Salah satu poin penting yang yang harus di pikirkan saat membangun rumah adalah pencahayaan. Saya teringat saat mulai memikirkan desain ruangan dalam rumah yang saya huni saat ini. Ternyata menentukan seperti apa cahaya dalam ruang yang kami inginkan cukup membingungkan.

Cahaya di ruang tamu, kamar utama, kamar anak-anak, ruang belajar, dapur, hingga kamar mandi, masing-masing memiliki kebutuhannya tersendiri. Karena selain mempengaruhi estetika, pilihan pencahayaan yang tepat juga dapat membantu mendapatkan yang terbaik dari rumah dengan membuat ruang lebih nyaman, fungsional, dan menarik.


Penggunaan lampu di rumah juga dapat menunjang kenyamanan penghuni rumah. Pencahayaan yang bagus biasanya dapat langsung kita nilai ketika melihatnya, tetapi rupanya tidak semudah itu, untuk menentukan cahaya yang pas di rumah. Ada faktor yang harus di pertimbangkan sebelum memilih lampu yang digunakan pada ruangan di rumah.

Ecolink, Solusi Lampu LED Berkualitas dan Ramah Lingkungan untuk Rumah

Hemat listrik, awet tahan lama dengan cahaya sesuai harapan dan harga terjangkau biasanya menjadi kriteria ketika saya memilih lampu. Dan untuk mendapatkan bola lampu yang seperti itu lumayan tricky ya. Terlebih sekarang semua lampu rata-rata sudah beralih menggunakan LED, lampu yang katanya lebih bagus dari lampu bohlam jadul dengan bulb transparan.

Yup, berkat perkembangan teknologi, saat ini banyak sekali varian lampu yang menggunakan teknologi LED (Light Emitting Diode) Lampu ini menawarkan sederet keunggulan, lebih hemat listrik, kualitas terang yang baik, dan usia pakai yang lebih lama, namun dari segi harga terbilang cukup lumayan, ada sih lampu LED yang harganya cukup murah, tetapi kualitasnya zonk dan bikin kita jadi sering gonta ganti lampu baru.

Ecolink, Solusi Lampu LED Berkualitas dan Ramah Lingkungan untuk Rumah

Sebenarnya harga tidak melulu menjadi patokan ya, selama memang kelebihan yang di tawarkan terbukti. Yang jadi pertanyaan lampu LED yang bagus itu seperti apa ya? Hadir dalam berbagai bentuk, ukuran dan warna cahaya, dengan merk yang berbeda-beda pula, melihat sekilas saja pasti bakal bikin galau memilih.

Lalu, apasaja kah yang harus di perhatikan jika kita ingin membeli lampu LED, berikut beberapa tipsnya:

  1. Beli lampu LED yang dilengkapi packaging, cek dan teliti labelnya terlebih dahulu. Sebagian besar informasi yang dibutuhkan untuk memilih bola lampu LED ada di kemasannya, Cari label Fakta Pencahayaan atau Light Appearance di bagian belakang atau samping kemasan.
  2. Perhatikan istilah: 'Light atau kecerahan' dan penampilan cahaya apakah hangat (warm) atau dingin (cool) Pencahayaan mengacu pada suhu warna, yang diukur sebagai Kelvin (K). Untuk lampu meja atau lampu ruang tamu, pilih bohlam sekitar 2.700 hingga 3.000 K untuk mendapatkan cahaya hangat mirip dengan cahaya dari bohlam lampu pijar yang lebih tua. Untuk penerangan tugas di tempat-tempat seperti bengkel dan ruang cuci, pilih bohlam sekitar 5.000 K untuk cahaya yang lebih dingin dan kebiru-biruan yang lebih mirip cahaya alami.
  3. Perhatikan kecerahan cahaya dalam satuan lumens bukan watts. Satuan seberapa terang cahaya diukur dalam lumens, sedangkan watts adalah satuan energi listrik yang digunakan lampu tersebut saat bekerja. Lampu pijar 40 watt harus menghasilkan sekitar 450 lumens.
  4. Karena sirkuitnya, ada lampu LED yang tidak selalu kompatibel dengan saklar atau instalasi listrik, hingga menghasilkan cahaya yang lebih redup, pastikan saklar yang digunakan sudah oke untuk lampu LED yang akan digunakan.
  5. Garansi, lampu LED yang berkualitas biasanya berani memberanikan garansi lampu baru dengan proses lebih cepat jika dalam masa garansi ternyata lampu mengalami masalah.

