Bisa remote working dan bekerja dari rumah, adalah sesuatu yang tidak disangka bisa saya lakukan hari ini.

Sering membayangkan bagaimana rasanya berhenti dari pekerjaan 9 to 5. Kemudian santai kerja di rumah sambil mengurus rumah dan anak-anak. Hmm..Yes! Akhirnya terwujud juga.



Sejak memutuskan menjadi blogger dan membantu suami yang resign dari pekerjaannya lalu memulai usaha sendiri, pekerjaan saya memang menjadi remote, alias bisa di kerjakan dimana saja, terutama dari rumah.

Tetapi,  bekerja remote dari rumah ternyata tidak selalu mulus bahkan jauh lebih menantang dari yang saya pikirkan. Apalagi ketika anak-anak dirumah semua, duh!

Alih-alih melakukan pekerjaan dengan tenang, santai dan fleksibel saya malah sering teralih dengan urusan domestik di rumah, belum lagi si bungsu yang kadang merajuk "melarang" bekerja, karena saya terlalu lama mematut di depan komputer.

Yaah, untungnya bekerja dengan pak suami yaa, jadi bisa sedikit ada toleransi, terbayang sih kalau bekerja remote di perusahaan lain.

 Yup, pada prinsipnya bekerja remote dari rumah sama saja dengan bekerja 9 to 5, terikat dengan peraturan dan target yang harus di selesaikan.

 Nah, teman-teman ada yang berniat bekerja remote dan dari rumah juga kah? Saya yakin banyak juga, yang ingin sekali bekerja dari rumah.

 Terlebih zaman sekarang, sangat mungkin dan beragam sekali loh jenis pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote dan dari rumah, baik freelance ataupun fulltime, trendnya terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, setidaknya itu yang saya perhatikan dilingkungan dan lingkaran pertemanan saya.

Banyak perusahaan akrab dengan pekerja remote yang lekat dengan konsep digital dan teknologi. Kesempatan untuk bekerja remote juga sangat terbuka. Bahkan belum lama ini sempat viral ya, pemerintah memunculkan wacana agar ASN (Aparatur Sipil Negara) dapat bekerja dari rumah.

Bekerja dari rumah memiliki banyak kelebihan, tetapi tantangannya pun tak kalah banyak loh!?

Agar lebih efisien dan efektif bekerja, perlu keterampilan tertentu hingga bisa menyesuaikan diri dengan ritmenya. Merasakan tantangan bekerja dari rumah, saya memiliki beberapa catatan garis merah mengenai hal-hal yang harus diperhatikan ketika bekerja remote dari rumah, yaitu:

1. Manajemen waktu, bekerja remote dari rumah memungkinkan kita bisa bekerja sesuai keinginan. Menentukan prioritas dengan mengatur sendiri waktu terbaik dan ternyaman untuk bekerja serta menentukan jam kerja yang efisien dan efektif adalah kunci untuk hasil pekerjaan yang maksimal. 
2. Disiplin. Yup, meski bekerja dari rumah, santai saat bekerja bukanlah pilihan yang bijak. Disiplin, keras kepada diri adalah hal penting yang harus dimiliki ketika kita bekerja dari rumah.
3. Buat rencana, jadwal, how to dengan target harian, mingguan, bulanan tertulis dan tekad kuat menyelesaikan sesuai tenggat waktu atau deadline yang dibuat sendiri.
4. Komunikasi dengan orang rumah tentang pekerjaan yang sedang digarap, bangun pengertian dan pemahaman untuk meminimalkan gangguan dan hambatan dalam bekerja dari intern rumah.
5. Gunakan perangkat kerja yang update, terbaru, mumpuni dan dapat diandalkan, serta jaringan internet yang lancar dan kencang. Pekerja remote sangat tergantung dengan teknologi komputer dan jaringan internet, ini adalah ruh dari bekerja remote dan bekerja dari rumah.

Selalu online dan update teknologi adalah bagian terpenting yang harus dioptimalkan ketika kita mau bekerja dari rumah dengan efisien dan efektif.

Perkembangan teknologi adalah satu hal yang menjadi pemacu produktivitas bekerja. Karena berkat teknologi, setiap saat selalu akan ada hal baru yang diciptakan untuk memudahkan pekerjaan.

