Philips Hue, Teknologi Lampu Pintar Terkoneksi Kini Bisa Dibeli di Erajaya

Teknologi digital mengubah dunia kita. Setiap hari, selalu ada saja inovasi terus-menerus, realitas teknologi baru yang mengubah semua aspek kehidupan pribadi, bisnis, budaya, sosial, di tengah masyarakat.

Beberapa hari lalu dalam percakapan dengan salah seorang anak saya di sela santai dirumah, saya bercerita tentang banyaknya perbedaan yang sangat mencolok saat saya seusia mereka. Entah yang mana yang lebih baik, yang pasti setiap orang memang memiliki zamannya masing-masing..

Namun, merasakan juga hidup di era yang di tunjang berbagai kemampuan perangkat lunak, memberi konsep baru bagi saya tentang arti kebebasan, tanggung jawab, dan kebahagiaan, dampak dari keberadaan infrastruktur digital yang dibangun berbasis "Internet of things" yang telah mengubah cara berinteraksi dalam banyak hal, termasuk dengan cahaya dalam ruangan.

Cahaya Dalam Ruangan Dapat Mempengaruhi Emosi

Yes, ternyata cahaya dalam ruangan yang kita tempati dapat mempengaruhi emosi, mood dan suasana hati kita loh teman-teman.

Wawasan baru ini saya dapati ketika saya beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 5 April menghadiri sebuah acara penandatanganan kerjasama antara Signify (Euronext:Light) dengan distirbutor gadget berteknologi tinggi, Erajaya untuk menghadirkan Phillips Hue di toko-toko pilihan Erajaya seluruh Indonesia

Acara ini juga menghadirkan sesi talkshow dengan narasumber yang kompeten dalam urusan pencahayaan, antara lain Burhan Norr Said, Head of marketing Signify Indonesia, Ren Katili arsitek berpengalaman yang fokus pada bangunan tropis, dan Ellyse Sinsilia praktisi gaya hidup digital yang multi tasking dan penyuka kegiatan traveling yang kini bekerja sebagai director di Makna Creative

Bertema "Smart Living dengan Pencahayaan Terkoneksi Philips Hue" saya jadi semakin paham nih mengapa  segala sesuatu yang kita masukkan ke dalam sebuah ruangan sedikit banyak berkontribusi terhadap suasana di dalamnya dan daftarnya bisa berbeda untuk setiap jenis kamar, dan pencahayaan adalah salah satu hal paling yang relevan. 

Apakah sebuah lampu hias menggantung di ruang keluarga atau serangkaian lampu LED di bawah kabinet atau lampu di nakas sudut ruangan, semuanya memiliki peran, bukan hanya dekoratif tetapi juga untuk membuat ruangan terasa lebih ramah dan nyaman

Para peneliti mencatat bahwa kemampuan cahaya terang untuk membuat orang merasa lebih hangat bisa ada hubungannya dengan peningkatan intensitas emosi, ini dapat membuat semua perbedaan dan dapat memutuskan apakah ruangan terlihat dingin dan keras atau hangat dan menyejukkan.


Efek ini muncul karena cahaya mendasari persepsi panas, dan persepsi panas dapat memicu sistem emosional. Namun, bagaimana jika ada cahaya yang tercipta dari lampu yang memungkinkan penggunanya mengendalikan sendiri dan menciptakan suasana yang tepat untuk setiap momen sesuai keinginan?

Konsep pencahayaan inilah yang di lakukan oleh Philips Hue. Mendapat pemaparan lengkap langsung dari bapak Burhan Noor Said, Head of Marketing Signify Indonesia, saya takjub banget dengan kecanggihan teknologi Philips Hue

Lampu Philips Hue, Lampunya Lampu. Lebih Lampu dari Lampu

Yup, mengutip apa kata pak Ndul yang terkenal dengan jargon "Intinya inti" "Ahlinya ahli" "Lebih asli dari asli" menurut saya Lampu Philips Hue pas banget sama ungkapan ini. Lampu Philips Hue mengubah cara konvensional menggunakan lampu.

Apa itu Lampu Philips Hue

Lampu Philips Hue adalah sebuah sistem pencahayaan yang terkoneksi, inovasi dari Signify (Euronext:LIGHT) sebuah perusahaan global, pemimpin dunia di bidang pencahayaan baik untuk kalangan profesioanal, perkantoran maupun perumahan.


Dengan lampu Philips Hue, kita bisa mengatur sendiri sistem pencahayaan dalam ruangan sesuai dengan setting yang di inginkan. Mulai dari menyalakan, menerangkan, meredupkan, mengatur warna lampu, intensitasnya, tema lampu, mematikan hingga mengendalikannya dari jarak jauh, dengan menggunakan gadget atau smartphone yang terhubung internet.

Jadi, misalnya ketika kita akan pergi keluar kota, meninggalkan rumah dalam jangka waktu tertentu dengan lampu Philips Hue ini kita bisa loh mengatur cahaya lampu di rumah saat di perjalanan atau di tempat tujuan, agar rumah kita tidak menjadi target pencurian rumah kosong. Atau ketika kita merasa bete kurang liburan pingin piknik tapi nggak punya dana cukup, kita bisa setting cahaya lampu di rumah dengan suasana ala-ala Eropa, atau suasana pantai, keren yaa!