Oiya, kalau mau lancar pilah pilih lampu LED yang berkualitas, sekarang nggak perlu galau lagi loh!? Hari senin tanggal 23 September 2019 lalu saya hadir dalam peluncuran Ecolink, rangkaian produk baru lampu LED berkualitas dari  Signify, salah satu perusahaan terdepan dunia di bidang pencahayaan dengan beragam merek pencahayaan paling terpercaya di dunia.

Bertempat di Ritz Carlton Hotel Jakarta,  bersama Mr. Rami Hajjar, Leader Signify Indonesia, Burhan Noor Sahid, head of marketing Signify Indonesia dan Lea Indra, Head of Integrated Communications Signify Indonesia, Ecolink Lighting resmi di luncurkan dan siap menjadi solusi pencahayaan rumah-rumah di Indonesia. 


Ecolink, Solusi Lampu LED Berkualitas dan Ramah Lingkungan untuk Rumah
Mr. Rami Hajjar

Menawarkan banyak kelebihan dari lampu LED yang sudah ada di pasaran, Mr Rami Hajjar mengungkapkan jika Ecolink hadir sebagai solusi lampu LED berkualitas dalam upaya Signify memahami dan menjangkau lebih luas pasar Indonesia yang sangat luas dan beragam.

Ecolink ingin memastikan bahwa banyak rumah tangga di Indonesia dapat menikmati pencahayaan rumah berkualitas baik. Ecolink Lighting adalah merek pencahayaan lampu berbasis LED dengan jaminan kualitas dan ramah lingkungan yang dipasarkan dengan harga terjangkau.

Di tambahkan pula oleh Burhan Noor Sahid, di industri lampu ada standar yang harus di penuhi oleh semua merk lampu baik secara global (IEC Standard) dan nasional (SNI). Namun dalam aplikasinya banyak merk lampu yang tidak menerapkan satandar ini pada produknya.

Untuk memastikan kualitas lampu yang bagus, maka pemenuhan standar yang di tetapkan adalah kunci, dan  Ecolink adalah produk  lampu LED yang telah memenuhi standar produk elektronika yang sesuai dengan SNI dan terstandar juga di pasar global.

Ecolink, Solusi Lampu LED Berkualitas dan Ramah Lingkungan untuk Rumah


Dengan jaminan kualitas yang telah memenuhi standar, Ecolink juga memiliki banyak kelebihan di antaranya:

1. Affordable Price, harga yang terjangkau. Dengan HET (harga eceran tertinggi) mulai dari Rp15.000 sudah dapat menggunakan lampu berkualitas.

2. Hemat Energi. Dengan beralih ke lampu LED Ecolink, konsumen rumah tangga dapat menghemat pemakaian listrik hingga 88% di bandingkan dengan lampu pijar. Artinya tagihan listrik dapat berkurang signifikan.
Ecolink, Solusi Lampu LED Berkualitas dan Ramah Lingkungan untuk Rumah

3. Ramah lingkungan, UV dan IR free terbuat dari material ramah lingkungan dan mudah di daur ulang, lampu LED Ecolink juga telah memenuhi standard IEC/EN 62471 yang memberi jaminan bebas bahan yang mengandung merkuri, dengan cahaya bebas ultra violet dan infra red yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan.

4. Usia pemakaian lebih tahan lama, hingga 15.000 jam dengan garansi satu tahun.
5. Pilihan produk yang beragam. Ecolink menyediakan rangkaian lampu bohlam LED downlight yang tersedia dalam dua varian warna cool daylight (6500K) dan warm white (3000K) juga varian lainnya yaitu Ecolink Bulkhead, Ecolink Batten dan Ecolink Floodlight yang dapat digunakan sesuai kebutuhan untuk berbagai ruangan baik indoor maupun outdoor

Sebagai konsumen, ini memang solusi yang di tunggu banget ya, kita bisa mendapat manfaat lampu LED berkualitas sekaligus manfaat hemat energi, hemat finansial dan menyelematkan lingkungan kita dari limbah lampu yang terlalu cepat menjadi sampah. Hidup sehat bebas dari radiasi berabahaya dan selamatkan bumi kita mulai dari rumah salah satunya ya dengan menggunakan lampu LED Ecolink.

Ingin mengetahui lebih lengkap tentang produk Ecolink? kunjungi www.ecolink.lighting.com. Produk-produk Ecolink sudah tersedia di toko-toko dan retail tertentu,








0 comments

Add your comment

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.

© Nunu Halimi ·