FWD Life Meluncurkan Fitur “eServices”, Inovasi untuk Kemudahan Akses Nasabah



Pada kondisi pandemi saat ini, kita seakan diingatkan kembali tentang kesadaran akan hidup sehat, semua orang melakukan berbagai upaya agar tetap sehat, namun lebih dari itu, kondisi ini sebenarnya juga semakin menyadarkan kita, tentang bagaimana meningkatkan keamanan finansial di tengah kondisi yang tidak pasti, untuk sekarang dan di masa depan.

Ya, Covid-19 membuka mata kita, betapa pentingnya perencanaan pada hal yang tidak terduga. Banyak yang merasakan hidup seolah berubah dalam semalam, semua kenyamanan menghilang dalam sekejap. Dapat melewati masa-masa sulit dan kembali menjalani hidup seperti sebelum pandemi adalah harapan semua orang.
Ini adalah situasi yang sangat sulit bagi semua, namun demikian selalu ada harapan. Ada banyak faktor yang kemungkinan besar memainkan peran penting dalam mendukung melalui krisis ini, salah satunya dengan asuransi. Pandemi Covid-19 sedikit banyak memang menggugah perhatian kita akan pentingnya memiliki asuransi.

Namun, secara garis besar, saya yakin banyak dari kita menyadari bahwa memiliki asuransi adalah hal yang sangat penting, meski demikian, ketika dihadapkan untuk mengambil keputusan berasuransi, seringkali kita jadi berpikir lama sebelum membeli produk asuransi. Banyak alasan dikemukakan, diantaranya karena kita tidak begitu mengenal agen asuransinya, atau karena literasi dan pengalaman menavigasi berbagai macam produk, istilah, manfaat, dan variabel produk yang ditawarkan masih sangat minim.

Intinya, menemukan perusahaan dan memilih produk asuransi yang tepat serta sesuai kebutuhan, masih menjadi hal yang rumit dan membingungkan. Ada nggak ya perusahaan asuransi yang membuat simpel dan memudahkan calon nasabah atau nasabahnya dalam menentukan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhannya, yang prosesnya cepat, praktis, tidak rumit dan membingungkan. Nah, jawaban tentang hal ini bisa jadi ada di perusahaan asuransi yang satu ini, FWD Life Indonesia.

Peluncuran FWD "eServices" fitur baru aplikasi FWD Max dari FWD Life Indonesia Yup, tanggal 16 Oktober 2020 lalu saya berkesempatan menjadi bagian dari peluncuran FWD "eServices" fitur terbaru aplikasi FWD MAX dari FWD Life Indonesia, yang dilakukan secara online melalui Zoom Meeting.




Peluncuran fitur FWD "eServices" ini dilakukan langsung oleh, Direktur Utama FWD Life Anantharaman Sridharan dan Chief Marketing Officer FWD Life Maika Randini.




Menurut Direktur Utama FWD Life Anantharaman Sridharan, 
“Kami membawa pendekatan baru ke industri yang identik dengan cara tradisional dan melihatnya melalui perspektif nasabah kami. Visi kami untuk mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi telah menginspirasi kami untuk membuat asuransi menjadi lebih relevan dan dapat dijangkau semua orang. Pendekatan yang berfokus pada nasabah ini yang mendorong kami untuk terus berinovasi memenuhi kebutuhan mereka. Fitur eServices terbaru ini akan menjadi salah satu bukti bagaimana kami berusaha mencapai visi kami setiap harinya.”  

Dan sejalan dengan visinya, PT. FWD Life Indonesia, adalah pelopor asuransi jiwa berbasis digital di Indonesia, yang sejak tahun lalu telah meluncurkan aplikasi mobile "FWD MAX" yang dapat diunduh di Google Play Store dan App Store.

FWD MAX adalah sebuah digital platform yang dipersembahkan kepada para nasabah agar bisa menikmati layanan asuransi digital secara menyeluruh, dengan fitur-fitur inovatif dan terintegrasi. 

Adapun penambahan fitur "eServices" pada FWD MAX bertujuan mengurangi keluhan nasabah dan memungkinkan mereka untuk mengakses dan  mengelola polis FWD Life dengan cepat dan mudah. 



