Masak Enak, Praktis, Bernutrisi di Cooking Class Bareng Polytron dan Chef Steby

Menu yang dibagikan Chef Steby pada Cooking Class ini ada dua macam, yaitu Pulled Chicken Burger dan Steamed Cabbage Roll

Dari belajar memasak menu sehari-hari sampai membuat cake atau pastry. Hampir semua ibu pasti suka deh kalau ada yang ngajakin ikut cooking class atau kelas memasak, tidak terkecuali untuk saya.

Ya, walaupun setiap hari berkutat di dapur, masak untuk keluarga, selalu aja ada yang dirasa kurang, mau banget kalau skill masak bisa bertambah dan masakkan nggak itu-itu aja.

Makanya senang banget nih hari sabtu kemarin tanggal 29 Oktober 2022, diajak Komunitas Emak Blogger untuk ikut Cooking Class yang diadakan di Farmers Market, Botani Square, Bogor.



Sekalian jalan-jalan juga, udah lama nggak nge-mall, hangout bareng ibu-ibu, emak-emak blogger. Praktis selama pandemi lalu kami belum pernah berjumpa, jadi ya itung-itung lepas kangen. Healing jalan-jalan sambal belajar cooking.

Berangkat bareng Si Mbul yang juga senang banget akhirnya bisa naik kereta KRL lagi dari Depok ke Bogor. Acara dimulai pada jam 16.00, udah mulai deg-degan takut hujan, tapi alhamdulillah walau sempat turun gerimis halus, hujan tidak jadi turun. Cuaca kembali cerah.

Sesampainya di Farmers Market, Botani Square, telah siap venue untuk Cooking Class, suasana dapur dan bahan-bahan untuk cooking class sudah ditata, penasaran juga akan belajar masak apa yaa?

Acara Cooking Class ini didukung oleh Polytron, brand elektronik kebanggan asli Indonesia. Oiya, saya baru tau, ternyata Polytron sekarang membuat produk rumah tangga untuk memasak, langsung berasa kurang update, karena sepengetahuan saya Polytron memang terkenal, tetapi dengan produk rumah tangga seperti kulkas, televisi, atau AC.

Tentu ini menarik dong ya, karena bertambah lagi rekomendasi alat elektronik untuk peralatan dapur ibu-ibu. Cooking Class di Botani Square Bogor juga kolaborasi antara Polytron, Farmers Market, dan Blibli.com juga komunitas Emak Blogger, dan Komunitas Blibli.com.



Dipandu oleh Chef Steby Rafael atau singkatnya Chef Steby, acarapun dimulai. Oiya Chef Steby ini sudah nggak asing namanya, karena saya pernah lihat Chef Steby sekitar tahun 2013 sampai 2014 mengisi acara Chef Traveller di Trans TV.

Asyik banget menyaksikan Chef Steby masak sambal jalan-jalan. Pembawannya luwes, dan penampilannya rapi juga glowing dan paling penting keahlian memasaknya jadi magnet tersendiri yang bikin kita bisa masak, sekaligus jalan-jalan. 




Pilih Slow food atau Fast food? 

Menu yang dibagikan Chef Steby pada Cooking Class ini ada dua macam, yaitu Pulled Chicken Burger dan Steamed Cabbage Roll, kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, Burger Ayam Suwir, dan Kol Gulung Kukus.

Membuat burger ayam, mungkin ibu-ibu sudah bisa yaa. Makanan cepat saji atau fast food yang tinggal hap! Tetapi, di kelas memasak kali ini Chef Steby menegaskan memang penting masak cepat tetapi jangan lupa juga, bagaimana kandungan nutrisi dari makanan yang kita masak, salah satunya dengan kembali menerapkan masak slow food, tetapi terkadang ini tidak praktis, dan memakan waktu lama, belum lagi peralatan yang dibutuhkan juga tidak sedikit, waktu habis untuk mencuci peralatan masak yang banyak.

Karena saat ini kita hidup di dunia yang serba cepat, mobile, membutuhkan solusi masak yang cepat, tetapi juga perlu asupan makanan dan nutrisi yang memenuhi tuntutan gaya hidup. 
 