                  Keunggulan Modern PC yang Maksimalkan Produktivitas Pekerja Remote dan Bekerja dari Rumah

Oiya, siapa diantara teman-teman yang saat ini sedang berpikir untuk membeli perangkat PC, komputer atau laptop baru. Mungkin ingin meningkatkan yang sudah ada, tetapi bingung harus mulai dari mana dan pilih yang seperti apa?

Nah, itu lah yang saya rasakan saat ini,..

Sudah lama sekali saya ingin mengganti perangkat kerja saya alias PC yang kinerjanya sudah sangat berkurang, kemampuan nya yang lemot, dan loadingnya yang lama membuat geregetan. Tetapi, berhubung ini andalan satu-satunya maka tetap ya, harus sabar di sayang-sayang.

Salah satu yang mempengaruhi kinerja  PC adalah usianya, wajar memang jika menjadi lambat dan sering hang ya. Seingat saya ini sudah tahun ketujuh PC dirumah menemani saya bekerja. Mungkin memang sudah saatnya di lakukan pembaruan.

Pilah-pilih perangkat PC, komputer atau laptop baru, cukup tricky ya, terlebih buat saya yang gaptek tentang spesifikasi PC yang mantap dan mumpuni, meski sebenarnya tahu sih apa tujuan dan yang dibutuhkan, tetapi sangat mungkin sekali saya tidak mendapat PC sesuai kebutuhan, karena ketidak pahaman akan detail jeroan dalam PC.

                          Keunggulan Modern PC yang Maksimalkan Produktivitas Pekerja Remote dan Bekerja dari Rumah

Dan, alih-alih bingung menentukan dan memilih perangkat PC baru, saya bersyukur sekali tanggal 27 September lalu menghadiri sebuah acara yang di gelar oleh Microsoft Indonesia, dan PT. Synnex Metrodata Indonesia yang mencerahkan saya untuk sudah saatnya..

Keunggulan Modern PC yang Maksimalkan Produktivitas Pekerja Remote dan Bekerja dari Rumah

Beralih Menggunakan PC Modern

Hal yang lazim terjadi saat ini, perkembangan teknologi terus berkembang dan beradaptasi untuk semakin memudahkan pekerjaan manusia. Termasuk pada PC. Bahkan penampilan dan kemampuan PC saat ini sama sekali tidak dapat dibandingkan dengan keberadaannya saat pertama kali diluncurkan loh!?

Keunggulan Modern PC yang Maksimalkan Produktivitas Pekerja Remote dan Bekerja dari Rumah
transformasi PC dari masa ke masa


Berlangsung di CoHive Coworking Space. Bersama teman-teman blogger, kami bertemu langsung dengan Channel Marketing Lead Microsoft Indonesia, Indra Raharjo, Consumer Master Trainer Microsoft Indonesia, Hadi Gunawan Sugito serta Product Marketing Synnex MetroData Indonesia Christianto Rasli dalam acara yang bertema

"Supercharged Productivity with Modern PC"

Transformasi PC sudah berkembang menjadi PC modern dengan beragam keunggulan fitur yang tidak dimiliki oleh PC generasi sebelumnya, di antaranya:
    • Bentuknya lebih simple, lebih tipis, lebih ringan sehingga mudah di bawa kemana-mana. 
    • PC Modern, mengusung desain all-in-one yang juga bisa difungsikan sebagai notebook standar, stand notebook, dan bahkan bisa dilipat menjadi tablet. 
    • PC Modern  menggunakan sistem operasi Windows 10 terbaru, Microsoft 2019



  • Keunggulan Modern PC yang Maksimalkan Produktivitas Pekerja Remote dan Bekerja dari Rumah

    • Kinerja baterainya lebih tahan lama berkat penggunaan SSD (Solid State Drive) yang tidak lagi menggunakan piringan HDD. 
    • Dengan SSD, PC menjadi  lebih cepat dalam hal kecepatan read and write, misalnya membuka program berat, transfer file maupun pencarian file. 
    • Waktu booting windows dengan SSD juga lebih cepat dibandingkan HDD. Karena saat digunakan, SSD tidak mengeluarkan suara, efek dari materi komponennya hanya terdiri dari sekumpulan memori.




