Assalamulaikum...

 Bulan Ramadan telah memasuki 10 hari kedua, nggak terasa yaa. Perasaan baru kemarin memulai hari pertama puasa. Teman-teman, terutama ibu-ibu gimana nih? Masih semangat atau sudah mulai layu, hehe. Jangan dong yaa!? Justru semakin mendekati akhir-akhir Ramadan kita dianjurkan lebih semangat beribadah dan antusias jelang hari kemenangan.


Sebagai ibu, menjaga semangat puasa tetap konsisten adalah tantangan tersendiri, karena alih-alih ingin memaksimalkan waktu berpuasa dan beribadah dengan khusyu, waktu ibu lebih banyak di dedikasikan untuk mengurus segala keperluan rumah tangga, anak-anak dan pekerjaan domestik yang nggak berkurang.

GO-CLEAN Paket Ramadan Infal, Pengganti ART Saat Lebaran

Waktu aktif ibu-ibu juga bertambah, karena harus bangun sejak dini hari untuk persiapan sahur, dan sore hari jelang berbuka. Juggling dengan segudang pekerjaan lainnya bulan puasa memang memiliki effort tersendiri.

Dan, walaupun puasa artinya menahan lapar dan haus, rasanya sulit sekali deh beranjak dari dapur, bicara puasa malah yang dominan di pikirkan ya soal makanan. Ini benar-benar jadi perhatian utama di bulan Ramadan. Terlebih ketika sudah memiliki anak, dan mereka mulai puasa atau belajar puasa.

Mengurus keperluan empat anak, saya bersyukur di rumah saya ada asisten rumah tangga (ART) yang siap membantu. Meringankan pekerjaan dan memberikan saya ruang gerak yang lebih leluasa untuk aktivitas lainnya. Tetapi ya tetap saja namanya bulan Ramadan memerlukan perhatian ekstra dan intens. Tidak semua bisa sepenuhnya di delegasikan ke ART yang tentu perlu juga keseimbangan, supaya betah dan nyaman bekerja.

Apalagi diakhir Ramadan mereka juga harus mendapatkan haknya berkumpul dengan keluarga di Hari Raya. Otomatis mudik pulang kampung. Jadi penting ya, eman-eman si Mbak supaya tanpa drama mau balik lagi pasca lebaran.

Ketika si mbak pulang kampung berarti harus siap bejibaku sendirian tanpa support ART di hari lebaran. Berasa deh hecticnya!

GO-CLEAN Paket Ramadan Infal, Pengganti ART Saat Lebaran


Makanya perlu banget manajemen waktu dan pekerjaan agar efektif di bulan Ramadan ini, agar meminimalisir perasaan kewalahan dan kelelahan antara mengurus keluarga, rumah, dan lainnya. Untuk saya yang notabene bukan ibu pekerja ini saja rasanya luar biasa. Saya sering membayangkan bagaimana dengan ibu-ibu lainnya yang bekerja yaa. duh salut banget. Dalam mengatur aktivitas rumah di bulan Ramadan, alhamdulillah meski ritmenya tidak selalu pas, saya telah menerapkan beberapa cara yang menurut pengalaman saya cukup efektif dan sedikit banyak mengurangi beban dan kerepotan di bulan puasa, di antaranya:
  • Food preparation Food preparation mempermudah persiapan memasak, selain itu juga bisa memangkas waktu persiapan sahur. Bumbu-bumbu dasar dan sayuran, lauk pauk yang akan di olah di persiapkan untuk setidaknya untuk tiga hari kedepan.
  • Yang terpenting memenuhi kadar gizi seimbang, pilih menu masakan yang simpel dan praktis saja, atau jenis makanan yang bisa awet dan tetap enak serta tidak membosankan meski sering di panaskan, seperti rendang, kering kentang, ikan teri kacang dan lain-lain.
  • Membereskan segala kebutuhan dan kegiatan jelang lebaran saat mba ART belum pulang kampung seperti buka bersama keluarga besar atau teman dirumah, persiapan pakaian, kue-kue dan lainnya. Sehingga begitu mendekati akhir Ramadan tinggal mengerjakan rutinitas harian saja.
  • Menentukan prioritas pekerjaan, tidak menunda pekerjaan yang bisa dilakukan segera, agar waktu berjalan lebih efektif dan bisa cepat fokus pada pekerjaan lainnya.
  • Sempatkan waktu untuk berolahraga, sekadar streching atau relaksasi olah pernafasan
  • Terapkan waktu istirahat. Iyes, tidur yang cukup sangat penting bagi tubuh untuk menjaga emosi, stamina agar selalu fit dan prima sehingga dapat menyelesaikan pekerjaan dengan tenang, selain itu jangan lupakan juga asupan suplemen atau vitamin tambahan.
  • Minta bantuan atau support dari orang rumah seperti suami dan anak yang sudah cukup besar. Soal ini agak tricky ya. Maklum anak-anak dan suami juga memiliki aktivitasnya sendiri di bulan Ramadan, tentu bantuan yang bisa di harapkan tidak bisa sepenuhnya dapat di andalkan. 
  • Pertimbangkan opsi untuk menyewa bantuan khusus untuk bulan Ramadan. Nah, untuk yang satu ini belum pernah terpikirkan sebelumnya oleh saya. Terlebih sepanjang pengetahuan saya menyewa bantuan khusus di bulan Ramadan atau jelang hari raya dan saat hari Raya berarti harus siap dana khusus juga.

