Jalan-Jalan ke Surabaya, Kota Otentik yang Tertata Apik

Tahun 2019 sudah memasuki seperempat perjalanannya, bagaimana nih sahabat daring sejauh ini sudah mendapatkan pencapaian apa selama hampir tiga bulan pertama di awal tahun ini?

Harapan saya pastinya sama dengan teman-teman semoga pencapaiannya bagus yaa, atau paling tidak sudah mengarah ke hal-hal yang di inginkan.

Awal tahun seperti saat ini, memang bisa di bilang masih hangat yaa, sedang semangat-mangatnya tancap gas menggenjot usaha dan kerja keras.

Optimis di 2019. Tahun ini saya memiliki banyak rencana yang ingin saya lakukan. Salah satunya ingin bisa lebih banyak traveling, menjelajah daerah-daerah di Indonesia. Dan kota Surabaya, ibukota Jawa Timur, berada di tiga teratas yang ingin saya kunjungi.

Sepertinya ini efek berita viral beberapa bulan lalu, di mana di gambarkan jalanan di kota Surabaya menjadi indah berlatar bunga Tabebuya berguguran, membuatnya mirip seperti suasana kota di Jepang, dan ini sukses bikin saya penasaran. Selain itu kabar sudah tersambungnya jalan tol langsung Jakarta-Surabaya, makin menambah keinginan saya berkunjung ke Surabaya.

Jalan-Jalan ke Surabaya, Kota Otentik yang Tertata Apik


Sebenarnya saya sempat hampir saja loh kesampaian ke Surabaya awal tahun ini. Kebetulan kantor suami ada sedikit urusan dengan sebuah universitas di sana. Niatnya saya ingin nebeng ikut. Tapi memang belum jalannya yaa, rencana ke Surabaya di undur sampai waktu yang belum di tentukan. Menurut cerita beberapa teman, kota Surabaya sebenarnya tidak begitu terkenal sebagai jalur wisata, berbeda dengan kota Malang, Banyuwangi atau Jember yang juga berada di Jawa Timur. Namun sebagai sebuah kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya merupakan salah satu wilayah terpenting.

Secara historis Surabaya juga merupakan kota yang unik, baik budaya dan masyarakatnya. Kota ini memberi kesempatan untuk kita melihat gambaran kehidupan kota yang otentik. Modern tanpa meninggalkan ciri khas kedaerahannya.

Jalan-Jalan ke Surabaya, Kota Otentik yang Tertata Apik

Sebagai kota pelabuhan, meskipun hiruk pikuk, Surabaya memiliki standar tinggi dalam pengelolaan kota yang ideal, dan patut menjadi contoh untuk kota besar lainnya di Indonesia. Duh jadi nggak sabar yaa ingin ke Surabaya.

Ketika ke Surabaya, apa saja yaa tempat-tempat spesial yang harus di kunjungi?

Saya browsing-browsing ternyata cukup banyak loh daftar tempat wisata jika kita berkunjung ke Surabaya. Dari sekian banyak tempat saya ingin sekali sih mengunjungi tempat-tempat ini. Dan karena saya belum pernah ke Surabaya dan tempat-tempat ini, maka tidak ada gambar yang milik saya. So, apa saja tempatnya, inilah beberapa di antaranya:

1. Tugu Pahlawan 

Katanya belum sah ke Surabaya ya kalau belum mengunjungi Tugu Pahlawan, karena Surabaya salah satu kota utama perjuangan di masa penjajahan, membuatnya di juluki sebagai Kota Pahlawan. Berarti wajib menyambangi Tugu Pahlawan.

Tugu ini didirikan untuk memperingati pertempuran 10 November 1945. Mas-masa dimana arek-arek Suroboyo melawan pasukan Sekutu. Di tugu ini ada museum yang berisi foto-foto dokumentasi pembangunan Tugu Pahlawan. Selain itu Menikmati hamparan rumput dan hembusan angin dengan berkeling di lahan sekitar Tugu Pahlawan juga bisa menjadi alternatif.