  •                            Keunggulan Modern PC yang Maksimalkan Produktivitas Pekerja Remote dan Bekerja dari Rumah

    • Kapasitas penyimpanan yang lebih besar, hingga 1TB. Dibandingkan dengan perangkat penyimpanan fisik yang biasa digunakan setiap hari, penyimpanan pada modern PC menjadi sangat maksimal. Penyimpanan 1 TB kira-kira sama dengan sekitar 8 buah perangkat iPhone (128 GB) atau Samsung Galaxy. 1 TB juga setara dengan sekitar 4 buah laptop Windows (256 GB) atau laptop MacBook, sehingga menyimpan data dan file ataupun lagu, video, jadi lebih tenang ya!
    • Windows Hello. Wajah pemilik yang didaftarakan juga menjadi kata sandi untuk membuka PC dengan menggunakan kamera kedalaman yang terpasang di bagian depan PC.
    • Sensor suara, layar sentuh dan Windows ink yaitu pintasan keyboard dan tombol panah cukup untuk bernavigasi sebagai metode input lain untuk mengetik, melakukan perintah, dan menjadi tinta yang seakan menulis di atas kanvas.
    • Windows 10 modern juga dirancang sebagai teknologi bantu untuk orang-orang yang mungkin tidak dapat mengetik atau menggunakan mouse. 
    • Menggunakan Windows 10, sistem operasi terbaru Windows 10 yang bisa melakukan banyak hal terutama dalam  yang menggunakan Microsoft Office 2019.
                               Keunggulan Modern PC yang Maksimalkan Produktivitas Pekerja Remote dan Bekerja dari Rumah

Dalam acara ini kami juga diajak untuk secara langsung merasakan experience, pengalaman menggunakan Modern PC dengan software Microsoft Office 365, 2019.

Yes, sudah sejak lama sistem  operasi Microsoft mendominasi sebagian besar pasar komputer pribadi, dimulai dengan MS-DOS dan kemudian dengan Microsoft Windows.

Microsoft Office 2019 secara umum di kembangkan dari fitur-fitur yang telah ditambahkan pada Office 365. Dengan pembaharuan ini, para konsumen bisnis maupun personal yang memudahkan pekerjaan dan membuat  dengan lebih nyaman, menggunakan fitur:

  • Buat apa pun dengan mudah. Presentasi, model data, dan laporan dengan peralatan dan kemampuan seperti Morf di PowerPoint, tipe bagan baru di Excel, serta penintaan yang disempurnakan di seluruh aplikasi.
Keunggulan Modern PC yang Maksimalkan Produktivitas Pekerja Remote dan Bekerja dari Rumah


  • Pilih kata atau frasa, klik kanan, dan pilih Pencarian Pintar. dengan Smart Lookup  ketuk dua kali kata untuk memilihnya lalu ketuk Smart Lookup atau Smart Lookup semua data dari kata atau gambar yang ingin kita ketahui akan muncul dan bisa langsung di salin.
    Keunggulan Modern PC yang Maksimalkan Produktivitas Pekerja Remote dan Bekerja dari Rumah




  • One Note, fitur yang dapat kita gunakan untuk membantu menyelesaikan soal matematika dasar hingga yang sulit, lengkap dengan prosesnya
                  Keunggulan Modern PC yang Maksimalkan Produktivitas Pekerja Remote dan Bekerja dari Rumah
4. Microsoft Office Lens, fitur dengan cara kerja seperti scan  yang dapat mengedit, meningkatkan, dan membuat gambar serta dokumen dapat dibaca dan konversi menjadi file Word dan PowerPoint yang dapat diedit. 

5. Microsoft translator, yang dapat menterjemahkan langsung kata atau kalimat yang ingin kita padankan dengan bahasa lain. 

Semua keunggulan fitur Microsoft Office diatas, dijamin dapat memudahkan pekerjaan banget serta dapat memaksimalkan produktivitas.

Oiya, satu poin yang tak kalah penting dari semua fitur yang ada ini jangan lupa satu hal ya, belilah software microsoft ori alias asli dari Microsoft.

