Jadi Pahlawan Senyum untuk Indonesia Tersenyum Bersama Pepsodent Siwak

                            Jadi Pahlawan Senyum untuk Indonesia Tersenyum Bersama Pepsodent Siwak

Cheese!

Senyuumm!

Panggilan untuk senyum dizaman yang apa-apa serba di foto seperti sekarang, adalah hal yang jamak banget yaa!  Itu menandakan kalau kita sudah siap untuk di foto. Saya yakin teman-teman juga sering melakukannya.



Tetapi bagaimana ketika panggilan cheese terasa sebagai sesuatu yang menyebalkan karena tampilan senyum kita tidak secemerlang harapan, atau mulut lagi mager malas gerak untuk senyum karena berbagai sebab, lagi sakit gigi atau sariawan mungkin. Hmmm, pokoknya nggak asyik banget deh jadinya.

Mempunyai masalah kesehatan gigi yang buruk memang dapat menyulitkan siapa saja untuk mengatakan sesuatu bahkan untuk hal yang sederhana, pun untuk tersenyum. Makanya nggak usah baper ya kalau bertemu orang yang mungkin enggan atau susah senyum, siapa tahu orang tersebut sedang bermasalah dengan mulutnya. Krik*

Dan, memiliki gigi yang sehat memang tidak bisa terjadi begitu saja. Bahkan jika kita merasa memiliki barisan gigi yang rapi dan sempurna sekalipun, gigi tetap perlu perawatan. Perawatannya pun tidak tanggung-tanggung, selama hayat masih di kandung badan. selama itu pula kita punya keharusan merawat gigi.

Selain itu, gimana yaa, gigi itu kalau sudah bermasalah. Duh! Urusannya panjang dan laaama. Makanya nggak heran kalau ada syair lagu yang bilang lebih baik baik sakit hati dari pada sakit gigi, eh terbalik yaa! Ya, intinya gitu deh, sakit gigi tuh, jauh-jauh deh jangan sampai mengalami,  nggak enak banget!

Sejauh ini alhamdulillah, saya belum pernah merasakan sakit gigi sampai segimananya. Tetapi saya punya pengalaman yang lumayan melelahkan ketika salah satu anak saya mengalami sakit gigi. Duuh! Sebagai ibu, gigi saya jadi berasa ikutan ngilu melihatnya.



Memang pada anak-anak, urusan perawatan gigi ini jadi lebih tricky ya. Bagaimana tidak, kadang-kadang mereka agak sulit di kontrol urusan makannya, terutama kalau sudah berada diluar rumah, di sekolah atau saat bermain dengan teman-temannya.

Anak-anak lebih suka makanan manis. Coklat, permen, lolipop, es krim dan aneka jajanan lain yang banyak mengandung gula, biasanya jadi favorit anak. Dan, ini jenis-jenis makanan yang memang sangat rentan dan berpengaruh untuk kesehatan gigi.

Kebiasaan suka makanan yang manis-manis ini ternyata juga dirasakan oleh artis cantik Soraya Larasati loh!? Memiliki dua anak dengan usia 6 dan 2,5 tahun saya jadi merasa related banget, ternayata menghadapi kebiasaan anak-anak yang hobi makanan manis juga dialami oleh banyak ibu lainnya.

Yup, makanan yang secara alami rendah gula umumnya memang paling sehat untuk gigi. Konsumsi makanan manis lebih memudahkan kerja bakteri tak kasat mata di mulut untuk menumpuk di gigi dan berkontribusi membentuk plak pada gigi.

Plak adalah lapisan bakteri lengket dan tidak berwarna yang terus-menerus terbentuk pada gigi kita dan sepanjang garis gusi. Plak mengandung bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dan gusi, bakteri ini menghasilkan asam yang dapat menyebabkan kerusakan gigi jika tidak disikat secara teratur.