Memiliki 450 aplikasi dari layanan pihak ketiga apa yang di tawarkan lampu Philips Hue menawarkan banyak keunggulan:


  • Kemungkinan tanpa batas, Philips Hue tidak hanya menerangi tetapi juga memberikan sensasi dan pengalaman luar biasa dari ujung jari dalam mengubah suasana ruangan apapun dengan mudah menggunakan cahaya. Dengan spektrum 16 juta pilihan warna, temukan warna yang paling tepat untuk menciptakan suasana tertentu dan dapat di selarasakan dengan lagu, film, games atau suasana apapun yang kita suka
  • Momen, sesuaikan rutinitas dengan Philips Hue yang dapat di gunakan untuk membangunkan dengan lembut, memberi semangat membantu konsentrasi, dan memberikan suasana lingkungan yang optimal, bukan hanya untuk tidur namun juga untuk belajar, bekerja, bersantai dan aktivitas lainnya
  • Ketenangan pikiran, dengan menggunakan fitur jadwal untuk mengatur urusan sehari-hari, Philips Hue dapat di otomatis mati dan menyala sesuai jadwal, memberi rasa aman ketika harus meninggalkan rumah.

Cara Pengoperasian Philips Hue 

Setelah mengetahui apa itu itu sistem pencahayaan Philips Hue, lalu bagaimana cara kerja atau cara mengoperasikan Philips Hue?

Philips Hue terkoneksi dengan internet, maka di butuhkan jaringan internet jika kita ingin mensetting tata cahaya yang di inginkan. Lalu bagaimana jika internet mati, apakan Philips Hue bisa tetap di gunakan? Bisa, yaitu dengan cara manual dan pilihan yang terbatas.

Untuk menggunakan Philips Hue kita memerlukan lampu Philips Hue, dan sebuah alat namanya Bridge Hue, semacam adaptor pintar yang menjadi kunci pengaturan Philips Hue, lalu download aplikasi Philips Hue di Apps store atau play store android secara gratis.

Pemasangan instalasi Philips Hue juga tidak sulit loh, bisa di kerjakan sendiri atau oleh pekerja yang mengerti soal listrik. Philips Hue ini bisa di terapkan baik itu di rumah lama atau rumah yang baru di bangun. Namun jika ingin lebih maksimal Philips Hue juga memberikan layanan instalasi pemasangan dan edukasi cara pemakaian Philips Hue.

Lampu atau bohlam Philips Hue di buat dengan  teknologi LED maka sudah dapat di jamin mampu menghemat energi hingga 90% dengan usia pencahayaan yang maksimal hingga mencapai 25.000 jam atau kurang lebih 15 tahun, ini sudah pasti bikin hemat listrik dan hemat biaya ganti-ganti lampu baru.


Untuk mendapatkan pengalaman terlebih dahulu sebelum ingin menggunakan lampu Philips Hue, teman-teman bisa nih mencoba dan merasakan seperti apa ekosistem Philips Hue di Philips Hue Experience Zone yang ada di Urban Republic Mal kelapa Gading dan Urban republic Gandaria City. Dan, nanti sekalian deh kalau mau beli bisa langsung melipir ke gerai Erafone yang semuanya merupakan bagian dari usaha Erajaya.

Signify bekerjasama dengan Erajaya untuk mendistribusikan Philips Hue

Di acara ini saya menyaksikan penandatangan Signify bekerjasama dengan Erajaya, dalam mendistribusikan Philips Hue, menurut Hasan Aula CEO Erajaya, konsumen Indonesia memiliki tanggapan yang baik terhadap pemberdayaan teknologi digital untuk kebutuhan sehari-hari, maka sudah sewajarnya jika Erafone menampilkan Philips Hue sistem pencahayaan yang populer.


Philips Hue telah di distribusikan kepada kurang lebih 80 gerai Erafone termasuk juga Urban Republic di seluruh Indonesia, kedepan Signify dan Erajaya bermaksud akan menambah gerai Philips Hue Experince Zone di lebih dari 25 gerai di kota besar lainnya. Untuk harganya bervariasi karena Philips Hue memiliki paket-paket starter pack dengan isi satu lampu hingga 6 lampu, mulai dari Rp600.000 ribuan.

Untuk harga memang terasa lumayan ya untuk sebuah harga lampu. Namun Lampu Philips Hue bukan sekadar lampu biasa. Harga yang di tawarkan tentu relatif karena jauh lebih bernilai karena sensasi momen, pengalaman dan perasaan yang di hadirkan, bahkan mungkin ini sesuatu yang tidak terukur dengan uang, rasa nyaman, ketenangan. 

Nah, buat yang penasaran seperti apa sih rasanya ruangan kita menggunakan Philips Hue, harus di coba nih ya Experience zone, atau nggak usah coba-coba deh langsungs saja beli di gerai Erafone.



Nunu Halimi

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.