Cegah Kanker Sebelum Terlambat, Terapkan Pola Hidup Sehat, dan Persiapkan Perlindungannya dengan FWD Cancer Protection


“Tadinya kecil, Mbak!?”
“Kayak segede kacang merah gitu. Wallahua'lam! Sekarang saya kehilangan satu payudara saya.. Sedih banget, Saya terlambat tau kalau ini kanker payudara, ternyata pas diperiksa udah stadium 3, udah menjalar kankernya” 

Itulah sekelumit obrolan saya beberapa tahun silam dengan seorang penyintas kanker payudara yang saya temui di Rumah Sakit Fatmawati. Saat itu kami berada di kamar yang sama, kebetulan (almh) Kakak sedang dirawat pasca operasi tumor dan saya beberapa malam ikut menginap untuk menjaganya.

Ini kali pertama saya mengetahui dan melihat langsung seperti apa itu penyakit kanker. Awalnya memang hanya untuk berbasa-basi, namun pada akhirnya kami lumayan intens berbincang, termasuk juga cerita tentang perjuangannya menghadapi kanker. 

Dari kisahnya saya bisa merasakan beratnya perjuangan beliau, menjalani hari-hari dan malam tanpa sekali pun bisa tidur pulas. Bertahun-tahun brjuang menjalani berbagai macam pengobatan, terapi, dan tindakan yang menguras energi dan air mata. 

"more"> Belum lagi menghadapi kanker, beliau juga harus berjibaku dengan permasalahan lainnya, diantaranya karir, ekonomi bangkrut, dan relasi dengan keluarga. Intinya, kanker ini benar-benar menggerogoti semua sendi kehidupannya, melemahkan dirinya, tidak hanya fisik namun juga secara mental.

Bicara tentang penyakit kanker, ini memang topik yang membuat siapapun ketar-ketir mendengarnya. Penyakit yang dilabeli pembunuh nomor dua di dunia ini memang menjadi bayang-bayang yang menakutkan.

Sekitar 4,8 juta orang Indonesia pada tahun 2018 didiagnosis menderita kanker. (Dikutip dari “suara.com” pernyataan Staf Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan Kemenkes, Mohamad Subuh) angka ini terus meningkat setiap tahun, dengan kasus terbanyak adalah payudara, serviks, dan paru.

Kanker dapat dicegah

Dengan variasi jenis, tingkatan, dan tipe penyakit kanker, maka penyebab kanker juga sangat beragam, beberapa bahkan belum diketahui apa penyebabnya. Namun demikian, berdasarkan American Cancer Society, kanker merupakan sekelompok penyakit yang dapat menyebabkan tanda atau gejala, dan 43 persen kasus kanker dapat dicegah. 
 
Penelitian menunjukkan bahwa banyak kanker terkait dengan perilaku dan gaya hidup termasuk pola makan yang tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik, oleh karena itulah salah satu upaya mengurangi risiko kanker tertentu adalah dengan megubah dan mengganti kebiasaan lama yang tidak sehat dengan mengikuti pola hidup sehat.

Cegah Kanker dengan Terapkan Pola Hidup Sehat.

Hidup sehat berarti membuat perubahan perilaku positif. Dan, jujur saja sampai saat ini sayapun masih struggle untuk menerapkan pola hidup sehat, karena ini adalah proses seumur hidup yang berkelanjutan. Jadi yaa gitu, kadang namanya manusia kaan, keinginan dan tindakan sering tidak sinkron.

Tetapi hal yang penting yang bisa digaris bawahi adalah, minimal sudah ada kesadaran akan manfaat mengubah pola hidup yang lebih sehat, salah satunya untuk meminimalkan faktor resiko penyakit kanker.

Lalu,  bagaimana cara yang efektif agar bisa konsisten menerapkan gaya hidup sehat pada kehidupan sehari-hari ini. 

Merangkum dari beberapa pengalaman pribadi dan catatan online, ada beberapa hal yang biasa saya terapkan untuk melakukan pola hidup sehat. 

1. Menemukan circle atau lingkaran yang sama-sama ingin sehat dan menerapkan pola hidup sehat. Memiliki jaringan orang-orang yang suportif sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama dukungan emosional. 

Nah, poin ini berpengaruh besar ketika ingin menerapkan pola hidup sehat. Fakta di lapangan, saya merasakan sendiri, memang mengubah gaya hidup sehat tidak sesederhana kelihatannya. Ada saja hal yang membuat kita berbelok ke kebiasaan lama.

