Enduro Oil, Oli Motor Terbaik untuk Solusi Perawatan Motor Matic

Andai bisa bicara, sepeda motor yang setia menemani saya kemana-mana ini mungkin akan protes. Bagaimana tidak, setiap hari digunakan tetapi sejauh ini pengetahuan yang saya miliki hanya sebatas bisa ngerem, ngegas, meluncur, cusss!! Jika sampai dia kenapa-kenapa dijalan jurus andalannya hanya satu, langsung angkat bahu! Nggak tahu.

Tidak salah juga sih sebenarnya yaa, toh tinggal dibawa kebengkel. Tetapi setidaknya memahami  salah satu  perawatan paling mendasar yang dibutuhkan kendaraan bermotor, ternyata sangat penting, salah satunya untuk berjalan dengan lancar sepeda motor membutuhkan penggantian oli mesin secara rutin. Daan, penggunaan oli motor terbaik juga lebih-lebih lagi pentingnya, terlebih seiring  bertambahnya usia kendaraan, peningkatan jarak tempuh, juga medan jalan yang harus dilalui di kendaraan.

Enduro Oil, Oli Motor Terbaik

Layaknya manusia yang bisa kelelahan serta membutuhkan relaksasi, pun demikian dengan kendaraan yang kita gunakan, memerlukan perawatan terbaik, selain di cuci, si mandikan di lap bersih, juga butuh pendinginanan agar relaks dan tidak mudah stress, tidak mudah ngambek apalagi sampai mogok, semua urusan bisa berantakkan.

Dibandingkan dengan mobil, memang saya lebih mengandalkan penggunaan sepeda motor untuk mobilitas sehari-hari. Sepeda motor bagi saya tidak hanya sebagai sarana transportasi semata, tetapi sudah jadi kebutuhan dan gaya hidup. Dari mulai belanja ke pasar, mengantar jemput anak sekolah dan berbagai keperluan lainnya, semuanya saya lakukan dengan motor kesayangan ini. 

Bahkan untuk perjalanan yang lumayan jauh saya kerap juga menggunakan sepeda motor. Tangguh dan dapat diandalkan serta mudah dan praktis dikendarai, sepeda motor lebih menghemat waktu karena motor bisa selap-selip, menembus kemacetan serta memasuki jalan-jalan sempit.

Oli motor memang salah satu komponen penting agar motor bisa tetap berjalan dengan stabil, tidak cepat kepanasan. Kebutuhan akan penggantian oli dapat berbeda dari waktu ke waktu, Namun, karena terbilang cukup mudah dan biasanya tidak membutuhkan waktu lama, seringkali di anggap sepele, baru teringat untuk mengganti oli ketika ada yang dirasa tidak nyaman.

Kapan Saatnya Mengganti Oli Motor? 

Meskipun tidak terlalu mengerti urusan mesin motor, sebagai pengendara saya lumayan peka dan sensitif jika motor mengalami masalah. Apalagi di musim penghujan seperti saat ini.

Tahu sendiri kan ya kondisi jalanan, terutama di Jakarta. Banjir, basah, licin dan becek, belum lagi macetnya, jalan yang membuat jalan tersendat, bisa membuat kondisi kendaraan yang tidak sehat dan menunjukkan tanda-tanda untuk segera ganti oli akan semakin terasa, seperti: 
  1. Suara motor terdengar kasar tidak halus seperti biasanya
  2. Hentakkan dan tarikkannya terasa tertahan dan kurang kencang.
  3. Motor terasa lebih berat ketika berjalan
  4. Jika diperiksa lebih lanjut, oli motor yang harus diganti itu berwarna hitam pekat, lebih cair dan berpasir 
  5. Lampu peringatan penggantian di dasbor biasanya akan berkedip sebagai sinyal oli tidak mampu lagi menjalankannya fungsinya dengan optimal. 
Enduro Oil, Oli Motor Terbaik

Pada buku manual biasanya sih disebutkan, penggantian oli mesin rutin idealnya dilakukan setiap 2.000 sampai 3.000 kilometer atau 2 bulan sekali. Namum, agar lebih optimal, pada sepeda motor matik seperti yang saya gunakan biasanya dapat disesuaikan dengan kondisi kendaraan serta cara pemakaian, terutama jika sering bepergian jauh di jalan menanjak frekuensi penggantian oli bisa di percepat.