Jasa bantuan yang biasa di sebut infal atau pengganti pekerja tetap rumah tangga ini terkenal lumayan mahal bisa dua hingga tiga kali lipat bayaran ART di rumah, dengan jam kerja yang lebih singkat dan tempo yang cepat.

Rasanya sayang, kalaupun ada anggaran maunya ya di alokasikan untuk keperluan keuangan lain, jadi setiap lebaran saya selalu memilih mengerjakan pekerjaan rumah sendiri.

 Ehtapi, untungnya untuk itu semua sekarang ada solusi yang bisa mengatasinya loh!? Yaitu dengan layanan GO-CLEAN di aplikasi GO-LIFE. Mulai dari bersih-bersih ruang tamu, kamar-kamar, teras, balkon, menyetrika, menyapu, mengepel dan lainnya, semua bisa!

Membayangkan mendapatkan support bantuan dengan layanan seperti ini pastinya solusi banget ya! Terlebih di bulan Ramadan dan jelang hari raya serta saat hari raya. Aktivitas lebih banyak fokus ke dapur dan pekerjaan rumah lainnya sedikit terpinggirkan.

Selain dapat menggunakan layanan reguler, GO-CLEAN di bulan suci ini memiliki Paket Ramadan, layanan spesial selama Ramadan dengan sistem paket, yaitu paket:
  • Infal
  • Buka Bersama (BUKBER)
Apa sih bedanya Layanan GO-CLEAN Paket Ramadan dengan layanan reguler? Sesuai dengan namanya, paket layanan GO-CLEAN Paket Ramadan memberikan layanan khusus dengan menyediakan jasa mitra GO-LIFE kepada costumer yang memesan jasanya untuk mengerjakan beberapa pekerjaan rumah dalam satu kunjungan berdurasi 4 hingga 6 jam untuk membantu keperluan buka bersama atau infal pengganti ART yang sudah pulang kampung

Wah, pastinya ini alternatif yang mantul dan bikin semangat ya, walau di tinggal mudik si mbak. Pekerjaan rumah bisa terselesaikan dengan baik.

Banyak pekerjaan yang bisa lakukan dengan GO-CLEAN Paket Ramadan, untuk layanan Infal kita dapat memesan jasa mitra GO-CLEAN untuk melakukan bersih-bersih seharian seperti menyetrika, hingga membersihkan berbagai ruangan. Tapi tidak mencakup pekerjaan membersihkan kulkas, kamar tidur dan setrika yaa.

Pengalaman menggunakan jasa GO CLEAN Paket Ramadan Infal

Sebagai tahap pengenalan sebelum si mbak pulang kampung. Beberapa hari lalu saya terpikir ingin mencoba jasa GO-CLEAN Paket Ramadan, bener nggak dengan durasi 4-6 jam bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan. Kalau bener berarti oke juga dong yaa untuk menggunakan jasanya nanti saat jelang hari raya di mana pekerjaan lagi banyak-banyaknya.

GO-CLEAN Paket Ramadan Infal, Pengganti ART Saat Lebaran

Kebetulan akhir-akhir karena sibuk persiapan UKK anak-anak lumayan lalai dengan kebersihan kamarnya. Si mbak juga udah cukup repot dengan pekerjaan intinya di bulan Ramadan ini jadi saya masih pengertian belum memintanya untuk membersihkan kamar anak-anak. So, jadilah saya memesan layanan GO-CLEAN Paket Ramadan Infal yang memberikan layanan jasa bersih-bersih rumah. Dengan memilih durasi 4 jam. Harga yang tertera di layar aplikasi sebesar Rp185.000 untuk layanan ini, dengan layanan ini saya dapat memilih maksimal 3 atau 4 pekerjaan yang di lakukan mitra GO-CLEAN.