Dengan adanya teman atau kelompok pada minat hidup sehat, biasanya kita akan lebih termotivasi, di media sosial juga banyak jejaring bagi yang sama-sama ingin hidup sehat. Ada grup berbagi resep makanan sehat, senam, olah raga, yoga dan lain-lain yang bisa diikuti


2. Kelola stres Mengurangi tingkat stres dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental. 
relaksasi, meditasi, dan yoga  waktu 20 menit atau lebih per hari  untuk praktik manajemen stres.

3. Cukup tidur Usahakan untuk tidur selama 7 sampai 8 jam setiap malam. Ini meningkatkan kesehatan, kemampuan mengatasi, suasana hati, pengendalian berat badan, memori dan perhatian.




4. Olah raga secara teratur dapat membantu mengurangi kelelahan, melancarkan peredaran darah, dan vitalitas. 

6. Pola makan sehat seimbang, selalu sertakan berbagai macam sayuran dalam setiap makan, konsumsi makanan tinggi serat, plus makanan probiotik dan prebiotik untuk mendukung usus yang sehat, makan dengan porsi yang lebih kecil, dengan menggunakan piring dan mangkuk yang lebih kecil saat makan. Belajar untuk mengidentifikasi kapan merasa lapar dan kapan kenyang. Karena terkadang, tubuh kita salah mengira haus sebagai kelaparan. 

                          

Deteksi Dini Kanker.

Salah satu kunci penting mencegah kanker adalah dengan melakukan deteksi dini. Memang ada beberapa kanker yang hanya didiagnosis setelah gejala berkembang. Dan ini mungkin setelah penyakit menyebar telah tumbuh cukup besar untuk dirasakan atau dilihat dalam tes pencitraan.

Tetapi banyak jenis kanker dapat didiagnosis lebih awal, sebelum gejala terbentuk. Masih ada peluang terbaik untuk bertahan hidup dan kualitas hidup yang sehat jika kanker didiagnosa dan diobati pada tahap awal.

Ada beberapa kanker lebih mudah dideteksi daripada yang lain. Contohnya jenis kanker kulit tertentu dapat didiagnosis pada tahap dengan inspeksi visual meskipun biopsi diperlukan untuk memastikan diagnosis tersebut. Atau kanker payudara yang bisa dideteksi dengan gerakan SaDaRi (Periksa Payudara Sendiri) 

Persiapkan Perlindungannya dengan FWD Cancer Protection

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang didiagnosis terpapar kanker. Meskipun upaya pencegahan telah dilakukan, tidak menutup kemungkinan kanker masih bisa terjadi. 

Untuk itu selain upaya pencegahan, ada baiknya juga mempertimbangkan persiapan perlindungan diri dari kanker, salah satunya dengan menyiapkan perlindungan dengan FWD Cancer Protection

Pencegahan sejati tidak menunggu hal buruk terjadi, itu mencegah hal-hal terjadi sejak awal." ~ Don McPherson

FWD Cancer Protection, Pencegahan Kanker, Hidup Sehat dan Sehat secara finansial

Jika seseorang didiagnosis kanker maka harus bersiap untuk rangkaian treatment dan pengobatan yang panjang, lama dan tidak murah. Tentu ini perjuangan lain yang tidak bisa dihindarkan, seolah sudah sepaket, jika kanker menggerogoti secara fisik, maka perawatannya menggerogoti secara finansial.

Bukan hanya sakit fisik, kesehatan finansial terdampak besar untuk menutupi biaya medis. Karena itulah sebuah perlindungan akan sangat membantu agar perawatan berjalan maksimal tanpa membebani finansial yang ada. 

Memiliki asuransi adalah salah satu solusi yang dapat dipilih agar hidup tetap bisa berjalan seperti biasa. 

Secara garis besar, saya yakin banyak dari kita menyadari bahwa memiliki asuransi adalah hal yang sangat penting. Namun demikian, ketika dihadapkan untuk mengambil keputusan berasuransi, seringkali kita jadi berpikir lagi sebelum membeli produk asuransi.

Menemukan perusahaan dan memilih produk asuransi yang tepat serta sesuai kebutuhan, masih menjadi hal yang rumit dan membingungkan. Membuat simpel dan memudahkan calon nasabah atau nasabahnya dalam menentukan produk asuransi  sesuai kebutuhan, dengan proses cepat, praktis, tidak rumit dan membingungkan. FWD Life Indonesia bisa jadi salah satu pilihannya.


