Jalan-Jalan dengan Bus Nyaman saat Pandemi


Program vaksinasi Covid 19 yang sudah mulai berjalan saat ini menjanjikan angin segar untuk kita bisa secepatnya mengakhiri pandemi. 
Dan, cukup membuat optimis ketika beberapa hari lalu saya membaca berita bahwa di beberapa negara, seperti Amerika, Perancis, New Zealand, bahkan China tempat awal penyakit ini muncul sudah mulai mencabut aturan untuk memakai masker.

Negara-negara tersebut telah dapat beraktivitas seperti biasa di luar rumah karena sudah lebih dari 50% populasinya divaksin.

Tentu itu tidak akan terjadi dalam semalam di Indonesia, mengingat program vaksinasi yang berjalan masih jauh angkanya, tetapi kita harus yakin jumlahnya akan terus meningkat, dan situasi akan kembali membaik.

Apa yang ingin teman-teman lakukan kalau situasi pandemi sudah mereda?

Kalau saya, hmmm.. tentu saja yang pertama ingin bisa jalan-jalan lagi dengan bebas, tanpa masker dan printilannya. Kulineran menikmati keindahan alam, refreshing.
 
Tetapi, kita kan nggak tau yah sampai kapan situasi ini berlangsung, sebenarnya mungkin nggak sih kita tetap bepergian saat ini? 

Amankah melakukan perjalanan saat pandemi?

Untuk melakukan perjalanan dengan aman selama pandemi? jawabannya adalah ya, bisa saja.

Tetapi tentu saja hal itu hanya bisa dilakukan dengan rencana yang tepat dan langkah yang diperhitungkan.

Kalau dulu kita bisa pergi ke mana saja ala “Go Show” bepergian kemanapun dan kapanpun kita mau. Saat ini semua harus dipersiapkan dahulu.



Kita juga tidak akan mungkin bebas menjelajah, karena ada hal penting yang harus diperhatikan. Hal ini bukan hanya untuk memastikan kesehatan dan keselamatan kita selama perjalanan, tetapi juga untuk memastikan bahwa orang di sekitar kita dan orang-orang yang kita cintai juga aman.

Selama pandemi ini, saya pernah melakukan satu kali perjalanan ke luar kota yang jauh dari tempat tinggal saya, tepatnya ke daerah Jawa Tengah, untuk urusan pekerjaan penting bersama suami.

Karena sudah lama tidak bepergian, momen ini sekalian kami jadikan kesempatan untuk refreshing tipis-tipis menghilangkan penat kelamaan di rumah saja. 



Tetapi, tentu saja perjalanan itu dibayangi perasaan deg-degan. Alhamdulillah perjalanannya ternyata aman, lancar dan masih sehat wal afiat sampai hari ini.

Tips Jalan-Jalan saat Pandemi

Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum memulai perjalanan saat pandemi ini?

Daftarnya mungkin tiap orang akan berbeda, tetapi ada beberapa tips yang bisa jadi poin penting nih yang harus diperhatikan, diantaranya:

  1. Siapkan dokumen kesehatan tes virus corona, atau akan lebih lengkap lagi kalau sudah melakukan vaksin. Ada dua metode tes virus corona yang biasanya umum digunakan. Rapid test dan PCR.
  2. Jika menginap, pastikan hotel yang dipilih telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mengurangi risiko, diantaranya dengan pembersihan kamar hotel menggunakan desinfektan, serta seluruh tamu dan staf diwajibkan menggunakan masker di sekitar area hotel, juga menyediakan tempat cuci tangan di beberapa area, sehingga para tamu dapat menjaga kebersihan tangan.
  3. New Normal Kit, saat ini tidak mungkin bisa meninggalkan rumah tanpa hal-hal penting ini; masker wajah, pembersih tangan (hand sanitizer), tisu basah, tisu kering, semprotan desinfektan, dan pelindung wajah (jika diperlukan). Untuk masker wajah, lebih baik pilih masker medis atau kalau menggunakan masker kain pilih yang terdiri dari 3 lapis kain
  4. Membuat rencana perjalanan menyeluruh untuk perjalanan. Karena bepergian dalam situasi yang sangat berbeda, penting untuk memastikan bahwa kita sudah mengetahui semuanya. Buatlah daftar tempat-tempat yang akan aman untuk dikunjungi. Misalnya, jika berencana makan siang atau makan malam di restoran, pastikan tempat tersebut menjalankan protokol kesehatan yang ketat.


Harapan Jalan-Jalan Bareng Keluarga Besar saat Pandemi 

Melakukan perjalanan saat pandemi ternyata cukup berkesan buat saya. Sampai-sampai saya membayangkan bagaimana ya kalau bisa jalan-jalan bersama keluarga, sekalian pulang kampung lalu ajak keluarga besar juga yang sudah tersebar di beberapa wilayah Jabodetabek. Karena pandemi kami tidak bersua satu tahun ini. Waah! Pasti akan terasa lebih menyenangkan.

Namun, melakukan perjalanan bersama keluarga tentunya akan lebih riskan. Terlebih untuk keluarga besar, mobil di rumah sepertinya juga tidak akan cukup membawa semuanya. Pakai bus baru deh muat. 