Jika ingin menambah jumlah pekerjaan yang mesti di lakukan, atau jika merasa pekerjaan yang di lakukan membutuhkan waktu lebih lama dari 4 jam untuk di selesaikan. Kita dapat menambah durasi pengerjaan. Untuk itu tentu saja bertambah pula biayanya. 5 jam durasi biayanya Rp230.000 sedangkan untuk durasi 6 jam biayanya Rp275.000 Oiya, harga di atas masih di diskon loh jika pakai kode referral saya NUNUNURJBAIK Lumayan banget, BISA DAPAT POTONGAN 50%!

Cara Memesan GO-CLEAN Paket Ramadan

Cara memesan GO-CLEAN Paket Ramadan juga sangat mudah, kita dapat mengatur jam kunjung. Setelah memesan, akhirnya mita GO-CLEAN yang akan membersihkan kamar anak-anak saya akhirnya datang. Namanya ibu Dewi. Oiya mengenai pilihan mitra GO-CLEAN kita juga dapat memilih mitra yang sesuai preferensi, mau laki-laki atau perempuan bisa di pilih di aplikasi.

GO-CLEAN Paket Ramadan Infal, Pengganti ART Saat Lebaran

Datang tepat waktu jam 11.00 jobdesk yang saya harap di lakukan ibu dewi adalah membersihkan kamar tiga anak saya dan kamar mandi. Dengan estimasi waktu 4 jam maka pekerjaannya selesai di pukul 15.00

GO-CLEAN Paket Ramadan Infal, Pengganti ART Saat Lebaran

Namun karena situasi "lapangan" alias kamar anak-anak saya seperti ini, ternyata tidak cukup waktu 4 jam, alhasil hanya 2 kamar dan kamar mandi yang di bersihkan ibu Dewi.

Ibu Dewi datang dengan membawa sperangkat "alat perang" yang di masukkan dalam sebuah tas. Berisi berbagai peralatan bersih-bersih seperti vacuum cleaner, lap, cairan pembersih, sikat sapu dan lain-lain.

Sebelum memulai pekerjaannya ibu Dewi membuka percakapan dengan mengatakan kalau beliau sudah tidak asing bekerja di lingkungan rumah saya. Menyebut nama beberapa tetangga yang saya kenal, ternyata telah menjadi langganan GO-CLEAN dan menjadikannya sebagai mitra favorit. Memulai pekerjaan dengan menurunkan buku-buku dan membersihkan rak dari debu. Oiya ternyata Ibu dewi cukup trampil mensortir antara sampah, kertas bekas ujian/ulangan serta buku-buku yang masih bisa di gunakan.

Ibu Dewi cerita, bahwa para mitra GO-CLEAN mendapat sejumlah training dan pelatihan termasuk peka terhadap barang-barang yang harus di bersihkan di lokasi kerja. Makanya, mereka sudah profesional banget.


GO-CLEAN Paket Ramadan Infal, Pengganti ART Saat Lebaran

GO-LIFE memberikan jaminan keamanan kepada pelanggannnya dengan memberikan Happiness Guarantee, Jaminan Puas dengan memberikan layanan ulang jika konsumen tidak puas dengan pekerjaan yang di lakukan mitra. Asuransi barang jika terjadi kejadian yang menyebabkan kerugian pada pelanggan.

Kembali ke pekerjaan Ibu Dewi, beliau memang cukup telaten. Buku-buku di lapnya satu persatu lalu di kembalikan sesuai posisi sebelumnya. Beberapa di tempatkan sesuai dengan kategorinya, ada buku pelajaran, buku tulis hingga buku cerita.

GO-CLEAN Paket Ramadan Infal, Pengganti ART Saat Lebaran

Setelah itu ibu Dewi membesihkan jendela kamar. Selain di bersihkan dengan lap basah area ini juga di bersihkan dengan penyedot debu. Penyedot debu juga di gunakan dikasur tempat tidur, sudut jendela dan sudut ruangan terasa terangkat semua, ruangan jadi lebih nyaman dan lega setelahnya.

Berlanjut ke kamar anak yang lainya, situasinya yaa kurang lebih sama sebelas dua belas ya ternyata. Hadeeuh anak-anak ini memang mesti di brief lagi kebersihan kamarnya.