FWD Life pelopor asuransi berbasis digital di Indonesia yang membuat asuransi mudah beneran memiliki layanan khusus untuk perlindungan terhadap kanker. 


Lewat aplikasi FWD MAX yang dapat diunduh di Google Play Store calon nasabah FWD Insurance bisa mendapatkan layanan langsung pembelian Kanker Online FWD Cancer Protection langsung dari smartphone digenggaman, selain itu pembelian FWD Insurance  Cancer Protection ini memiliki keunggulan diantaranya: 

  1. Manfaat kanker, yaitu bisa mendapatkan 100% Uang Pertanggungan jika terdiagnosis penyakit kanker, bahkan sejak kanker tahap awal
  2. Premi terjangkau Kini, bisa mendapatkan perlindungan kanker mulai dari Rp10.000 per bulan. 
  3. Cakupan Manfaat yang luas, bisa mendapatkan Uang Pertanggungan hingga Rp500 juta. 
  4. Masa pertanggungan Masa asuransi yang dapat diperpanjang sampai usia 70 tahun. 
  5. Proses pendaftaran yang mudah Dapatkan perlindungan melalui proses pengajuan online yang mudah. 
  6. Fleksibel, dengan akan membayarkan manfaat pertanggungan 100%, walau telah memiliki paket asuransi lain.
Melihat nilai dan manfaat yang ditawarkan, FWD Cancer Protection dapat meminimalisir kekhawatiran seandainya terjadi kemungkinan terburuk. Tiada yang lebih berharga dari nikmat sehat, anugerah yang tak terhingga nominalnya.

Mengingat kembali cerita awal saya di atas, semoga beliau saat ini sehat dan baik-baik saja.
Saya berharap teman-teman semua juga selalu sehat ya!? 

Related Posts

25 komentar

  1. Wah, praktis banget ya FWD Max bisa kita unduh di playstore. Buat ceki2 ikutan asuransinya. Banyak manfaat yang diperoleh dan fiturnya juga oke. Memang deh urusan kesehatan nomor satu, ga bisa ntar2 ya mbak Nunu :) Jadi ingat mamah mertua almh, treatment dan pengobatannya memang ga mudah, ga murah. Stay healthy :D

    BalasHapus
  2. Penting banget buat deteksi dini ya mbak, krn kl udah tau penyakit setidaknya bisa segera diobati, aalagi penyakit kanker. FWD makin membantu banget ya, apalagi bisa didownload via playstore. Semoga kita semua sehat selalu. Aamiin

    BalasHapus
  3. Wah, menarik banget asuransinya khusus kanker.. Untuk yang beresiko tinggi bisa membantu nih. Biaya pengobatan kanker memang gak murah ya mba. Mamaku pengobatan 5 tahun dan sampai sekarang juga masih suka check up.. Mau buka FWD khusus proteksi kanker juga mudah berarti ya mba, tinggal unduh aplikasinya ya...

    BalasHapus
  4. Sepakat mba dengan usul untuk lebih bersama orang orang yang ingin hidup sehat. Karena saling support ya

    BalasHapus
  5. Sedih bacanya semoga kita sehat selalu ya

    BalasHapus
  6. Ibuku juga kena kanker paru Mba.
    Dan kami memang harus bahu-membahu sedemikian rupa untuk merawat beliau (almarhumah)
    Maka dari itu, saya sepakat banget, kalo kita kudu punya proteksi yg paripurna.
    FWD Cancer Protection, memang sip bgt untuk Pencegahan Kanker, Hidup Sehat dan Sehat secara finansial

    BalasHapus
  7. Kanker menggerogoti semua , betul banget ya mbak karena butuh biaya untuk pengobatan yang gak sedikit. Sedini mungkin harus dicegah termasuk punya proteksi juga ya.

    BalasHapus
  8. Kanker menjadi mengerikan banget karena biasanya baru diketahui saat udah tinggi stadiumnya. Padahal bisa dicegah atau lebih bisa ditangani kalau masih stadium awal. Memiliki asuransi juga salah satu solusi yang baik. Karena biaya pengobatan kanker biasanya gak sedikit

    BalasHapus
  9. FWD keren loh, ada asuransi khusus kanker, dimana malah asuransi lain pada nolak2in kalau ketauan kena kanker :(

    BalasHapus
  10. Baca ini aku jadi inget dah lama ga melakukan SaDaRi. Sedap-sedap ngeri tapi lebih ngeri kalau udah kena ya Mbak. Premi asuransi FWD ini murah banget, cuma 10 rebu mah tinggalin nyisihin uang jajan sehari juga selesai bayar premi. Ngomong-ngomong soal jajan, pola makanku juga kudu dibenerin dan godaan terbesarnya dari jajan

    BalasHapus
  11. Kanker ini memggerogoti kehidupan dan keuangannya. Jalan keluarnya jaga pola hidup dan protect sejak dini. Semoga kita sshat selalu ya, Nu. Aamiin

    BalasHapus
  12. Ternyata kanker bisa dicegah.
    Ini penting banget memiliki gaya hidup sehat dimulai dari menyediakan asupan makanan bergizi dan olahan yang benar.