Jadi Pahlawan Senyum untuk Indonesia Tersenyum Bersama Pepsodent Siwak

Oiya, cerita pengalaman Soraya Larasati dan penjelasan tentang proses pembentukan plak gigi ini saya dapatkan beberapa hari lalu tepatnya tanggal 4 Maret 2020 di Pepsodent Dental Expert Centre dari drg. Ratu Mirah Afifah, G.C.Clin.Dent., M.D.Sc saat saya bersama teman-teman dari Kumpulan emak Blogger mengunjungi Pepsodent Dental Expert yang berada di Gandaria City Mall, Jakarta.



Kunjungan ke Pepsodent Dental Expert Centre ini juga bersamaan dengan kegiatan Pepsodent yang memberikan santunan kepada anak-anak yatim dari Panti Asuhan Andalusia Jakarta. Senang sekali menjadi bagian dari kegiatan ini saya bisa merasakan arti senyum sesungguhnya dari anak-anak panti asuhan.

Mendapatkan edukasi pentingnya perawatan gigi yang baik benar bersama Drg Ratu Mirah Afifah, dalam kegiatan ini Pepsodent juga mensosialisasikan varian produk terbarunya yaitu Pepsodent Siwak.

Pepsodent Siwak dengan Ekstrak Siwak, Varian Baru Pepsodent,

Bicara tentang merawat gigi, rasanya memang tidak bisa dilepaskan dari produk perawatan gigi  Pepsodent ya. Dari saya kecil sampai hari ini, Pepsodent masih eksis, setia menjadi solusi perawatan gigi.

Kehadiran Pepsodent Siwak menambah pilihan lagi nih untuk kita mencari solusi perawatan gigi yang baik.
Siwak sendiri  telah dikenal dari sejak 7000 tahun lalu sebagai tanaman yang bermanfaat untuk merawat kesehatan gigi. Dan terutama untuk umat islam bahkan nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan umat islam untuk bersiwak. Banyak hadits yang meriwayatkan tentang keutamaan bersiwak.



Siwak atau Miswak berasal dari batang pohon Salvadora Persica yang dapat digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut, dikenal sebagai pohon sikat gigi, kayu sugi. Orang-orang  Arab menyebutnya pohon Arak. Namun, bukan hanya umat islam saja, penggunaan siwak sebenarnya untuk semua orang, sebelum kehadiran pasta gigi, siwak adalah pilihan solusi perawatan gigi

Manfaat Siwak untuk Perawatan Gigi

Secara ilmiah siwak telah dapat dibuktikan ternyata banyak mengandung berbagai zat yang baik untuk kesehatan mulut, diantara zat yang baik itu diantaranya: Fluoride, Vitamin C, klorida, pottasium, sodium bicarbonate, fluoride, silika, sulfur, trimethyl amine, salvadorine, tannins dan beberapa mineral lainnya.

Pohon siwak

Dengan menggunakan siwak kita akan mendapatkan manfaat:
  • Anti Bakteri dari. Flouride yang  merupakan unsur penting dalam perlindungan kesehatan gigi dan mulut. Flouride membantu menjaga email gigi tetap terawat dan mencegah gigi berlubang.
  •  Mencerahkan gigi. Khasiat mencerahkan gigi ini diperoleh dari kandungan kimia berupa sodium bicarbonate, sulfur, vitamin C, trimethyl amine, salvadorine dan fluoride. 
  • Membantu stimulasi air liur. Anti decay agent yang ada di dalam siwak mampu merangsang produksi air liur sehingga mulut akan lebih bersih dan terhindar dari proses pembusukan sisa-sisa makanan.
  • Antiseptik Minyak aroma alami di dalam siwak juga ampuh untuk menjadi antiseptik dan pencegah gusi dari serangan plak yang dapat menyebabkan peradangan gusi.
Penggunaan siwak yang sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu masih relevan di zaman modern seperti saat ini, namun harus diakui bentuk alaminya yang berupa potongan batang atau akar belukar bagi sebagian orang mungkin terasa asing dan tidak nyaman.

Kehadiran Pepsodent Siwak dengan kandungan ekstrak Siwak tentunya menjadi solusi bersiwak jadi lebih menyenangkan. Selain itu dengan Pepsodent Siwak, selain kita bisa mendapatkan manfaat siwak, juga tetap bisa merasakan kesegaran dan keharuman nafas karena Pepsodent Siwak mengandung mint yang memberi kesegaran dan keharuman nafas. 