Polytron Tiarapot Pro All in One Multicooker

Nah, di acara Cooking Class ini Chef Steby memberikan jawaban, agar ibu bisa kembali masak ala slow food tetapi dengan cara yang lebih cepat, simpel, praktis, hanya membutuhkan satu alat masak yang multifungsi, bisa digunakan untuk berbagai olahan masakan, bahkan hingga 12 fungsi, yaitu Polytron Tiarapot Pro All in One Multicooker

Dalam cooking class ini ditunjukkan oleh Chef Steby, bagaimana membuat Pulled Chicken Burger, dari mulai proses memanggang roti bun burger hingga membuat isian burger semuanya menggunakan Tiarapot Pro Polytron.

Dengan Tiarapot Pro Polyron, ibu-ibu bisa memasak berbagai macam metode masak, berfungsi sebagai slow cooker dan juga presscooker dapat merebus daging, memasak biji-bijan, membuat bubur, tumis, sup, membuat yoghurt, memasak nasi, kukus, juga memasak dengan teknik manual sous vide.



Menggunakan bahan stainless steel berkualitas, menurut Chef Steby bahan stainless steel yang berkualitas memiliki pori-pori yang kecil sehingga membuat bakteri tidak mudah masuk atau mikroskopik, inilah yang membuat Tiarapot Pro tidak lengket, dan makanan tidak mudah menjadi basi. 

Kelebihan lain dari Tiarapot Pro lainnya adalah memiliki:
  • Smart Steam Release yang membuat katup uap mudah ditutup saat memasak dengan tekanan tinggi, dan dapat melepas uap dengan cepat setelah memasak
  • Faster Family Meal, membuat proses masak menjadi 70% lebih cepat, dibanding metode masak tradisional, hemat waktu dan praktis
  • Clear and simple Control dengan smart program, memasak hanya dengan menekan satu tombol, semua makanan dapat diketahui kapan matang jadi terhindar dari hangus atau overcooked
  • Tampilan dan designnya elegan, dan kokoh dengan layar display dan lampu LED  jadi proses masak dan waktu memasak dapat langsung dicek sesuai dengan tampilan layar.
Assyik banget melihat Chef Steby masak dengan Tiarapot Pro ini, langsung mupeng dong yaa, sepertinya siapapun bisa jadi ahli masak dengan Tiarapot Pro ini.
 

Resep Pulled Chicken Burger

Dan, untuk lebih jelas bagaimana membuat Pulled Chicken Burger, ini dia resepnya: 


Steamed Roll Cabbage

Menu kedua yang dibagikan Chef Steby adalah Steamed Roll Cabbage, berbahan dasar sawi putih, dan dimasak dengan mode kukus, menu ini pas banget untuk kita yang ingin menjalankan pola hidup sehat dengan makanan yang sehat dan cepat disajikan.

Masakan ini juga secara penuh dibuat dengan satu alat masak tanpa mengotori banyak perabotan, Steamed Roll Cabbage dibuat menggunakan Donabe Rice Cooker 3D Donaheat.

Donabe Rice Cooker PolytronPolytron ini juga merupakan salah satu produk alat dapur yang memiliki banyak keunggulan, dengan pemanasan lebih merata dari tiga arah, yang memaksimalkan kualitas makanan.






Rice Cooker Donabe ini juga dapat berfungsi sebagai magic com untuk menghangatkan nasi, dengan kapasitas besar hingga 2 liter dapat memasak banyak nasi untuk keluarga. 

Panci Donabe Rice Cooker, memiliki lapisan lebih tebal, Tambahan yang dibuat menggunakan Teknologi terbaik DONAHEAT 3D, sehingga menghasilkan pemanasan lebih merata dari 3 arah.

Hasil nasi yang dimasak dengan Donabe sepulen nasi jepang. Rice Cooker Donabe memiliki kapasitas 2 liter untuk memasak nasi, sehingga dapat memasak nasi lebih banyak untuk sekeluarga 

 Lapisan Ceramic Coating Donabe memiliki material inner pot yang lebih kuat dan lebih tahan lama dari magic com lainnya.

Nasi yang dimasak dengan Donabe juga bisa tahan Hingga 48 jam, tetap hangat, tidak berkerak, dan enak dikonsumsi hingga 48 jam. 

Sudah pasti food grade aman untuk bahan makanan. Rice Cooker Donabe memiliki 3 fungsi, dapat memasak, memanaskan, dan mengukus. 3in 1 semua dalam satu alat, rice cooker Donabe memiliki pengaturan suhu yang modern dengan defrost system, mampu mendeteksi mode memasak, apakah mau menanak, memasak, atau mengukus. Nasi yang dihasilkan juga lebih lembut, pulen, merata.

