Ada begitu banyak cerita pilu perempuan dalam masyarakat kita. Sudah bukan berita aneh jika media kita mulai dari media besar, hingga media sosial memberitakan tentang potret gelap kisah-kisah perempuan.

Dan, hal yang umum terdengar ketika seorang perempuan berbicara tentang betapa buruknya mereka diperlakukan oleh pria, tetapi bagaimana dengan ketika  memperlakukan sesama perempuan? Di tempat kerja, di lingkungan, rumah, sekolah, masyarakat?

Nah, tentu ini harus menjadi perhatian kita semua dong ya, sesama perempuan.

Ketika kita ingin di perlakukan secara adil, menginginkan upah yang sama, perlakuan yang sama, dan sebagainya hingga mencapai status yang setara dengan rekan pria atau pasangan kita sebagai wanita, maka itu harus dimulai dari kita, Perempuan yang saling mendukung, memberi kekuatan sesamanya.

Spirit dan semangat itulah  yang di bawa dan di gaungkan dalam sebuah acara yang saya ikuti hari sabtu lalu, tanggal 30 Maret 2019, di lapangan parkir Carefour Lebak Bulus Jakarta Selatan.

Hari itu ratusan perempuan berkumpul dalam satu area untuk membagikan kekuatannya dalam event yanng di gelar oleh Lactacyd Hygiene dengan tema "Share Your Power" sebagai bagian dalam peringatan Hari Perempuan Internasional, yang biasa di peringati setiap tanggal 8 Maret.


                             "Share Your Power" Lactacyd, Meneguhkan Semangat Saling Menguatkan Sesama Perempuan



Beruntung sekali saya bisa mengikuti acara ini. Acara yang mengingatkan kembali semangat kebersamaan sesama perempuan. Di gelar sejak pagi dengan serangkaian acara menarik dan edukatif. Dari senam Zumba di pagi hari, juga ada bincang seru bersama para perempuan hebat, serta aneka booth dan stand yang menampilkan aneka kreativitas, acara ini menggugah saya semakin meresapi bagaimana seharusnya perempuan memilih untuk mengambil langkah, menjadi pemimpin serta memiliki persahabatan yang sehat dan bahagia.

Salah satunya di ungkapkan oleh ibu Misiyah, direktur Instutut Kapal Perempuan Indonesia, yang menjadi narasumber di acara ini.

KAPAL Perempuan adalah singkatan dari Lingkaran Pendidikan Alternatif untuk Perempuan, didirikan pada tanggal 8 Maret 2000 bertujuan untuk membangun gerakan perempuan dan gerakan sosial yang mampu mewujudkan keadilan sosial, kesetaraan dan keadilan gender serta perdamaian di ranah publik dan privat.

Di bentuk untuk menyikapi situasi konflik dan kekerasan akibat politik identitas berbasis suku dan agama yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia dan prihatin terhadap pelanggaran hak-hak asasi perempuan, banyak kegiatan telah di lakukan di Institut Kapal Perempuan mulai dari menyusun konsep dan metodologi pendidikan untuk perempuan, menyelenggarakan training-training, pengorganisasian dan mengembangkan alat monitoring dan evaluasi berperspektif gender dan komunitas.

 "Share Your Power" Lactacyd, Meneguhkan Semangat Saling Menguatkan Sesama Perempuan

Ibu Misiyah bercerita tentang pengalamannya mendampingi banyak perempuan yang terpapar konflik dan masalah di berbagai daerah. Diluar sana masih banyak sekali perempuan yang terbelenggu, terintimidasi, mengalami pemiskinan, pembodohan, kekerasan, pelecehan dan hal kurang menyenangkan lainnya.

Patut bersyukur jika hari ini kita sebagai perempuan memiliki akses dan kesempatan yang lebih baik, untuk itulah kita perlu berbagi kekuatan kepada yang lainnya. Semanagat perempuan yang saling mendukung adalah contoh yang dapat mengilhami bagaimana kita dapat membantu mendorong satu sama lain maju bersama.

Banyak alasan mengapa kita membutuhkan sesama perempuan yang saling menguatkan dalam kehidupan, bukan hanya sekadar bergosip atau belanja-belanja. Lebih dari itu kekuatan yang bisa di hasilkan oleh perempuan bisa sangat tidak terbatas. Karena sejatinya perempuan adalah mahkluk yang kuat. Namun, harus di akui langkah kaki yang bisa di bentangkan perempuan seringkali tak bisa cukup lebar.

Beberapa hal yang menjadi batasan pada langkah perempuan, biasanya karena:

  • Perempuan seringkali merasa dirinya tidak kapable atau tidak layak melakukan sesuatu, karena benturan budaya patriarki, aturan dan persoalan sosial lainnya
  • Tidak memiliki ambisi atau keinginan berada di puncak, terlebih jika sudah memiliki anak, semua perhatian tercurah untuk anak.
Menjadi perempuan kuat memang bukanlah hal yang mudah. Saya mendapatkan beberapa intisari penting di acara ini, bagaimana kita bisa menjadi wanita yang kuat di anatarnya:
  • Perempuan harus menempatkan dirinya sendiri sebagai yang utama terlebih dahulu, tentunya tanpa tendensi untuk untuk egois atau mementingkan diri sendiri, dalam hal ini memang di butuhkan kebijaksanaan dan kedewasaan. 
  • Mencintai diri sendiri adalah kunci. Iyes, perempuan yang kuat mampu mencintai dirinya sendiri, menerima dengan lapang kelemahan dan kekurangannya
  • Percaya diri, yakin dengan penampilan, kemampuan dan kekuatan sendiri.
Wah, tentang percaya diri memang penting banbget sih ya. terlebih sebagai perempuan banyak sekali hal yang menyebabkan terjadinya penurunan kepercayaan diri, baik secara fisik maupun mental. Kondisi tubuh kita juga terkadang memberi pengaruh kepercayaan diri, salah satunya ketika mengalami masalah kewanitaan.Seperti keputihan, gatal, bau tidak sedap dan lain-lain.