Pepsodent Pahlawan Senyum untuk Indonesia Tersenyum

Melihat masih dibutuhkannya edukasi berkelanjutan bagi masyarakat Indonesia untuk merawat kesehatan gigi dan mulut secara konsisten, dalam acara ini Pesodent kembali mengajak masyarakat untuk terus berperan aktif mensukseskan program “Indonesia Tersenyum” yang bertujuan membebaskan senyum masyarakat Indonesia yang bebas gigi berlubang di tahun 2030 salah satunya dengan  menjadi “Pahlawan Senyum”



Merangkul kontribusi dari seluruh masyarakat Indonesia dan berbagai pihak salah satu program yang dijalankan Pepsodent juga mengedukasi anak-anak panti asuhan untuk merawat gigi.

Anak-anak panti asuhan yang umumnya tidak lagi mendapat perawatan dan pengasuhan orangtua langsung seringkali luput dari perhatian, bukan hanya kebutuhan primernya tetapi juga mengenai pentingnya perawatan gigi. Padahal mereka juga akan berperan besar dalam perkembangan Indonesia di masa depan.


Program Pahlawan Senyum Pepsodent yang di selenggarakan kali ini bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional, badan penyaluran bantuan yang memberi pelayanan peyaluran bantuan, pembayaran zakat dan infaq sesuai syariat islam secara nasional.

Cara Menjadi Pahlawan Senyum

Untuk menjadi Pahlawan Senyum caranya juga sangat simple, semua orang bisa berpartisipasi menjadi pahlawan senyum sesuai dengan perannya masing-masing hanya dengan membeli Pepsodent Siwak, karena  2,5% dari setiap pembelian Pepsodent Siwak akan langsung di donasikan untuk anak-anak panti asuhan. Donasi yang diberikan nantinya akan di alokasikan untuk kebutuhan anak-anak panti asuhan dan pemenuhan kesehatan termasuk gigi anak-anak panti asuhan.

Anak-anak dengan gigi yang sehat bisa menjadi aset yang bagus untuk perkembangan bangsa di masa depan, karena gigi memiliki peran penting dalam kehidupan kita. Mereka membantu kita mengunyah dan mencerna makanan, mereka membantu kita berbicara dan berbicara dengan jelas dan mereka juga memberi bentuk pada wajah kita.Menjadi Pahlawan Senyum juga dapat memberikan anak-anak kepercayaan diri yang lebih besar.

Pepsodent Dental Expert Centre 

Last but not least, berhubung acara ini berlangsung di Dental Expert Centre, saya menyempatkan diri untuk sekaligus memeriksan gigi saya di sini. Ini kunjungan pertama saya ke Pepsodent Dental Expert yang terletak di lantai UG  Gandaria City Mall,  meski beberapa kali lewat dan melintasi tempat ini saya baru tahu kalau di Pepsodent Dental Expert Centre kita bisa melakukan pemeriksaan gigi gratis.


Dilengkapi dengan peralatan modern dan canggih, lengkap dengan kamera yang memperlihatkan kondisi mulut dan gigi decara jelas dan lengkap kita bisa berkonsultasi dan bertanya-tanya secara jelas mengenai kondisi gigi. 

Di Pepsodent Dental expert Centre tidak dilakukan tindakan atau perawatan gigi lanjutan, namun dokter yang memeriksa nantinya akan merekomendasi perawatan apa yang sebaiknya kita lakukan saat mengunjungi dokter gigi.


Kesehatan gigi yang baik sangat penting untuk semua orang, tanpa memandang usia, yang patut digaris bawahi lagi juga adalah  kesehatan gigi juga akan berdampak langsung pada kesehatan tubuh kita secara secara keseluruhan.

Jadi, yuk sama-sama kita pastikan untuk selalu merawat kesehatan gigi dan mulut, menghadirkan senyum terbaik dan indah dari tubuh yang sehat, dan menjadi Pahlawan Senyum untuk Indonesia Tersenyum bersama Pepsodent Siwak

No comments

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.