempat pendaftaran di pintu masuk, asyiknya lagi setiap pengunjung yang hadir berhak mengikuti undian berhadiah 1 unit Daihatsu Ayla yang akan di undi di akhir pameran.

Nunu Halimi

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.