Pada fitur "eServices" nasabah dapat mengupdate dan melakukan perubahan serta mengecek perkembangan akunnya secara real time, melalui beranda: 

• My Profile yang digunakan untuk memperbarui data nasabah 
• My Policies, untuk mengakses data polis nasabah secara real-time 
• My Claim, untuk pengajuan klaim tanpa harus mengirimkan dokumen fisik
• My Payment, untuk melakukan pembayaran premi 
• My Investment, untuk memantau investasi nasabah secara real-time 


Selain itu ada juga beranda My Request yang di dalamnya ada 11 fitur tambahan lain, diantaranya:
  • Pengalihan nilai investasi
  • Ganti alokasi premi investasi
  • Penarikan nilai investasi sebagian
  • Aktivasi polis
  • Top-up reguler
  • Top-up tunggal
  • Cuti  premi
  • Cetak kartu kesehatan
  • Cetak polis
  • Perubahan data tertanggung
  • Mengganti cara pembayaran.

Lewat layanan "eServices nasabah dapat menggunakan FWD MAX untuk semua kebutuhannya, Chief Marketing Officer FWD Life Maika Randini dalam penjelasan tentang fitur "eServices" ini juga mengatakan, bahwa peluncuran fitur ini dilakukan di bulan Oktober yang bertepatan sebagai Bulan Inklusi Keuangan, dengan harapan FWD bisa mengajak nasabah bersemangat untuk berubah dan merayakan hidup.

Selain itu mengingat teknologi yang terus berkembang, maka asuransi juga harus mampu mengikuti perkembangan agar dapat menyediakan solusi teknologi baru demi dapat melayani nasabah dengan lebih baik. Beliau juga menambahkan jika digitalisasi ini telah meningkatkan kepercayaan nasabah terhadap FWD Life, 80% nasabah FWD Life menggunakan layanan digital untuk berbagai keperluannya. 

Oiya, dalam peluncuran FWD "eServices" ini hadir juga Dessy Bachtiar, seorang Digital Enthusiast yang telah malang melintang bekerja dalam di dunia digital, dan  Ghita Argasasmita, RFA seorang penasehat keuangan, berbagi insight dalam bincang santai soal finansial.



Beberapa poin penting saya dapatkan dari perbincangan ini, diantaranya pendekatan dan pemanfaatan teknologi memang jadi solusi ditengah situasi saat ini. Banyak perusahaan yang sebelum pandemi enggan melakukan ekspansi lewat platfom digital, sekarang mau tidak mau harus melakukannya. 

Dan, bagi FWD Life yang telah memulai lebih dahulu tentu ini sebuah nilai tambah, karena tidak terlalu banyak mengejar ketertinggalan, tinggal mengupgrade dan menambah apa yang sudah ada menjadi lebih baik, salah satunya dengan “eServices”ini. Asuransi juga sangat penting dalam kaitan perencanaan keuangan dan impian menuju goal keuangan yang sehat, karena termasuk dalam "Three Basic Foundation" selain Saving (tabungan) dan Investing (Menanamkan modal).

Namun harus diakui, di masyarakat kita masih banyak terjadi disinformasi tentang asuransi. Kurangnya literasi membuat banyak terjadi masalah. Nasabah seringkali tidak memahami isi polis, setelah membeli polis biasanya langsung disimpan di lemari. tidak memahami dengan jelas apa isi dari polisnya, tidak menganalisis fitur-fitur yang ada, padahal itu langkah penting yang harus dilakukan. Tujuan berasuransi adalah memberikan perlindungan yang komprehensif ketika dibutuhkan. Tidak ada dari kita yang tahu apa yang ada ke depan. Masalah yang tidak terduga seperti kecelakaan, musibah, penyakit, cedera atau cacat permanen, bahkan kematian bisa saja terjadi. Dengan adanya asuransi, tekanan keuangan atau beban keluarga bisa berkurang, dan kita dapat fokus pada pemulihan dan membangun kembali kehidupan.

FWD Life Indonesia dengan FWD Max dan Fitur baru "eServices" nya diharapkan dapat menjadi jawaban, sekaligus salah satu komitmen FWD Life memastikan bahwa nasabah FWD Life benar-benar terlindungi secara menyeluruh terhadap kehidupan mereka dan keluarga mereka. Last but not least, tidak ada jumlah uang yang mampu menggantikan kesehatan dan kesejahteraan. 

Dan, berapapun besarnya banyak dari kita mungkin akan rela menukarnya, sayangnya saat itu mungkin sudah terlambat. Dengan asuransi, dapat dibilang kita bisa merasa tenang karena mengetahui bahwa jika sesuatu terjadi ada asuransi yang dapat meringankan. 