2. China Town Surabaya


Jalan-Jalan ke Surabaya, Kota Otentik yang Tertata Apik

mengapa ke China Town. Nah, ini menarik sih yaa, dari dulu tuh saya kepo sama komunitas orang Tionghoa dari Surabaya. Mereka walaupun secara kultur, dan leluhur dari Cina, tetapi bahasa Jawa kas Suroboyoan nya mantap sekali, bertutur dengan bahasa Jawa yang meddookk. Jadi mesti di tengok yaa seperti apa suasana China Town Surabaya. Apalagi katanya China Town Surabaya masih kaya dengan arsitektur khas Cina.

3. Taman Bungkul


Jalan-Jalan ke Surabaya, Kota Otentik yang Tertata Apik

Nah, ini saya ingin sekali berada di Taman Bungkul, merasakan salah satu hasil kerja terbaik ibu Risma walikota Surabaya. Banyak yang bilang taman ini sangat apik dengan penataan tanaman hijau yang menarik.

Melepaskan penat dari hingar bingar lalu lintas yang padat dan hiruk pikuk kebayang sih bagaiamana senangnya bisa jalan-jalan di dalam kota sambil menikmati udara segar.

4. Naik Perahu di sungai Kalimas. Wow bisa menjelajahi Sungai Kalimas dengan menggunakan perahu untuk menikmati pemandangan yang ada di sekitar.

5. Monumen Suroboyo monumen ikonik dan identik dengan kota surabaya yang menggambarkan ikan sura dan buaya yang diambil namanya menjadi kota Surabaya.

6. City tour dengan Bus Surabaya

Kalau Bandung punya Bandros, Surabaya juga oke loh, memiliki fasilitas tur bus gratis yang bisa sight seeing Surabaya, nah ini harus di coba yaa.

Itu lah daftar hal yang tempat wisata yang ingin saya kunjungi, jika suatu saat kesampaian menyambanginya. Sebagai sebuah kota besar.

Surabaya juga kota transit ya, maunya saya lagi nih ya setelah mengunjungi Surabaya lanjut deh berkeliling ke kota-kota lainnya. Apalagi transportasi di Surabaya memiliki banyak layanan di semua moda, darat, laut udara, tersedia baik oleh kereta, bus, serta bandara internasional yang sibuk.

Jalan-Jalan ke Surabaya, Kota Otentik yang Tertata Apik

Berkendara dengan bus sepertinya pilihan yang pas jika ingin menjelajah kota lain dari Surabaya. Banyak pilihan perusahaan oto bus yang bisa di pilih jika berada di Surabaya. Salah satu perusahaan Otobus yang rekomen adalah Bus Eka Mira dari PO. BUS EKA - MIRA perusahaan yang melayani jasa angkutan moda transportasi Bis Antar Kota Antar Propinsi (AKAP) yang elayani dua segmen kelas Eksekutif dengan rute:

Surabaya - Solo - Jogja - Magelang PP
Surabaya - Solo - Salatiga - Semarang PP

PO. MIRA melayani kelas Ekonomi dengan rute :
Surabaya - Madiun - Solo - Jogja PP.
Selain itu juga uga melayani armada Pariwisata dengan harga dan pelayanan yang kompetitif,  di lengkapi dengan Wifi On Board  juga didukung Pelayanan Ticketing Online yang di antaranya bekerja sama dengan Traveloka.


Sebagai salah satu PO bus terpopuler Tanah Air, Customer Services EKA MIRA yang berpengalaman siap selalu memberikan kemudahan pada para penumpang.

PO EKA MIRA adalah pilihan PO bus yang di kenal terpercaya dapat mengantar dari kota ke kota dengan harga yang terjangkau dengan bus yang nyaman di perjalanan. Butuhkan untuk merencanakan perjalanan bus yang ideal dan nyaman. Tidak masalah di mana Anda berada atau ke mana ingin pergi selama di Surabaya. Jelajahi Pulau Jawa dengan bus atau bepergian ke daerah lainnya, oke deh semoga saja yaa dapat kesempatan main-main ke Surabaya.

2 comments

  1. Aku juga pengen lihat bunga tabebuya berguguran. Sayangnya tahun lalu belum berjodoh. Serasa di luar negeri aja.

    ReplyDelete
  2. Jadi teringat malam- malam menysuri Kya- Kya mau ke Ampel sama teman kampus di Malang kala itu. Pengen ngerasain lagi momen asik di Surabaya bareng temen- temen. Hehehe

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.