Pengalaman Menjadi Kru dalam Seminar Anthony Robbins UPW (Unleash The Power Within) di Singapura

Menjadi seksi sibuk dalam sebuah acara besar, tidak pernah terbayang oleh saya sebelumnya. Terlebih acara besar ini berlangsung di luar negeri, Singapura.

Bekerjasama dengan tim yang berasal dari 13 negara. Bulan September lalu tepatnya dari tanggal 6 hingga 9 september saya mendapat kesempatan luar biasa, menjadi kru dalam sebuah event besar yaitu Tony Robbins Live "Unleash The Power Within" yang diadakan di MAX Atria Singapore Expo.

Sungguh ini moment luar biasa dalam hidup saya, dapat memiliki pengalaman internasional yang memberi impact besar pada diri baik secara pribadi maupun profesional.

Pengalaman Menjadi Kru dalam Seminar Anthony Robbins  UPW (Unleash The Power Within) di Singapura
Prepare hall untuk acara

Bagaimana caranya, koq saya bisa menjadi kru di acaranya Tony Robbins?

Pertanyaan ini banyak dilontarkan oleh teman-teman melalui DM Instagram ketika saya membagikan foto dan stories kegiatan acara disana.

Cara menjadi kru sebenarnya sangat simpel. Saya hanya mengisi sebuah google form pendaftaran yang suatu ketika masuk ke email saya dari Success Resource (EO penyelenggara seminar-seminar Tony Robbins) kemungkinan google form itu di kirim secara random kepada mereka yang berlangganan news letter Success Resource.

Setelah saya mengisi form yang berisi biodata, dan cerita tentang profil singkat diri pribadi. Tak ada test atau pertanyaan aneh-aneh, setelah terkirim saya lupakan begitu saja, karena memang nggak punya ekspektasi apa-apa Hingga kemudian beberapa bulan setelahnya saya mendapatkan email jawaban kalau saya terpilih.

Nggak ada syarat spesifik untuk menjadi kru, hanya usia minimal 18 tahun keatas, sehat jasmani dan fisik. Persoalan komunikasi dan bahasa juga tidak menjadi hal yang diutamakan. Namun satu yang paling penting, pendaftar harus pernah terdaftar dan setidaknya satu kali mengikuti sesi seminar atau pelatihan Anthony Robbins.

Saya sendiri memang pernah dua kali mengikuti sesi seminar Anthony Robbins yang berlangsung di tempat yang sama Max Atria Singapore Expo tahun 2015 dan 2018.

Oiya, for your information, mungkin diantara teman-teman ada yang belum mengenal siapakah itu Tony Robbins?

Tony Robbins adalah nama panggilan dari Anthony Robbins, seorang penulis Amerika, yang terkenal dengan kemampuannya menjadi pelatih kehidupan No 1 di dunia dan memiliki pengaruh besar dalam berbagai sesi pelatihan, infomersial, seminar, dan self-help, motivasi, pengembangan diri.

Salah satu bukunya yang paling sukses adalah Unlimited Power dan Awaken the Giant Within. Banyak tokoh terkenal, tokoh politik, olahragawan dan selebritis dunia pernah menjadi peserta sesi pelatihan yang di selenggarakan Anthony Robbins, beberapa diantaranya Bill Clinton, Oprah Winfrey, Andre Agassi, Serena Williams, Pittbull dan masih banyak yang lainnya

Pengalaman Menjadi Kru dalam Seminar Anthony Robbins  UPW (Unleash The Power Within) di Singapura
Anthony Robbins

Dari Indonesia sendiri,nama-nama seperti Merry Riana, Tung Desem Waringin, Ary Ginanjar, Onggy Hianata adalah tokoh-tokoh sukses yang juga pernah mengikuti pelatihan dari Anthony Robbins dan mengembangkan polanya di Indonesia.

Another fyi lagi nih, buat yang mungkin mengira, kalau acara yang digelar Anthony Robbins itu acara semacam yang banyak dilakukan perusahaan dan member-member MLM, Anda tidak salah, walaupun nggak sepenuhnya benar.

Nggak bisa disangkal, faktanya memang buanyak banget peserta pelatihan dan seminar-seminar Anthony Robbins itu para pegiat MLM. Saya sendiri selalu dapat pertanyaan, apakah saya anggota MLM tertentu? *hehe..