Pilihan moda transportasi tentu jadi catatan tersendiri dalam melakukan perjalanan ditengah pandemi ini, lalu bagaimana ya kalau menggunakan kendaraan umum saja, seperti naik bus atau travel rental mobil?

Jalan-Jalan dengan Sewa Bus Pariwisata

Kalaupun memilih menggunakan kendaraan umum, memang poin pentingnya, lagi-lagi yang tidak boleh terlewat. Selalu perhatikan protokol kesehatan yang berlaku, dan hindari kerumunan.

Jika kendaraan yang ada dirasa tidak cukup, ada opsi lain yang bisa dipilih, salah satunya menggunakan layanan sewa bus pariwisata di TRAC, layanan rental mobil yang memberikan layanan transportasi secara menyeluruh.

Merupakan anak perusahaan PT Serasi Autoraya dan bagian dari keluarga Astra, TRAC adalah salah satu perusahaan pertama dan terbesar yang menyediakan layanan sewa kendaraan, yang bepengalaman sejak sejak tahun 1986.

Dengan pengalaman panjang melayani kebutuhan rental mobil, seiring perkembangan waktu TRAC saat ini juga menghadirkan layanan sewa bus untuk melengkapi layanan yang sudah lebih dulu ada.



Sewa Bus dari TRAC 

Layanan sewa Bus TRAC dapat menjadi pilihan untuk kebutuhan transportasi group atau rombongan baik untuk perjalanan di dalam ataupun luar kota

Selama perjalanan juga tidak perlu khawatir, karena layanan rental mobil dari TRAC menerapkan SMART Protocol, yang meliputi 
  • Penyemprotan rutin unit kendaraan dengan desinfektan setiap sebelum dan sesudah digunakan, memastikan
  • Pengemudi yang bertugas telah melalui pemeriksaan kesehatan
  • Mewajibkan penggunaan masker serta sarung tangan
  • Menyediakan hand sanitizer untuk penumpang
  • Menerapkan physical distancing dengan membatasi jumlah penumpang.

Sewa Bus Pariwisata TRAC Bus melayani beragam kebutuhan perjalanan mulai dari perjalanan wisata, acara keluarga, trip kantor/sekolah dengan berbagai keunggulan fasilitas diantaranya:

  • Bus selalu dirawat dengan baik dan interior bus pun dibuat senyaman mungkin.
  • Keamanan bus yang terjaga karena setiap seat dilengkapi dengan sabuk pengaman dan untuk kenyamanan penumpang
  • Beberapa bus dilengkapi dengan fasilitas wifi, LCD TV, toilet, perangkat karaoke dan pantry.
  • Pilihan  variasi tipe bus mulai dari small bus, medium, big hingga luxury. 
  • Pilihan konfigurasi jumlah kursi mulai dari 11 hingga 59 seats.
  • Keselamatan dan keamanan penumpang juga menjadi prioritas. Setiap armada TRAC Bus dilengkapi dengan palu pemecah kaca, pintu darurat, dan tabung pemadam kebakaran.
Dan, yang paling penting keunggulan TRAC yang utama ada pada setiap pengemudinya. Pengemudi bus TRAC  merupakan pengemudi yang terlatih dan berpengalaman sehingga kenyamanan dan keselamatan penumpang lebih terjamin. 

Aplikasi TRAC To Go

Layanan Sewa Bus TRAC saat ini berbasis di Jakarta dan Surabaya, layanannya bisa di pesan dengan sangat mudah,  lewat aplikasi TRAC To Go. Sealain itu, pengguna layanan TRAC To Go juga dapat melakukan layanan rental mobil untuk berbagai kebutuhan lain, baik korporat maupun personal. 


TRAC To Go menghadirkan berbagai fitur untuk memudahkan pelayanannya. Dan yang terbaru, adalah Fitur Experience.

Fitur Experience di TRAC To Go merupakan fitur terbaru dari aplikasi TRAC To Go. Dengan fitur ini pengguna dapat memilih paket wisata yang disediakan oleh masing-masing cabang TRAC yang ada di berbagai kota di Indonesia seperti Bali, Malang, Jogjakarta, dan masih banyak lagi.

Di dalam produk Experience ini juga tersedia berbagai pilihan akomodasi mulai dari mobil penumpang berkapasitas 4 orang sampai Bus dengan kapasitas hingga 45 orang. Bekerja sama dengan vendor-vendor terpercaya seperti hotel bintang 4 dan 5.

Aplikasi TRAC To Go bisa langsung di download di sini untuk pengguna Android dan Apple




Melihat penawaran yang dihadirkan TRAC To Go di fitur experience ini sangat menggoda ya! Keluarga besar bisa jalan-jalan dengan sewa bus sekalian menuju destinasi wisata. Kebayang sih heboh dan serunya, apalagi kalau melihat harga yang ditawarkan. Dengan kenyamanan, dan keamanan yang terjamin rasanya sepadan. Waah! Jadi nggak sabar ingin segera bisa jalan-jalan lagi. 


Related Posts

There is no other posts in this category.

1 komentar

  1. seru banget naik bus itu mbak, serasa naik pesawat jalur darat itu :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.