Sudah jadi rahasia umum kayaknya kalau bicara software Microsoft dan melihat harganya opsi original atau bajakan  biasanya jadi dilema.

Tetapi, tentu saja dimana-mana ya yang namanya original, asli tentu berbeda dengan bajakan. Ada harga ada barang. Menurut Channel Marketing Lead Microsoft Indonesia, Indra Raharjo, membeli Microsoft asli tidak akan rugi, justru sangat worthed dan setimpal sekali dengan benefit yang akan di dapatkan.

Harga yang ditawarkan Micosoft secara persepsi memang terkesan mahal, dan memancing orang yang tidak bertanggungjawab, mengambil keuntungan dengan membuat versi bajakan.

Sebagai konsumen kita sih senang-senang saja mendapatkan harga yang lebih murah.Namun ternyata kita nggak akan merasa sia-sia mengeluarkan uang. Karena da banyak fitur dan program-program menarik yang pasti tidak akan didapatkan jika menggunakan versi
bajakan, seperti:
  • Technical Support, dengan menggunakan Microsoft Office asli, kita akan dilayani dengan bagian dari technical support, ketika menghadapi masalah dengan software dari segi teknikal seperti crash atau yang lainnya. 
  • Update Software, Microsoft adalah salah satu produk yang selalu terus berinovasi memperbarui produknya, dan mengalami banyak perubahan sesuai seiringnya waktu berjalan, dengan membeli yang asli kita akan selalu tetap update dengan perkembangan terbaru.
  • Microsoft office juga dikenal selalu meningkatkan kinerja dari waktu ke waktu. Dengan membeli yang asli, kita bisa jadi yang terdepan merasakan kinerja terbarunya.
  • Resiko akibat pembersihan sistem,  meningkatkan kemanan. Menggunakan produk bajakan berarti harus siap dengan PC yang rentan terhadap serangan virus dan malware.
  • Program antivirus yang siap siaga selama 24 jam, antivirus akan mendeteksi berbagai macam program dan virus yang menurutnya tidak baik untuk PC dan otomatis antivirus akan menghapus semua program dan kamu tidak punya lagi deh 

Salah satu toko resmi produk-produk Microsoft bisa didapatkan di toko offline dan online, untuk jaminan produk asli adalah dari  PT. Synnex Metrodata Indonesia yang memiliki ESD atau (Electronic Software Delivery) merupakan sebuah sistem terbaru dari Microsoft di mana kita bisa membeli semua produk Microsoft yang original berlisensi asli dengan mudah.

Dengan ESD, kita tidak repot lagi menunggu pengiriman fisik karena semua aktivasi produk dikirim dan dilakukan langsung lewat email.

Salah satu platform ecommerce yang bisa dipilih jika ingin membeli Microsoft online saat ini baru ada di JD.Id.

Keuntungan membeli secara ESD adalah proses transaksi lebih mudah, lebih hemat, jangkauan lebih luas, barang sudah pasti tersedia dan original, up to date, dengan proses pengiriman lebih cepat, keamanan dalam pengiriman terjamin.

Senang banget ya Bisa remote working dan bekerja dari rumah, yang di support modern PC dan operasi sistem Microsoft Office 2019. Sistem operasi ini terdiri dari tiga jenis yaitu:

  1.  Office Home 365 yangharus diperbarui setiap tahun juga ada yang permanen seumur hidup. Operasi ini bisa digunakan untuk setidaknya untuk 6 orang diseluruh perangkat seperti Handphone, laptop atau tablet. 
  2. Office Home 365 Personal untuk penggunaan pribadi satu orang pada maksimal 2 perangkat 
  3. Office home student 2019 untuk belajar untuk satu orang dengan satu perangkat saja. 

Microsoft Office 2019 dengan pembaharuannya memang worthed untuk dimiliki yaa, apalagi kalau tujuannya untuk meningkatkan produktivitas, saya yakin pekerjaan akan cepat selesai, sikecil mungkin nggak akan merajuk lagi, karena saya punya cukup banyak waktu untuk melakukan hal lain bersamanya.
0 comments

Add your comment

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.

© Nunu Halimi ·