Pelatihan dan seminar yang diberikan Anthony Robbins sejatinya mengajarkan tentang bagaimana cara kita menjadi ahli dalam mengatur Strategi Kehidupan dan Bisnis yang berlaku buat siapa saja, baik itu pribadi, pasangan, institusi, lembaga dan tak terkecuali buat MLM

Anthony Robbins telah membantu lebih dari 50 juta orang dari lebih dari 100 negara mengubah hidup dan bisnis mereka melalui buku-buku, program audio, produk kesehatan, acara langsung dan pelatihan pribadi. Beliau juga pernah masuk dalam daftar "Celebrity 100" majalah Forbes tahun 2007.

Pengalaman Menjadi Kru dalam Seminar Anthony Robbins  UPW (Unleash The Power Within) di Singapura
Peserta  Seminar Anthony Robbins  UPW Unleash The Power Within 2019

Bersama suami yang lebih dulu mengenal Anthony Robbins dan mengikuti seminarnya sendirian tahun 2009, kami juga menjadi bagian orang yang alhamdulillah berhasil mengubah paradigma dan mindset yang berimbas pada banyak aspek perubahan hidup dan bisnis yang sangat signifikan.

Beberapa bulan sekembali dari Singapura, suami tanpa berpikir lama, mengambil keputusan besar untuk resign dari kantornya, dan menjalankan usaha sendiri. Keputusan yang kemudian mengubah jalan hidup kami hingga hari ini.

Kembali ke pengalaman menjadi kru Anthony Robbins satu kata pertama yang sangat berkesan buat saya adalah  LELAH..hahaha. Iya bener capeknya luar biasa, karena venue acara ini, Max Atria Singapore Expo itu luas banget, dan peserta yang hadir kurang lebih ada 9000 orang yang berasal dari 28 negara, jadi kebayang kan suasananya seperti apa.

Jumlah Kru yang diterima untuk acara ini ada 400 orang, dari 13 negara diantaranya dari Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Australia, Russia, Inggris, Amerika, Belanda, India, Srilanka dll.

Pengalaman Menjadi Kru dalam Seminar Anthony Robbins  UPW (Unleash The Power Within) di Singapura
foto bersama semua kru Seminar Anthony Robbins  UPW Unleash The Power Within 2019

Menjadi kru di acara Anthony Robbins kami semua sifatnya adalah sebagai volunteer atau sukarelawan. Success Resource sendiri sudah memiliki kru tetap. Saya merasa beruntung banget sih bisa berada disini, karena kalau dilihat dari jumlah kru, pasti pelamar yang masuk juga banyak yaa.

Dari Indonesia sendiri ada kurang lebih 6 orang, dengan dua orang perempuan saya dan satu lagi berasal dari Kediri, Jawa Timur yang sayangnya tidak sempat ikut foto bersama.

Pengalaman Menjadi Kru dalam Seminar Anthony Robbins  UPW (Unleash The Power Within) di Singapura
Teman kru dari Indonesia

Sebagai volunteer, kami di bagi dalam beberapa jobdesk, ada Door Greeters, Upriser, Riser, Dancer, dan beberapa tugas lainnya. Masing-masing kru akan bekerja sesuai jobdesk, tapi semua tugas tidak mengikat sih, setiap orang bahu membahu, mensupport satu sama lain jika memang ada yang butuh back-up.

Pengalaman Menjadi Kru dalam Seminar Anthony Robbins  UPW (Unleash The Power Within) di Singapura
Bersama teman kru dari India dan Thailand
                                               
Seru memang bekerjasama dalam sebuah tim besar dalam event besar seperti ini, kelelahan yang saya alami rasanya worthed banget dengan pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan di sini.

Ketika dunia menjadi semakin global, memiliki pengalaman seperti ini membuat saya menjadi semakin yakin akan kemampuan diri sendiri, disini saya banyak belajar bagaimana berkomunikasi. menghadapi orang banyak, yang meski terkendala bahasa Inggris yang pas-pasan, alhamdulillah ternyata bisa juga dimengerti.

Pengalaman Menjadi Kru dalam Seminar Anthony Robbins  UPW (Unleash The Power Within) di Singapura
Bersama teman kru asal Malaysia

Acara adalah tentang bagaimana menyaksikan orang - orang bertransformasi. Sebagai seseorang yang pernah mengikuti pelatihan Anthony Robbins, saya menjadi punya sudut pandang baru karena mengalami pengalaman yang didapatkan sama sekali berbeda, antara menjadi peserta dengan menjadi kru.

Teman kru asal Rumania

Ya, selama menjadi kru, kami juga mendapatkan pelatihan, training yang tentunya tidak akan didapatkan ketika menjadi peserta. Sebagai seseorang yang sama sekali tidak tahu bagaimana sebuah acara dikemas dari balik panggung, mata saya jadi terbuka akan adanya proses rumit namun tertata, terkoordinasi dan tersistem dengan sangat rapih.