Namun soal ini bukan halangan dong ya.Di acara ini juga saya mendapatakan informasi dan inspirasi  tentang perawatan area kewanitaan, di anataranya dengan

  • Membersihkan area kewanitaan secara lembut menggunakan air hangat dan keringkan menggunakan tisu atau handuk yang lembut dan tepuk-tepuk pelan hingga kering.
  • Mengganti celana dalam lebih sering, agar kelembapan vagina bisa terjaga dengan baik.
  • Hindari pemakaian sabun wangi, gel, yang  bisa memengaruhi keseimbangan pH serta bakteri di dalam vagina.
  • Jika menggunakan produk pembersih, pilihlah produk yang tetap menjaga keseimbangan Ph salah satunya Lactacyd.
Lactacyd, saya yakin sudah tidak asing dong ya dengan produk yang satu ini. Saya sendiri telah merasakan manfaat dari produk ini ketika mengalami masalah di area kewanitaan. Larutan cair pembersih vagina yang mengandung zat aktif asam laktat dengan lactoserum (pH 3,5).  dapat digunakan saat mandi atau berendam sebagai sabun cair pada bagian luar vaginal. Lactacyd tergolong ringan dan dapat digunakan setiap hari, jadi bisa gunakan jika ingin merasa lebih segar dan terlindungi.

                                 "Share Your Power" Lactacyd, Meneguhkan Semangat Saling Menguatkan Sesama Perempuan
Seru banget acara yang di gelar Lactacyd ini, sebagai perempuan sudah saatnya kita untuk mendukung sesama lebih dari sebelumnya.Berbagi kekuatan dan energi yang menggetarkan dan  benar-benar terasa. Untuk menciptakan dan melakukan hal-hal yang berani, dan meningkatkan volume kreativitas, keinginan dan tindakan. Untuk mendukung pertumbuhan diri sendiri, dan membawa perubahan ke arah yang lebih baik, Persis seperti apa kata Maya Angelou 
Each Time a woman stands up for herself, she stands up for all women~
15 comments

Add your comment

  1. Dengan adanya acara ini saya jadi tahu ada Kapal Perempuan yang begitu concerns terhadap isu dan masalah perempuan. Padahal sudah sembilan tahun ya tapi saya tahunya baru sekarang. hehehe... terimakasih reportasenya

    ReplyDelete
  2. aku baru tahu tentang kapal perempuan udah lama juga ya mba dari tahun 2000 terhitung 19 tahun :)

    ReplyDelete
  3. produk lactacyd ini produk lama yang masih bertahan. Selain sabun pembersih area kewanitaan ini, aku memakai lactacyd baby buat sabun mandi anakku dulu yang memang sangat sensitif kulitnya dari cuaca panas. Dan ngebantu banget.

    ReplyDelete
  4. Sedih memang mba pas tahu kenyataan masih banyak perempuan yang jadi korban dan tertindas :(. Dengan perhatian dan kegiatan seperti ini smoga makin banyak perempuan yang bangkit

    ReplyDelete
  5. Akupun baru tau tentang kapal perempuan. smoga bisa menjembatani buat perempuan yg teraniaya. kalau lactacyd aku suka pakai :), uda cucok banget :D

    ReplyDelete
  6. Sukaaa sama quote nya Angelo. Bener banget ni mba, perempuan kuat itu terlahir dari kepercayaan dirinya. Salut sama perempuan2 yg terbentur dengan kondisi tapi ia tetap menginspirasi

    ReplyDelete
  7. Btw Aku Juga cocok nih pakai lactacyd, bener bngt perempuan just terlahir dr kepercayaan yg Ada dirinya sendiri

    ReplyDelete
  8. Sesama perempuan harus saling menguatkan. Biar keliatan lemah di luar, tapi dalamnya hati dan pikiran perempuan tak terbatas.

    ReplyDelete
  9. Menjaga kebersihan area kewanitaan diperlukan dan sangat, agar selalu sehat dan segar beraktifitas

    ReplyDelete
  10. Perempuan itu unik kalau kataku, mereka memiliki daya tarik dan kretivitasnya masing. Apalagi diera seperti sekarang ini ya. Dirumah aku juga pakai Si Lactacyd untuk menjaga dan merawat daerah kewanitaan.

    ReplyDelete
  11. Setuju banget mbak. Sesama perempuan itu harus saling menguatkan. Keren acaranya.

    ReplyDelete
  12. Senang banget ya Mbak, bisa ikut event ini. Banyak ilmu yg didapat langsung. KAPAL Perempuan ini keren yah, semoga bisa terus eksis untuk mendukung perempuan menjadi lebih hebat.
    Blm pernah coba Lactacy ini, klo untuk baby sih sering untuk anak-anakku.

    ReplyDelete
  13. Keren banget acaranya, perempuan sekali. Pengen ikut acaranya tapi udah kelewat, semoga tahun depan ada lagi ya mbak. :)

    ReplyDelete
  14. Menjaga kebersihan wanita memang penting dan menjadi salah satu bukti bagi wanita yg mencintain dirinya sendiri..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.

© Nunu Halimi ·