Dan ini dia hasil cooking class, Steamed Roll Cabbage


Untuk review rasa, jangan ditanya lagi deh! Masakan Chef Steby, enak banget, rasanya seimbang. Pulled Chicken Burgernya sedap, tambahan cuka apel membuat ada sensasi rasa asam, tapi tidak dominan malah menambah sedap dan segar.

Steamed Roll Cabbage juga enak, rasa sausnya unik karena ada bahan saus gochujang ala korea. Dan yang paling senang sih kedua ide resep ini dapat di recook karena mudah membuatnya, masak enak, cepat, dan bernutrisi.

Acara Cooking Class berakhir dengan keceriaan semua peserta yang hadir, tapi sebelumnya sempat diadakan kuis juga yang berisi pertanyaan seputar produk Polytron.  Walaupun tidak menang, yang pasti sekarang saya merasa update, jadi dapat gambaran rekomendasi produk peralatan dapur yang harus dimiliki nanti. 

Oiya, kalau bu ibu mau juga punya Polytron Tiarapot dan Rice Cooker Donabe ini bisa dibeli melalui website resmi polytron.co.id atau melalui official store polytron di e-commerce kesayangan. 

Komentar

(11)
  1. Produk Polytron mah dari dulu udh bagus bgt ya kak. Awet juga. Duuh, asik ya bisa belajar menu masakan baru di acara cooking class

    BalasHapus
  2. ini mah kumpul2 berfaedah ya mbak wkwkwk tapi emang Polytron tuh dari dulu awet ya, aku punya magic jarnya, lebih dari 10 tahun masih berfungsi dengan baik loh

    BalasHapus
  3. waahh gampang bgt ternyata buat cabbage roll ya, tinggal rebus, tumis, dan gulung, tinggal hap. Apalagi klo ada multicooker tiara pot, masak semakin jadi gampang

    BalasHapus
  4. Godaan banget nih lihat Tiara Pot. Aku sudah dari bulan lalu pengen punya. Masak jadi praktis karena bisa rebus dan kukus, secara akhir-akhir ini aku lagi wajib konsumsi makanan rebusan.

    BalasHapus
  5. Tiara Pot ini buat makin rajin masak deh karena banyak resep bisa dibuat pakai satu alat masak aja. Love banget!
    kebetulan aku sedang belajar masak, makin akur di dapur, heheh
    suka takjub kalau lihat chef masak kok kayaknya gampang. Kan mau coba sendiri re-cook.

    BalasHapus
  6. sekarang semua perabotan elektronik sudah meringankan pekerjaan kita secara langsung ya Mbak apalagi pengaplikasiannya sangat mudah dan hemat waktu wah makin seru kali kita hobi di dapur

    BalasHapus
  7. Seru banget cooking class nya. Produk rice cooker dari Polytron juga makin bagus dan elegan modelnya 😍

    BalasHapus
  8. wih itu steamed roll cabbage nya pakai saos gochujang ya.. ala korea gitu yaa berarti. pasti enak dan sehat, aku lihat cara bikinnya juga ngga terlalu susah ya mba

    BalasHapus
  9. Waahh mantap nih bisa dicontek resepnya. Mau cobain yang steamed roll cabbage, sehat nih biar ga terlalu banyak makan yang goreng2an. Sehat pula yaaa isiannya ada ayam dan udang gini. Mau coba recook pake tahu coba aaah siapa tau enak juga.

    BalasHapus
  10. Senengnya dobel-dobel gak sih..
    Dari mulai ketemu sahabat blogger, masak bareng chef ganteng dan kenalan sama alat masak yang canggih dan banyak bisanya.
    Jadi hari yang indah dan siap langsung praktekin di rumah resep Pulled Chicken Burger dan Steamed Roll Cabbage.
    Enak banget...enaaak bangett~

    BalasHapus
  11. Polytron nggak pernah mengecewakan sih. Produknya oke semua dan pelayanan dr toko mereka tuh selalu oke.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung, apalagi sampai mau komen, duh saya happy banget, semoga tulisan saya bermanfaat... saya mungkin tidak selalu bisa menjawab komentar, tapi saya usahakan untuk berkunjung balik, jika ada pertanyaan sila hubungi saya by email, dan maaf yah....! Untuk yang memberi komen dengan link hidup akan saya delete. Terimakasih.