    FWD membuat kita semua lebih mudah dan sekaligus solusi bagi yang memiliki masalah kesehatan.

    BalasHapus
  13. Aamiin Ya Rabbal'allaamiin, semoga kita semua sehat selalu ya, Mbak.
    Harus selalu menjaga pola hidup sehat supaya gak gampang sakit dan terhindar dari masalah kesehatan seperti salah satunya penyakit kanker.

    BalasHapus
  14. Betul sekali, kanker bisa dicegah dengan mengetahuinya sedini mungkin. Jangan sampai sudah stadium tinggi baru ketauan. Salah satu yg mesti di persiapan dengan proteksi seperti ini ya, Karena pengobatan kanker butuh biaya yg tidak sedikit.

    BalasHapus
  15. HIkss, kalo dneger cerita2 penyintas cancer, suka miris, tapi semangat mereka luar biasa yaa. Apalgi kalo udah reminder kita untuk peka dan mulai memeriksa diri sendiri sedini mungkin biar bisa dicegah ya,meski awalnya dari segede kacang sampe kehilangan payudaranya, hiks..
    MAkasih remindernya Mak, untungnya FWD memahami dan bisa menjadi solusi untuk selalu melindungi kesehatan.

    BalasHapus
  16. Iyes, bener banget. Untuk bisa selalu sehat, pola hidup harus selalu dijaga. Apalagi sekarang banyak penyakit yang disebut sillent killer. Yang kita gak tahu apa penyebab pastinya. Kayak kanker ini. Dan yang pasti, harus punya proteksi juga ya. Biar kalo kena penyakit seperti ini, semua tetap bisa berjalan dengan baik. Ya kayak FWD Cencer Protection ini.

    BalasHapus
  17. Rata-rata penderita kanker tuh baru tau setelah masuk stadium tinggi ya. Memang untuk beberapa penyakit kanker tidak terlihat gejalanya dengan jelas. Makanya proteksi seperti yang ditawarkan oleh FWD ini tepat sekali untuk mengurangi segala was-was yang mungkin timbul di kemudian hari.

    BalasHapus
  18. Tiap baca tentang kanker selalu merinding. Sudah banyak orang di sekitar saya yang menderita penyakit ini dan amit-amit jangan sampailah terkena penyakit yang satu ini. Pola hidup sehat mesti diterapkan benar-benar ya dan menambahkan proteksi penting banget

    BalasHapus
  19. Penyakit makin serem aja ya mbak :(
    Yg namanya kanker pun skrng jg makin nambah penderitanya, bener banget sih ku kira jg berhubungan erat sama yg namanya lifestyle.
    Makanya PR berat nih supaya bisa jauh2 dr penyakit, plus wajib punya proteksi asuransi buat jaga2 jg yaa

    BalasHapus
  20. Kanker itu menyeramkan buat saya Mbak. Karena om dan bumer saya meninggal karena kanker.

    BalasHapus
  21. Produk terbaru FWD ya mba bener-bener memenuhi kebutuhan saat ini ya dimana penyakit kanker masih meningkat. Semoga kita dan keluarga sehat dan bahagia selalu ya kak.

    BalasHapus
  22. Betul, pemilihan circle menentukan kesehatan juga ya, Mbak. Asuransi seperti FWD ini sangat membantu. Selain sebagai proteksi, bisa buat jaga2 karena musibah ngga tahu kapan datang.

    BalasHapus
  23. Mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Apalagi penyakit kanker ini. Harus ekstra waspada. Bagusnya sekarang sudah ada aplikasi FWD yang bisa diakses lewat smartphone ya jadi praktis dan memudahkan untuk proteksi

    BalasHapus
  24. Setuju mbak untuk memilih circle yg lebih sehat. Apalagi kanker ini penyakit yg aduhh... Aku sedih lihat banyak temen yg kena dan justru terlamnat untuk deteksi dini. Huhuhu. Semoga kita sehat selalu ya mbaa

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.