GO-CLEAN Paket Ramadan Infal, Pengganti ART Saat Lebaran

GO-CLEAN Paket Ramadan Infal, Pengganti ART Saat Lebaran

Alhamdulillah di tutup dengan membersihkan kamar mandi, begini tampilan kamar anak-anak setelah di bersihkan. Gimana bersih dan rapi kan?! Memakai layanan jasa GO-CLEAN Paket Ramadan Infal, iya banget menurut saya jadi opsi saat si mbak pulang kampung lebaran. Biar ibu bisa tetap balance dengan segudang pekerjaan rumah dan kegiatan di hari raya lebaran nanti.

GO-CLEAN Paket Ramadan Infal, Pengganti ART Saat Lebaran

GO-CLEAN Paket Ramadan Infal, Pengganti ART Saat Lebaran

GO-CLEAN Paket Ramadan Infal, Pengganti ART Saat Lebaran

Sudah terbayang deh daftar ceklist to do pekerjaan yang biasanya paling menyita waktu dan malas saya lakukan, dan itu adalah menyetrika . Kalau sudah bertumpuk makin malas deh, di bawa ke cuci kiloan pasti harus ekstra sabar karena antrian. GO-CLEAN Paket Ramadan dengan layanan setrika bisa menjadi solusi nih. Bisa di kerjakan dari rumah. Menurut info dari ibu Dewi, di di jelang, hari H dan pasca lebaran nanti banyak mitra GO-CLEAN yang memilih tetap bekerja.

Teman-teman, khususnya ibu-ibu, gimana mau nggak kewalahan lagi saat hari raya lebaran nanti? Mending panggil layanan GO-CLEAN deh! Biar bisa lebih fokus ibadah dan quality time sama keluarga.
12 comments

Add your comment

  1. petugas go-cleannya hanya satu orang, itu waktu membersihkan rumah nyampek berapa jam ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, untuk pelayanan di rumah saya hanya satu orang. Tapi Go clean punya banyak mitra lainnya, bersihkan rumah dari jam 11 siang sampai jam 3 sore saya ambil yang durasi 4 jam..

      Delete
  2. Ya Allah Mbak aku semacam dapat pencerahan nih. Setrikaanku banyak banget belum sempet dikerjain. Pengin nangis rasanya huhuhu. Pengin coba ah. Biar aku bisa ngerjain yang lainnya. Makasih infonya yaaa. Ntar aku pake kode referralnya asiiiik.

    ReplyDelete
  3. Wuih..paripurna banget hasil kerjaan Bu Dewi ya, Mbak. Memang bener infal a la GOJEK ini bisa mengefisiensikan kerjaan rumah tangga kita. Cocok nih buat para rumah tangga yang ART-nya masih pada mudik (dan belum tentu balik lagi). Keren sekali.

    ReplyDelete
  4. Wah rajin banget bersih2 banyak ruangan apalagi bersihin lemari buku. Aku juga udah cobain paket Ramadan Go-clean, cukup murah apalagi dapat voucher

    ReplyDelete
  5. Makin keren dengan GoJek dilengkapi dengan adanya fitur go clean, satu aplikasi banyak manfaat untuk ummat

    ReplyDelete
  6. Ih, seneng banget ya ada Go Clean sekarang. Ga usah pusing pusing lagi deh. Plus ada paket Ramadhannya juga. Paling mengertiiii <3

    ReplyDelete
  7. Go clean dan go-life benar-benar jadi solusi saat ART tidak ada di rumah, itu kodenya berlaku sampai kapan ya mba?

    ReplyDelete
  8. Wah, Go Clean benar-bear menjadi solusi saat ART pada pulang kampung ya. Dan aman juga pastinya karena ada jaminan garansi jika ada barang yang hilang atau kurang puas dengan hasil kerjaannya ya

    ReplyDelete
  9. Go clean lagi sliweran ya ramadhan ini. Ngebantu banget ya ART pulang kampung. Asyik lho pakai ini sampai teralis teralis juga deh

    ReplyDelete
  10. gol life memang jawaban untuk kebutuhan masyarakat urban zaman now yang aktivitasnya menuntut kecepatan dan efektivitas, mamou beresin banyak urusan , jadi kita bsia fokus ke urusan lainnya

    ReplyDelete
  11. Wah, rapi dan bersih banget hasilnya. Jaman sekarang enggak perlu repot lagi ya mbak kalau pengen beberes rumah. Tinggal pakai GoClean aja masalah kebersihan dan kerapian rumah pun teratasi.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.

© Nunu Halimi ·