Total lima hari saya bertugas menjadi kru, tugas intinya sih berlangsung selama tiga hari. Dari total lima hari tersebut, hari pertama adalah moment untuk briefing, dalam waktu sehari kami di ajarkan dijelaskan dan latihan bagaimana menjadi kru.

Selama menjadi kru, banyak banget hikmah yang saya petik. Karena mengelola semua Komponen, staf acara dapat menjadi kacau dan sangat kompleks. Menurut info juga Tony Robbins sangat detail mengenai acara, dan ingin semua yang mengikuti seminarnya mendapatkan yang terbaik.


Karena sudah berpengalaman, tim Tony Robbins memang sudah sangat ahli menemukan dan menempatkan kru sukarelawan dengan keterampilan yang benar, dan membawa orang-orang ke tempat yang tepat pada waktu yang tepat.

Tambahan buat saya beradaptasi dengan ritme dan budaya kerja internasyenel, terlebih ini di Singapura, adalah sesuatu yang benar-benar baru, kebiasaan santuy tidak ada tempat disini, kyaaa!

Jadwal juga salah satu bagian krusial dalam acara, penjadwalan kru dan pertukaran shift misalnya ketika tiba waktu jam makan atau istirahat dibuat sangat fleksibel, jadi meskipun sibuk tidak ada yang sampai telat makan atau nggak makan.

Berkenalan, dan bekerjasama teman-teman dari macanegara ini benar-benar memberi warna baru dalam pemikiran saya tentang bagaimana seharusnya kita bekerja dan mengatur waktu. Yup, meskipun terlihat sangat sibuk kami juga diberi kesempatan untuk belajar, mengenal satu sama lain dan tetap bersenang-senang.

Hal lain yang lebih dari berkesan adalah, di acara ini saya jadi tahu rasanya diajak foto bareng, sudah macam jumpa fans..hahaha. Banyak peserta seminar yang datang dari berbagai negara, meminta saya berfoto bareng. Mungkin melihat penampilan saya yang berhijab dan terlihat berbeda.
Pengalaman Menjadi Kru dalam Seminar Anthony Robbins  UPW (Unleash The Power Within) di Singapura
foto bersama tim Door Greeters

Selain itu saya juga jadi punya circle pertemanan internasional dan itu sangat menyenangkan, ketika masing-masing dari mereka ketika tiba waktunya berpisah mengatakan bahwa saya akan punya rumah ketika berkunjung ke negaranya.

Last but not least, pengalaman menjadi kru acara dalam Seminar Anthony Robbins  UPW (Unleash The Power Within) di Singapura ini, benar-benar menjadi satu milestone penting dalam perjalanan hidup saya..

Hal yang disayangkan hanya satu, yaitu meskipun menjadi kru, kami tidak memiliki kesempatan untuk sekadar bersapa, makan siang apalagi  foto bareng dengan Tony robbins. Namun demikian, berada dalam zona sangat dekat dan merasakan aura dan kharisma sang Guru saja rasanya sudah cukupb sih.

Energi yang terpancar dari pria bertubuh lebih dari 2 meter ini memang dahsyat, mampu memenuhi segala penjuru gedung Singapore Expo dan menyirep semua peserta yang hadir untuk melepaskan kekuatan dalam diri, atau Unleash The Power Within yang ada dalam diri masing-masing.
Pengalaman Menjadi Kru dalam Seminar Anthony Robbins  UPW (Unleash The Power Within) di Singapura


Suaranya yang menggelegar dan menghentak layaknya sebuah getaran yang dalam kondisi tertentu sering muncul dalam benak saya sebagai frekuensi yang unik.

Teman-teman yang mungkin penasaran dan ingin tahu tentang beliau bisa cek langsung di video youtube banyak bertebaran, atau ikut saja daftar sekalian seminarnya. Tetapi untuk jadwal Singapura, sepertinya tidak akan ada di tahun 2020 sampai waktu yang belum diketahui.

Memang Anthony Robbins bisa di hitung jari mengadakan seminar di Asia, dan selama ini hanya diadakan di Singapura, jadi jika ada kesempatan Tony Robbins datang lagi ke Singapura, coba ikut deh, once in a lifetime dapatkan pengalaman yang sangat mungkin mengubah hidup teman-teman.
"Everything in our lifes, it's happen for us not to us" ~Tony Robbins~ 
Hari-hari datang dan pergi, beberapa menghilang terlupakan, tetapi yang lainnya tertambat jadi jangkar momentum.

Inilah salah satu jangkar momentum saya yang akan jadi pengingat untuk selalu semangat, bersyukur, memberi, melayani, mendengarkan, bahagia, ceria, penuh cinta dan kasih sayang.

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.