Mengapa Oli Mesin Motor Harus Rutin di Ganti?

Oli mesin motor merupakan komponen penting terkait dengan kerja mesin kendaraan. Jika tidak rutin diganti secara berkala maka dipastikan akan menimbulkan kerusakan di bagian lain kendaraan.

Oli sendiri  memiliki tiga fungsi utama, yaitu sebagai Lubricate (pelumas), Cool (pendingin), Clean (pembersih). Oli juga berfungsi mencegah terjadinya benturan antar logam dengan logam di dalam komponen mesin motor, Oli mesin juga meminimalkan resiko korosi, goresan atau keausan pada mesin kendaraan. 

Karena kondisi mesin yang bergerak dan berputar maka oli mesin tidak akan bertahan selamanya. Seiring waktu oli motor akan menjadi kotor dan kehilangan sifat kimianya, membuatnya tidak lagi efektif melumaskan, mendinginkan dan membersihkan mesin kendaraan, Itulah sebabnya mengapa harus rutin diganti dengan oli mesin yang baru.

Memilih Oli Motor Terbaik

Memilih oli motor terbaik, memang tidak sesederhana  seperti memilih minyak goreng yaa. Terlebih dipasaran tersedia banyak pilihan. Namun, memilih oli motor terbaik bisa dimulai dengan memilih mana  yang sesuai dengan karakter atau jenis motor yang di miliki supaya performa mesinnya tetap handal, awet, dan tetap stabil di segala kondisi maupun cuaca.

Salah satu merk oli motor yang punya banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan jenis kendaraan yang kita punya adalah ini nih. Pertamina Enduro Oil yang terdiri dariu beragam grade sesuai peruntukkan jenis motor.

ENDURO MATIC G 20W-40 adalah pelumas motor yang jadi pilihan saya, ini adalah oli khusus motor matik empat langkah berkualitas tinggi yang didesain khusus dari bahan dasar oli sintetik.

                   Enduro Oil, Oli Motor Terbaik

Oli jenis ini juga cocok untuk pengendara dalam kota yang kerap mengalami kemacetan dan kondisi jalan yang statis. ENDURO MATIC G SAE 20W-40 memiliki viskositas yang lebih tinggi dibandingkan viskositas pelumas lain, sehingga dapat menjaga temperatur mesin, terutama di jalan yang statis dan macet.

ENDURO MATIC G 20W-40 juga memiliki keunggulan, antara lain:
  • Memiliki ketahanan yang tinggi terhadap oksidasi dan degradasi akibat radiasi panas dari mesin sehingga memperpanjang masa pakai pelumas
  • Memiliki kestabilan viskositas yang tinggi sehingga dapat melindungi mesin sepanjang pemakaian 
  • Memiliki kekentalan yang relatif rendah pada suhu dingin sehingga dapat langsung melindungi mesin sejak mesin dinyalakan.
Kuantitas oli mesin motor memang bervariasi dengan ukuran mesin dan desain sepeda motor. Produsen atau pabrikan oli bisa juga jadi tolak ukur apakah oli motor yang digunakan sudah yang terbaik.
Enduro Oil, Oli Motor Terbaik

Enduro Matic adalah salah satu varian dari Pertamina, perusahaan nasional yang memiliki komitmen untuk menjadi jawaban kebutuhan mesin dan gaya hidup masa kini, menjadi oli idola kendaraan bermotor terutama jenis motor matic.

Dari segi harga, harga oli motor Enduro juga cukup bersaing dikisaran 30-60 ribu tergantung ukuran., Namun sebeneranya dari harga ini jika berimbas pada kendaraan yang digunakan menjadi lebih nyaman tentu bukan persoalan yaa.

Perawatan paling mendasar yang dibutuhkan kendaraan bermotor bisa didapatkan dengan oli motor terbaik dan oli mobil terbaik untuk pengalaman perjalanan terbaik kemana saja.

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.