 Harapan dan doa saya semoga kita semua selalu sehat, optimis menghadapi hari-hari cerah selepas pandemi, menemukan titik terang menuju hidup yang lebih indah. Tetap semangat ya!

Related Posts

There is no other posts in this category.

22 komentar

  1. Aplikasi FWD Max menjawab keinginan kita yang gak mau ribet ya. Pandemi gini maunya yang simpel dan cepat. Jadi banyak pilihan deh kalau mau ambil asuransi

    BalasHapus
  2. Cihuyyy banget ini FWD
    Punya solusi proteksi yg mantab jiwa banget
    karena penyakit kanker makin ke sini makin banyaaakkkk kasusnya ya kan.
    FWD sungguh solutif!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw, peluncuran FWD "eServices" sebagai fitur terbaru aplikasi FWD MAX dari FWD Life Indonesia ini juga mantuuull banget

      Hapus
  3. FWD Life menjawab kebutuhan masyarakat akan asuransi yg terjangkau sekaligus mendapatkan proteksi maksimal. Dengan peluncuran eservices melalui FWD MAX ini akses nasabah semakin dipermudah ya. Mantap.

    BalasHapus
  4. makin cinta sama FWD berkat kemudahan yang di tawarkan karena sekarang beli polis ga perlu ketemu agent lagi :)

    BalasHapus
  5. Keren banget fwd makin canggih fiturnya nambah terus, ga perlu via agent lagi bisa langsung dan trusted

    BalasHapus
  6. Lagi masa pandemi gini memang susah ke mana-mana, FWD LIfe memberikan solusi nih memudahkan nasabah untuk tetap bisa merasakan pelayanan online

    BalasHapus
  7. bagus juga e-service ini jadi bermanfaat buat yang kadang pertanyaan sama atau butuh informasi cepet bisa meluncur deh ke eservices FWD life

    BalasHapus
  8. Zaman sekarang memang harus serba online, kalau engga jadi susah mengaksesnya ya, aku aja jadi agak mager nih keluar rumah kalau ga penting amat. Jadi ini memudahkan banget nih...

    BalasHapus
  9. E-service membantu banget para nasabah fwd life semakin sukses dan terus berinovasi fwd asuransi.

    BalasHapus
  10. Perlindungan secara menyeluruh ini dilakukan oleh FWD harus kita dukung. Perlindungan maksimal untuk keluarga

    BalasHapus
  11. FWD Max punya fitur eService berarti enak ya nasabahnya selalu diberikan kemudahan saat mau klaim dan melakukan hal lainnya.

    BalasHapus
  12. FWD selalu memberikan inovasi yang keren ya,pastinya memudahkan nasabahnya

    BalasHapus
  13. Memang memantapkan hati ke mana akan berlabuh dalamhal asuransi ini berat banget.
    Karena berdasarkan pengalaman orang-orang sekitar yang pernah menggunakan juga perlu menjadi bahan pertimbangan.
    FWD hadir dengan memberikan angin segar dengan segala kemudahan dan fasilitas yang ditawarkan.

    BalasHapus
  14. Seneng deh sama FWD life yang bener bener memikirkan nasabah, salah satunya dibuktikan dengan peluncuran FWD "eServices" yang hadir untuk memberi kemudahan bagi nasabahnya.

    BalasHapus
  15. Ada aplikasinya ini membuat lebih dekat dengan pemakai FWD maupun calon ya Mba Nunu.
    Aku lebih suka begini nih ada aplikasinya, enak jadinya. Perlindungan di masa ini wajib kita punya, banyak pilihan di FWD ini ya.

    BalasHapus
  16. Semakin banyak layanan di FWD semakin mudah ya bagi nasabah karena banyak manfaat.

    BalasHapus
  17. Baca ulasan ttg FWD nih, makin memudahkan nasabah ya tentunya. Ditambah dengan adanya fitur-fitur baru

    BalasHapus
  18. Fitur e-service baru ini memang sangat praktis dan mwmudahkan customer yaaa mbaa

    BalasHapus
  19. Betul, Mbak, pandemi ini menuntut kita semua, berbagai kalangan untuk membuat perubahan. Dan tentunya perubahan ini untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan ataupun konsumennya. Kalau ada e-service gini kan nggak perlu ke kantor, tinggal klak klik klak klik semua kelar. Tidak perlu pergi dan tetap di rumah saja.

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.