Lima Keterampilan Dasar yang Perlu Dimiliki Anak

Seberapa mandiri anak-anak sebenarnya? Apakah anak dapat menjaga diri sendiri jika dibiarkan sendiri untuk sementara waktu?

Beberapa hari lalu, saya merasa emosional saat mengantar Si Mbul pergi mengikuti Field Trip untuk mengunjungi Taman Lebah di Cibubur. Ini adalah kegiatan pertamanya yang dilakukan di luar sekolah. 

Sejak sehari sebelumnya, Si Mbul sudah heboh, bercerita bahwa nanti akan naik bus besar melihat lebah. Semangat menyiapkan segala persiapan untuk perjalanan, dari mulai membeli snack, menyiapkan baju ganti, dan aneka keperluan lainnya. Pokoknya senang banget deh!

Dan, benar saja Ketika tiba harinya, Si Mbul seakan lupa dengan keberadaan saya, bahkan sesaat setelah naik bus Si Mbul mengusir saya untuk lekas ke luar. Hahaaha..

Ya, ternyata bayi itu sudah besar, sudah mulai memiliki dunianya sendiri. Tetapi, apakah anak ini benar-benar sudah bisa sendiri? 

Meskipun ada bapak dan ibu guru yang mendampingi, pertanyaan seperti seberapa mandiri anak-anak sebenarnya? Apakah anak dapat menjaga diri sendiri jika dibiarkan sendiri untuk sementara waktu? terlintas di kepala. 

Yup! Terpikir apakah anak bisa mandiri terutama ditengah tantangan zaman mereka yang kompleks. keterampilan hidup apa yang penting untuk menghadapi dunia? 

Karena hal ini, saya jadi mencari tahu apakah hal dasar yang perlu diketahui dan dipelajari oleh anak untuk hidup mandiri, keterampilan ini akan berguna dan manfaat hingga mereka tumbuh dewasa. Jawabannya adalah Basic life skill. 

Basic Life Skill untuk anak yang harus diperkenalkan dan dipelajari sejak dini

Disebut sebagai basic lifeskill, atau kecakapan hidup dasar, apakah sebenarnya keterampilan ini? 

Ini adalah keterampilan digunakan untuk menggambarkan keterampilan yang diperlukan untuk kelangsungan hidup, kemandirian, dan produktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Seseorang tanpa keterampilan ini akan kurang dapat berfungsi secara mandiri, mereka tidak akan tahu bagaimana melakukan tugas-tugas dasar yang umum bisa dilakukan.



Dapat diperkenalkan sejak anak memasuki usia tiga tahun, apa saja kecakapan atau keterampilan dasar yang sudah harus diperkenalkan ke anak, berikut ini lima diantaranya; 

1. Merawat diri secara fisik. Seperti mandi sendiri, mencuci tangan, menggosok gigi, berpakaian tanpa bantuan orangtua atau orang lain. Ini adalah keterampilan dasar untuk diri sendiri, sampai besar anak harus melakukannya sendiri. Keterampilan ini adalah bekal yang akan membantu mereka tetap sehat dan mandiri seiring bertambahnya usia. 

2. Melakukan pekerjaan rumah ringan. Seperti membantu mencuci piring, menyapu, membersihkan kamar, merapikan tempat tidur, menaruh handuk bekas mandi di jemuran, meletakkan barang-barang ke tempat semula setelah digunakan. Tentu anak-anak tidak harus melakukan tugas ini secara penuh seperti orang dewasa. Namun ini adalah skill, keterampilan sederhana yang perlu dilatih sehingga menjadi kebiasaan, kalau anak tidak bisa melakukan ini sulit bagi mereka untuk mandiri, hidup sendiri.

3. Mengenalkan dengan melibatkan anak-anak untuk masak bersama. Memasak juga skill dasar yang harus dikuasai. Memasak di sini juga bukan tentang untuk menjadi chef atau koki handal, apalagi zaman sekarang ada restoran dan go food. Tetapi ada saatnya mungkin berada dalam situasi yang tidak memungkinkan untuk pesan makanan, maka memiliki keterampilan memasak, dapat membantu anak-anak lebih mandiri, dan kemampuan ini akan bermanfaat bagi mereka di masa depan. 

 4. Menyelamatkan diri. Ini juga keterampilan yang perlu diajarkan kepada anak. Bagaimana mereka harus bertahan di situasi sulit dan membahayakan, keterampilan ini mencakup bagaimana untuk meminta tolong, bersembunyi, berani, dan lain-lain 

5. Menjahit, nah yang ini perlu dipelajari juga loh! Buat apa anak belajar jahit? Maksudnya bukan menjahit dengan mesin, macam tukang jahit. Tetapi keterampilan sederhana seperti menjahit jelujur, memasang kancing baju yang lepas, baju sobek. keterampilan sederhana terkesan sepele, dan bisa didelegasikan kepada orang lain. Tetapi lagi-lagi mana tahu suatu saat dibutuhkan. 

Nah, bagaimana menurut teman-teman adakah keterampilan dasar lain yang sebaiknya juga dipelajari oleh anak-anak, keterampilan yang akan dapat membantu kemandirian mereka saat dewasa nanti. 

Write a comment